Pantai Siung: Pesona Alam Sekaligus Spot Camping yang Menantang

Pantai Siung: Pesona Alam Sekaligus Spot Camping yang Menantang – Destinasi wisata di Yogyakarta memang seakan tak pernah ada habisnya untuk digali. Baru saja ditemukan satu tempat baru, tempat indah lain yang tak kalah menarik bisa beriringan ditemukan dan dijadikan destinasi wisata dengan daya tarik yang begitu unik. Salah satunya seperti Pantai Siung yang ada di kawasan Gunung Kidul.

Dengan pasir yang putih dan pemandangan pantai sejauh mata memandang menjadikan tempat ini begitu istimewa dan menarik untuk disaksikan. Selain itu, kabar gembira dari Pantai Siung adalah pantai ini terbilang sebagai pantai yang cukup bersih dan bebas dari sampah. Hal ini dikarenakan Pantai Siung termasuk ke dalam salah satu destinasi wisata yang belum terlalu dikenal banyak orang. Sehingga demikian, mereka yang datang kesini umumnya tidaklah terlalu banyak.

Sekilas Mengenai Pantai Siung

Pantai Siung: Pesona Alam Sekaligus Spot Camping yang Menantang

Anda yang ingin mencicipi sensasi seperti berada di pulau privat, tempat ini akan menjadi destinasi yang bisa anda kunjungi bersama dengan teman-teman nongkrong anda. Pasalnya, selain menyaksikan keelokan dari pantai dan hamparan pasir yang begitu lembut. Tempat inipun menjadi salah satu spot bercamping dan panjat tebing yang menantang.

Hal ini dikarenakan, Pantai Siung letaknya berada diantara batuan besar dan pegunungan. Selain menawarkan pemandangan alam yang begitu indah, pantai inipun dikenal sebagai tempat panjat tebing. Ada begitu banyak pengunjung yang datang ke tempa5t ini sekedar untuk menikmati pemandangan atau bahkan menyengaja menantang nyali dengan memanjat tebing yang ada di tempat ini.

Anda yang ingin menikmati keindahan Pantai Siung dengan pemandangan yang lebih leluasa maka view dari atas ketinggian akan lebih menyenangkan. Untuk bisa mengakses ketinggian ini anda bisa naik ke bagian bukit yang terdapat disebelah timur dari pantai yang satu ini. Disana akan ada jalan setapak yang sudah diperbaiki oleh pengelola pantai sehingga memudahkan kita untuk bisa mengakses bagian bukit agar pemandangan secara keseluruhan dari pantai ini bisa disaksikan dengan lebih leluasa.

Sesampainya di atas bukit, anda akan bisa melihat betapa indahnya pemandangan dari atas sana. Bahkan Pantai Siung yang semula terlihat begitu luas, mungkin nampak sangat kecil dari atas sini. Selain pemandangan pantai, anda pun akan bisa menyaksikan keindahan alam Purwodadi dengan tanaman padi miliki warga sekitar dengan hamparan yang sangat luas.

Tak hanya pemandangan yang akan memanjakan diri anda, namun angin sepoi-sepoi yang kencang akan mungkin membuat anda betah berada berlama-lama di tempat ini. Apalagi biasanya saat musim kemarau udara di sekitaran pantai terasa sangat menyengat. Sehingga berteduh di bawah pepohonan dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi akan tentu menjadi momen yang sangat menyenangkan untuk dirasakan.

Gugusan Karang yang Menantang

Pantai Siung: Pesona Alam Sekaligus Spot Camping yang Menantang

Selain pemandangan indah nan elok yang ada di Pantai Siung, anda pun akan menjumpai gugusan karang yang begitu menantang yang ada di tempat ini. Sebagian karang yang menonjol hingga ke daratan tepatnya berada di pinggir pantai akan bisa anda akses untuk melihat pemandangan air pantai dengan lebih dekat. Selain itu, anda pun akan dapat memanfaatkan tempat ini sebagai tempat berswafoto bagi anda yang ingin mengabadikan keindahan di tempat ini jangan lupa sediakan perlengkapan berfoto selengkap-lengkapnya.

Gugusan batu karang yang ada di Pantai Siung tak hanya berada di satu titik saja. Melainkan tersebar dari arah Timur sampai dengan Barat. Batu-batu karang ini amat populer di mata para pemanjat tebing. Bahkan beberapa yang punya nyali besar sengaja naik ke bagian permukaan karang hanya untuk melihat dan menyaksikan pemandangan ombak juga air lautnya yang cukup dahsyat.

Namun perlu diketahui jika mendaki gugusan karang dengan tanpa perlengkapan keselamatan akan sangat membahayakan keselamatan anda. Jadi demikian pada saat anda melakukannya sebaiknya hati-hati jangan sampai tergelincir atau tercebur ke laut yang mana seperti yang kita ketahui gugusan batu karang biasanya punya permukaan yang tidak rata dan ini akan sangat berbahaya tentunya.

