Pantai Senggigi, Keindahan Alam di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Pantai Senggigi – Lombok, menjadi salah satu tujuan wisata yang difavoritkan banyak orang. Pasalnya, di Lombok terdapat banyak tempat wisata Lombok yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya pantai. Di Lombok terdapat banyak pantai yang indah dan cantik.

Bagi anda  yang akan berkunjung ke Lombok, anda dapat menentukan tempat wisata yang akan anda kunjungi. Jika anda akan berkunjung ke Pantai, maka tidak ada salahnya mengunjungi Pantai Senggigi. Pantai Senggigi itu sendiri merupakan salah satu pantai cantik yang menjadi primadona. Pantai ini selalu ramai dikunjungi, baik oleh wisatawan lokal maupun asing.

Daya Tarik Pantai Sengigi Lombok

Pantai Senggigi

Pantai Sengigi memiliki garis pantai  yang panjang, yakni lebih dari 10 km. Selain menyuguhkan hamparan pesisir yang indah, pantai ini juga menawarkan beberapa tempat wisata lainnya yang terdapat di kawasan pesisir pantai dekat dengan Pantai Senggigi, beberapa di antaranya  yaitu Pantai Batu Bolong, Pantai Batu Layar, Pantai Kerandangan dan Pantai Mangsit.

Untuk keindahan Pantai Senggigi itu sendiri anda bisa menikmatinya dari kejauhan, yaitu saat kendaraan yang anda gunakan berada di jalan yang posisinya lebih tinggi dari pantai. Jalan untuk menuju ke pantai yang satu ini ada di pinggir bebukitan dengan medan naik turun dan sudut yang curam. Nah, ketika di atas ketinggian anda akan menyaksikan indahnya laut dengan air yang jernih dan kebiruan.  Warna airnya serasi dengan pesisir pasir putih yang menawan.

Anda akan merasakan keindahan yang semakin nyata saat masuk ke lokasi wisata. Pesisirnya yang panjang seolah-olah mengajak kepada para pengunjungnya untuk melakukan berbagai kegiatan di pantai, terlebih lagi dengan ditemani hembusan angin pantai yang sejuk. Anda dapat melakukan berbagai kegiatan sambil melihat ombak laut yang menyapu pantai.

Air laut yang jernih akan membuat para pengunjung ingin berenang. Selain itu, berbagai kegiatan lainnya dapat dilakukan seperti snorkeling, bermain selancar, menikmati keindahan taman bawah laut dan lain sebagainya.

Di Pantai Sengigigi juga anda bisa melihat keindahan sunset saat sore hari. Indahnya sunset akan memanjakan mata dan membuat siapa yang melihatnya merasa takjub. Selain itu, pantai yang satu ini juga biasanya digunakan untuk tempat menggelar festival.

Setelah selesai beraktifitas, anda bisa menghilangkan rasa lapar dengan menikmati aneka sajian di warung  atau rumah makan yang terdapat di dekat lokasi wisata. Aneka macam makanan bisa anda temukan di sini, anda bisa memilih dan membelinya sesuai dengan keinginan. Tidak hanya warung makan saja yang disediakan di sini, namun ada juga tempat untuk membeli souvenir sebagai oleh-oleh.

Nah, jika anda menghabiskan waktu lebih lama di pantai ini, maka tidak jauh dari pantai terdapat penginapan. Anda dan keluarga dapat menginap dan memilih penginapan sesuai dengan budget yang anda miliki.

Aktifitas Apa Saja yang Dapat Dilakukan di Pantai Senggigi?

Pantai Senggigi

Garis pantai yang cukup panjang, serta terdapat aneka jumlah objek wisata menjadikan Pantai Senggigi, serta tempat wisata yang lainnya mempunyai garis yang sama serta menawarkan aneka aktifitas yang menarik untuk pengunjungnya. Adapun beberapa aktifitas yang dapat dilakukan di tempat wisata yang satu ini yaitu seperti berikut.

