Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang, Pantai Kuta Ala Jogja yang Mempesona

Pantai Sepanjang, Pantai Kuta Ala Jogja yang Mempesona – Jogja menjadi salah satu tujuan wisata banyak wisatawan. Di Jogja kita akan bisa menemukan banyak tempat wisata yang menarik, termasuk wisata pantainya. Ada banyak deretan pantai di Jogja yang indah dan mempesona. Salah satu pantai di Jogja yang bisa anda jadikan pilihan untuk berlibur yaitu Pantai Sepanjang.

Pantai Sepanjang ini memiliki pesona yang akan memikat para wisatawan yang berkunjung karena keindahan yang disuguhkannya. Nah, berikut ini beberapa informasi seputar Pantai Sepanjang, mulai dari lokasi, daya tarik, aktivitas yang bisa dilakukan, rute jalan hingga fasilitas. Yuk simak di bawah ini.

Seputar Pantai Sepanjang dan Daya Tariknya

Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang merupakan salah satu pantai pasir putih di Jogja dengan area yang cukup luas. Seperti namanya, pantai ini sangat panjang sehingga namanya disebut ‘Pantai Sepanjang’.

Pantai Sepanjang memiliki hamparan pasir putih, serta air lautnya berwarna biru tosca. Karena keindahannya ini pantai sepanjang banyak diburu oleh wisatawan.

Lokasi Pantai Sepanjang itu sendiri berada di Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Selain menikmati keindahan Pantai Sepanjang, ada beberapa daya tarik Pantai Sepanjang lainnya seperti berikut ini.

Memiliki Pemandangan Seperti di Bali

Keindahan Pantai Sepanjang disebut-sebut mirip dengan Pantai Kuta Bali. Bahkan penduduk sekitar menyebutnya dengan Pantai Kuta Tempoe Doeloe. Selain itu, pantai ini juga memilki garis pantai yang indah.

Pemandangan lautnya begitu memukau dan akan membuat takjub siapa saja yang melihatnya. Selain itu, ombak Pantai Sepanjang ramah dan ketika airnya sedang surut, akan terlihat beberapa batu karang di garis pantai.

Kondisi Pantai yang Bersih

Daya tarik lainnya dari Pantai Sepanjang yaitu  kondisi pantainya yang bersih. Ketika berkujung ke sini anda tidak akan melihat sampah yang mengotori area pantai.

Dapat Digunakan Untuk Berkemah

Daya tarik lainnya dari Pantai Sepanjang yaitu bisa digunakan untuk berkemah. Meskipun tidak terdapat penginapan atau villa, para wisatawan termotivasi membangun tenda. Ada bayak wisatawan yang membawa tenda dan perlengkapan yang lainnya.

Aktivitas Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang

Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Sepanjang.

Bersantai di Gubug Area Pantai

Gubug-gubug yang terdapat di area pantai biasanya dimanfaatkan oleh wisatawan untuk spot berfoto. Gubug ini beratapkan daun kering. Gubug ini juga sering dimanfaatkan pengunjung untuk beristirahat.

Berkemah

Di Pantai Sepanjang tidak terdapat villa atau penginapan. Oleh karena itu, jika anda ingin bermalam dan menghabiskan waktu lebih lama untuk berlibur di sini, anda bisa membangun tenda di area pantai. Anda bisa mengadakan api unggun dengan teman-teman sambil menikmati suasana pantai.

Mencari Biota Laut

Aktivitas lainnya yang bisa anda lakukan di Pantai Sepanjang yaitu berburu biota laut. Anda bisa menemukan ikan hias, kerang-kerangan, rumput laut ataupun bintang laut. Anda bisa mencarinya di sela karang saat air surut.

Mengunjungi Situs Bersejarah Banyusepuh

Kegiatan menarik lainnya yang bisa anda lakukan di sini yaitu mengunjungi situs bersejarah Banyusepuh. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Sepanjang. Situs ini merupakan mata air yang biasanya dipakai para wali untuk mencuci senjatanya. Warga sekitar bahkan memanfaatkannya untuk mandi.

