Pantai Pandawa Bali, Pantai Cantik dengan Sejuta Pesona

Pantai Pandawa Bali – Seperti yang kita ketahui Bali mempunyai beragam kekayaan alam. Potensi alam yang dimiliki oleh Pulau Dewata tersebut dimanfaatkan menjadi objek wisata yang menarik. Banyaknya objek wisata yang ditawarkan, menjadikan Bali sebagai salah satu tujuan wisata banyak orang, baik dari dalam maupun luar negeri.

Wisata bali yang menarik perhatian salah satunya yaitu pantai. Di Bali banyak pantai cantik dengan segala pesona yang dimilikinya. Saat berkunjung ke Bali rasanya tidak lengkap jika tidak berkunjung ke salah satu pantai yang ada.

Salah satu pantai di Bali yang wajib dikunjungi yaitu Pantai Pandawa. Pantai ini dulu dikenal sebagai surga pantai yang tersembunyi. Namun, saat ini keadaannya telah berubah dimana pantai ini sekarang sudah banyak diketahui. Saat ini Pantai Pandawa sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Nah, untuk anda yang ingin berkunjung ke Pantai Pandawa, berikut ini informasi seputar Pantai Pandawa Bali.

Pantai Pandawa Bali

Asal Usul Pantai Pandawa

Pantai Pandawa pada awalnya bernama Pantai Melasti. Namun, terkadang pantai ini juga disebut dengan sebutan Pantai Kutuh. Pasalnya pantai ini lokasinya berada di Desa Kutuh, Kec.  Kuta Selatan, Kab. Badung. Awalnya di sekitar pantai ini adalah tempat penambangan batu alam.

Tempat ini dimanfaatkan oleh turis mancanegara sebagai tempat surfing. Sebab pantai inni memiliki ombak yang cocok digunakan berselancar. Hanya saja, awalnya tidak banyak orang yang berkunjung ke pantai yang satu ini, sebab akses jalan untuk sampai ke lokasi ini tidak banyak yang tahu. Bahkan untuk sampai ke lokasi ini terbilang tidak mudah. Oleh karena itu, pantai ini dijuluki sebagai Secret Beach oleh para wisatawan. ( Baca juga : Pantai Dreamland Bali )

Kemudian pada tahun 2004 dibangun akses jalan sepanjang 1,5 km dengan membelah bukit kapur.  Saat anda memasuki lokasi wisata Pantai Pandawa, anda akan melalui jalan yang diapit oleh dua dinding yang tinggi. Dimana dibangun sebanyak 6 buah patung pada salah satu dinding dengan tinggi masing-masing 5 meter, serta lebarnya sekitar 2,5 meter. 6 patung tersebut wujudnya Dewi Kunti dengan  5 anaknya yang disebut dengan Pandawa di dunia pewayangan. Dimana karena keberadaan patung inilah, pantai ini kemudian disebut sebagai Pantai Pandawa.

Lokasi dan Alamat Pantai Pandawa

Pantai Pandawa itu sendiri berada di Jl. Pantai Pandawa, Ds. Kutuh, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung Bali. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk sampai ke lokasi pantai ini anda harus melewati jalan dengan diapit tebing batu. Pantai Pandawa ini lokasinya terdapat di balik tebing batu kapur tinggi. Ketika berada di atas tebing anda akan dapat melihat indahnya Samudera Hindia.

Daya Tarik Pantai Pandawa

Pantai Pandawa Bali

Seperti halnya pantai lainnya yang berada di Bali, Pantai Pandawa juga memiliki pasir bersih dengan tekstur yang lembut serta warnanya cantik yakni putih kekuningan. Air lautnya begitu jernih. Karena lokasinya yang cukup jauh dari keramaian, pantai yang satu ini suasannya tenang dan akan membuat pengunjungnya merasa nyaman berada di sini.

Ketika menuju lokasi pantai, sebelum disuguhkan dengan keindahan pantai, para pengunjung akan dibuat takjub oleh dinding tinggi yang mengapit jalan. Dimana pada salah satu dinding ini terdapat Patung Pandawa seolah-olah sedang menyambut para pengunjung. Ketika sampai di Pantai Pandawa, anda akan disuguhkan oleh keindahan pantainya. Keindahan pantai ini akan semakin terlihat ketika airnya sedang surut atau saat siang hari. Pasalnya ketika itu rumput laut akan terlihat dengan jelas. Di sini anda akan banyak melihat rumput laut, sebab perairan ini digunakan untuk budidaya rumput laut.

Jika anda lelah setelah beraktifitas atau bermain air di pantai ini, anda bisa istirahat sejenak pada kursi santai yang dilengkapi dengan payung. Hanya saja, anda akan dikenakan tarif jika ingin beristirahat di kursi santai ini.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai Pandawa

Pantai Pandawa Bali

Tentunya banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di Pantai Pandawa ini. Nah, berikut ini beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Pandawa.

Berkunjung ke Patung Pandawa

Ketika berkunjung ke Pantai Pandawa anda dapat mengunjungi Patung Pandawa. Patung ini diukir dengan begitu indah oleh seniman Bali. Patung-patung ini dibuat dengan warna putih. Dimana di bagian pinggangnya diberikan kain ungu dan posisinya yang menghandap pantai.

Menikmati Keindahan Pantai

Berbicara tentang keindahan pantai ini tentunya sudah tidak bisa diragukan lagi. Air laut yang jernih, dengan pasir putih dan ombak yang tenang akan membuat pengunjungnya merasa takjub. Di sini anda bisa bersantai sambil menikmati keindahan pantai dan suasana alam sekitar. Pemandangan yang ditawarkan oleh pantai ini tentunya akan membuat anda betah berlama-lama di sini. Terlebih lagi pantai yang satu ini cukup sepi jika dibandingkan dengan pantai lainnya yang ada di Bali. Sehingga anda bisa menghabiskan waktu dengan nyaman dan tenang sambil menikmati keindahan pemandangan sekitar.

Menyaksikan Budidaya Rumput Laut

Selain sebagai tujuan untuk wisata, pantai ini juga digunakan oleh warga setempat untuk melakukan budidaya rumput laut. Para pengunjung dapat menyaksikan aktivitas para petani seperti misalkan mengikat bibit, menanam bibit dan menjemur rumput laut. Bahkan para pengunjung akan diberikan kesempatan untuk ikut membudidayakan rumput laut. Selain menikmati keindahan pantai,  anda juga akan mendapatkan pengalaman budidaya rumput laut.

Bermain Perahu Kano

Di pantai ini anda bisa bermain perahu kecil yang menggunakan dayung untuk meggerakannya atau disebut sebagai perahu kano.Perahu ini memiliki kapasitas 1 orang yang bisa anda sewa per 1 jam. Sedangkan untuk perahu kano yang digunakan oleh 2 orang biasanya dibanderol dengan harga yang lebih tinggi.

Dengan menggunakan perahu kano ini anda bisa melihat keindahan pantai dengan mengelilingi pantai. Jangan khawatir, anda akan dilengkapi dengan fasilitas jaket pelampung sebagai keamanan.

Bermain Paragliding

Bagi anda yang ingin menikmati keindahan Pantai Pandawa dari udara, maka anda bisa mencoba kegiatan paragliding di Bukit Timbis. Hembusan angin yang pas dengan karakter tebing yang sesuai menjadikan tempat ini cocok dijadikan sebagai lokasi untuk paragliding. Di pantai ini banyak tersedia jasa yang menyewakan alat untuk paragliding. Pastikan anda memilih waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan ini.

Berselancar

Anda memiliki hobi berselancar? Pantai Pandawa ini memiliki ombak yang pas untuk digunakan kegiatan berselancar. Keadaan ombak di pantai ini menjadi salah satu lokasi yang disukai oleh peselancar asing. Ditambah dengan suasana pantai yang tenang membuat para peselancar lebih leluasa.

Hanya saja, kondisi ombak di pantai ini tidak selalu sama. Setiap waktu kondisi ombak di pantai ini selalu berbeda-beda. Biasanya pantai ini ramai dikunjungi oleh peselancar profesional ketika musim hujan karena gelombangnya besar. Hanya saja, bagi pemula sebaiknya melakukan kegiatan ini ketika ombak sedang bersahabat diwaktu yang tepat.

