Penting! Ini 7 Cara Merawat Telinga yang Baik dan Benar

Penting! Ini 7 Cara Merawat Telinga yang Baik dan Benar – Semua panca indera yang ada di dalam tubuh kita memiliki peran yang sangat penting. Untuk itulah, menjaga dan merawat kesehatan bagian tersebut adalah hal wajib yang harus senantiasa diperhatikan. Di bawah ini adalah 6 cara merawat telinga yang baik dan benar.

Sama seperti anggota tubuh lainnya, kesehatan dan kebersihan telinga adalah hal penting yang harus diperhatikan dengan baik. Jangan karena letak telinga yang tidak terlihat langsung oleh mata kita membuat kita melewatkan perawatan bagian tersebut.

Telinga adalah bagian tubuh yang punya fungsi sebagai indera pendengaran. Kesehatan telinga yang terjaga dengan baik akan tentu memelihara kualitas daripada pendengaran kita. Untuknya, di bawah ini adalah 7 cara merawat telinga yang baik dan benar. Baca juga: Jaga Bumi Tetap Hijau dengan 8 Cara Menjaga Lingkungan Hidup

7 Cara Merawat Telinga yang Baik dan Benar

Cara merawat telinga tak cukup hanya membersihkannya dari kotoran saja. Ada banyak treatment yang bisa meningkatkan kualitas pendengaran. Di bawah ini adalah beberapa cara merawat telinga yang baik dan benar yang penting anda ketahui.

Bersihkan Telinga dengan Benar

7 Cara Merawat Telinga yang Baik dan Benar

Ketika berbicara mengenai langkah untuk membersihkan telinga, sebagian dari kita mungkin hanya tahu bahwa membersihkan telinga cukup dengan memasukkan korek kuping dan mengorek keluar kotoran yang ada di dalamnya, Akan tetapi, rupanya cara pembersihan telinga tidak dapat dilakukan dengan sembarangan.

Ketahui dengan baik bahwa anatomi telinga sendiri terdiri menjadi 3 bagian utama. Bagian tersebut adalah bagian dalam, tengah dan bagian luar. Yang mana tentunya masing-masing dari bagian tersebut punya fungsi tersendiri agar anda bisa mendengar dengan baik.

  • Adapun pada saat membersihkan telinga pastikan anda memulainya dengan membersihkan bagian luar yakni pada bagian daun telinga. Bersihkan dengan cara menggosok lembut daun telinga dengan arah memutar.
  • Sebenarnya, telinga anda punya kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Hal ini dibuktikan dengan adanya bulu-bulu halus pada telinga. Namun terkadang debu dan kotoran yang menumpuk seringkali menggumpal. Untuk itu, lakukan dengan perlahan ketika mengorek kotoran keluar.
  • Dapatkan bantuan orang lain. Bila anda merasa kesulitan membersihkan kotoran pada telinga maka tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain.

Hindari Penggunaan Cotton Bud

7 Cara Merawat Telinga yang Baik dan Benar

 

Sebagian orang menganggap bahwa membersihkan kotoran yang ada pada telinga akan lebih aman dengan menggunakan cotton bud. Hal ini disinyalir karena bagian ujung permukaan cotton bud yang halus dan nyaman ketika masuk ke lubang telinga.

Namun perlu diketahui justru membersihkannya dengan cotton bud akan lebih berisiko. Selain berisiko kapas tertinggal di bagian dalam. Kotoran telinga terutama yang kering akan cenderung malah semakin terdorong ke dalam.

Daripada menggunakan cotton bud akan lebih baik menggunakan korek kuping dengan bagian yang berbentuk seperti sendok. Alat ini lebih memudahkan anda untuk mengorek keluar kotoran di dalam telinga.

Hindari Suara yang Terlalu Keras

Suara yang terlalu keras atau terlalu bising adalah yang buruk untuk kesehatan pendengaran anda. Meski terkadang mendengarkan musik dengan volume yang maksimal terasa lebih menyenangkan dan memacu adrenalin anda untuk bisa menikmati musik dengan lebih hidup. Namun sayangnya, kebisaan ini akan dapat menurunkan kualitas pendengaran anda.

Mulai saat ini, kurangi kebiasaan buruk tersebut. Anda dapat melindungi kesehatan dan kualitas pendengaran anda dengan mengikuti aturan untuk tidak menyalakan suara lebih dari 60% ukuran maksimal dari suara tersebut. Termasuk dengan musik dari ponsel, tayangan film dari televisi dan media lainnya yang menghasilkan suara.

