Pantai Ora

Pantai Ora, Pantai Cantik Mirip Maldives

Pantai Ora, Pantai Cantik Mirip Maldives – Maluku memiliki banyak tempat wisata alam yang indah dan memukau, terutama wisata pantainya. Pantai yang ada di Maluku memiliki keindahannya masing-masing. Salah satu pantai di Maluku yang indah dan mempesona yaitu Pantai Ora.

Selain memiliki keindahan yang mempesona, Pantai Ora juga memiliki banyak daya tarik menarik lainnya. Selain itu, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini sehingga liburan anda akan menjadi semakin menyenangkan. Yuk simak informasi seputar Pantai Ora di bawah ini.

Seputar Pantai Ora

Pantai Ora

Pantai Ora merupakan salah satu pantai cantik yang berada di kawasan Maluku Tengah. Walaupun pantai ini tidak setenar pantai di Bali, namun Pantai Ora mempunyai ciri khas sendiri dan pemandangan yang indah sehingga sering dijuluki sebagai surga tersembunyi.

Kondisi air lautnya sangat jernih sehingga para wisatawan dapat dengan mudah melihat keindahan bawah laut pantai ini. Selain itu, lokasinya yang terpencil membuat wisatawan dapat berlibur dengan nyaman dan tenang. Bahkan bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai saat malam hari, bisa melakukan kegiatan berkemah.

Lokasi Pantai Ora

Pantai Ora berlokasi di Pulau Seram. Berada di Kec. Seram Utara, Kab. Maluku Tengah, Maluku.

Daya Tarik Pantai Ora

Pantai Ora

Ada banyak daya tarik yang disuguhkan oleh Pantai Ora seperti berikut ini.

Keindahan Pantai yang Menawan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Pantai Ora mempunyai keindahan yang patut diacungi jempol. Pantai ini mempunyai beberapa tebing besar. Bahkan ketika melakukan kegiatan diving, anda akan menemukan gua-gua kecil. Pantainya sendiri memiliki pasir putih yang membuat pemandangan pantai semakin indah.

Memiliki Spot yang Ideal Untuk Snorkeling atau Diving

Daya trik lainnya dari Pantai Ora yaitu memiliki spot yang ideal untuk melakukan kegiatan snorkeling atau diving.

Penataan Seperti Maldives

Ketika anda sampai di pantai ini, anda akan melihat jembatan kayu. Jembatan kayu ini digunakan untuk menghubungkan resort yang satu dengan resort yang lainnya. Di bagian bawah jembatan anda akan melihat jajaran terumbu karang, membuat pemandangan pantai semakin menakjubkan.

Melihat Biota Laut dengan Mudah

Untuk melihat biota laut dari dekat, anda tidak perlu menyelam terlalu dalam. Anda dapat menyaksikan ekosistem laut dari kedalaman 2 sampai 3 meter saja. Ekosistem laut di pantai ini masih sangat terjaga.

Kegiatan Menarik yang Dapat Dilakukan Di Pantai Ora

Pantai Ora

Selain menikmati keindahan pemandangan pantai, ada banyak kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan di sini. Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa para wisatawan lakukan di Pantai Ora.

Snorkeling

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Pantai Ora memiliki spot yang ideal untuk melakukan snorkeling. Perairan pantai ini cukup tenang sehingga sangat cocok untuk melakukan kegiatan snorkeling maupun diving.

Tidak hanya snorkeling, anda juga dapat bersantai ria di hamparan pasir pantai ini atau bisa bermain ayunan yang terdapat di bibir pantai. Nah, ketika malam hari anda dapat menyaksikan indahnya bintang yang menghiasi langit.

Mengeksplor Goa Laut

Kegiatan menarik lainnya yang bisa anda lakukan di sini yaitu mengeksplor gua laut. Anda bisa mengeksplor keindahan goa ini dengan berenang. Namun, saat berenang pastikan anda melakukannya dengan hati-hati sebab lokasinya cukup sempit dan lautannya yang dalam.