Menikmati Keindahan Alam Pantai

Hal pertama kali ketika anda berkunjung ke pantai, tentu anda akan menikmati keindahan alam yang disuguhkan. Nah, keindahan dari Pantai Senggigi itu sendiri, serta pantai lainnya dalam satu garis pantai sudah tidak bisa diragukan lagi. Anda akan merasa takjub akan keindahan pantai yang ditawarkan. Selain itu, perpaduan antara lautnya yang indah, hamparan pasir, ditambah dengan perbukitan dan pepohonan yang ada di sekitarnya akan memanjakan mata.

Terlebih lagi, pantai-pantai yang ada dilokasi wisata ini mempunyai daya tarik yang berbeda-beda, sehingga para wisatawan tidak akan merasakan bosan.

Di sini juga para wisatawan dapat menyaksikan keindahan sunset yang tidak akan ditemukan di pantai yang lainnya. Wisatawan pastinya akan terpesona akan keindahan sunset di pantai ini.

Memancing

Di Pantai Senggigi dan pantai lainnya yang berdekatan terdapat banyak spot untuk memancing. Dimana tempat untuk memancing tersebut ada yang berada di pinggir pantai, namun ada juga yang di tengah laut.

Jika anda ingin memancing di pinggir pantai, maka anda dapat menyewa peralatan memancing yang diperlukan. Hanya saja, jika ingin memancing di tengah lautan tentunya anda juga harus menyewa boat.

Jogging

Jogging di pinggir pantai akan memberikan pengalaman yang berbeda untuk para pengunjungnya. Anda dapat berolahraga sambil menikmati keindahan sekeliling pantai dengan ditemani hembusan angin yang sejuk. Di sini disediakan jogging track yang dibuat di pinggir pantai.

Mencoba Permainan yang Disediakan

Di sini juga para pengunjungnya dapat mencoba permainan serta olahraga air seperti misalkan bermain kayak, kano dan surfing. Untuk mencoba permainan tersebut, para pengunjungnya dapat menyewa peralatan. Di Pantai Senggigi serta pantai lainnya yang berada di dekatnya memiliki ombak yang ideal untuk para surfer pemula.

Snorkeling

Kegiatan yang tidak kalah seru yang dapat anda lakukan yaitu snorkeling. Para wisatawan yang melakukan senorkeling dapat melihat terumbu karang yang kealamiannya masih terjaga.

Menikmati Kuliner Khas

Di Pantai Senggigi dan pantai lain yang ada di dekatnya sudah dilengkapi dengan rumah makan, restoran, warung maupun cafe. Dimana tempat makan yang ada di lokasi wisata menawarkan konsep yang berbeda-beda, baik konsep modern hingga tradisional ada di sini, dari konsep mewah hingga sederhana tersaji di sini.

Menu makanan yang disajikannya pun tentunya beraneka ragam, mulai dari menu lokal hingga menu dari berbagai belahan dunia. Para pengunjungnya dapat mencoba aneka makanan yang tersaji di sini.

Belanja

Ketika berkunjung ke suatu tempat, tentu akan ada yang kurang jika anda tidak membawa oleh-oleh atau buah tangan untuk keluarga di rumah. Jangan khawatir, di tempat wisata ini terdapat kios yang menjual aneka oleh-oleh khas seperti aneka suovernir , mulai dari gelang, kaos, gantungan kunci dan lain sebagainya.

Rute Menuju Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi itu sendiri berada  di Jl. Raya Senggigi Km.6-10, tepatnya di Ds. Senggigi, Kec. Batulayar, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Anda dapat menempuh perjalanan ke Pantai Senggigi dari Kota Mataram. Nah, sesampainya di Kota Mataram atau setelah mendarat di Bandara Selaparang Mataram, untuk sampai di Pantai Senggigi akan memakan waktu kurang lebih 30 hingga 50 menit. Anda dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Untuk tiba di lokasi wisata ini anda bisa menggunakan angkutan umum, taksi atau menyewa motor.

Untuk anda yang ingin naik angkutan umum, maka dari Kota Mataram anda dapat naik angkot jurusan Sweta-Ampenan. Sesampainya di Ampenan, anda bisa melanjutkan lagi perjalanan dengan menaiki angkot jurusanan Ampenan –Senggigi.

Setibanya di Senggigi anda juga akan melanjutkan perjalanan untuk sampai ke Pantai Senggigi dengan berjalan kaki. Waktu yang ditempuh selama kurang lebih 3 menit.