Hanya saja, saat ini situs ini tidak berfungsi seperti sebelumnya. Meskipun begitu anda bisa mengunjunginya untuk sekedar melihatnya jika penasaran.

Berfoto

Ketika berkunjung ke tempat-tempat yang indah, anda tentu jangan melewatkan untuk berfoto. Anda bisa mengabadikan liburan anda ke Pantai Sepanjang dengan berfoto di spot foto menarik. Ada banyak spot foto menarik yang ada di sini. Oleh karena itu jangan lupa untuk membawa kamera saat berlibur ke sini.

Rute Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang yang panjang, luas dan memiliki hamparan pasir yang halus menjadikan pantai ini mirip dengan pantai di Bali. Selain itu, jalanan untuk menuju ke pantai ini sangat bagus. Nah, untuk berkunjung ke pantai ini terdapat beberapa pilihan rute yang bisa anda pilih. Berikut ini rute menuju Pantai Sepanjang.

  • Melalui Daerah Piyungan. Rute pertama yang bisa anda lalui jika ingin berkunjung ke Pantai Sepanjang yaitu melalui Daerah Piyungan. Anda bisa mengawali perjalanan dari Yogyakarta, kemudian melanjutkan perjalanan ke Piyungan, lalu ke Patuk, Wonosari dan dilanjutnya ke Jalan Baron. Setelah itu, menuju Kemadang. Di Baron pertigaan bisa menuju ke arah timur. Lalu dari Pantai Kukup ke arah timur dan akan tiba di Pantai Sepanjang.
  • Selain mengambil rute di atas, anda juga bisa mengambil rute ini. Dimana perjalanan dimulai dari Yogyakarta, kemudian lanjutkan ke Piyungan. Setelah itu anda akan melalui Patuk, Wonosari, lalu dari Mulo bisa ambil ke arah Kiri. Kemudian akan sampai di Tepus, Pantai Indrayanti, lalu Pantai Sundak, selanjutnya Pantai Krakal dan kemudian akan menemukan pantai tujuan anda, yaitu Pantai Sepanjang.
  • Melalui Bantul. Anda juga bisa mengambil rute melalui Bantul. Sama seperti rute sebelumnya anda bisa memulai perjalanan dari Yogyakarta, kemudian melanjutkan perjalanan ke Bantul. Setelah itu ke Wonosari, lalu ke Panggang dan Saptosari. Anda akan sampai di Pantai Baron, lalu ambil ke arah kiri. Selanjutnya akan sampai di Pantai Kukup, lalu ambil ke arah timur dan anda akan sampai di Pantai Sepanjang.

Fasilitas Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang

Di Pantai Sepanjang Fasilitasnya sudah cukup lengkap. Di sini sudah disediakan berbagai fasiltas yang akan membuat wisatawan nyaman saat berlibur di sini. Adapun beberapa fasilitas di sini yatu toilet yang bersih, terdapat masjid, lahan parkir yang cukup luas serta ada juga warung-warung di sekitar pantai yang menjual aneka makanan serta minuman. Selain itu, tidak jauh dari lokasi pantai wisatawan akan menemukan restoran.

Tips Berkunjung ke Pantai Sepanjang

Berikut ini beberapa tips berkunjung ke Pantai Sepanjang yang dapat anda perhatikan.

  • Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Pantai Sepanjang yaitu saat siang menjelang sore hari. Pada waktu ini suasana pantai sangat nyaman. Karena saat siang hari Gunung Kidul sangat panas.
  • Anda sebaiknya datang saat weekday. Pasalnya ketika weekend atau hari libur tempat wisata pantai di Gunung Kidul penuh oleh pengunjung.
  • Ketika berlibur ke sini jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen liburan anda.
  • Pastikan anda membawa perlengkapan lainnya yang dibutuhkan seperti baju ganti, jika anda ingin bermain air. Selain itu, anda juga dapat membawa kacamata, sunblock ataupun topi.
  • Pastikan anda selalu mengikuti atau mematuhi peraturan yang ada di Pantai ini.

Nah, itulah beberapa informasi seputar Pantai Sepanjang yang dapat kami berikan untuk anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.