Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Indah di Belitung dengan Pemandangan Batuan yang Eksotis

Salah satu wisata pantai di Belitung yang indah dan menawan yaitu Pantai Tanjung Tinggi. Lokasi pantai ini diapit oleh pantai Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam. Pantai ini memiliki deretan batu granit dengan hamparan pasir putih yang membentang.

Letaknya di antara dua semenanjung, sehingga pantai ini ukurannya tidak terlalu luas. Meskipun luas wilayahnya sekitar 80 hektar, namun pantai ini selalu banyak dikunjungi oleh para wisatawan luar kota. Dulunya pantai ini sebagai pelabuhan para nelayan, namun saat ini sudah menjadi tempat wisata yang indah.

Pantai Tanjung Tinggi ini pernah dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi. Tak heran jika pantai ini dikenal dengan Pantai Laskar Pelangi. Bahkan di sini dibuat tugu yang mengukuhkan pantai ini pernah dijadikan lokasi syuting film pada tahun 2008.

Lokasi Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi lokasinya berada di Desa Ciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.  Lokasi pantai ini dekat dengan Pantai Tanjung Kelayang.

Daya Tarik Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi itu sendiri memiliki daya tarik yang membuat banyak wisatawan tentu ingin mengunjungi pantai ini. Nah, berikut ini beberapa daya tarik yang dimiliki oleh pantai Tanjung Tinggi.

Pemandangan Alam yang Mengagumkan

Pantai Tanjung Tinggi pernah dijadikan sebagai tempat syuting film Indonesia karena memiliki panorama alam yang begitu indah dan mengagumkan. Di pantai ini anda akan melihat banyaknya pemandangan batuan granit dengan ukuran yang berbeda-beda.

Tidak hanya batuan granitnya saja, pantai Tanjung Tinggi itu sendiri memiliki hamparan pasir putih yang begitu lembut dengan warna air hijau toska serta biru dan begitu jernih. Saat melihat pemandangan alam yang disuguhkan di pantai ini anda tentu akan merasa takjub.

Para pengunjung banyak yang menyaksikan serta menikmati keindahan pemandangan di pantai Tanjung Tinggi ini dengan duduk di atas batuan granit. Menikmati angin sepoi-sepoi dan nuansa pantai yang khas akan sangat menyenangkan.

Sunset yang Indah

Selain karena memiliki pemandangan yang indah, daya tarik pantai Tanjung Tinggi lainnya yaitu karena memiliki pemandangan matahari terbenam yang begitu indah. Dimana pantai ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam. Para pengunjung banyak yang sengaja datang ketika sore hari untuk menyaksikan pemandangan sunset yang begitu indah.

Terdapat Batuan Granit di Sekeliling Pantai

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di pantai Tanjung Tinggi ini memiliki batuan granit yang ada di pesisir pantai. Batuan ini didominasi oleh warna putih dan abu-abu. Kehadiran batuan ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung.

Batu granit di pantai ini ada karena aktivitas vulkanik. Dimana material dari gunung berapi terbawa arus hingga sampai di pinggir pantai. Ukuran batuannya beragam, ada bebatuan yang kecil hingga besar bahkan mencapai ketinggian 5 meter.

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan di Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

Selain menikmati pemandangan indah pantai, ketika berkunjung ke sini juga ada banyak aktivitas seru yang dapat dilakukan seperti berikut ini.

Berenang

Pengunjung dapat menikmati kesegaran air pantai dengan berenang. Para pengunjung diberikan izin untuk melakukan aktivitas tersebut. Akan tetapi, ada hal yang harus diwaspadai ketika berenang di pantai ini. Dimana terdapat musim para ubur-ubur keluar dan berenang diperairan pantai. Dimana sengatan hewan ini tentu akan membahayakan.

Oleh karena itu, bagi para pengunjung yang ingin berenang sebaiknya tetap memperhatikan kondisi perairan pantai. Para pengunjung juga dapat memilih perairan dangkal di pinggir pantai.

Berkeliling di Pantai

Aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan yaitu berkeliling di perairan pantai menggunakan perahu karet. Disini biasanya sudah disediakan perahu karet yang bisa anda sewa. Anda akan diajak berkeliling di pantai ini.

Menikmati Keindahan Bawah Laut

Ketika berkunjung ke sini jangan melewatkan untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Di sini anda bisa melakukan kegiatan snorkeling atau diving untuk menyaksikan keindahan bawah air laut yang begitu memukau. Tidak perlu membawa peralatannya, anda bisa menyewanya disini.

Berjemur

Para pengunjung juga bisa berjemur di bawah matahari pagi. Vitamin D yang didapatkan dari sinar matahari langsung akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mencegah munculnya kanker kulit. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa memilih waktu berjemur sekitar jam 7 hingga 11.

Fasilitas Pantai Tanjung Tinggi

Di Pantai Tanjung Tinggi ini sudah disediakan berbagai fasilitas yang akan menunjang kenyamanan pengunjung ketika berlibur kesini. Fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap seperti berikut ini :

  • Area parkir
  • Kamar mandi umum
  • Warung makanan dan minuman
  • Wahana permainan air
  • Penginapan atau hotel

Rute Menuju Ke Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

Dari pusat kota terdekat, Pantai Tanjung Tinggi ini berjarak sekitar 37 km. Nah, apabila anda berangkat dari bandara H.A.S. Hanandjoeddin, maka membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai di pantai ini. Dengan rute yang ditempuh yaitu menuju pantai Tanjung Kelayang.

Saat berada dipertigaan jalan, anda bisa mengambil jalan ke kanan. Sedangkan untuk pantai Tanjung Kelayang ke arah kiri. Anda bisa terus maju di jalur tersebut hingga akan tiba di Pantai Tanjung Tinggi.

Penginapan Dekat Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

Untuk anda yang ingin menghabiskan waktu liburan lebih lama di sini, anda bisa menyewa penginapan untuk bermalam. Adapun beberapa penginapan dekat dengan Pantai Tanjung Tinggi seperti berikut ini.

The Villa of Lor In Tanjung Tinggi

Penginapan ini lokasinya dekat dengan Pantai Tanjung Tinggi. Dari area pantai anda hanya membutuhkan waktu 3 menit untuk sampai di penginapan ini. Karena lokasinya yang strategis, penginapan ini menjadi pilihan para pengunjung. Dari arah penginapan, pemandangan yang disuguhkan yaitu pantai dengan hamparan pasir putih yang memukau.

Pelangi Lake Resort Belitung

Selanjutnya ada Pelangi Lake Resort Belitung yang bisa dijadikan pilihan. Penginapan ini desainnya modern-minimalis. Dari kawasan pantai jaraknya sekitar 2,5 km, suasananya tenang dan nyaman.

Lorin Beach Resort

Dari pantai, penginapan ini jaraknya sekitar 2,3 km dan dapat ditempuh sekitar 4 menit.

Itulah informasi seputar Pantai Tanjung Tinggi yang ada di Belitung. Keindahan alam yang memukau ini bisa anda nikmati bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Wisata pantai ini bisa dijadikan referensi untuk liburan yang menyenangkan. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *