Pantai Tiga Warna, Pantai di Malang yang Indah dan Mempesona

Pantai Tiga Warna, Pantai di Malang yang Indah dan Mempesona – Berkunjung atau berlibur ke Pantai menjadi kegiatan menyenangkan yang disukai banyak orang. Banyak orang yang memilih menghabiskan waktu liburannya dengan mengunjungi pantai karena akan membuat pikiran lebih segar, serta rasa letih setelah melakukan aktivitas akan berkurang. Keindahan yang disuguhkan di pantai akan sangat memanjakan mata.

Di Indonesia itu sendiri terdapat banyak pantai yang menarik. Salah satu pantai yang menarik dikunjungi karena memiliki keindahan alam yang memukau yaitu Pantai Tiga Warna yang berada  di Malang. Selain menikmati kuliner khasnya, saat berlibur ke Malang anda dapat sekaligus berkunjung ke Pantai Tiga Warna.

Pantai Tiga Warna memiliki daya tarik untuk para pengunjungnya. Keindahan pantai dan suasananya masih asri dan alami. Nah, daripada anda semakin penasaran,  simak ulasan seputar Pantai Tiga Warna Malang berikut ini.

Pantai Tiga Warna

Mengenal Lebih Dekat Seputar Pantai Tiga Warna

Sesuai dengan namanya ‘Pantai Tiga Warna’, pantai ini memiliki tiga warna yang menarik. Pantai ini memiliki keindahan yang akan membuat siapa saja yang melihatnya terpesona. Pemandangan alam yang disuguhkan oleh pantai yang satu ini begitu mempesona. Pantai Tiga Warna ada di kawasan konservasi laut, terutama konservasi terumbu karang, serta pohon bakau. Lokasi pantai ini berada di Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan. Kab. Malang, Jawa Timur.

Pantai ini memiliki air laut bergradasi yang sangat cantik. Untuk anda yang ingin melihat keindahan pantai yang masih alami, maka mengunjungi pantai yang satu ini adalah pilihan yang tepat. ( Baca juga : Pantai Talang Ria )

Penyebab Perbedaan Warna Air Laut

Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna memiliki warna yang terbilang unik. Anda mungkin penasaran dan bertanya-tanya mengapa warna pantai ini memiliki perbedaan. Nah, warna merah yang terdapat di pantai ini muncul karena pembiasan cahaya matahari. Warna merah di pantai ini berada tidak lebih di kedalaman 20 meter.

Tidak hanya warna merah saja, pantai ini juga memiliki warna hijau. Warna hijau yang timbul di pantai ini disebabkan karena beberapa hal, salah satunya karena lumpur yang mengendap di dasar laut, serta plankton yang jumlahnya besar.

Nah, sedangkan warna biru adalah warna air laut biasa seperti yang kita ketahui. Perpaduan warna di pantai ini tentunya sangat unik dan menjadi salah satu daya tarik pantai ini.

Keadaan Pantai Tiga Warna Malang

Keadaan Pantai Tiga Warna begitu bersih, sebab kebersihan pantai ini sangat terjaga. Kondisi pantai yang indah nan bersih tentunya akan sangat memanjakan mata para pengunjungnya.

Saat mengunjungi  pantai yang satu ini, setibanya di lokasi anda akan didata oleh petugas. Barang bawaan anda, serta jumlah barang bawaan anda akan didata. Terutama barang yang berbau sampah. Barang yang dibawa ke area pantai harus dibawa lagi ke tempat pendataan pertama kali anda masuk. Nah, jika terdapat barang yang hilang, maka anda akan didenda perbarangnya. Dengan peraturan seperti ini kondisi pantai tetap akan terjaga kebersihannya. Selain mendata pengunjung sebelum masuk, jumlah para pengunjung juga dibatasi yakni sebanyak 100 orang per hari.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Pantai Tiga Warna

Tidak hanya menikmati keindahan pantai saja, saat mengunjungi Pantai Tiga Warna anda bisa melakukan beberapa kegiatan yang menyenangkan. Sehingga untuk anda yang berkunjung ke Pantai ini tidak perlu lagi khawatir merasa bosan berada di pantai.