Di perjalanan untuk sampai ke Pantai Senggigi, anda akan menemukan kendaraan tradisional Mataram atau yang lebih dikenal dengan sebutan Cidomo. Dimana kendaraan ini akan beroperasi di tempat yang belum bisa dijangkau oleh mobil. Tidak hanya itu, anda akan melewati pasar tradisional yang bermanan Ampenan. Dimana pasar ini dekat dari Pantai Senggigi.

Setelah melihat pasar, anda juga akan melihat Makam Keramat dan melalui pura yang lokasinya menjorok ke laut. Dimana nama pura ini yaitu Pura Batu Bolong. Setelah itu, anda akan sampai di kawasan tempat wisata Pantai Senggigi.

Selain dengan menggunakan angkutan umum, anda bisa memakai bus Damri dari Bandara. Dimana perjalanan yang akan anda tempuh yaitu kurang lebih 1 jam.

Keindahan Tempat Wisata Lainnya

Di dekat Pantai Senggigi terdapat beberapa tempat wisata atau pantai lainnya yang tidak kalah indah. Yuk simak keindahannya di bawah ini.

Pantai Batu Layar

Pantai Batulayar

Pantai Batu Layar itu sendiri lokasinya di sebelah selatan Pantai Senggigi. Pantai ini berada di garis pantai yang sama, sehingga memiliki kondisi pasir yang sama dengan Pantai Senggigi yaitu putih bersih. Keindahannya tidak kalah namun pantai ini lebih sepi jika dibandingkan dengan Pantai Senggigi. Namun dengan suasananya tersebut justru menjadi salah satu daya tarik tersendiri karena akan memberikan suasana yang lebih tenang dan alami.

Selain pantainya yang indah, tidak jauh lokasinya dari pantai terdapat wisata religi bernama Makam Batu Layar. Makam yang lokasinya berada di perbatasan antara Ds. Batu Layar dan Ds. Senggigi, oleh masyarakat Lombok dikeramatkan dan dianggap sakral.

Pantai Kerandangan

Pantai Kerandangan

Pantai Kerandangan lokasinya ada di sebelah utara Pantai Senggigi. Pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna hitam. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar. Di sini anda akan melihat pemandangan ombak-ombak yang menghantam batu karang.

Perairan di pantai ini cukup berbahaya jika digunakan untuk berenang. Meskipun begitu, pemandangan alam yang disuguhkan cukup untuk memuaskan para wisatawan yang berkunjung. ( Baca juga : Mengunjungi Gili Sudak, Pulau Kecil Indah dan Tenang Di Lombok )

Pura Batu Bolong

Pantai Batu Bolong

Lokasinya bersebelahan dengan Pantai Senggigi, serta memiliki garis pantai yang sama. Namun, Pantai Batu Bolong ini memiliki pesisir dengan warna pasir hitam. Hal tersebut menyuguhkan keindahan yang berbeda.

Daya tarik dari Pantai Batu Bolong salah satunya yaitu terdapat keberadaan pura yang letaknya di pinggir laut. Terdapat batu besar, dimana di bagian tengah terdapat bolong atau lubang. Oleh karena itu, kawasan ini disebut dengan Pantai dan Pura Batu Bolong.

Pantai Mangsit

Pantai Mangsit

Pantai Mangsit memiliki air laut berwarna hijau toska, serta biru tua. Pantai ini memiliki ombak yang landai dan lokasinya ada di Utara Pantai Senggigi. Pantai ini dikelilingi  oleh hamparan perbukitan yang membuat pemandangan pantai ini semakin menawan, ditambah dengan pohon kelapa yang berjajar rapi yang terdapat di  tepi pantai.

Hamparan pasir putih di Pantai Mangsit akan menarik para wisatawan untuk melakukan aktifitas. Begitupun dengan perairannya yang jernih dan bersih, serta keadaan ombak yang tenang. Di sini juga pengunjungnya dapat melakukan snorkeling dan menikmati keindahan taman lautnya.

Nah, itulah beberapa informasi tentang Pantai Senggigi Lombok yang dapat kami berikan untuk anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply