Pesona Pulau Mahitam Secercah Surga di Tanah Lampung

Pesona Pulau Mahitam Secercah Surga di Tanah Lampung – Pulau Mahitam menjadi salah satu destinasi menarik untuk dikunjungi karena keindahan dan keunikan di tempat ini yang punya pesona luar biasa. Selain pemandangannya yang elok disaksikan mata, anda juga bisa mengabadikan spot ini untuk dijadikan tempat berfoto. Uniknya lagi, kawasan wisata Pulau Mahitam jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Bandar Lampung sehingga anda akan bisa dengan mudah mengaksesnya.

Akhir tahun hampir tiba! Sudah punya rencana kemana akan berlibur tahun ini? Well jika belum, kami punya salah satu referensi tempat berlibur menyenangkan yang bisa anda sambangi bersama dengan keluarga. Tempat ini bernuansakan alam dengan deburan ombak yang begitu khas. Pemandangan yang begitu menakjubkan membuat orang menyebut tempat ini dengan julukan secercah surga yang Tuhan sisakan di tanah Lampung.

Adalah Pulau Mahitam yang belakangan menjadi salah satu destinasi menarik yang banyak dibicarakan orang. Pemandangan sekitaran pulau yang begitu menakjubkan seringkali menjadi daya tarik untuk berswafoto dan menghasilkan jepretan yang luar biasa. Tak heran bila banyak muda-mudi dan keluarga yang ingin datang ke tempat ini. Anda yang penasaran dengan daya tarik Pulau Mahitam, tak perlu khawatir dalam bahasan kali ini kami simak lengkap ulasan pesona Pulau Mahitam.

Selintas Pandang Tentang Pulau Mahitam

Pesona Pulau Mahitam Secercah Surga di Tanah Lampung

Dari sekian banyak pulau-pulau yang ada di Indonesia, Pulau Mahitam punya keunikan yang begitu menggoda yang dijamin membuat siapa saja penasaran dan ingin mampir ke tempat ini. Air laut di Pulau Mahitam sangat jernih sehingga karang dan biota laut yang hidup di pesisir pantai akan nampak terlihat. Ketika airnya surut akan nampak jalan menuju laut sehingga anda akan bisa melihat pesisir pantai dan biota laut dari jarak yang lebih dekat.

Pemandangan sekeliling pulau nampak kebiruan dengan hamparan laut lepas sepanjang mata memandang. Tempat ini menjadi tempat liburan istimewa karena selain tempatnya yang nampak berkelas harga tiket ke tempat ini pun terbilang sangat terjangkau. Sehingga anda yang ingin membawa serta keluarga ke tempat ini maka tak perlu khawatir anda bisa memboyong siapa saja yang ingin anda bawa.

Selain itu, menikmati keindahan Pulau Mahitam akan sayang rasanya bila hanya dinikmati seorang diri. Karena anda mungkin akan butuh bercengkrama dan berbincang mengagumi betapa indahnya tempat yang satu ini. Untuk itu, pastikan anda tidak datang seorang diri agar kegiatan liburan kali ini berjalan dengan nyaman dan semakin semarak.

Jangan lupa, karena tempat ini  punya latar pemandangan alam yang sangat menakjubkan ditambah air lautnya yang hijau kebiruan. Maka tentunya Pulau Mahitam menjadi spot foto yang wajib diabadikan. Jadi pada saat berkunjung ke tempat ini pastikan anda membawa semua perlengkapan berfoto anda selengkap-lengkapnya. Sehinga hasil jepretan yang didapatkan akan bisa terlihat sempurna.

Daya Tarik Pulau Mahitam

Pesona Pulau Mahitam Secercah Surga di Tanah Lampung

Ada begitu banyak daya tarik dan alasan mengapa anda harus mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Karena selain anda akan menjumpai sekelompok ikan-ikan kecil pada saat bermain di pesisir pantai. Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan terumbu karang yang keindahannya tak kalah dengan yang ada di Bunaken ataupun Wakatobi. Oleh karenanya, tempat ini pun menyediakan fasilitas untuk menyelam atau snorkeling agar para pengunjung dapat menikmati keindahan bawah laut dari Pulau Mahitam.

Ketika anda pertama kali sampai ke Pulau Mahitam anda akan langsung disambut oleh keramah tamahan para warga sekitar yang senantiasa menebar senyum hangat. Tak peduli anda adalah turis asing atau lokal yang datang dari luar pulau, para warga sekitar akan sangat menerima anda dengan hangat. Anak-anak kecil yang hilir mudik seperti kegirangan mendapatkan tamu-tamu baru yang akan menjajal keindahan Pulau Mahitam membuat tempat ini semakin hidup.

