Pohon Jabuticaba, Pohon Unik yang Berbuah Pada Batangnya

Apakah anda pernah melihat buah yang tumbuh pada batang pohon? Memang terdengar aneh, namun hal itu memanglah nyata adanya.

Selama ini kita telah banyak menyaksikan keanehan-keahenan yang ada di dunia ini, entah itu pada hewan, manusia atau tumbuhan itu sendiri. Keanehan yang kita anggap tersebut biasanya disebabkan karena ketidaktahuan kita akan hal itu. Namun tahukah anda pohon yang berbuah pada batangnya tersebut sebenarnya bukan pohon aneh, karena pohon ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang khususnya masyarakat Brazil. Ketika anda melihat langsung pohon yang berbuah pada batangnya mungkin anda akan merasa geli, namun di sisi lain anda pun akan merasa takjub.

Nah lantas apa nama pohon unik yang berbuah pada batang tersebut? Pohon yang dimaksud bernama Jabuticaba. Pohon ini merupakan pohon yang termasuk ke dalam tanaman endemik di Minas Gerais dan San Paulo, Brazil. Bahkan di sana tanaman ini dijuluki sebagai anggur Brazil, hal tersebut disebabkan karena buah yang dihasilkan sangat mirip sekali dengan buah anggur yang biasa kita makan.

Fakta-Jabuticaba

Jabuticaba merupakan pohon yang lambat tumbuh. Dan karena sifat tumbuhnya yang lambat serta ukurannya sangat kecil ketika masih muda, menjadikan pohon yang satu ini terkenal sebagai tanaman bonsai.

Daun muda pada pohon ini berwarna seperti salmon namun akan berubah warna menjadi hijau pada saat matang. Pohon jabuticaba ini menyukai lingkungan yang memiliki tanah lembab, sedikit asam serta subur. Pohon ini pun sangat mudah sekali beradaptasi sehingga bisa tumbuh dengan baik, bahkan bisa tumbuh di tanah basa seperti misalkan pantai yang terpenting tetap terawat dengan baik dan teririgasi.

Bunga pada pohon jabuticaba ini berwarna putih susu, buah yang masih mentah pada dasarya berwarna hijau muda. Namun setelah masak, buah yang satu ini akan berubah warna perlahan-lahan menjadi ungu tua, dimana dagingnya berwarna putih kenyal seperti anggur. Ukuran buah yang dihasilkan rata-rata 3-4 cm. Buah ini memiliki keunikan rasa, dimana rasa yang dihasilkan yakni manis, segar, asam dengan perpaduan rasa buah angggur, alpukat serta hampir mirip dengan buah leci.

Buah ini pada umumnya dimakan mentah, namun selain itu buah jabuticaba pun bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan atau minuman seperti jus, selai, wine dan yang lainnya. Namun yang menjadi kelemahannya, buah yang satu ini tidak seperti buah yang lainnya. Dimana buah unik ini sangat mudah sekali membusuk sehingga jarang sekali dijual dalam keadaan segar. Oleh karena itulah, buah yang satu ini kebanyakan diolah menjadi selai atau jus dibandingkan dengan dikonsumsi langsung sehingga bisa dinikmati dalam jangka waktu yang lama.

Namun selain sebagai bahan pembuatan jus ataupun selai, buah jabuticaba pun biasanya dimanfaatkan sebagai obat tradsional. Hal ini disebabkan karena kandungan yang ada di dalamnya baik untuk kesehatan. Dimana biasanya buah yang satu ini selalu dimanfaatkan sebagai antipenuaan, serta buah ini pun memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bisa digunakan untuk membunuh sel kanker. Sedangkan secara tradisional, rebusan kulit kering buah ini digunakan sebagai terapi hemoptisi atau batuk darah, diare, asma atau digunakan berkumur untuk mengobati amandel.

Nah setelah membacanya, maka tida ada salahnya jika anda mengnyebarkan kepada teman atau orang-orang yang ada di sekeliling anda dengan cara klik tombol share. Berikan komentar anda di bawah ini.

Leave a Reply