Gunakan Pelindung Telinga

Bila perlu, gunakan pelindung telinga kemanapun anda pergi. Hal ini akan menjadi hal penting yang perlu dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas pendengaran anda dan menjaga kesehatannya. Anda dan kita semua tentu paham betul bagaimana pentingnya indera pendengaran untuk hidup kita. Ketika bagian ini mengalami masalah maka sebagian daripada diri anda akan mengalami penurunan fungsi.

Adapun beberapa kondisi yang mungkin membuat anda membutuhkan pelindung telinga diantaranya adalah:

  • Bawa pelindung telinga ketika anda pergi ke konser
  • Pastikan anda selalu melengkapi diri anda dengan pelindung telinga bila anda bekerja di pabrik yang sering mendengarkan suara bising dari mesin
  • Perhatikan kenyamanan anda pada saat menggunakan pelindung telinga. Pilihlah bahan pelindung pendengaran yang memang sudah memenuhi standar kesehatan.

Namun ingat pelindung telinga yang dimaksud bukanlah earphone. Akan tetapi, alat pelindung pendengaran yang memang banyak diproduksi oleh orang kesehatan.

Hindari Penggunaan Earphone

7 Cara Merawat Telinga yang Baik dan Benar

Sumber suara keras tak hanya berasal dari lingkungan sekitar saja. Namun kebiasaan baru masyarakat modern adalah mendengarkan musik yang keras dari earphone mereka. Menyetel musik atau film dengan media earphone memang paling nikmat dengan suara yang maksimal.

Selain akan membuat suara terdengar lebih jelas, sensasi seperti berada di studio membuat anda semakin bersemangat mendengarkannya. Namun sayangnya, kebiasaan buruk ini adalah penyumbang terbesar kerusakan pendengaran di era saat ini. Anda bukan dilarang menggunakan earphone namun perhatikan beberapa aturan ini agar penggunaan earphone tidak merusak kualitas pendengaran anda.

  • Terapkan aturan 60/60. Aturan ini memungkinkan anda untuk mendengarkan earphone dengan suara tidak lebih dari 60% dengan durasi selama 60 menit. Penerapan aturan ini dianggap ideal dan aman untuk kesehatan pendengaran anda.
  • Hindari suara terlalu keras. Selain membuat anda menjadi teralihkan sepenuhnya dan kesulitan mendengarkan orang sekitar, volume earphone yang terlalu keras akan pula merusak pendengaran anda. Maka dari itu, perhatikan masalah ini dengan baik.
  • Jangan terlalu sering menggunakan earphone. Apalagi sampai setiap hari sebab hal ini akan sangat merugikan pendengaran anda.

Menjaga Telinga Tetap Kering

7 Cara Merawat Telinga yang Baik dan Benar

Cara merawat telinga yang selanjutnya adalah dengan menjaga telinga anda tetap kering. Kelembaban yang berlebihan pada bagian dalam telinga anda akan memicu pertumbuhan bakteri masuk ke dalam saluran telinga anda. Kondisi ini akan secara tidak langsung memicu adanya infeksi atau iritasi di bagian tersebut. Untuknya pastikan dengan seksama bahwa anda selalu menjaga telinga tetap kering dengan beberapa langkah di bawah ini.

  • Mengelap wajah dan telinga setiap kali selesai ah mencuci wajah.
  • Keringkan telinga setelah berwudhu.
  • Lap telinga setelah anda mandi, terutama setelah keramas.
  • Bawa tisu atau handuk pada saat anda akan berenang dan pastikan anda mengelap telinga setelahnya sampai kering.

Lakukan Pemeriksaan Rutin ke Dokter

7 Cara Merawat Telinga yang Baik dan Benar

Pada dasarnya pemeriksaan kesehatan yang rutin ke dokter menjadi langkah penting sebagai pencegahan dari semua penyakit yang bisa menyerang tubuh. Termasuk dengan menjaga kesehatan pendengaran anda. Lakukan pemeriksaan ke THT terutama anda yang rentan sekali dengan gangguan telinga, seperti orang yang bekerja di tempat bising, orangtua atau bahkan anak-anak sekalipun.

Artikel menarik lainnya: 5 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Rontok

Leave a Reply