Selain kehadiran warga yang menyambut kedatangan para wisatawan, tak jarang sebagian warga akan ikut berkontribusi dalam menjaga kebersihan di tempat ini. Hal ini tentu menjadi contoh yang baik bagaimana kebersihan menjadi modal utama dalam memberikan fasilitas yang nyaman kepada para pengunjung.

Namun selain dijaga oleh orang sekitar, kita pun perlu menyadari pentingnya kebersihan dimanapun kita berada, termasuk ketika sedang berpergian dan piknik semacam ini. Pastikan anda tidak meninggalkan sampah di tempat wisata dan bawa kembali sampah yang anda datangkan ke tempat tersebut untuk dibuang di tempatnya. Karena laut yang tercemar dengan sampah bukan hanya merusak penampilan dan keindahannya saja. Namun hal ini pun akan berbahaya bagi biota laut yang ada didalamnya. Terutama ketika anda membuang sampah plastik yang sulit memuai.

Jenis sampah ini akan terus menjadi sampah plastik bahkan sampai kapanpun. Maka dari itu, perhatikan dengan baik untuk senantiasa menjaga kebersihan dengan baik. Agar demikian, keindahan alam yang kita rasakan saat ini bisa pula kita wariskan pada anak cucu kita di masa depan sehingga mereka pun bisa dengan langsung mengenal seperti apa keindahan alam yang sesungguhnya.

Anda yang datang ke tempat ini jangan heran dengan terik panas matahari yang begitu menyengat. Beberapa pengunjung seringkali mengeluhkan kondisi ini. Hal inilah yang kemudian mendorong warga sekitar untuk menanam pohon kelapa sehingga beberapa pohon kelapa yang sudah tumbuh besar dan dipenuhi dengan dedaunan kerap menjadi tempat berteduh yang adem dan menyenangkan untuk beberapa pengunjung.

Selain itu, untuk menjaga kenyamanan anda bermain dan bersenang-senang di tempat ini. Kami sarankan datanglah pada saat pagi hari atau sore hari. Hindari datang pada saat siang hari ketika matahari sedang begitu terik. Sebab hal ini akan mungkin membuat anda merasa tidak nyaman. Dan kegiatan yang sudah direncanakan akan dilakukan di tempat ini pun akan mungkin terkendala sebab pancaran terik sinar matahari yang terlalu menyengat membuat anda merasa tidak nyaman.

Sebaliknya, bila anda datang pada saat pagi atau sore hari maka anda akan bisa menikmati pemandangan sunset atau sunrise sambil berteduh dibawah pohon kelapa dan menikmati keindahan alam di tempat yang satu ini. Angin sepoi-sepoi yang menemani anda akan memberikan anda kenyamanan dan ketenangan yang begitu hakiki.

Menikmati Keindahan Pulau Mahitam di Ketinggian

Pesona Pulau Mahitam Secercah Surga di Tanah Lampung

Selain daya tarik di atas, ada lagi daya tarik lain yang akan dapat anda cicipi saat bermain di Pulau Mahitam. Lewat fasilitas ini anda akan bisa menikmati keindahan Pulau Mahitam dari atas ketinggian dimana semua pemandangan elok Pulau Mahitam akan nampak lebih jelas dan lebih mudah terlihat.

Adalah menara pandang yang begitu mempesona yang akan dapat anda nikmati. Dari tempat ini pemandangan atau landscape Pulau Mahitam yang lebih seru akan bisa disaksikan. Pemandangan dari atas sini memungkinkan anda untuk bisa melihat pemandangan yang lebih luas. Hamparan birunya air laut mungkin membuat anda menyadari betapa besar keagungan yang telah Tuhan ciptakan di bumi ini.

Namun hal penting yang harus diperhatikan dengan baik bagi anda yang datang ke tempat ini adalah keamanan. Karena menara pandang ini belum ada pegangan tangan yang layak maka pada saat menaiki menara ini sebaiknya lakukan dengan hati-hati dan perlahan. Selain itu, menara ini tidak diperuntukan bagi anak-anak sebab akan cukup berisiko.

Sepoi-sepoi angin ketika anda sampai ke puncak menara akan mungkin menjadi pengalaman yang cukup mendebarkan. Maka dari itu, fasilitas ini tidak akan cocok untuk anak-anak karena bisa saja menakutkan dan berisiko bagi keselamatan mereka yang seringkali kurang berhati-hati.