Mengunjungi Tebing Hutapia

Tebing Hutapia merupakan tebing batu yang tinggi. Dari resort untuk sampai ke tempat ini jaraknya yaitu 10 menit dengan memakai boat. Di sekitar tebing ini wisatawan bisa snorkeling, berfoto dengan latar belakang yang indah dan bersantai di dermaga.

Wisata Budaya

Selain menikmati keindahan pantai, anda juga bisa sekaligus berwisata budaya ketika berwisata ke sini. Di Pantai Ora itu sendiri ada suku Alafuru yang memiliki ciri khasnya tersendiri.

Bermain Air di Air Balanda

Asal air di Air Balanda yaitu dari mata air yang muncul di dalam tanah. Menurut mitos, jika matahari yang bersinar semakin terik, maka semakin sejuk juga airnya. Sangat pas digunakan untuk bersantai ataupun berendam. Selain itu, sungainya tidak terlalu dalam atau setinggi kaki orang dewasa saja.

Menginap di Resort Seperti Maldives

Anda tentu ingin menikmati liburan di pantai ini lebih lama untuk mengeksplor potensi alam pantai ini. Nah, di sekitar Pantai Ora itu sendiri ada resort seperti di Maldives. Kamar-kamar lokasinya ada di atas laut. Resort yang dimaksud namanya Ora Beach Eco Resort.

Berkunjung ke Taman Nasional Manusela

Taman Nasional Manusela berlokasi di belakang Pantai Ora. Dari pantai pengunjung bahkan bisa melihat perbukitan taman nasional ini. Di taman ini terdapat spesies burung yang variatif. Untuk pengunjung yang hanya ingin menikmati pemandangan taman ini dari jauh bisa menggunakan perahu motor untuk bisa berkeliling.

Rute Menuju ke Pantai Ora

Pantai Ora

Untuk sampai di Pantai Ora rutenya tidak mudah. Pasalnya anda harus melakukan perjalanan yang cukup jauh. Nah, jika anda datang dari Jakarta menggunakan penerbangan Jakarta-Ambon. Maka sesampainya di Kota Ambon, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Tulehu. Waktu yang dibutuhkan yaitu sekitar 45 menit. Kemudian anda bisa melanjutkan perjalanan dengan jalur laut ke Pelabuhan Amahai, waktu tempuh yang dibutuhkan yaitu 2 jam.

Setelah itu, anda harus melakukan perjalanan darat menuju ke Desa Saleman. Kemudian bisa dilanjutkan dengan melakukan perjalanan air memakai perahu untuk bisa sampai di Pantai Ora.

Tips Berkunjung ke Pantai Ora

Pantai Ora

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Pantai Ora, ada beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan seperti berikut ini.

  • Untuk anda yang tinggal di luar Kota Ambon dan membutuhkan tiket pesawat, maka sebaiknya anda membelinya saat jauh-jauh hari keberangkatan. Hal ini dilakukan agar bisa mendapatkan harga yang murah.
  • Sebelum berangkat, pastikan fisik anda dalam kondisi fit. Karena perjalanan untuk sampai ke Pantai Ora itu sendiri tidaklah mudah, sebab anda harus beberapa kali mengganti alat transportasi.
  • Anda bisa membawa uang cash yang dibutuhkan selama liburan. Sebab di pantai ini tidak ada ATM.
  • Jika ingin melakukan kegiatan menyelam, anda bisa membawanya sendiri dari rumah ataupun menyewanya.
  • Jika anda ingin menginap di Ora Beach Resort, maka anda sebaiknya memesannya dari jauh-jauh hari karena jumlah kamarnya yang terbatas.
  • Ketika berlibur ke pantai ini anda tentu harus mengabadikan momen liburan anda. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa kamera saat berlibur ke sini.
  • Bawa kebutuhan dan perlengkapan pribadi secukupnya, termasuk obat-obatan.
  • Sangat penting untuk selalu mematuhi peraturan yang berlaku di sini agar liburan anda nyaman dan aman.

Itulah informasi seputar Pantai Ora yang bisa kami berikan untuk anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.