Pulau Abang Batam

Melihat Keindahan Tersembunyi Pulau Abang Batam

Melihat Keindahan Tersembunyi Pulau Abang Batam – Batam merupakan salah satu kota di Indonesia. Sama seperti kota lainnya, di Batam juga ada banyak tempat wisata yang menarik. Salah satu tempat wisata di Batam yang menarik yaitu Pulau Abang. Tempat ini sedang difokuskan pemerintah untuk menjadi salah satu lokasi wisata, terutama wisata baharinya.

Pulau ini memiliki pemandangan yang begitu indah. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di pulau ini. Nah, untuk anda yang sedang mencari referensi tempat wisata alam di Batam, tempat ini bisa dijadikan pilihan. Berikut ini ulasan seputar Pulau Abang Batam yang bisa anda simak. Mulai dari sejarah hingga fasilitas yang disediakan di sini.

Sejarah Pulau Abang Batam

Pulau Abang Batam

Pulau Abang Batam memiliki sejarah yang cukup menarik. Sejarah tempat yang satu ini erat dengan kerajaan di tanah Melayu dan para penjajah Belanda. Penjajah waktu itu keinginannya tentu menjadi penguasa. Pada tahun 1810, beberapa anak raja melarikan diri dari wilayahnya akibat perebutan kekuasaan. Anak raja memutuskan melarikan diri ke tempat yang tidak bisa dijangkau Belanda. Semua keluarganya dibawa serta. Dimana nama raja tersebut yaitu Raja Tak dan Raja Teleng. Mereka memutuskan tinggal di Pulau Abang Besar.

Pulau Abang Besar ditinggali anggota keluarga raja Tak. Raja Teleng menghuni pulau Petong. Jika ingin berkunjung ke raja Tak biasanya selalu mengatakan pergi ke Pulau Abang. Dari kisah inilah nama pulau tersebut berasal.

Lihat juga : Kebun Raya Batam, Tempat Wisata Keluarga dan Edukasi di Riau

Daya Tarik Pulau Abang

Pulau Abang Batam

Pulau Abang memiliki panorama yang begitu indah dan mempesona. Pengunjung yang datang ke pulau ini akan tersenyum bahagia saat melihat pemandangan indah yang disuguhkan di pulau ini. Selain itu, pulau ini juga memiliki keindahan bawah laut yang mengagumkan. Nah, berikut ini beberapa daya tarik dari Pulau Abang Batam.

Memiliki Panorama Alam yang Alami

Pulau Abang mempunyai daya tarik yang tidak bisa kita temukan di tempat yang lain. Bahkan diketahui pesona dari pulau ini dapat menandingi Bunaken yang ada di Manado. Bahkan tidak sedikit wisatawan yang membandingkan keindahannya dengan Raja Ampat.

Para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini akan terhipnotis oleh keindahan dan panorama alam yang masih alami. Pantainya masih alami dan airnya sangat bersih dan jerih. Bawah air lautnya memilik pemandangan dengan terumbu karang. Tempat ini menjadi surga untuk para wisatawan yang menyukai kegiatan bawah laut.

Mempunyai Panorama Bawah Laut yang Indah

Jika dibandingkan tempat lainnya, Pulau Abang termasuk tempat wisata yang belum populer. Para wisatawan dapat mengunjungi tempat ini kapanpun karena jam operasional masih belum diterapkan. Ketika berkunjung kesini hal yang tidak boleh anda lewatkan yaitu pemandangan bawah lautnya. Keberadaan terumbu karang di bawah laut menjadi daya tarik bagi para penyelam. Terumbu karangnya masih terawat dan alami yang dikelilingi oleh hewan laut.

Adanya Karang Langka

Daya tarik selanjutnya dari Pulau Abang selain dilihat dari keindahannya yaitu adannya karang langka. Karang langka ini tentu cukup sulit ditemukan di tempat lainnya. Keberadaan karang ini menjadi tanda bahwa pulau ini masih terjaga dan terawat, serta belum terjamah oleh wisatawan yang banyak.

Ketika tiba di Pulau Abang anda akan melihat air lautnya yang sangat bersih dan jernih. Terumbu karang langka yang ada di pulau ini bernama Blue Coral. Selain di pulau ini, beberapa wilayah di sekitar juga memiliki potensi Blue Coral yang tidak kalah indah. Nah, para wisatawan selain bisa melihat keberadaan karang langka juga akan melihat ikan teri hijau.

Kegiatan Menarik yang Dapat Dilakukan

Pulau Abang Batam

Selain menikmati keindahan pulau ini, ada banyak kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan di Pulau Abang. Yuk simak beberapa kegiatan menarik di Pulau Abang berikut ini.

Memancing

Salah satu kegiatan menarik yang bisa para wisatawan lakukan ketika berkunjung ke Pulau Abang yaitu memancing. Di sini terdapat banyak terumbu karang yang menjadi habitat ikan. Tentunya ini menjadi tempat yang asyik untuk para pemancing.

Menyelam

Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan yaitu menyelam untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Menyelam menjadi aktivitas menarik yang tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjung ke pulau ini. Pulau Abang menjadi tempat yang pas untuk diving. Pemandangan lautnya yang mempesona akan membuat kagum siapa saja yang melihatnya.

Berfoto

Tentu akan sangat sayang dilewatkan jika anda berkunjung ke tempat yang bagus namun tidak diabadikan melalui kamera. Di sini terdapat banyak spot foto menarik. Anda bisa berfoto dengan background yang indah. Oleh karena itu, jika anda memutuskan untuk berkunjung ke pulau ini maka jangan lupa untuk membawa kamera.

Rute Menuju Pulau Abang

Pulau Abang Batam

Pulau Abang lokasinya berada di Selatan Kota Batam atau lebih tepatnya di Provinsi Kepulauan Riau. Untuk bisa menempuh tempat ini dari Kota Batam yaitu membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Untuk menuju ke pulau ini akses jalannya sangat baik. Anda tidak akan sulit untuk mencari transportasi.

Anda dapat melakukan perjalanan menuju ke Jembatan Balerang. Waktu yang dibutuhkan sekitar kurang lebih 2 jam. Jika anda sudah melakukan perjalanan, anda harus menyebrang ke pulau. Dimana waktu penyebrangan membutuhkan setidaknya 30 menit. Penyebrangan menggunakan kapal pompong. Jaraknya sekitar 12 km dari Jembatan Balerang.

Fasilitas yang Terdapat di Pulau Abang Besar

Pulau Abang Batam

Pulau Abang termasuk tempat wisata yang terbilang baru. Tidak banyak fasilitas yang disediakan di sini. Namun, di tempat ini sudah ada fasilitas berupa penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam dan berlibur lebih lama di sini. Penginapan di sini harganya cukup terjangkau. Selain itu, para penduduk juga telah membuka homestay khusus bagi pengunjung pulau. Di sini para pengunjung juga sudah bisa menemukan penjual makanan ringan maupun berat.

Nah, itulah beberapa ulasan seputar Pulau Abang Batam yang dapat kami berikan untuk anda, mulai dari sejarah, daya tarik hingga fasilitas yang tersedia di sini. Jika anda berniat untuk berwisata ke pulau ini anda bisa datang ketika Bulan Maret dan Agustus atau ketika Bulan September dan November. Sebab pada bulan tersebut cuaca di sini sangat mendukung.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.