Menikmati Pesona Keindahan Pantai Papuma Jember

Selain Pantai Watu Ulo, Jember juga memiliki pantai yang tidak kalah menawan, yaitu Pantai Papuma. Selain sebagai tempat wisata, Pantai Papuma juga sebagai Dermaga kapal para nelayan.  Untuk anda yang berencana pergi ke Jember, anda dapat sekaligus mengunjungi Pantai Papuma. Pantai ini memiliki keindahan yang akan memanjakan mata siapa saja yang berkunjung. ( Baca juga : Pantai Amed )

Pesona Pantai Papuma Jember

Pantai Papuma Jember

Pantai Papuma berlokasi di Ds. Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember, Jawa Timur. Pantai yang satu ini belum setenar pantai-pantai yang lainnya di Pulau Jawa. Pasalnya pantai ini baru dikembangkan sebagai tempat wisata.

Sebelum akhirnya dikelola, Pantai Papuma dikenal hanya oleh masyarakat setempat saja. Sebab lokasi pantai ini cukup sulit diakes, yaitu harus menerobos hutan terlebih dahulu atau melalui tebing karang. Akan tetapi, begitu Pantai Papuma dikembangkan sebagai salah satu tempat wisata Jember, pantai ini menjadi populer. Pantai Papuma menjadi tempat wisata di Jember yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, tidak hanya wisatawan lokal saja, melainkan juga oleh turis mancanegara.

Pantai Papuma memiliki keindahan yang mempesona. Siapa saja yang berkunjung ke pantai yang satu ini akan merasa takjub akan panorama keindahan yang disuguhkannya. Saat para wisatawan memasuki pintu gerbang, maka hutan jati yang rindang yakni Hutan Maliki akan menyambut para wisatawan. Hutan Maliki ini ditumbuhi oleh aneka jenis pepohonan dan satwa liar seperti rusa, monyet, trenggiling, babi hutan, biawak, landak, berbagai macam burung dan ayam hutan.

Dari pintu gerbang jarak ke lokasi yaitu kurang lebih 500 meter dan jalanannya beraspal, namun memiliki tanjakan yang tajam. Untuk wisatawan yang datang rombongan, akan lebih baik jika dari pintu gerbang berjalan kaki menuju pantai. Pasalnya, di sepanjang jalan yang dilalui akan disuguhkan oleh pemandangan hutan dengan suasana yang masih alami. Selain itu, di salah satu area terdapat sisa peninggalan Perang Dunia II, yakni Goa Jepang.

Ketika dalam perjalanan menuju pantai saat melewati tanjakan terdapat tempat untuk beristirahat berupa gazebo. Dimana di tempat ini para wisatawan bisa melihat keindahan Pantai Papuma di atas ketinggian.

Hanya saja, bagi pengunjung yang tidak kuat untuk berjalan kaki, maka tetap bisa menaiki kendaraan yang mengantarkan para pengunjung dari gerbang hingga ke tempat parkir yang disediakan. Sesampainya di pantai, para wisatawan akan disuguhkan oleh hamparan pasir pantai putih yang lembut dan bersih. Tepatnya di pesisir pantai anda akan menyaksikan indahnya pantai.

Di atas permukaan air laut terdapat pulau-pulau kecil sebanyak 7 pulau. Pulau tersebut terdapat di tengah lautan. Untuk bisa menjangkau pulau tersebut tentunya harus dengan menggunakan perahu. Ada salah satu pulau dengan jarak yang cukup dekat dengan pantai, yakni Pulau Narada.

Ketika air laut surut, Pulau Narada yang merupakan batu karang besar dapat dikunjungi oleh wisatawan. Untuk mengunjunginya para wisatawan bisa berjalan kaki. Tidak sedikit orang yang menjadikan pulau ini sebagai tempat untuk memancing.

Nah, ketika air laut sedang pasang, Pulau Narada akan dihantam oleh deburan ombak besar. Ini menjadi pemandangan yang indah dan menakjubkan.

Di pesisir pantai dekat dengan Pulau Narada terdapat batu karang berukuran kecil yang terdapat di hamparan pasir. Batu karang tersebut memiliki bentuk yang menarik dan unik. Di ujung selatan ada dataran tinggi yang dinamai dengan Sitinggil. Dimana Sitinggil itu sendiri berasa dari kata “ Siti “ dan “Inggil”, yang memiliki arti Tanah dan Tinggi.

Untuk bisa sampai ke Sitinggil ini, sudah disediakan undak-undakan. Sehingga untuk mereka yang ingin ke puncak ini cukup mudah untuk dilalui. Di puncak ini sudah tersedia garduh yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menikmati keindahan laut. Sedangkan saat pagi hari, para pengunjung dapat menikmati sunrise, dan saat sore hari menjelang matahari tenggelam pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan sunrise.

Tidak sampai di sana saja, di balik keindahan laut dan pantainya, Pantai Papuma juga menyuguhkan wanawisata yang lokasinya berada di sisi Barat Pantai. Terdapat area camping yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas lainnya seperti aneka wahana permainan seperti rumah pohon, flying fox, jembatan tali dan lain sebagainya.

Asal Usul Nama Pantai Papuma

Pantai Papuma Jember

“Papuma” itu sendiri berasal dari kata Pasir Putih Malikan. Pasir putih berarti kondisi pasir yang putih dan bersih. Sedangkan Malikan merupakan batu karang besar dengan bentuk seperti pulau. Ketika dihempas oleh ombak pantai, batu karang akan mengeluarkan bunyi seperti musik alam.

Pantai Papuma memiliki gelombang yang cukup besar sehingga cukup berbahaya untuk digunakan berenang terlalu jauh. Oleh karena itu, pengelola memberikan peringatan pada pengunjung tidak melakukan aktivitas berenang di luar batas yang sudah ditentukan.

Mitos Pantai Papuma

Di balik keindahan Pantai Papuma, ternyata terdapat mitos yang diyakini oleh penduduk lokal. Sebagai pengunjung anda harus tahu mitos tersebut supaya bisa lebih berhati-hati saat berkunjung ke pantai ini. Mitos yang berkembang di tengah-tengah masyarakat mengenai Pantai Papuma yaitu keberadaan Ratu Pantai Selatan yang menjaga pantai ini. Bahkan mitos tersebut semakin dikuatkan dengan adanya beberapa peristiwa dimana pengunjung terseret ombak dan tenggelam.

Terdapat juga Goa Lawa, yang dalam bahasa Indonesia artinya “Goa Kelelawar” yang terdapat di antara dua batu karang. Goa ini terlihat hanya ketika air laut sedang surut saja. Dimana berdasarkan sebuah mitos, goa tersebut adalah tempat tinggal Dewi Sri Wulan, yaitu putri dari penguasa Pantai Selatan. Tidak hanya itu, masyarakat juga percaya bahwa goa ini menjadi tempat Kyai Mataram untuk bersemedi. Pula-pulau kecil yang tidak berpenghuni yang terdapat di sekitar Pantai Papuma disebut-sebut dihuni oleh ular berbisa. Benar atau tidaknya mitos tersebut, sebagai pengunjung anda tentunya harus hati-hati dengan berlaku sopan.

Fasilitas Pantai Papuma Jember

Sebagai objek wisata andalan, Pantai Papuma sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Di sini telah tersedia banyak pondok, ruang lobi dan kafe yang menyajikan aneka hidangan laut. Selain itu, terdapat tiga area camping ground dan masih banyak lagi fasilitas-fasilitas yang lainnya.

Rute Lokasi Pantai Papuma

Untuk menuju ke Pantai Papuma apabila melalui jalur darat anda bisa menempuhnya dengan menggunakan kereta api atau bus, dari Surabaya melalui Sidoarja, Lumajang. Apabila dari malang maka anda bisa melalui Lumajang langsung dan turun di Terminal Tawangalun atau turun di Stasiun Jember Kota. Sedangkan jika anda menggunakan jalur udara, maka dari Bandara Juanda kemudian anda turun di Bandara Notohadinegoro Jember.

Nah, apabila anda menggunakan bus maka setibanya di terminal sudah ada bus kota pada jam tertentu yang dapat mengantarkan anda langsung ke Pantai Papuma. Namun, apabila anda menggunakan kereta api maupun pesawat, setelah tiba di stasiun atau bandara, anda harus naik taksi ataupun menyewa mobil. Pasalnya angkutan umum hanya sampai di Ambulu.

