Wisata Pantai Watu Karung Pacitan: Merasakan Ombak Terbaik Kelas Dunia 5/5 (1)

Sebagai negara yang terdiri dari gugusan pulau, Indonesia memiliki berbagai spot wisata dan olahraga alam kelas dunia.

Bagi para pecinta olahraga selancar, menemukan pantai yang memiliki ombak besar dan stabil merupakan kebahagiaan tersendiri apalagi jika spot tersebut belum banyak diketahui oleh orang banyak. Indonesia sebagai surganya pantai di dunia memiliki banyak sekali surga tersembunyi di berbagai sudut daerahnya. Dari ujung timur hingga ke barat selalu ada spot baru yang terlalu beraharga untuk sekedar dilewatkan begitu saja. Keindahan alam berpadu dengan ombak bagus selalu menjadi buruan peselancar dalam maupun luar negeri. Tak peduli harus menerobos kerumunan hutan yang lebat atau tebing yang terjal, menemukan spot yang indah adalah suatau kebanggaan dan kesenangan tersendiri.

Berbicara mengenai spot selancar yang bagus, banyak sekali spot di Indonesia yang terkenal hingga ke luar negeri dari mulai Cimaja, Pantai Pulau Merah, hingga pantai-pantai cantik di Bali. Namun jika anda mencari tempat wisata yang menawarkan paket lengkap wisata alam dan olahraga surfing jangan pernah melewatkan satu nama , yaitu Pacitan. Kota Pacitan memiliki banyak sekali gugusan pantai indah. Salahsatu yang masih tersembunyi dan bisa dijadikan alternatif wisata adalah Pantai Watu Karung.

Pantai Watu Karung: Merasakan Ombak Terbaik Kelas Dunia

Pesona Wisata Watu Karung

Jika anda memiliki waktu libur berkenan menyempatkan untuk datang ke pantai yang satu ini, maka anda tidak akan merasa kecewa. Kelestarian alam dan kebersihan dari pantai yang satu ini masih terbilang sangatlah alami. Di Pantai Watu Karung yang terletak di daerah Pringkutung, Pacitan ini menawarkan ombak kelas dunia untuk para pecinta selancar, bayangkan saja ombak di sini mampu mencapai ketinggian 4 meter. Dengan ombak yang sangat bagus tersebut tak heran peselancar kelas dunia macam jawara dunia Bruce Irons tertarik mencoba berselancar di sini. Berkat Bruce dan fotonya yang sedang berselancar di Watu Karang dijadikan cover salahsatu majalah internasional terkemuka Waves, banyak sekali pecinta ombak dan selancar yang kemudian tertarik lalu datang ke tempat indah ini. bagi yang gemar dengan kegiatan memancing sepertinya Pantai Watu Karung ini juga patut dicoba.

Selain ombak kelas dunia yang dimilikinya, Pantai Watu Karung ini juga memiliki pesona yang sangat luar biasa indahnya ini juga memiliki pantai yang sangat bersih dan air lau yang biru. Pasir yang dimilikinya merupakan pasir putih. Deretan karang berjejer menambah keindahan dari pantai ini. disamping hal-hal tersebut terdapat juga pepohonan hijau yang melengkapi elemen-elemen keindahan dari tempat ini. Jangan khawatir juga bagi anda yang ingin bermain di bibir pantai, sebab ombak besar akan tepat berhenti di bibir pantai dan tidak akan menyeret anda ke tengah laut, sehingga anda bisa dengan tenang bermain pasir di pantai Watu Karung. Sampai saat ini pengelolaan oleh pemerintah maupun masyarakat setempat belum dilakukan secara maksimal, untuk datang mengunjungi pantai ini kita bisa memasukinya secara gratis dan tanpa membayar sepeserpun.

Selain itu, berikut ini pesona lainnya dari Pantai Watu Karung yang menakjubkan. Yuk simak penjelasannya berikut ini:

Terdapat Sunset di Tengah Laut

Pantai Watu Karung

Di pantai yang menghadap ke selatan biasanya kita akan sulit melihat sunset di tengah laut. Namun, berbeda halnya dengan Pantai Watu Karung. Pantai Watu Karung menjadi salah satu pantai yang istimewa, sebab meskipun menghadap ke selatan tapi anda bisa melihat sunset atau matahari terbenam di tengah laut, karena pantai ini sepenuhnya tidak menghadap ke arah selatan, namun sedikit serong ke arah barat. Di Pantai Watu Karung anda bisa menyaksikan bagaimana indahnya matahari terbenam.