Lokasi Pantai Siung

Pantai Siung: Pesona Alam Sekaligus Spot Camping yang Menantang

Jika anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Siung hal penting pertama yang harus anda ketahui adalah lokasi atau alamat dari tempat yang akan anda tuju. Informasi semacam ini menjadi panduan penting untuk memudahkan anda mengakses destinasi wisata sehingga bisa sampai tepat waktu tanpa ada kendala tersesat atau kebingungan mencari alamat yang dituju.

Sementara itu, untuk alamat dari Pantai Siung sendiri ada di Dusun Duwet yakni di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bila anda berkendara dari pusat kota Yogyakarta jaraknya sekitar 70 km untuk bisa sampai ke tempat yang satu ini.

Bila perjalanan mulus, jarak tersebut akan bisa ditempuh dengan berkendara selama kurang lebih 2 jam. Meskipun cukup jauh dan memakan waktu yang sangat banyak namun percayalah ketika anda menginjakkan kaki ke tempat ini semua lelah yang anda lalui selama perjalanan akan terbayar lunas dengan pemandangan elok yang ada di Pantai Siung.

Sementara itu, untuk pilihan moda transportasi sendiri anda lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Hal ini dikarenakan tidak ada kendaraan umum yang bisa mengantarkan anda sampai ke tempat ini. Sebab tempatnya yang cukup jauh dengan medan yang cukup berkelok-kelok.

Harga Tiket Pantai Siung

Pantai Siung: Pesona Alam Sekaligus Spot Camping yang Menantang

Selain informasi mengenai alamat, hal lain yang juga penting untuk diperhatikan dengan baik adalah informasi mengenai harga tiket. Hal ini penting dilakukan untuk rencana keuangan yang perlu anda persiapkan saat akan mampir ke tempat wisata. Adapun untuk harga tiket masuk ke Pantai Siung sendiri anda tak perlu khawatir karena harganya yang cukup terjangkau.

Rata-rata biaya untuk memasuki objek wisata pantai ini anda hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp. 10.000 setiap orangnya. Harga tiket ini tak hanya berlaku untuk Pantai Siung Saja akan tetapi karena di Pantai Siung lokasinya berdekatan dengan pantai lain seperti Pantai Jogan dan Pantai Nglambor. Sejumlah harga tiket yang anda bayar sudah termasuk ke dalam harga tiket memasuki kawasan pantai tersebut.

Artinya hanya dengan sekali pembayaran anda bisa menikmati keindahan alam objek wisata di tiga pantai sekaligus. Nah, bagaimana menarik bukan? Sayang sekali bila anda melewatkan kesempatan berharga ini pasalnya kapan lagi membayar satu tiket pantai namun anda bisa mengakses tiga pantai sekaligus di pantai ini.

Selain harga tiket masuk, biaya lain yang mungkin perlu anda pertimbangkan adalah biaya parkir. Untuk biaya parkir bila anda datang ke tempat ini dengan menggunakan kendaraan roda dua maka anda cukup membayar retribusi parkir sebesar Rp. 2000. Sementara bila anda datang dengan menggunakan kendaraan roda empat maka anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000. Salah satu keunggulan tempat ini adalah lokasi tempat parkir dengan Pantai Siung jaraknya sangat dekat sehingga anda tidak perlu jauh-jauh berjalan kaki saat akan datang ke tempat ini.

Daya Tarik di Pantai Siung

Pantai Siung: Pesona Alam Sekaligus Spot Camping yang Menantang

Agar anda lebih tertarik menyambangi Pantai Siung, informasi tentang daya tarik dari pantai ini tentu perlu anda ketahui dengan baik. Mulai dari kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di pantai sampai dengan fasilitas apa saja yang ada di sana./ Hal ini tentunya penting diperhatikan dengan baik agar anda senantiasa bisa menikmati keindahan tempat ini dengan riang dan gembira. Selain itu, tentunya kegiatan berpiknik kali ini harus menjadi momen yang menyenangkan.

Maka dari itu, beberapa daya tarik yang bisa dilakukan di Pantai Siung diantaranya perlu anda ketahui. Seperti apa saja sih? Mari simak informasinya di bawah ini hanya untuk anda.

Camping

Kegiatan pertama yang bisa anda lakukan di Pantai Siung adalah camping atau bermalam dengan beralaskan perlengkapan camping seperti tenda dan kantung tidur yang hangat. Ya, Pantai Siung memang terkenal dengan spot camping yang banyak dicari oleh mereka para pencinta alam dengan nyali yang menantang. Menginap di alam bebas ini belakangan tak hanya dilakukan di hutan saja, namun beberapa kawasan pantai pun seringkali dijadikan spot camping yang menarik.