Pantai Tiga Warna ini memiliki keindahan laut yang begitu mempesona. Sehingga kegiatan snorkeling menjadi salah satu kegiatan yang dapat anda lakukan. Kondisi air lautnya yang jernih akan dapat anda nikmati, ditambah lagi dengan biota yang terdapat di dalamnya.

Anda akan menyaksikan aneka ikan yang indah serta karang-karangnya. Kegiatan ini tentunya sangat menarik dicoba dan membuat liburan anda ke Pantai Tiga Warna lebih menyenangkan. Jika anda  tidak membawa peralatan anda jangan khawatir. Di sini disediakan tempat untuk menyewa peralatan dengan harga yang sudah ditentukan.

Peraturan di Pantai Tiga Warna

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya terdapat kuota maksimal pengunjung yang datang ke  Pantai Tiga Warna setiap harinya. Selain membatasi jumlah pengunjung, terdapat beberapa paraturan lainnya di pantai ini seperti berikut.

Sistem Reservasi

Pengelola Pantai Tiga Warna ini menerapkan sistem reservasi dan membatasi jumlah pengunjung. Dalam sehari pengunjung tidak boleh lebih dari 100 orang. Per grup kuota maksimalnya yaitu 10 orang.

Untuk reservasi, anda dapat memastikan grup atau kelompok yang akan mengunjungi Pantai Tiga Warna, serta menentukan waktu keberangkatan. Jika masih tersedia anda dapat langsung memesannya. Sedangkan jika sudah penuh anda harus menunda waktu keberangkatan.

Cek Barang Bawaan

Barang yang anda bawa akan diperiksa oleh petugas, terlebih lagi bungkus bekas makanan. Bungkus bekas makanan harus dibawa lagi pulang untuk menjaga supaya kondisi pantai tetap bersih.

Menggunakan Tour Guide

Setiap kelompok pengunjung harus menggunakan tour guide. Ketika berwisata di Pantai Tiga Warna ini, tour guide akan menemani kelompok anda. Selain itu, dengan adanya tour guide akan mengingatkan pengunjung jika melakukan hal yang akan merusak kelestarian pantai.

Ada Sistem Libur

Pengelola Pantai Tiga Warna memberlakukan sistem libur, yaitu sehari dalam seminggu pada hari kamis. Bagi anda yang ingin berkunjung ke pantai cantik ini pastikan jangan pada hari libur.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Pantai Tiga Warna yaitu senilai dengan 1 buah pohon bakau. Hal ini menjadi salah satu cara untuk ikut berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan.

Sanksi Jika Membuang Sampah

Jika berkunjung ke tempat ini anda meninggalkan sampah maka anda akan dikenakan sanksi atau denda yaitu harus membayar sebanyak Rp.100.000 untuk satu sampah. Dengan peraturan ini Pantai Tiga Warna keadaannya tetap bersih dan bebas dari sampah.

Waktu Untuk Berkunjung

Tidak sebebas seperti pantai yang lainnya, Pantai Tiga Warna memiliki batas waktu kunjungan. Setiap kelompok diberi waktu selama 2 jam untuk berada di pantai yang satu ini.

Larangan Berkemah

Di Pantai Tiga Warna anda tidak diperbolehkan berkemah sebab pantai ini adalah kawasan  konservasi. Jika ingin berkemah maka anda bisa melakukannya di pantai lainnya.

Rute Menuju Pantai Tiga Warna

Dibandingkan dengan menggunakan mobil, saat berkunjung ke Pantai Tiga Warna lebih disarankan menggunakan sepeda motor. Pasalnya area parkir mobil jaraknya jauh dari lokasi  pantai. Sebelum melakukan perjalanan ke Pantai Tiga Warna, para pengunjung akan ditawarkan 2 rute yang berbeda yakni rute By Pass dan Full Track. Berikut ini penjelasannya yang dapat anda simak mengenai kedua rute tersebut.

By Pass

Rute By Pass adalah rute yang lebih cepat. Dengan memilih rute ini anda bisa menempuh waktu selama 1 jam. Anda akan berjalan melalui perkebunan, serta ladang. Rute By Pass biasanya akan lebih banyak dipilih oleh wanita.