Untuk melihat matahari terbenam di Pantai Watu Karung, waktu terbaik yaitu pada bulan Oktober sampai Februari ketika matahari bergeser ke arah selatan. Anda beserta keluarga, pasangan atau teman-teman dapat menikmati susana sore yang begitu romantis di pinggir pantai sambil melihat matahari tenggelam di tengah laut. Liburan anda di Pacitan akan tetap istimewa karena dapat merasakan sunset yang indah layaknya di Kuta, Bali. Jadi buat anda yang bingung menentukan tempat liburan, tidak ada salahnya anda mendatangi pantai yang satu ini. Di sini anda akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

Spot Surfing yang Disukai Oleh Bule

Pantai Watu Karung

Dibandingkan wisatawan lokal, Pantai Watu Karung lebih dikenal oleh bule, apalagi untuk mereka yang memiliki hobi berselancar. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ombak di Pantai Watu Karung ini besar dan membuat para pecinta surfing penasaran untuk menaklukannya. Ombak-ombak ini berada di tengah laut sehingga untuk mendapatkan ombak ideal untuk surfing biasanya harus berenang terlebih dahulu. Di tengah pantai, ombak memang cukup besar bahkan bisa mencapai hingga beberapa meter. Para wisatawan asing banyak yang terpesona dengan ombak di pantai yang satu ini.

Pantai Watu Karung memiliki penampakan alam yang begitu menakjubkan. Selain pantainya, anda bisa melihat keindahan di sekelilingnya.

Pantai yang Megah dengan Sungai yang Indah

Pantai Watu Karung

Ketika berkunjung ke Pantai Watu Karung, anda tidak hanya dapat menikmati indahnya pesona pantainya saja. Namun anda juga dapat menikmati keindahan sungainya. Di sisi timur Pantai Watu Karung terdapat sungai yang bermuara di Watu Karung. Sungai tersebut namanya Kali Cokel. Sungai ini terlihat begitu indah dengan air berwarna hijau jernih. Meskipun musim kemarau sungai ini tidak pernah kering.

Anda tidak hanya dapat melihat keindahan sungai saja, karena anda dapat melakukan kegiatan di sini. Anda dapat mengabadikan momen di sini dengan berfoto di jembatan yang berada di atas sungai. Anda akan melihat bagaimana indahnya aliran sungai dengan pemandangan alam sebagai latar belakangnya. Selain itu, anda juga bisa mencoba menyusuri sungai dengan menggunakan perahu. Di sini anda bisa menyewa perahu untuk menyusuri sungai yang indah ini. Tidak hanya itu saja, di sungai ini anda juga bisa bermain paddle board seperti para bule. Hanya saja, untuk kegiatan ini anda harus membawa papan sendiri. Pasalnya, di sini belum ada papan yang dapat anda sewa.

Putri Samudera

Pantai Watu Karung

Di Pantai Watu Karung salah satu spot yang menarik yaitu Putri Samudera. Putri Samudra itu sendiri merupakan tebing dengan bentuk menyerupai wajah perempuan, dimana tebing ini menghadap ke arah laut. Tebing tersebut terlihat seperti perempuan yang memakai mahkota dengan rambut panjang yang terurai. Berdiri kokoh seolah-olah sedang menatap ke arah laut lepas. Hanya saja, apabila di lihat dari sisi lain tebing ini akan terlihat seperti kura-kura. Agar dapat melihatnya dengan jelas, para pengunjung harus melihatnya dari sisi Timur pantai, kemudian menaiki tangga untuk menuju bukit.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Pantai Watu Karung

Berwisata di Pantai Watu Karung, selain berselancar atau menyusuri sungai, beberapa kegiatan lainnya bisa anda lakukan saat berkujunjung ke Pantai ini. Anda dapat bermain-main air. Selain itu, anda juga dapat melakukan permainan menyenangkan bersama dengan teman atau keluarga anda seperti volly pantai, main bola atau membuat istana dengan menggunakan pasir putih yang lembut. Para wisatawan juga dapat mengunjungi dermaga yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Di sini disediakan aneka ikan hasil tangkapan para nelayan.

Akses Menuju Watu Karung

Dengan semakin besarnya nama Pantai Watu Karung, khususnya di telinga para pecinta surfing, maka tidaklah heran kini semakin banyak yang ingin datang ke tempat ini dan merasakan keindahan serta bagusnya ombak di Watu Karung. Menuju Pantai Watu Karung itu sendiri belum terlalu mudah, sebab belum adanya angkutan umum yang beroperasi menuju daerah ini sehingga akses dan akomodasi. Sehingga jika anda ingin berkunjung ke Watu Karung harus menggunakan kendaraan pribadi, dan jika anda tidak memiliki angkutan pribadi mungkin menyewa kendaraan untuk berangkat ke sini adalah pilihan yang bisa diambil. Kendaraan pribadi baik roda 2 maupun 4 sudah bisa digunakan, hanya saja tingkatkan kewaspadaan dan rasa hati-hati anda, sebab akses jalan menuju tempat ini belum bisa dikatakan baik, jalan yang ada masih terhitung kecil dan sempit serta banyak lubang. Selain itu selama perjalanan yang akan ditempuh kira-kira hingga 40 kilometer, akan banyak sekali ditemui tikungan yang sangat tajam dan tanjakan yang sangat curam, oleh karena itu kehati-hatian dan kewaspadaan perlu ditingkatkan agar kita bisa datang dan kembali dengan baik. untuk pengunjung yang mengendarai motor, kendaraanya bisa dibawa hingga ke bibir pantai.

Untuk menuju Pantai Watu Karang dari Pacitan dapat menggunakan 2 jalur berikut sebagai alternatif jalan, yakni via Pacitan-Solo atau enggunakan jalan pintas Desa Sedeng.

Menuju Watu Karung via Pacitan-Solo

Menggunakan jalur ini akses langsung dari Pacitan akan menyusuri jalur Pantai Teleng yang sangat indah di sepanjang jalannya, sampai ke hutan lebat dan pada akhirnya berakhir di Kecamatan Pringkuku.

Jalan Pintas Desa Sedeng menuju Watu Karung

Menggunakan jalan pintas ini kalian akan lebih cepat sampai sebab anda akan langsung masuk menuju Desa Pringkuku, hanya saja dengan malalui jalan ini banyak sekali tanjakan curam yang harus dilalui dan jika kendaraan anda kurang prima akan menjadi masalah yang cukup besar untuk dihadapi.

Penginapan Di Sekitar Watu Karung

Sekitaran Pantai Watu Karung ini masih alami dan bersih. Belum banyak pengunjung yang datang berkunjung ke tempat ini untuk menikmati pesona alam yang ada. Meskipun demikian sudah mulai banyak yang berdatangan ke tempat ini untuk merasakan keindahan serta ombak yang dimiliki oleh Watu Karung. Oleh karena itu meskipun keadaan tempat yang terpencil dan akses yang diperlukan untuk sampai ke tempat ini cukup sulit dan kecil tetapi ketersediaan akan tempat menginap sudah ada. Penginapan yang tersedia hanya berupa cotage yang dikelola oleh warga sekitaran pantai saja. Fasilitas yang ditawarkan pun masih terbilang sangat sederhana, belum sebesar hotel-hotel mewah yang biasanya tersedia di beberapa tempat wisata.

Fasilitas Pantai Watu Karung

Fasilitas yang terdapat di Pantai Watu Karung ini masih tergolong minim. Namun meskipun begitu ketika anda berkunjung ke  pantai ini ada beberapa hal yang bisa anda temui. Di sini  terdapat lahan parkir yang cukup luas sehingga anda tidak akan kesulitan mencari tempat parkir saat berkunjung ke pantai ini. Di sini juga disediakan gazebo yang bisa anda gunakan untuk bersantai atau hanya sekedar duduk-duduk saja sembari menikmati indahnya pemandangan pantai. Di sini juga sudah tersedia toilet dan mushola.