Biasanya para pecinta alam menggunakan tenda sebagai tempat mereka berteduh dan istirahat saat malam hari. Selain digunakan untuk tidur, tenda pun seringkali dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang sementara mereka asik mengeksplor alam sekitar. Di Pantai Siung, kegiatan camping begitu banyak diminati dan ada banyak komunitas camping yang mengunjungi tempat yang satu ini.

Berlatarkan hamparan air laut yang biru dengan pasir yang lembut dan pemandangan yang begitu elok. Tempat ini menjadi spot yang indah untuk menikmati pemandangan sunset dan sunrise yang begitu mempesona. Tak heran begitu banyak peminat camping yang datang ke tempat yang satu ini.

Panjat Tebing

Selain camping, kegiatan lain yang akan dapat anda lakukan di Pantai Siung adalah panjat tebing. Karena lokasi Pantai Siung yang berada diantara pegunungan dan batuan besar, tak heran bila di tempat ini ada banyak tebing dan batuan besar yang bisa digunakan untuk panjat tebing. Selain itu, Pantai Siung pun dikenal dengan gugusan bebatuan karang dari yang pendek sampai ukuran yang sangat tinggi. Tak heran bila banyak orang yang berminat menjajal nyali dengan panjat tebing di tempat ini.

Bahkan kabarnya kegiatan panjat tebing ini sudah dimulai sejak tahun 1989. Kala itu, para pemulanya adalah para pecinta alam dari Jepang. Hingga sampai saat ini aktivitas yang satu ini masih sangat lestari terbukti dengan banyaknya komunitas-komunitas panjat tebing yang datang dari Yogyakarta maupun dari luar Yogyakarta. Anda yang sedang menyambangi tempat ini, boleh-boleh saja mencobanya bila anda punya nyali yang besar dengan kegiatan yang menantang ini.

Bahkan kabarnya, dalam pagelaran ajang lomba panjat tebing dengan tema ASEAN Climbing Gathering, Pantai Siung pernah menjadi tuan rumah. Acara sebesar ini tentunya membuktikan bahwa Pantai Siung adalah spot yang paling menarik untuk menjajal kegiatan alam yang menantang ini. Pada saat pagelaran panjat tebing ASEAN tersebut diselenggarakan, kabarnya jumlah peserta yang hadir tidaklah main-main. Jumlahnya bisa mencapai 250 orang yang datang dari berbagai negara yang ada di dunia.

Naik Bukit Karang

Kegiatan selanjutnya yang akan bisa dinikmati di Pantai Siung adalah menikmati pemandangan Pantai Siung dari atas ketinggian. Dengan mendaki sebuah bukit pemandangan yang lebih leluasa akan Pantai Siung bisa anda saksikan. Ketika anda naik ke bukit nantinya akan ada jalan setapak yang memang sudah dibuat oleh si pengelola untuk memudahkan para pengunjung Pantai Siung menikmati tempat yang satu ini.

Bahkan anda tak perlu takut tersesat sebab ada banyak orang yang juga ingin naik ke bukit untuk bisa menikmati pemandangan pantai dan lautan lepas dari sudut yang lebih leluasa. Hanya saja, untuk anda yang baru pertama kali naik kebagian perbukitan sebaiknya waspada dan hari-hari karena terdapat tebing curam dan ombak besar khas pantai Selatan di tempat ini. Jangan gunakan sendal jepit pada saat anda mendaki tempat yang satu ini. Gunakanlah sepatu yang nyaman dan anti slip sehingga pendakian akan terasa lebih menyenangkan.

Meskipun pendakian ke bukit akan sedikit melelahkan namun dijamin sesampainya di atas anda akan disuguhi dengan pemandangan yang begitu aduhai. Penampakan Pantai Siung akan terlihat sangat kecil dari atas sini. Sementara sisanya anda akan disuguhi pemandangan pesawahan Purwodadi milik warga setempat yang begitu indah dan hijau.

Jam Operasional Pantai Siung

Informasi terakhir yang akan kami bagikan adalah informasi mengenai jam operasional dari Pantai Siung. Sama halnya seperti objek wisata pantai-pantai lainnya yang ada di tanah air, karena pantai ini sifatnya alam maka tempat ini buka selama 24 jam penuh dan buka setiap hari. Jadi anda yang ingin datang ke tempat ini maka anda bisa datang kapan saja.

Selain itu, alasan tempat ini buka selama 24 jam penuh dikarenakan ada banyak peminat camping yang mampir ke tempat ini untuk sekedar menikmati keindahan alam di Pantai Siung. Bila anda berkemah di tempat ini, maka anda akan dengan mudah bisa menyaksikan keindahan sunset dan sunrise yang elok.

Dengan secangkir kopi hangat dan mie rebus buatan sendiri, pagi hari para penikmat camping seringkali disuguhi dengan pemandangan matahari terbit yang begitu jarang disaksikan banyak orang. Inilah salah satu kecintaan yang membuat para pecinta alam tak pernah lelah menjelajahi banyak tempat dengan pemandangan yang begitu eksotis.

Leave a Reply