Pulau Manado Tua, Destinasi Wisata yang Memukau Mata

Pulau Manado Tua – Tidak hanya terkenal akan kuliner lezatnya saja, namun Manado juga mempunyai banyak tempat wisata mempesona yang menarik dikunjungi. Dari banyaknya tempat wisata yang ada, salah satu tempat wisata yang menarik yaitu Manado Tua. Pulau ini cocok untuk para pengunjung yang sedang mencari destinasi wisata yang lengkap. Pasalnya, di sini terdapat pantai, laut hingga gunung.

Untuk mengetahui sejarah singkat Pulau Manado Tua, daya tarik, rute perjalanan hingga kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Manado Tua, yuk simak pada artikel berikut ini.

Baca juga :  Potensi Wisata Indah Tumbak yang Sangat Menawan di Sulawesi Utara

Sejarah Singkat Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua

Tidak hanya memiliki taman laut yang kaya akan biota laut dan mempesona, namun juga memiliki sejarah yang memiliki kaitan dengan salah satu suku laut yang ada di Sulawesi, yakni Suku Bowontehu.

Pada catatan sejarah lokal, Suku Bowontehu telah ada di pulau ini sejak tahun 1623. Zaman dahulu tempat ini dikenal dengan Manarow, yakni rumah untuk suku yang termasuk dalam Etnis Sangir Tua.

Tidak hanya catatan sejarah itu saja, namun ada juga legenda sejarah di pulau yang satu ini. Menurut versi lain, Pulau Manado Tua ini ditinggali pertama kalinya pada tahun 1339. Yang meninggalinya yaitu rombongan keluarga, yang diketahui membawa anggota keluarga sebanyak 6 orang.

Dalam sejarah, rombongan ini bernama Humansangdulage, Bawuisang, Maasela, Ondoasa, Patimasari, dan Ondosila. Humansangdulage yaitu ayah dari Bawuisang. Dimana Bawuisang dan Patimasari yaitu merupakan pasangan suami istri. Pasangan suami istri ini memiliki 3 orang anak yaitu Maasela, Ondosila dan Ondoasa. Mereka diketahui merupakan rombongan keluarga yang berasal dari kota Batu, Mindanao, Filipina. Dari kota itu meraka memakai perahu kayu karena peperangan.

Namun, sayangnya saat berlayar, di laut ada badai besar yang menghajar perahu mereka. Kemudian mereka terdampar di sebuah pulau yang tidak dikenal dan tidak berpenghuni sebelumnya.

Lokasi Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua

Manado Tua adalah salah satu pulau yang berada di gugusan pulau Taman Nasional Bunaken. Secara administrasi, pulau ini berada di Provinsi Sulawesi Utara dengan ibu kotanya yaitu Manado. Wilayah lainnya yang masuk ke dalam Bunaken National Park yaitu Siladen, Bunaken, Mantehage dan Nani. Dimana semuanya ini merupakan tempat wisata yang begitu menarik dan memukau.

Daya Tarik Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua ini mempunyai daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki oleh pulau lainnya yang ada di Taman Nasional Bunaken. Pulau ini merupakan daratan membentuk gunung di atas permukaan laut. Wilayah ini memiliki ketinggian sekitar 655 mdpl. Di wilayah ini terdapat pepohonan hijau yang banyak. Selain itu, di pulau ini juga dikelilingi beberapa volcano bawah laut.

Volcano yang mengelilingi pulau ini lokasinya ada di sekitar 150 meter bawah permukaan laut. Meskipun begitu, volcano ini masih aktif. Jika anda melakukan diving di sekitar perairan Pulau Manado Tua, anda bisa melihat beberapa volcano. Tidak hanya keunikan volcanonya, namun pulau ini juga memiliki kekayaan biota laut.

Di pulai ini terdapat banyak jenis ikan yang jarang anda temukan di tempat yang lainnya, beberapa di antaranya yaitu lumba-lumba, sapi laut dan beberapa jenis ikan yang lainnya. Karena pulau ini termasuk wilayah Bunaken National Park, di samping pulau ini ada terumbu karang yang beragam.

Keindahan Alam yang Mempesona

Pulau Manado Tua

Tidak hanya bisa melakukan snorkeling, diving bawah laut dan trekking, disini juga anda bisa menikmati jet ski dan perahu kataraman.

Perairan di Pulau Manado Tua ini kondisinya sangat jernih dan bersih, tidak ada sampah maupun limbah dan polusi. Masyarakat di sini juga tidak diperbolehkan melakukan kegiatan yang akan dapat merusak atau merugikan tempat. Di sini tidak ada penangkapan ikan liar yang dapat menyebabkan terumbu karang rusak. Bahkan di sini kegiatan memancing tidak diperbolehkan.

Para pengunjung tentunya akan merasa kagum dengan keindahan alam yang disuguhkan. Selain potensi lautnya, pulau ini juga mempunyai potensi besar yang lainnya yakni hutan lindung. Di sini para pengunjung juga biasanya berjemur ataupun ada yang berolahraga sambil melihat keindahan alamnya.

Tidak hanya itu, hal yang dinantikan para wisatawan di sini yaitu memburu sunset. Indahnya suasana akan sangat memukau. Dimana kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan favorit untuk wisatawan yang berkunjung ke pulau ini.

Rute Perjalanan

Pulau Manado Tua

Taman Nasional Bunaken mempunyai luas 89 ribu hektar. Lokasinya tidak jauh dari Kota Manado. Pulau Manado Tua ini bisa dijangkau dengan menggunakan kapal bermotor atau speed boat yang terdapat di pelabuhan. Waktu menyebrang yaitu sekitar 45 menit hingga 1 jam, dengan jarak 10 mil. Jika anda kesulitan menemukan lokasinya, anda bisa melihatnya dari google maps.

Penginapan di Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua

Di Pulau Manado Tua ini tidak terdapat cottage atau penginapan lainnya. Jika ingin berlibur ke sini dan bermalam, anda bisa menginap di Pulau Siladen atau Pulau Bunaken.

Kapan Waktu Terbaik Berwisata ke Pulau Manado Tua?

Pulau Manado Tua

Kapanpun anda bisa datang ke pulau ini. Namun, menurut pengelola setempat dan masyarakat, waktu yang terbaik untuk berkunjung ke sini yaitu di antara bulan Juli dan Agustus. Dimana waktu tersebut merupakan musim kunjungan sehingga akan memberikan fasilitas memadai.

Kegiatan Menarik di Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua

Ketika berkunjung ke pulai ini, para wisatawan tidak akan kehabisan kegiatan. Terdapat berbagai fasilitas dan wahana yang akan dapat mengisi waktu ketika berkunjung ke sini.

Lihat juga : Pesona Indah nan Mengagumkan Dari Pantai Tanjung Bira Sulawesi Selatan

  • Menyelam. Menyelam adalah salah satu kegiatan yang sayang untuk dilewatkan di pulau ini. Dengan menyelam , pengunjung akan melihat kehidupan di dalam laut. Namun, kegiatan ini tentunya hanya boleh dilakukan untuk pengunjung yang sudah terbiasa menyelam dan berenang.
  • Berkeliling dengan perahu kaca. Jangan khawatir, untuk pengunjung yang tidak jago berenang bisa menikmati kegiatan yang satu ini. Di sini terdapat wahana berkeliling lautan menggunakan perahu kaca atau disebut dengan katamaran. Dengan melakukan kegiatan ini para pengunjung akan melihat pemandangan yang menakjubkan.
  • Berkemah. Di atas pegunungan terdapat dataran yang luas. Sehingga menjadikan wisata Pulau Manado Tua ini menjadi lokasi yang nyaman untuk mendaki dan berkemah, sekaligus menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam ataupun terbit.
  • Menikmati kuliner khas Manado. Ketika ke sini para pengunjung dapat menikmati makanan khas Manado misalkan ikan cakalang, bubur Manado, ayam rica-rica dan lain sebagainya.  Selain itu, di sini juga pengunjung bisa membeli oleh-oleh khas untuk keluarga di rumah.
  • Foto menarik. Bagi pengunjung yang gemar berfoto, tempat ini adalah lokasi terbaik yang bisa diabadikan.

 

Leave a Reply