Pantai Sadranan

Pantai Sadranan, Pantai di Jogja dengan Sejuta Pesona

Pantai Sadranan, Pantai di Jogja dengan Sejuta Pesona – Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang memikat, salah satunya wisata pantainya. Ada banyak wisata pantai yang indah dan mempesona di Jogja. Anda tentu tidak akan bosan dengan wisata pantainya. Nah, salah satu pantai yang wajib dikunjungi yaitu pantai Sadranan. Yuk simak ulasan seputar Pantai Sadranan Jogja di bawah ini.

Pesona Keindahan Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan merupakan tempat wisata yang tengah hits dan memiliki area pantai yang cukup luas. Pantai ini seolah-olah tersembunyi di balik tebing karang yang terdapat di sekitar pantai. Di sepanjang bibir pantai terdapat hamparan pasir putih yang indah. Ketika berkunjung ke tempat wisata ini, sejauh mata memandang anda akan melihat birunya lautan berpadu dengan tebing karang ditumbuhi dengan pepohonan yang hijau. Selain itu, air laut di sini tergolong tenang, ombaknya tidak terlalu ganas seperti pantai-pantai lainnya di laut selatan. Air lautnya yang jernih akan memudahkan para wisatawan yang ingin melihat biota laut dari permukaan air.

Pantai Sadranan mempunyai pulau kecil. Dari bibir pantai letaknya tidak terlalu jauh. Pulau tersebut terbentuk dengan alami, yang merupakan pulau karang. Pulau ini terlihat hijau ditumbuhi aneka tanaman yang menambah keindahan dari pantai ini. Akan tetapi, pulau tersebut belum dapat dikunjungi oleh wisatawan karena tidak ada akses untuk menuju pulau itu.

Pesona pantai ini seolah-olah tidak pernah habis. Tidak hanya memiliki panorma yang indah dan memanjakan mata, namun juga para pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam saat berkunjung ke pantai ini. Saat sunset telah tiba, keindahan dari pantai ini semakin sempurna.

Pantai Sadranan juga menjadi lokasi favorit untuk melakukan camping. Di pinggiran pantai sering terlihat deretan tenda. Saat senja sudah tiba, banyak orang-orang yang bercengkrama di dekat api unggun sambil menikmati sunyinya malam di pantai ini.

Lokasi Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan berlokasi di Dsn. Pulegundes II, Desa Sidioarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Sadranan berada pada satu kompleks dengan wisata pantai yang lainnya di Gunung Kidul. Anda bisa mengunjungi pantai ini dengan nyaman dan tenang karena akses jalannya sudah memadai dan bagus.

Fasilitas Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Di Pantai Sadranan sudah disediakan gazebo dan saung kecil yang akan membuat liburan anda ke pantai ini semakin nyaman. Gazebo di sini bisa disewa untuk beristirahat setelah melakukan aktivitas di pantai ini.

Fasilitas lainnya yang disediakan di pantai ini yaitu penyewaan alat snorkerling. Ketika berkunjung ke pantai ini juga anda tidak perlu khawatir kelaparan, karena di sini terdapat beberapa tempat makan yang menyediakan masakan khas Jawa Tengah dan Yogyakarta. Selain itu, para wisatawan juga dapat membawa makanan sendiri.

Toilet dan kamar mandi juga sudah disediakan di sini yang akan menunjang kenyamanan para wisatawan saat berlibur ke tempat ini. Untuk anda yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini dan ingin menginap, di sini juga sudah disediakan tempat penginapan berupa resort, hotel, homestay atau bahkan guest house dengan harga yang cukup murah.

Lihat juga : Pantai Pok Tunggal, Pantai Pasir Putih yang Indah dan Eksotis

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Ketika berkunjung ke pantai ini anda tentu tidak akan bosan. Selain menikmati pemandangan indah di Pantai Sadranan, ada banyak kegiatan lainnya yang bisa anda lakukan seperti berikut ini.

Snorkeling

Pantai Sadranan menjadi tempat terbaik untuk snorkeling. Snorkeling di pantai ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Pantai ini terkenal memiliki keindahan bawah laut yang begitu mempesona. Selama melakukan aktivitas snorkeling anda akan melihat panorama bawah laut yang begitu menawan. Anda bisa melihat dan berinteraksi dengan ikan-ikan kecil, melihat terumbu karang yang masih alami dan rumput laut. Airnya memiliki karakter yang tenang sehingga menjadi tempat sempurna untuk melakukan kegiatan ini.

Untuk anda yang masih pemula dan ingin mencoba kegiatan ini, anda tidak perlu khawatir. Di pantai ini disediakan pemandu yang akan memandu anda menjelajahi keindahan bawah laut di Pantai Sadranan. Anda bisa menyewa alat-alat snorkeling di sini.

Ada beberapa spot snorkeling yang memukau di pantai ini, di antaranya yaitu spot Kali Senggoro dan spot Watu Pecah. Di bawah lautnya anda akan menemukan spesies ikan langka seperti ikan Botana kuning, ikan Kepe-kepe, Ikan Moris Idol, ikan Buntal, ikan Neon, Kerondong dan lain sebagainya.

Camping dan Api Unggun

Di Pantai Sadranan terdapat area yang lumayan luas untuk digunakan camping dan api unggun. Cukup banyak pengunjung yang melakukan camping di pantai ini. Untuk peralatan camping, para pengunjung tidak perlu repot membawanya sendiri dari rumah. Pasalnya anda bisa menyewanya di sini.

Mendayung Kano

Aktifitas menyenangkan lainnya di pantai ini yaitu mendayung kano. Di pantai ini pengunjung dapat mendayung kano sambil menikmati keindahan alam di sekitar. Anda bisa menyewanya dengan harga yang cukup murah.

Menikmati Sunset dan Sunrise

Menyaksikan sunset di sini menjadi kegiatan yang menyenangkan. Dari tempat yang sama pengunjung dapat menikmati sunset, serta sunrise. Keindahan pantai akan terlihat begitu sempurna saat masuk waktunya sunrise atau sunset.

Rute Menuju Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Anda tidak perlu takut tersesat jika ingin mengunjungi pantai ini. Pasalnya jalan menuju ke kawasan pantai di Gunung Kidul telah tertata lengkap dengan rambu-rambu, serta papan petunjuknya.

Nah, untuk titik awal menuju ke pantai ini yaitu dapat ditempuh dari Solo, Jogjakarta maupun dari Klaten dengan memakai kendaraan pribadi. Untuk ke pantai ini memang disarankan menggunakan kendaraan pribadi, sebab kendaraan umum masih terbatas.

Rute dari Solo jika anda ingin melalui Jogjakarta yaitu harus melalui jalan penghubung Solo dan Klaten, yaitu Jl. Solo-Jogja. Akan tetapi rute dari Jogjakarta ini cukup jauh. Dari Klaten rutenya yaitu Piyungan, kemudian ke Patuk, lalu Sambipitu, selanjutnya Lanud TNI Gading, menuju ke Siyono, lalu Bundaran Tugu BPD,  menuju ke Wonosari, setelah itu Jl. Baron Tanjungsari.

Nah, dari Tanjungsari itu sendiri sudah dekat. Dimana anda akan menemukan pos yang mengharuskan anda membayar tiket masuk ke wisata Pantai Gunung Kidul. Saat memasuki pos pertama kali anda akan melihat Pantai Krakal hingga sampai ke Pantai Sadranan.

Alternatif lainnya dari Klaten yaitu menggunakan jalan lebih cepat namun tidak akan melalui Jogjakarta. Rute yang ditempuh yaitu Cawas, lalu ke Semin, selanjutnya Watukelir, Karangmojo dan sampai di Tanjungsari. Dari Tanjungsari anda akan menemukan kompleks pantai Gunung Kidul dengan lebih mudah.

Selain itu, alternatif lainnya yaitu melalui Sukoharjo. Rutenya yaitu Solo, kemudian Sukoharjo, lalu Tawangsari, selanjutnya Semin, Watukelir, lalu Karangmojo dan Tanjungsari. Dari Tanjungsari anda akan lebih mudah menemukan pantai yang dituju.

Itulah ulasan mengenai Pantai Sadranan Jogjakarta yang indah dan memukau. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.