Pantai Pok Tunggal, Pantai Pasir Putih yang Indah dan Eksotis

Pantai Pok Tunggal – Liburan diperlukan untuk kembali menyegarkan tubuh dan jiwa di tengah-tengah aktivitas yang padat. Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk berlibur. Salah satu yang banyak dijadikan pilihan yaitu wisata alam, termasuk pantai.

Di pantai kita bisa melihat hamparan pemandangan yang indah dan menikmati udara segar yang menenangkan. Di Indonesia sendiri banyak pantai dengan pemandangan yang sangat indah, salah satunya Pantai Pok Tunggal. Walaupun lokasinya cukup terpencil, namun tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung.

Ada banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan di pantai ini, tentunya akan membuat liburan anda semakin menyenangkan. Nah, untuk anda yang penasaran seputar Pantai Pok Tunggal, anda bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Seputar Pantai Pok Tunggal

pantai pok tunggal

Pantai banyak dijadikan sebagai tujuan wisata. Nah, daerah Gunung Kidul terkenal akan kawasan pantai yang indah. Di Gunung Kidul populer akan wisata alam pantainya, salah satunya Pantai Pok Tunggal. Walaupun tidak seterkenal pantai lainnya di kawasan pesisir Gunung Kidul, namun ketika berkunjung ke sini para wisatawan akan betah karena masih sepi pengunjung.

Pantai Pok  Tunggal memiliki pasir putih yang halus dan  bersih. Selain itu, daya tarik lainnya yang dimiliki pantai ini yaitu adanya tebing perbukitan karst. Keberadaan perbukitan ini semakin menambah kecantikan pantai ini. Di bagian timur dan barat pantai ini ada tebing dari batu karang

Nama pantai ‘Pok Tunggal’ itu sendiri berasal dari sebuah pohon yang langka dan sudah tua. Dimana pohon ini masih ada di pinggir pantai. Pohon Pok Tunggal ini menjadi spot foto yang menarik.

Selain itu, ada lagi yang membuat pantai ini menarik yaitu adanya aliran sungai di bawah tanah. Ini merupakan mata air tawar dan dijadikan sebagai sumber air oleh penduduk yang ada di sekitar. Di sini juga para pengunjung dapat melihat monyet kecil yang berlompatan pada pepohonan. Anda jangan khawatir karena hewan ini sudah jinak.

Objek Wisata di Pantai Pok Tunggal

pantai pok tunggal

Ada beberapa objek wisata menarik yang terdapat di Pantai Pok Tunggal seperti berikut ini.

Aliran Sungai Bawah Tanah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di Pantai Pok Tunggal terdapat aliran sungai bawah tanah. Keberadaan aliran sungai ini menjadi salah satu daya tarik yang ada di pantai ini.

Banyak Spot Foto Menarik

Di Pantai Pok Tunggal juga terdapat banyak spot foto yang menarik. Anda bisa mengambil foto menarik dan cantik di pantai ini. Beberapa spot foto yang bisa anda pilih di antaranya yaitu bukit karst dengan menaiki tangga untuk sampai disana dan menunggu sunrise ataupun sunset. Jika anda tidak ingin pergi ke bukit karst, anda bisa berfoto dengan pemandangan indah laut dan langit yang biru.

Diving dan Snorkeling

Di pantai ini juga pengunjungnya dapat melakukan diving ataupun snorkeling. Ombak di pantai ini diketahui cukup tenang dengan kondisi air yang masih alami, bening dan tenang. Jika anda ingin melakukan kegiatan ini disarankan untuk membawa peralatan sendiri. Selain itu, anda juga harus melakukan aturan ketika berkunjung ke sini.

Berkemah

Camping atau berkemah menjadi daya tarik tersendiri, terlebih lagi pada hari libur atau akhir pekan. Di Pantai Pok Tunggal, kawasan camping menjadi daya tarik untuk para wisatawan yang berkunjung.

Rock Climbing

Di Pantai Pok Tunggal terdapat tebing karst yang berjejer. Keberadaan tebing di pantai ini menjadi daya tarik untuk para pecinta rock climbing.