Full Track

Untuk anda yang memiliki hobi berpetualang, maka memilih rute yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Dengan memilih rute ini pengunjung akan melalui pantai lainnya yang tidak kalah cantik sebelum akhirnya sampai di pantai yang dituju yaitu Pantai Tiga Warna. Tidak hanya pantai, pengunjung juga akan melalui bukit.

Nah, adapun beberapa pantai yang akan anda lewati sebelum sampai di Pantai Tiga Warna  dengan memilih rute Full Track adalah seperti berikut ini. ( Lihat juga : Pantai Sanggar Tulungagung )

Pantai Clungup

Di Pantai Clungup anda akan melihat keindahan pasir yang membentang di sepanjang pantai. Di pantai ini sangat pas dijadikan tempat untuk mendirikan tenda.

Pantai Gatra

Untuk sampai di pantai ini anda harus melalui bukit. Namun jangan khasatir karena bukit yang dilalui tidak terlalu tinggi. Ketika anda sampai di puncak bukit anda akan melihat pemandangan di sekitar yang mempesona. Seturunnya dari bukit anda akan sampai di Pantai Gatra. Di pantai ini juga anda bisa melakukan camping.

Pantai Savana

Pantai Savana memiliki air yang begitu jernih dengan bebatuan kecil dan karang yang terdapat di pinggir pantai yang semakin menambah keindahan pantai.

Pantai Watu Pecah

Disebut sebagai Pantai Watu pecah karena keberadaan batu karang berukuran  besar yang terbelah menjadi dua.

Fasilitas Pantai Tiga Warna

Beberapa fasilitas sudah tersedia di Pantai Tiga Warna yang akan membuat pengunjungnya merasa  nyaman. Adapun beberapa fasilitas di Pantai Tiga Warna seperti berikut ini.

  • Mushola
  • Tempat parkir kendaraan
  • Kamar mandi dan masih banyak lagi yang lainnya

Tips Berkunjung ke Pantai Tiga Warna

Nah, agar liburan anda ke Pantai Tiga Warna nyaman dan aman, berikut ini beberapa tips berkunjung ke Pantai Tiga Warna yang harus anda perhatikan.

  • Berkunjung saat air laut normal. Sebelum memutuskan untuk berkunjung  ke Pantai Tiga Warna, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu kondisi di pantai. Anda disarankan berkunjung ketika air laut sedang normal. Pasang surut air laut tentunya akan berpengaruh terhadap spot untuk anda melakukan snorkeling.
  • Persiapan fisik. Sebelum berlibur kemana pun, tentu anda harus mempersiapkan fisik anda. Pastikan anda dalam keadaan sehat. Termasuk saat berkunjung ke Pantai Tiga Warna. Karena anda akan menempuh perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 2 jam, maka kondisi anda harus benar-benar sedang sehat.
  • Jika berkunjung ketika musim hujan. Nah, apabila anda akan berkunjung ke Pantai Tiga Warna saat sedang musim hujan, maka disarankan pada setiap pengunjung untuk menggunakan sandal gunung. Ini dilakukan untuk menjaga keamanan sebab jalanan akan licin dan berbatu.
  • Reservasi dari jauh-jauh hari. Karena pengunjung dibatasi, maka sebelum berkunjung ke Pantai Tiga Warna alangkah lebih baik anda melakukan reservasi dari jauh-jauh hari.
  • Berkunjung ke tempat yang indah tentunya akan sangat disayangkan jika tidak bisa mengabadikan momen di sana. Oleh karena itu, anda dapat membawa kamera anti air.

Pantai menjadi salah satu tempat wisata alam yang banyak diminati. Berkunjung ke pantai menjadi pilihan karena pengunjung disuguhkan oleh pemandangan yang indah, sehingga para pengunjungnya dapat melepas penat. Nah, untuk anda yang sedang mencari wisata pantai untuk dikunjungi, maka Pantai Tiga Warna dapat menjadi pilihan. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

 

 

Leave a Reply