Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan, Pantai Indah dan Unik di Lombok

Pantai Tanjung Aan, Pantai Indah dan Unik di Lombok – Pantai menjadi tempat wisata alam favorit. Selain memiliki pemandangan yang indah, berlibur ke pantai akan memberikan ketenangan. Ada banyak pantai di Indonesia yang sangat indah dan mengagumkan. Salah satu pantai yang wajib anda kunjungi yaitu Pantai Tanjung Aan, berlokasi di Lombok.

Pantai Tanjung Aan itu sendiri berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Ombaknya tidak begitu besar dan memiliki keindahan bawah laut yang bisa dinikmati. Nah, untuk anda yang ingin berkunjung ke pantai ini, mari simak terlebih dahulu informasinya di bawah ini.

Pantai Tanjung Aan

Lokasi Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan lokasinya ada di Desa Pengembur, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Mengintip Keindahan Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan memiliki pemandangan yang begitu mempesona, memiliki garis pantai sampai 2 km. Selain memiliki hamparan pantai yang luas, Pantai Tanjung Aan dikelilingi bukit di sekitarnya, salah satu bukit yang terkenal yaitu Bukit Merese. Pantai ini juga memiliki dua sisi dari pantai yang berbeda, namun memiliki keindahan yang sama.

Kedua sisi yang terpisahkan oleh bukit batu ini perbedaannya yaitu pada warna, serta bentuk pasirnya. Di salah satu sisi ada pantai berpasir yang warnannya kuning kecoklatan. Dimana oleh warga setempat pantai ini disebut dengan pantai merica. Pasalnya ukuran pasir, warna serta bentuknya berbeda seperti pasir pada umumnya. Sedangkan di bagian sisi yang lainnya memiliki pasir putih dengan butiran yang lembut dan kecil bak terigu. Karena memiliki keindahan yang begitu mempesona, pantai ini sering dijadikan sebagai lokasi untuk foto prewedding.

Daya Tarik Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

Selain keindahan pantai yang mempesona, Pantai Tanjung Aan juga memiliki daya tarik lainnya yang membuat tempat wisata ini cukup populer. Yuk simak beberapa daya tarik Pantai Tanjung Aan berikut ini.

Memiliki Pasir Putih yang Unik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya Pantai Tanjung Aan ini memiliki pasir putih yang unik. Kemudian bentuk pasir yang seperti butiran merica konon berasal dari fosil karang yang sudah lama hancur. Bahkan warga setempat meyakini bahwa pasir yang ada di pantai ini memiliki khasiat untuk kesehatan.

Apabla anda berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki, diketahui akan bermanfaat untuk kesehatan dan membuat peredaran darah menjadi ancar. Butiran pasir yang seperti merica tersebut akan merangsang saraf-saraf yang akan membuat anda menjadi lebih sehat.

Mengunjungi Bukit Merese

Pantai Tanjung Aan dikelilingi oleh bukit-bukit hijau, salah satunya Bukit Merese. Untuk ke Bukit Merese ini aksesnya cukup mudah. Anda harus trekking pada jalan setapak dengan kondisi yang cukup menanjak, jalannya berupa bebatuan dan tanah karang. Oleh karena itu, apabila wisatawan ingin mengunjungi Bukit Merese, pastikan menggunakan alas kaki nyaman dan tebal.

Biasanya Bukit Merese ini banyak dikunjungi saat matahari akan tenggelam. Melihat proses matahari tenggelam di sini begitu mengagumkan, ditambah dengan pemandangan indah dari Pantai Tanjung Aan ini.

Santai di Payung Jerami Sambil Melihat Pemandangan

Santai di Payung Jerami sambil menikmati keindahan pantai tentu akan sangat menyenangkan. Ditemani dengan segarnya kelapa muda, santai anda tentu akan semakin asik. Karena lokasi pantai yang cukup luas, maka suasananya cukup tenang.