Fasilitas Pantai Pok Tunggal

pantai pok tunggal

Selain  menikmati indahnya pemandangan pantai ini, para pengunjung juga bisa melakukan kegiatan berenang di perairan pantai yang dangkal. Di pantai ini tidak ada penyewaan wahana air ataupun permainan lainnya, namun meskipun begitu anda  tidak akan bosan ketika berkunjung ke sini karena tetap bisa melihat keindahan pantai ini.

Pemerintah sudah menyediakan fasilitas untuk kenyamanan para pengunjungnya, misalkan payung yang dapat disewa. Jika ingin suasana yang lebih luas, di sini juga sudah disediakan tenda seperti gazebo yang juga bisa anda sewa. Di sini juga sudah disediakan toilet dan tempat parkir.

Di sini ada beberapa tempat makan tradisional dengan aneka menu makanan, namun kebanyakan makanan berbahan dasar ikan. Makanan yang disediakan tentunya masih segar.

Fasilitas selanjutnya yaitu penginapan. Untuk anda yang ingin berlibur cukup lama di sini anda bisa menyewa penginapan. Lokasinya berada di luar area pantai namun tidak jauh dari pantai. Penginapan di sini akan memperlihatkan indahnya pemandangan laut.

Baca juga : Wisata Gua Pindul, Gua Unik yang Terdapat Sungai di Dalamnya

Rute Menuju Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal lokasinya ada di Ds.  Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul. Pantai ini berada di tengah-tengah pantai lainnya yakni Pantai Indrayanti dan Pantai Siung.

Untuk sampai di pantai ini anda bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum. Untuk sampai ke Pantai Pok Tunggal jalannya mudah diakses. Anda bisa mengaksesnya dari kota Yogyakarta, Wonogiri, Wonosari, Sukoharjo, Klaten ataupun Solo.

Jika perjalanan anda mulai dari kota Yogyakarta, anda akan menempuh jarak sekitar 80 km, lamanya sekitar 2 jam dengan menggunakan mobil ataupun motor. Jika dimulai dari Yogyakarta, anda akan menuju ke Wonosari, kemudian ke arah selatan menuju Tepus. Jika anda sudah melalui gerbang retribusi, lalu sampai dipertigaan, anda bisa memilih ke arah kiri menuju ke Pantai Pok Tunggal. Anda  bisa mengikuti papan petunjuk yang ada. Jika tidak, anda bisa menggunakan bantuan google maps ataupun bertanya pada warga sekitar.

Tips Berlibur Ke Pantai

Sebelum berlibur ke pantai, ada beberapa tips yang harus anda perhatikan. Agar liburan anda aman dan nyaman, simak tips berlibur ke Pantai berikut ini.

  • Mencari informasi mengenai pantai penting dilakukan. Sebelum memutuskan untuk berlibur ke pantai, alangkah lebih baik anda mencari dulu informasi mengenai pantai yang akan anda kunjungi, baik itu masalah akomodasi, biaya dan lain sebagainya.
  • Selain itu, perhatikan juga cuaca. Memperhatikan cuaca sangat penting apabila anda akan berlibur ke pantai. Berlibur akan lebih menyenangkan jika cuacanya pun mendukung.
  • Bawalah perlengkapan penting untuk anda berlibur.  Jangan lupa membawa sunblock untuk mencegah kulit terbakar matahari. Selain itu, anda juga harus membawa perlengkapan lainnya yang dibutuhkan, baik itu baju ganti, makanan, topi, kaca mata hitam, payung, handuk dan lain sebagainya. Pastikan juga anda membawa cukup air putih.
  • Ketika berangkat berlibur, pastikan anda dalam kondisi sehat. Anda harus dapat menjaga kesehatan sebelum berlibur.
  • Selain itu, anda harus memeriksa kendaraan yang akan digunakan untuk pergi berlibur. Pastikan kendaraan anda dalam keadaan prima.
  • Hal penting lainnya yaitu anda harus mengikuti peraturan yang berlaku, serta turut serta menjaga kebersihan lokasi.

Leave a Reply