Pijat Tradisional

Sambil bersantai dan menikmati keindahan pantai, anda bisa sambil melakukan pijat. Di sini banyak jasa pijat yang ditawarkan dengan harga yang bervariasi.

Membeli Oleh-Oleh

Berkunjung ke Bali rasanya tidak lengkap jika anda tidak membeli oleh-oleh untuk keluarga di  rumah. Untuk anda yang ingin membeli oleh-oleh, di kawasan ini terdapat beberapa toko yang menjual oleh-oleh seperti pakaian, suvenir khas Bali, kain, kerajinan dan lain sebagainya. Harga oleh-oleh di sini tidak akan jauh berbeda dengan harga di pasar khusus yang menyediakan oleh-oleh khas Bali.

Berfoto

Saat liburan anda tentu ingin momen tersebut diabadikan untuk kenang-kenangan. Maka saat berkunjung ke sini jangan lupa untuk berfoto. Di sini banyak spot menarik untuk menghasilkan foto yang bagus. Bagi anda yang ingin mendapatkan foto dengan landscape yang keren, terdapat tebing tinggi yang dapat anda jadikan background.

Fasilitas Pantai Pandawa Bali

Berbagai fasilitas tentunya telah tersedia di Pantai Pandawa untuk membuat para pengunjungnya merasa nyaman saat berkunjung ke pantai ini. Beberapa fasilitas yang tersedia di antaranya yaitu mobil ambulans yang selalu siaga, pusat informasi, kamar mandi, toilet, tempat parkir yang luas, serta berbagai fasilitas lainnya tersedia di sini.

Bagi anda yang ingin mengisi perut, di sini tersedia aneka warung, resto dan cafe dengan menu dan harga yang bervariasi. Untuk anda yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di kawasan wisata ini, anda jangan khawatir karena untuk mencari penginapan atau hotel di tempat ini tidaklah sulit. Dimana hotel tersebut menyediakan fasilitas yang beragam dan tentunya dengan harga yang beragam pula.

Rute Jalan Menuju Pantai Pandawa

Pantai Pandawa Bali

Pantai Pandawa lokasinya berada di paling selatan pulau Bali. Ada banyak rute untuk bisa sampai ke Pantai Pandawa Bali. Apabila anda awalnya berada di Bandara Ngurah Rai, sekitar 18 hingga 20 km untuk sampai ke lokasi. Nah, berikut ini rute menuju Pantai Pandawa melalui Garuda Wisnu Kencana:

Melalui Garuda Wisnu Kencana dengan jarak 18,8 km. Jika anda melewati GWK anda akan melalui rute dari Jl. Bay Pass menuju ke Jl. Raya Uluwatu. Kemudian anda bisa melanjutkan perjalanan ke Garuda Wisnu Kencana, Jl. Pura Batu Pageh, lalu anda akan melalui jalan Dharma Wangsa, juga Jl. Melasti sebelum anda sampai di Pantai Pandawa.

Tips Berkunjung ke Pantai Pandawa Bali

Saat berwisata ke Pantai Pandawa, ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan. Berikut ini tips berkunjung ke Pantai Pandawa Bali.

  • Meskipun sudah tersedia warung atau resto di kawasan tempat wisata ini, namun tidak ada salahnya anda membawa bekal makanan. Bawa juga beberapa kebutuhan yang lainnya seperti baju dan lain sebagainya.
  • Ketika berkunjung ke pantai ini sebaiknya anda menggunakan alas kaki yang nyaman.
  • Anda harus memilih waktu yang tepat sebelum berkunjung ke pantai ini. Jika anda ingin menghabiskan waktu cukup lama di pantai tanpa kehujanan, maka sebaiknya datang ke pantai saat musim kemarau.
  • Apabila anda akan melakukan foto prewedding maupun keperluan untuk shooting, alangkah lebih baik jika anda izin terlebih dahulu pada pengelola.
  • Jangan naik ke patung-patung yang terdapat di kawasan wisata yang satu ini. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang dianggap suci sehingga anda harus mematuhi aturan yang ada di sini.
  • Sebaiknya jangan datang ke pantai ini ketika malam hari.

Nah, demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Pantai Pandawa Bali. Bagaimana tertarik untuk berkunjung? Semoga bermanfaat.

Leave a Reply