Pantai Ngobaran Yogyakarta

Pantai Ngobaran Yogyakarta, Pantai dengan Nuansa Ala Bali yang Menawan

Pantai Ngobaran Yogyakarta, Pantai dengan Nuansa Ala Bali yang Menawan – Jogja memiliki banyak pantai yang indah dan menawan, salah satunya Pantai Ngobaran. Pantai ini memiliki daya tarik yang membuat banyak pengunjung datang ke pantai ini. Di pantai ini anda bisa merasakan seperti berada di Bali. Nah, untuk anda yang akan berlibur ke Jogja, jangan lupa berkunjung ke Pantai Ngobaran. Anda akan mendapatkan pengalaman yang menarik saat berkunjung ke sini.

Keunikan Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran Yogyakarta

Pantai Ngobaran berlokasi di Desa Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini termasuk salah satu pantai eksotik yang terdapat di Yogyakarta. Ketika airnya sedang surut, di sini anda akan melihat hamparan cantik rumput laut dengan warna yang beragam, mulai dari warna cokelat sampai warna hijau. Selain itu, hamparan alga yang hidup di sela karang terlihat bagaikan sawah yang terdapat di wilayah padat penduduk. Dimana keindahan ini bisa anda lihat saat menaiki atas bukit.

Selain itu, di sela-sela karang juga terdapat binatang laut. Di sini anda bisa menemukan kerang-kerangan, landak laut dan masih banyak lagi yang lainnya. Saat berlibur ke sini tentunya anda akan merasa betah dan nyaman.

Saat tiba di pantai ini, memang anda akan disambut oleh suasana mistis. Di sini terdapat begitu banyak abu menyan dan wewangian yang terkadang akan anda cium. Hal ini disebabkan karena di sini terdapat banyak bangunan yang digunakan untuk semedi atau sembahyang.

Ketika anda berjalan-jalan di tepi pantai, anda akan melalui gapura dengan tembok melingkar seperti bangunan pura. Kemudian di bagian dalamnya ada patung dan arca yang disusun sedemikian rupa. Bahkan beberapa arca yang terdapat di sini sudah tidak asing lagi untuk anda.

Terdapat patung Dewa Wisnu di ujung bangunan. Patung Dewa Wisnu menaiki Garuda dengan posisi menghadap ke arah laut. Keberadaan kejawen yang terdapat di tepi pantai, serta di atas tebing akan mengingatan kita terhadap Pura Uluwatu yang terdapat di Bali. Sehingga tak heran jika Pantai Ngobaran disebut-sebut sebagai Balinya Jogja. Jika ingin melihat pantai dengan pura, anda bisa berkunjung ke pantai ini.

Tepi laut Pantai Ngobaran hampir semuanya telah dibangun pura, walaupun terdapat beberapa pengerjaan yang masih belum selesai. Selain pura kejawen, terdapat juga bukit karang yang posisinya lebih tinggi. Ketika di atas bukit ini anda bisa menyaksikan pemandangan dari ketinggian serta pantai-pantai indah lainnya yang berada di sekitarnya.

Selain itu, di ujung jalan anda akan melihat Petilasan Won Pantai Ngobaran. Petilasan ini dijaga juru kunci. Petilasan ini terlihat bagaikan tanah lapang dengan ukuran 4×2 meter. Kemudian di tepinya ada beberapa sesaji. Nah, mengetahui terdapat banyak sesaji di Pantai Ngobaran, maka sebagai pengunjung kita harus hati-hati ketika berperilaku atau bersikap.

Sejarah Pantai Ngobaran Yogyakarta

Pantai Ngobaran Yogyakarta

Sejarah Pantai Ngobaran mempunyai kaitan erat dengan Kerajaan Majapahit saat pemimpinnya Raja Prabu Brawijaya V. Kemudian Kerajaan Majapahit waktu itu diserang Raden Patah, yang merupakan putra Raja Brawijaya yang saat itu sebagai pemimpin Kerajaan Demak. Karena tidak mau melawan putranya sendiri, Raja Brawijaya V melarikan diri bersama puteranya yaitu Bondan Kejawen hingga sampai di sebuah pantai, yaitu Pantai Ngobaran. Sampai akhirnya Raja Brawijaya ini melakukan Upacara Muksa atau pembakaran diri. Alasan kenapa Raden Brawijaya melakukannya yaitu karena tidak ingin berperang melawan anaknya. Upacara pembakaran diri dilakukan oleh sang raja hingga menimbulkan kobaran api yang sangat besar. Nah, menurut cerita dari masyarakat, dari sejarah itulah pantai ini disebut sebagai Pantai Ngobaran.