Melihat Bau Nyale Mandalika

Apabila wisatawan berkunjung ke Pantai Tanjung Aan pada waktu yang tepat, atau pada saat bulan Februari maka bisa menyaksikan acara spesial yaitu Festival Bau Nyale. Festival tersebut diketahui memiliki kaitan dengan mitos mengenai Putri Mandalika yang terjun dari bukit. Dimana sang putri melakukan pengorbanan tersebut untuk mengindari para pangeran yang saling berebut untuk mempersunting dirinya.

Para warga kemudian mencari jasad putri tersebut, namun tidak membuahkan hasil. Mitosnya sang putri bereinkarnasi menjadi “Nyale” atau cacing laut. Nyale itu sendiri merupakan cacing laut yang akan muncul pada saat tertentu saja. Sejak dulu tradisi menangkap nyale sudah ada, namun tetap dilestarikan hingga saat ini. Selain di Pantai Tanjung Aan, tradisi Nyale ini juga ditemukan di Sumbawa, Maluku dan Lombok.

Melakukan Berbagai Kegiatan yang Menyenangkan

Ada banyak kegiatan yang bisa pengunjung lakukan di Pantai Tanjung Aan ini, seperti berikut ini.

Snorkeling

Kegiatan menarik pertama yang bisa anda lakukan di sini yaitu melihat keindahan bawah laut dengan melakukan snorkeling. Meskipun tidak membawa peralatan, namun anda tidak perlu khawatir sebab anda dapat menyewa peralatan di sini.

Menyewa Perahu

Menyewa perahu bisa anda lakukan untuk mengunjungi Batu Payung. Di sekitaran batu karang anda dapat bermain air. Bahkan karena memiliki bentuk yang unik anda dapat menjadikan tempat ini sebagai spot foto wajib saat berkunjung ke sini.

Papan Seluncur

Di sini terdapat penyewaan papan selancar. Para pengunjung yang hobi surving dapat mencoba melakukannya di sini. Biasanya pengunjung melakukan surving ketika menjelang sore, sebab permukaan air laut mulai naik.

Rute Menuju Ke Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

Dari Kota Mataram ke Pantai Tanjung Aan diketahui memakan waktu selama sekitar 1,5 jam. Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju Cakranegara. Setelah itu, lanjutkan ke Praya, kemudian ke Batu Nyale. Tidak lama dari itu anda akan tiba di Rambitan, anda akan melewati Pantai Kuta Lombok. Lalu dari pantai ini sekitar 15 menit lagi menuju ke Pantai Tanjung Aan. Lokasi Pantai Tanjung Aan dekat dengan Pantai Kuta Lombok yaitu sekitar 3 km.

Akan tetapi jika anda memulai perjalanan dari Senggigi Lombok, anda akan menempuh jarak 72 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 46 menit.

Fasilitas Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

Berbagai fasilitas umum sudah disediakan di sini yang akan membuat pengunjungnya merasa lebih nyaman saat berlibur ke sini. Adapun beberapa fasilitas Pantai Tanjung Aan di antaranya seperti berikut ini.

  • Gazebo, tempat untuk beristirahat
  • Area Parkir
  • Warung makanan dan minuman
  • Penginapan
  • Penyewaan papan seluncur dan alat snorkeling
  • Toko souvenir

Lihat juga : Destinasi Wisata Lombok yang Memikat dan Wajib Dikunjungi

Tips Berkunjung ke Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

Sebelum berkunjug ke Pantai Tanjung Aan, ada beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan seperti berikut ini.

  • Pastikan anda menggunakan pelindung seperti sunblock, kacamata hitam, topi sehingga dapat meminimalisir teriknya sinar matahari.
  • Gunakan alas kaki yang tebal dan nyaman jika ingin mendaki Bukit Merese.
  • Para pengunjung harus senantiasa menjaga kebersihan, serta keasrian Pantai Tanjung Aan.
  • Ikuti setiap peraturan yang berlaku di pantai ini demi kenyamanan dan keamanan bersama.

Itulah informasi seputar Pantai Tanjung Aan yang dapat kami berikan untuk anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.