Lokasi Pulau Mahitam

Pesona Pulau Mahitam Secercah Surga di Tanah Lampung

Anda yang tertarik untuk menyambangi tempat yang satu ini maka penting sekali mengakses informasi tentang keberadaan Pulau Mahitam sejelas-jelasnya. Cara ini penting dilakukan agar anda tidak tersesat pada saat datang ke tempat ini. Terutama bagi anda yang datang dari luar daerah atau datang dari luar pulau.

Adapun alamat dari Pulau Mahitam ada di Desa Gebang yakni di Kecamatan Padang Cermin tepatnya di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan cek di map google dan pastikan anda mengetahui secara garis besar akses menuju tempat ini. Atau dapatkan informasi sejelas-jelasnya dari teman atau siapa saja yang pernah tinggal di tempat ini.

Agar setidaknya anda tahu hal apa saja yang perlu anda perhatikan dengan baik saat berkunjung ke tempat ini. Namun satu hal yang pasti bahwa jarak Pulau Mahitam dengan pusat Kota Bandar Lampung tidaklah terlalu jauh sehingga anda tidak akan kesulitan menemukan pulau yang satu ini.

Rute Menuju Pulau Mahitam

Nah, guna membantu anda agar tidak kesulitan menemukan alamat dari Pulau Mahitam maka kami berikan sedikit garis besar untuk bisa sampai ke tempat yang satu ini.

Untuk bisa menuju alamat ini anda harus bisa sampai ke Pantai Ketapang. Sementara itu, perjalanan menuju Pantai Ketapang dapat anda tempuh dengan menggunakan kendaraan selama kurang lebih 1 jam lamanya atau sampai 2 jam yang mana waktu tempuh ini akan tergantung dari kondisi lalu lintas pada saat itu.

Jalur menuju Pantai Ketapang adalah jalur yang cukup padat. Hal ini dikarenakan lokasi ini bukan hanya lokasi Pantai Ketapang saja, melainkan ada banyak beberapa pantai ternama di kawasan tersebut dimana minat orang mengunjungi tempat ini sangatlah besar. Tak heran bila tempat ini akan cukup padat setiap harinya.

Anda yang hendak menuju ke Pantai Ketapang silahkan ikuti arah dan petunjuk yang tersedia untuk bisa sampai ke tempat ini. Atau lebih amannya lagi gunakan fasilitas pemandu warga sekitar yang memang sudah tahu betul arah menuju arah ke Pantai Ketapang atau arah langsung menuju ke Pulau Mahitam. Cara ini akan lebih efektif guna memudahkan anda menghindari macet menuju tempat ini.

Sementara itu, untuk menyebrang ke pulau ada moda transportasi perahu yang akan bisa anda manfaatkan. Dengan biaya sekitar Rp. 200.000 untuk 7 orang. Sementara untuk kapasitas 15 orang biaya yang perlu dikeluarkan adalah sekitar Rp. 350.000. Karena ada banyaknya kuota untuk tiap orang akan lebih baik jika anda membawa serta keluarga dan kerabat ke tempat ini.

Ketika air laut susut ada pemandangan menarik yang akan bisa anda saksikan di tempat ini. Yakni munculnya jalan pasir yang membentang mendekati bagian laut seolah menjadi pembelah laut. Fenomena inilah yang menjadi hal yang amat ditunggu-tunggu oleh banyak pengunjung yang datang ke tempat ini. Sebagian banyak yang orang mengabadikan momen ini di ponsel mereka.

Penginapan di Sekitar Pulau Mahitam

Bagi anda yang ingin menginap di tempat ini, tak perlu khawatir sebab ada cukup banyak penginapan di tempat ini. Dengan beragam macam fasilitas yang ditawarkan dijamin tempat ini akan dapat menjadi fasilitas yang nyaman untuk ditempati.

Ada Wisma Delima yang menjadi salah satu tempat menginap yang bisa anda gunakan. Harganya yang cukup ramah dikantong para pelancong membuat tempat ini menjadi tempat yang cocok untuk para backpacker. Dengan daya tampung sekitar 2 orang untuk 2 orang tamu. Fasilitas yang tersedia diantaranya adalah kamar mandi dalam super bersih yang akan menjadi fasilitas nyaman untuk digunakan.

Selain fasilitas penginapan adapula fasilitas ATM dan minimarket. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh, anda hanya perlu berjalan sekitar 200 meter segala kebutuhan yang anda inginkan. Adapula fasilitas WiFi yang super kencang dan TV cable serta fasilitas laundry yang akan bisa anda manfaatkan.

Leave a Reply