Kegiatan di Pantai Ngobaran Yogyakarta

Pantai Ngobaran Yogyakarta

Pantai Ngobaran memiliki pemandangan yang indah dan menarik. Di sini terdapat berbagai hal yang bisa dilakukan. Selain menikmati keindahan pantai, di sini juga anda bisa mengabadikan momen dengan berfoto dan laut sebagai latar belakangnya. Tidak hanya laut, spot foto menarik lainnya di antaranya yaitu dengan latar belakang tebing, bangunan pura atau arca khas Bali, hingga bebatuan karang.

Tidak hanya itu, saat ke sini juga anda bisa sekaligus menikmati wisata kulinernya. Di sini ada berbagai hidangan yang bisa anda coba. Jika anda pergi ke sini saat pagi hari, anda akan melihat yang sedang memanen rumput laut. Sedangkan jika sampai saat sore maupun malam hari, anda akan melihat banyak warga yang mencari landak laut. Landak laut tersebut biasanya dijadikan lauk santap malam.

Lihat juga : Pantai Pok Tunggal, Pantai Pasir Putih yang Indah dan Eksotis

Fasilitas yang Disediakan di Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran Yogyakarta

Fasilitas yang terdapat di Pantai Ngobaran itu sendiri sudah cukup komplit. Ketika pertama masuk ke sini anda akan melihat banyaknya penjual oleh-oleh. Aneka cendera mata, serta makanan khas telah disediakan di sini.

Kemudian tempat wisata ini juga menyediakan tempat parkir yang luas. Kemudian masuk ke pantai, anda akan melihat ada banyak warung makan di sini. Anda tidak perlu takut kelaparan ketika datang ke sini, karena di sini telah terdapat banyak warung dengan aneka makanan yang nikmat.

Selain itu, toilet dan kamar mandi juga telah disediakan di sini. Hanya saja, di sekitar pantai ini belum terdapat fasilitas seperti penginapan atau hotel.

Rute Menuju Ke Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran Yogyakarta

Pantai Ngobaran bisa anda akses dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jalannya sudah mulus, ketika ke pantai ini anda tidak akan kesulitan untuk menjangkaunya. Nah, untuk memudahkan anda sampai ke Pantai Ngobaran, berikut ini beberapa pilihan rute yang dapat anda pilih.

  • Rute melalui Jalan Imogiri Timur. Jika anda dari Yogyakarta, maka anda bisa melalui Jalan Imogiri Timur. Kemudian lurus sampai pertigaan Imogiri, lalu mengambil arah kanan. Lurus sampai di arah Selopamioro, lalu akan menemukan jalur lintas selatan. Anda bisa mengikuti terus jalur ini sampai di kanan jalan, serta menemukan papan petunjuk ke Pantai Ngobaran.
  • Rute Melalui Jalan Wonosari. Dari Jogja ke Wonosari, kemudian anda bisa naik di kota Wonosari. Selanjutnya anda mengambil arah Baron. Sesampainya di pertigaan Baron, anda bisa mengambil arah kanan dari kiri jalan anda. Kemudian akan menemukan papan petunjuk ke Pantai Ngobaran.

Jika anda masih bingung dan kesulitan menemukan pantai ini, maka anda dapat memakai aplikasi peta online.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngobaran Yogyakarta

Pantai Ngobaran Yogyakarta

Harga tiket masuk Pantai Ngobaran Yogyakarta cukup terjangkau yaitu sebesar 5 ribu rupiah per orang. Selain membayar tiket masuk, anda juga akan dikenakan biaya tambahan parkir. Namun, perlu anda ingat harga tiket masuk tersebut sewaktu-waktu bisa berubah.

Itulah penjelasan mengenai Pantai Ngobaran Yogyakarta. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.