Pantai Tebing Hadiah dari Letusan Rinjani Tua Untuk Lombok

Pantai Tebing Hadiah dari Letusan Rinjani Tua Untuk Lombok – Sekilas pemandangan di Pantai Tebing mungkin mengingatkan kita pada salah satu pantai yang ada di drama Korea yakni Decendant of The Sun. Ketika kapten Yoo membawa sang dokter cantik menjelajah pantai dan singgah di sebuah pulau dengan bangkai kapal yang karam. Nampak sekeliling pulau tersebut berhiaskan tebing dan batuan yang begitu cantik dan elok.

Ya, keindahan serupa mungkin menjadi salah satu daya tarik mengapa banyak orang ingin menyambangi pantai yang satu ini. Pesisir Pantai Tebing adalah salah satu spot berfoto yang menarik dengan pemandangan air laut yang terhampar luas dan desiran ombak yang bersahabat menjadikan tempat ini banyak dibagikan di sosial media sebagai pantai yang sayang dilewatkan saat berlibur ke Lombok.

Bagi anda yang tertarik menyambangi Pantai Tebing maka mungkin membaca mengenai ulasan lengkap dari pantai yang satu ini akan menjadi informasi penting untuk anda kumpulkan. Agar demikian, setidaknya ada gambaran yang sedikit jelas tentang kondisi dan daya tarik apa saja yang bisa anda jumpai saat berkunjung ke pantai elok di Lombok ini.

Pantai Tebing Hadiah dari Letusan Rinjani Tua Untuk Lombok

Pantai Tebing

Salah satu keunikan dan keindahan yang ada di Pantai Tebing membuat setiap mata yang memandang jatuh cinta dengan keindahan di tempat yang satu ini. Tebing yang membentangi pesisi pantai hitam ini punya tinggi mencapai 20 sampai dengan 25 meter. Entah filosofi apa yang menginspirasi pemberian namanya, namun mungkin kita akan setuju jika pulau ini diberi nama sesuai dengan bentangan tebing yang mendominasi hampir sebagian pesisir pantai.

Komposisi alam dengan kombinasi tebing nan gagah dan bersanding bersama dengan pasir berwarna hitam serta warna laut yang benar-benar biru ini menjadikan pemandangan yang amat tegas dan elok dipandang mata. Karena bentangan tebing yang luas, pantai ini umumnya sangat terbuka dimana pepohonan hanya tumbuh di atas tebing. Hal inilah yang menjadikan kondisi di Pantai Tebing umumnya sangat panas.

Namun demikian, pantai ini tidak pernah sepi dengan pengunjung dan sepertinya banyak orang mengabaikan kondisi cuaca yang panas karena semuanya tergantikan dengan indahnya pemandangan di tempat ini yang sayang bila hanya dinikmati dari cerita orang atau postingan gambar di sosial media.

Alih-alih mengeluh dengan kondisi cuaca yang ada di tempat ini. Pengunjung malah sibuk dengan aktivitas mereka seperti halnya berburu foto terbaik, berjemur dan bahkan sebagian ada yang asik berenang disekitaran bibir pantai dengan menikmati desiran ombak yang menyenangkan. Latar belakang tebing memang semakin membuat tempat ini nampak lebih istimewa tak heran bila banyak orang berkerumun untuk mengambil foto dan mengabadikan momen di tempat ini.

Asal Mula Terbentuknya Pantai Tebing

Salah satu yang unik dari pantai tebing selain pemandangan alamnya yang begitu mempesona. Pun terletak dari bagaimana pantai ini terbentuk. Ya, Pantai Tebing sendiri sebenarnya adalah sisa dari letusan dahsyat Gunung Rinjani Tua atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gunung Samalas yang terjadi di tahun 1257. Pada saat itu, letusan gunung ini dikenal sebagai salah satu letusan gunung terbesar selama periode 7.000 tahun terakhir. Kabarnya, muntahan dari material gunung ini lebih dari 40 km kubik.