Jika anda tidak membawa bekal makanan saat berwisata ke Pantai Watu Karung, anda jangan khawatir. Pasalnya di sekitar pantai ini terdapat beberapa warung yang menyediakan aneka makanan dengan harga yang cukup terjangkau. Selain menjual aneka makanan dan minuman, warung-warung tersebut juga menyediakan pernak-pernik yang dapat dibuat oleh wisatawan.

Apabila para pengunjung ingin merasakan suasana malam di Pantai Watu Karung, di sini sudah disediakan penginapan yang dapat anda sewa dengan harga yang bervariatif tergantung penginapan mana yang anda pilih.

Tips Berkunjung Ke Watu Karung

Untuk berkunjung ke Pantai Watu Karung ini ada beberapa hal yang sebelumnya dipersiapkan adgar perjalanan dan liburan yang akan anda lakukan di Watu Karung ini berjalan dengan baik dan maksimal.

  1. Bagi para pengemudi disarankan untuk berkendara dengan hati-hati. Pasalnya jalan untuk menuju Pantai Watu Karung memiliki cukup banyak tikungan,  tanjakan, dan turunan yang sangat tajam. Bahkan di beberapa titik, para pengemudi jarak pandangnya bisa kurang 1 meter. Sehingga sangat rawan terjadi tabrakan dengan pengemudi yang lainnya.
  2. Persiapkan kendaraan anda dengan baik saat hendak berkunjung. Pastikan dalam keadaan yang prima dan tidak akan menyusahkan di perjalanan, terlebih jika kendaraan itu adalah sewaan. Sebab akan banyak ditemui belokan tajam dan tanjakan curam.
  3. Jangan sungkan untuk sekedar bertanya mengenai arah jalan, sebab meski kini sudah banyak pengunjung yang mendatangi tempat ini, namun keberadaan papan penanda dan petunjuk jalan masih minim, oleh karena itu untuk menghindari salah jalan bertanya adalah saran terbaik yang bisa dilakukan.
  4. Jika anda pecinta surfing, persiapkan alat-alat surfing anda sebaik-baiknya, sebab ombak besar kelas dunia sedang menanti dan sangat sayang jika terjadi masalah ketika bermain.
  5. Karena keindahan alam yang sangat menawan jangan lupakan kamera anda, pesona alam di sini juga terlalu indah untuk dilewatkan dan tanpa diabadikan ke dalam lensa kamera anda.

Wisata Alam Pacitan yang Lainnya

Selain Pantai Watu Karung, Pacitan memiliki pantai indah yang lainnya. Jadi selain mengunjungi Pantai Watu Karung, saat berlibur ke Pacitan tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke pantai indah lainnya yang ada di Pacitan. Untuk mengetahuinya anda bisa simak berikut ini:

  • Pantai Klayar. Pantai Klayar berada di Ds. Sendang, Kec. Donorojo, Kab. pacitan. Di Pantai ini terdapat pasir putih yang indah dengan dikelilingi tebing batu karang.
  • Pantai Srau. Selain Pantai Klayar, ada juga Pantai Srau. Pantai ini berada di Dsn. Srau, Ds. Candi, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan. Pantai ini terkenal masih perawan dengan keindahan yang begitu menawan. Pantai ini letaknya memang cukup terpencil dan belum banyak dikunjungi. Pasir putih yang membentang indah masih bersih. Selain itu, ombak yang tidak terlalu tinggi membuat pantai ini terlihat semakin indah.
  • Pantai Banyu Tibo. Pantai ini dinamakan ‘Pantai Banyu Tibo’ karena adanya air terjun yang langsung jatuh ke Pantai. Hal yang berbeda dari pantai yang lainnya, serta air yang jatuh dari air terjun adalah air tawar. Dimana sumber air tersebut asalnya dari sumber air bawah tanah dari Pegunungan Kars. Pantai ini berada di Ds. Wisoro, Kec. Donorojo. Kab. Pacitan.

src=”https://ketahui.com/templates/yoo_avenue/js/ytPlayer.js”>

Tertarik untuk berkunjung? Berikan komentar dan jangan lupa share ya.

Leave a Reply