Sesampainya di Ambulu, untuk menuju Pantai Papuma perjalanan harus memakai ojek, sebab tidak ada transportasi umum rute Ambulu-Papuma. Setelah tiba di Ambulu, maka anda harus terus melanjutkan perjalanan ke Selatan. Di Ds. Sumberejo ada jalan ke Barat dan terdapat papan nama bertuliskan “ Jalan Menuju Pantai Papuma”. Anda bisa mengambil jalan tersebut atau bisa terus ke Selatan. Apabila anda memilih jalan tersebut maka anda akan melihat hamparan hutan jati dan persawahan yang memanjakan mata. Dimana ujung jalan ini merupakan gerbang Pantai Papuma.

Akan tetapi, jika jalur Selatan anda pilih, maka anda akan melalui Pantai Watu Ulo. Nah, dari pantai ini anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Papuma.

Tips Berkunjung ke Pantai Papuma

Pantai Papuma Jember

Karena keindahan pantai yang dimilikinya, tidak heran jika Pantai Papuma dikunjungi banyak wisatawan ketika akhir pekan atau hari  libur. Nah, untuk anda yang berencana berkunjung ke Pantai Papuma, beberapa hal ini perlu anda perhatikan.

Kendaraan

Jika anda hendak pergi ke Pantai Papuma dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka pastikan sebelum berangkat kendaraan anda dalam kondisi baik-baik saja. Pastikan kendaraan anda kuat untuk menanjak, serta remnya prima. Pasalnya jalan untuk menuju ke Pantai Papuma melalui bukit dan jalannya naik turun.

Cuaca

Sebaiknya berkunjung saat cuaca mendukung agar liburan anda lebih menyenangkan. Apabila anda akan berkunjung saat musim penghujan, anda harus sering melihat informasi perkiraan cuaca. Namun, Pantai Tanjung Papuma ini akan lebih indah dan menawan saat kondisi langit sedang dalam keadaan cerah.

Menentukan Waktu Kunjungan yang Tepat

Selain kendaraan, anda juga harus menentukan waktu kunjungan ke Pantai Papuma. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata yang satu ini yaitu saat pagi atau sore hari. Sebab diwaktu ini cuacanya tidak terlalu panas.

Tidak hanya itu, di pantai ini anda juga dapat menikmati momen matahari terbit dan tenggelam. Jika anda menyaksikan momen ini akan membuat liburan anda semakin berkesan.

Sesuaikan Barang Bawaan Anda

Anda sebaiknya menentukan kegiatan atau aktivitas apa yang akan dilakukan di Pantai Papuma. Menentukan aktivitas yang akan dilakukan akan memudahkan anda dalam menentukan barang bawaan apa saja.

Jika anda hendak bermain air maka pastikan anda membawa baju ganti. Anda juga dapat membawa penglengkapan fotografi jika hendak memotret di pantai yang satu ini. ( Lihat juga : Pantai Baron )

Patuhi Larangan di Pantai Papuma

Ketika berkunjung para wisatawan tentunya harus mematuhi larangan yang ada. Selain untuk kebaikan para wisatawan, larangan ini juga diberlakukan untuk kelestarian pantai. Salah satu larangan yang perlu diperhatikan yaitu dikawasan bawah tebing dilarang untuk berkeliaran sebab tebing kondisinya mudah longsor.

Selain itu, para pengunjung juga dilarang untuk bermain air ke tengah. Pasalnya, seperti yang kita ketahui Pantai Selatan ombaknya besar. Jika hendak bermain air, para wisatawan disarankan untuk bermain air di pinggiran.

Jangan membuang sampah sembarangan. Para pengunjung harus membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Ini dilakukan untuk menjaga agar kondisi pantai tetap dalam keadaan bersih.

Nah, demikian informasi yang dapat kami berikan seputar Pantai Papuma Jember. Tentunya, tidak lengkap jika anda berkunjung ke Jember tanpa meluangkan waktu untuk mengunjungi pantai-pantai cantik yang ada, salah satunya Pantai Papuma.

Leave a Reply