Bila dibandingkan dengan letusan Gunung Tambora di Pulau Sumbawa yang terjadi pada tahun 1815 pun masih besaran Gunung Samalas. Karena material muntahan dari Gunung Tambora hanya ada sekitar 33 kilometer kubik dan Kratatau sendiri yang meletus di tahun 1883 pun hanya memuntahkan sebanyak 12,3 kolometer kubik materialnya.

Menurut para pengamat gunung api menyatakan bahwa tebing pasir yang ada di pantai ini adalah singkapan endapan piroklaktasik dari letusan Gunung Samalas. Bentangan tebing yang berdiri kokoh dengan ketebalan 50 meter ini membentuk struktur lapisan dengan komponen yakni batu apung.

Singkapan tersebut terbentuk dari endapan awan panas dan aliran piroklaktasit yang masuk ke dalam laut. Awan panas yang bertemu dengan dinginnya air laut lantas menimbulkan letusan sekunder. Ketika terlontar ke daratan maka endapan tersebut akan membentuk bukit batu seperti yang dijumpai di Pantai Tebing tersebut.

Lokasi Pantai Tebing

Pantai Tebing

Karena keindahan dan daya tarik dari terbentuknya Pantai Tebing ini kemudian banyak orang ingin menyambangi tempat yang satu ini, termasuk mungkin salah satunya adalah anda yang mendamba liburan kali ini dihabiskan di pantai Lombok tersebut.

Nah, untuk bisa sampai ke tempat ini alamat Pantai Tebing ada di Dusun Luk yakni di Desa Sambi Bangkol di Kecamatan Gangga, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Jangan lupa bila datang ke tempat ini persiapkan peralatan berfoto anda selengkap-lengkapnya agar demikian anda bisa menghasilkan jepretan yang luar biasa sebagai momen untuk dikenang.

Jam Operasional Pantai Tebing

Pantai Tebing

Tidak ada ketentuan atau peraturan pasti mulai jam berapa Pantai Tebing buka dan kapan pengunjung harus meninggalkan pantai. Karena secara teknis tidak ada bagian yang mengatur operasional di pantai yang satu ini. Anda bebas datang kapan saja ke Pantai Tebing sebab pantai ini buka selama 24 jam.

Akan tetapi, sebaiknya hindari datang pada saat malam hari karena penerangan di pantai ini masih sangat terbatas. Terlebih lagi, pemandangan laut akan mungkin sulit terlihat dengan jelas pada saat malam hari.

Harga Tiket di Pantai Tebing

Bukan hanya tidak adanya jam khusus saat anda menikmati Pantai Tebing. Akan tetapi, pantai ini pun tidak menetapkan biaya alias gratis bagi seluruh pengunjung yang ingin datang ke tempat yang satu ini. Anda hanya akan dikenakan biaya retribusi parkir atas kendaraan yang anda bawa. Jadi tentunya kabar gembira ini akan cocok bagi anda yang mencari tempat liburan murah namun menyuguhkan pemandangan alam yang menyenangkan.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Tebing

Ada cukup banyak hal yang bisa dilakukan para pengunjung yang datang ke tempat ini. Selain menikmati keindahan pantai anda pun akan senantiasa berfoto ria baik sendiri maupun beramai-ramai. Dengan pemandangan tebing dan hamparan air laut yang begitu luas dijamin foto yang dihasilkan akan menjadi karya yang menakjubkan. Apalagi bila anda mahir menemukan angle yang tepat dan punya skill fotograpi yang baik maka dijamin hasil jepretan akan istimewa.

Selain kegiatan tersebut, tidak banyak yang tahu bahwa pantai ini pun bisa menjadi spot memancing yang menyenangkan. Biasanya anda perlu bertanya ke warga sekitar dimana spot terbaik untuk memancing agar kegiatan bermain di tempat ini semakin menyenangkan.

Leave a Reply