Pernah Mengalami Tidur Tindihan? Mau Tahu Penyebabnya? Simak Artikel Berikut!

Umumnya setiap orang pernah mengalami tidur tindihan atau yang dikenal sebagai sleep paralysis

Tindihan merupakan sebuah kejadian yang terjadi di kala kita tidur, yang menyebabkan tubuh menjadi sulit bergerak dari posisi tidur padahal kita sekuat tenaga mencoba untuk bangun dan bergerak secara normal.

Biasanya ketika mengalami tindihan, kita akan sangat kesulitan untuk menggerakan anggota tubuh kita, baik tangan kaki, hingga badan, bahkan untuk sekedar membuka mata dan berteriak minta pertolongan saja kita merasa sangat kesulitan. Terkadang bayang-bayang menakutkan juga muncul di kala kita mengalami fenomena tindihan ini. Bayangan-bayangan yang digambarkan seperti hantu juga terkadang muncul pada saat kita mengalami kejadian unik ini.

01

Berbicara mengenai tidur tindihan, maka sebagain besar masyarakat Indoesia seringkali menghubungkannya dengan hantu atau kejadian-kejadian mistis serta gangguan jin. Sebenarnya mitos dan cerita tersebut juga hampir dipercayai oleh sebagian besar masyarakat di dunia, bahkan di masa lalu pun orang-orang banyak yang menganggap jika penyebab gangguan tidur tindihan ini dikarenakan roh jahat yang datang dan ingin menguasai tubuh kita. Di dalam kasus lain ada juga yang merasa ketika ia tidur tindihan melihat adanya agen asing atau alien.

Aneh sekali memang fenomena tidur tindihan ini, namun seiring waktu, penelitian ilmiah mengenai tidur tindihan terus dilakukan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang permasalahan ini secara lebih rasional dan ilmiah. Setelah melalui serangkaian penelitian yang banyak sekali dilakukan maka diketahui jika penyebab sleep paralysis ini sendiri sebenarnya terkait dengan kondisi tubuh yang kurang prima, yang kemudian menyebabkan malfungsi tidur di tahap yang disebut sebagai Rapid Eye Movement (REM).

Normalnya ketika tidur anda akan melewati 4 fase atau tahapan, yakni, tahap tidur ringan, tidur dalam, tidur paling dalam, dan terakhir REM atau sering kita sebut sebagai mimpi, namun pada saat kita mengalami tidur tindihan maka kita hanya akan melewati 3 tahapan dan melewati fase tidur paling dalam, sehingga badan kita masih terbangun dengan sadar, namun di saat yang bersamaan kita sudah memasuki fase REM dan mulai bermimpi, sehingga timbulah bayangan-bayangan nyata yang seringkali berwujud seram dan seringkali juga dikaitkan dengan fenomena mistis.

Beberapa alasan yang paling sering ditampilkan sebagai penyebab tidur tindihan adalah kecapaian dan kurang tidur, selain itu kondisi strees yang menimpa kita bisa juga menjadi alasan yang mampu membuat kita mengalami hal tersebut. oleh karena itu kejadian sleep paralysis atau tidur tindihan ini tidak bisa dianggap remeh, sebab gejala yang muncul merupakan tanda atau signal yang dikeluarkan tubuh untuk segera mengevaluasi diri kita. Jika dibiarkan berkelanjutan, maka bisa jadi tindihan ini memicu gangguan lain seperti narcolepsy (tidur tiba-tiba saat berkegiatan) hingga depresi karena kecemasan berlebih menghadapi gangguan-gangguan dari gambaran-gambaran seram yang kita dapatkan saat mengalami tindihan.

Bagi anda yang sedang mengalami permasalahan sleep paralysis sebaiknya segera mengevaluasi diri, dan mencoba untuk memperbaiki pola tidur, kontrol kegiatan. Selain dengan perbaikan kondisi fisik, mental juga perlu di jaga untuk menghindari stress yang menghinggapi. Cobalah untuk cuci muka sebelum tidur, serta membaca doa sesuai dengan kepercayaan masing-masing agar tidur yang kita lakukan lebih terjaga dengan baik lagi.

Jaga terus kondisi dan jangan terlalu memporsir diri. Bagikan artikel informasi seputar fakta tidur tindihan berikut ini kepada teman dan sahabat anda di media sosial dengan menekan tombol share di bagian bawah artikel. Anda juga bisa turut berbagi komentar seputar fakta tidur tindihan dengan memasukan pendapat di kolom yang sudah disediakan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook