Pantai Nambung, Pantai Unik dengan Air Terjun Asin

Pantai Nambung – Sedang mencari referensi tempat wisata? Mungkin anda bisa mengunjungi Lombok. Menginjakan kaki di Lombok tentunya tidak akan rugi karena anda bisa menikmati pesona alamnya yang menakjubkan. Selain itu, banyak tempat wisata alam yang dapat anda kunjungi mula dari wisata pantai, air terjun dan lain sebagainya.

Nah, salah satu lokasi wisata yang dapat anda kunjungi yaitu Pantai Nambung. Apabila dibandingkan dengan tempat wisata yang lainnya, Pantai Nambung memiliki perbedaan yang akan membuat pengunjungnya merasa takjub. Lantas mengapa demikian? Untuk anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Pantai Nambung, anda bisa simak berikut ini.

Sekilas Tentang Pantai Nambung

Pantai Nambung

Seperti yang kita ketahui, Nusa Tenggara Barat memiliki pesona alam yang tidak ada habisnya, salah satunya Pantai Nambung. Pantai Nambung disebut juga dengan Tanjung Jagog saat ini sudah diketahui dan dikunjungi oleh banyak wisatawan. Pantai ini berlokasi di Dsn. Pengantap, Ds. Buwun Emas, Kec. Sekotong, Lombok Barat, NTB.

Pantai Nambung dulu memang belum cukup terkenal karena kurangnya informasi mengenai lokasi wisata yang satu ini. Hanya saja sekarang ini Pantai Nambung sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. ( Baca juga : Mengunjungi Gili Sudak, Pulau Kecil Indah dan Tenang Di Lombok )

Pantai Nambung itu sendiri memiliki keindahan yang akan memanjakan mata para pengunjungnya. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar namun dengan arus yang cukup tenang. Di sepanjang pantai terhampar pasir yang indah. Begitu tiba di lokasi wisata yang satu ini, para pengunjung akan disambut dengan keindahan laut dan bibir pantainya. Selain itu, pantai ini menjadi tempat budidaya rumput laut. Di sini anda akan disuguhi oleh keindahan rumput laut yang beragam.

Laut Pantai Nambung berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Sehingga dengan begitu pantai ini memiliki ombak yang besar. Pantai ini juga memiliki keunikan atau ciri khas yang membedakan dengan pantai-pantai yang lainnya,  yakni adanya air terjun. Mungkin anda penasaran mengapa air terjun ada di laut?

Nah, air terjun di Pantai Nambung terbentuk karena pecahan batu-batu besar oleh ombak. Karena pantai ini memiliki ombak yang kuat dan besar sehingga alirannya dapat membentuk air terjun. Mengetahui keunikan dan keindahan pantai yang satu ini, maka tidak ada salahnya anda berkunjung ke pantai ini.

Keindahan Air Terjun di Pantai Nambung

Pantai Nambung

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pantai Nambung terbilang cukup unik karena memiliki air terjun. Yang lebih uniknya, air terjun ini memiliki rasa asin. Air terjun ini memiliki rasa asin karena deburan ombak pada bebatuan. Karena saking kuat dan tingginya ombak dapat membuat bebatuan besar pecah dan melewatinya. Kemudian airnya mengalir pada bebatuan dan terbentuklah aliran air bagaikan air terjun.

Tepatnya di bawah aliran air, pecahan ombak yang terjatuh membentuk kolam sehingga mirip seperti pemandian air terjun pada umumnya. Pemandangan ini tentunya sangat unik dan menjadi salah satu daya tarik dari pantai ini. Sebenarnya anda tidak bisa selamanya menikmati atau melihat air terjun di Pantai Nambung. Anda harus menunggu waktu yang tepat untuk melihatnya, yakni saat ombak besar dan pasang naik.

Aktivitas Apa saja yang Bisa Dilakukan Oleh Wisatawan?

Pantai Nambung

Pantai Nambung menjadi salah satu pantai yang unik. Dengan segala daya tarik dan keunikan yang dimiliki oleh pantai ini, banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan di Pantai Nambung. Nah, berikut ini beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Nambung untuk mengisi waktu liburan anda.

Bersantai Sambil Menikmati Pemandangan Pantai

Di sepanjang pantai Nambung, pasir mericanya terhampar luas. Pantai Nambung memiliki bibir pantai yang luas dengan garis pantai yang cukup panjang. Pemandangan laut lepasnya yang indah akan memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Selain itu, di sekeliling pantai terdapat bukit-bukit kecil. Semua yang terdapat di Pantai ini begitu indah dan mempesona. Di sini anda bisa duduk santai sambil menikmati keindahan pantai dan pemandangan lainnya. Tentunya sangat menenangkan dan akan membuat anda betah untuk berada berlama-lama di sini.

Menyaksikan Budidaya Rumput Laut

Selain ikan, rumput laut sudah menjadi mata pencaharian masyarakat yang tinggal di pesisir. Di pantai ini anda bisa melihat banyak rumput laut. Anda juga bahkan bisa melihat langsung proses budidaya rumput laut.

Trekking ke Air Terjun

Lokasi air terjung di Pantai Nambung ini cukup jauh, yakni di ujung pantai. Untuk menuju lokasi air terjun anda dapat sekaligus trekking dengan menyusuri pantai. Di sepanjang jalan anda bisa melihat indahnya pemandangan pantai. Meskipun cukup jauh namun anda tidak akan merasakan lelah.

Di akhir perjalanan anda akan menyaksikan indahnya air terjun. Hanya saja, jika anda tidak ingin terlalu jauh berjalan, anda dapat menyewa perahu tradisional yang telah disediakan di sana. Perahu tersebut akan mengantarkan anda hingga ke air terjun. Di perahu anda bisa menikmati suasana pantai yang begitu menenangkan.

Berfoto di Spot Terbaik

Karena pemandangan yang begitu indah, maka berkunjung ke sini rasanya ada yang kurang jika anda tidak mengabadikan momen. Ketika air terjun terbentuk dari deburan ombak yang menghantam batu karang, anda akan melihat betapa indahnya air terjun dan tentunya harus diabadikan. Tidak hanya air terjun saja, masih banyak spot foto lainnya yang menarik untuk dicoba, seperti misalkan perbuktikan, hamparan pantai, batu karang dan lain sebagainya.

Berenang di Kolam yang Dikelilingi Oleh Batu Karang

Pada saat air laut surut, maka kolam yang letaknya tepat di bawah air terjun akan terbentuk. Genangan air laut yang berada pada cekungan, di sekitarnya dikelilingi oleh batu karang sehingga membentuk kolam alami. Dimana kolam yang terbentuk alami ini bisa digunakan berenang. Hanya saja, jika hendak berenang di sini para pengunjung disarankan untuk lebih berhati-hati. Sebelum berenang keadaan ombak harus diperhatikan. Jika ombaknya sedang besar jangan sekali-kali untuk mencoba berenang di sini.

Wisata Kuliner

Di sekitar pantai telah tersedia warung-warung kecil sederhana. Sehingga selain menikmati keindahan pantai anda juga bisa wisata kuliner. Warung-warung tersebut menjajakan aneka makanan, terutama seafood dengan bumbu yang khas.

Fasilitas Pantai Nambung

Pantai Nambung

Karena objek wisata Pantai Nambung terbilang masih baru, maka fasilitasnya masih minim. Namun, ada beberapa fasilitas yang telah tersedia seperti lahan parkir. Di sini juga sudah tersedia warung kecil yang menjual aneka makanan. Di sini para wisatawan dapat mencicipi lezatnya masakan khas Lombok.

Rute Jalan Menuju Pantai Nambung

Jarak yang dapat anda tempuh dari pusat kota Mataram untuk sampai di pantai yaitu sekitar dua jam. Jika anda menggunakan rute ini, maka anda akan melihat begitu indahnya pemandangan di sepanjang jalan. Anda akan menyaksikan area wisata lainnya seperti misalkan Nanggu, Gili Layar, Sekotong dan lain sebagainya. Jarak yang ditempuh sekitar 21 km dari Gili Nanggu-Teluk Sepi. Dimana jalannya juga sudah bagus dan beraspal. Tidak langsung sampai di pantai, para wisatawan juga harus masuk ke perkampungan dengan menempuh jarak sekitar 300 hingga 500 m.

Untuk menuju Pantai Nambung, kendaraan umum masih belum tersedia. Sehingga untuk bisa sampai ke tempat wisata yang satu ini, para wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari Mataram. Sesampainya di area lokasi wisata, kendaraan bisa diparkir di perkampungan.

Harga Tiket Masuk Pantai Nambung

Tiket masuk ke Pantai Nambung setiap orangnya akan dikenai biaya sebesar Rp. 10.000. Namun, informasi harga yang kami dapatkan ini dari beberapa tahun ke belakang. Saat ini harga bisa saja berubah.

Penginapan Dekat Pantai Nambung

Pantai Nambung

Untuk anda wisatawan dari luar daerah atau luar kota, anda bisa menyewa penginapan di dekat Pantai Nambung. Ada beberapa tempat penginapan yang lokasinya cukup dekat dengan Pantai Nambung, berikut di antaranya.

Seven Havens Residence

Seven Havens Residence berlokasi di Jl. Selong Belanak, Selong Belanak, Lombok 83511. Jarak dari penginapan ke pantai Nambung cukup dekat yaitu sekitar 5,7 meter

Tiki Lodge

Penginapan selanjutnya yang dekat dengan lokasi Pantai Nambung yaitu Tiki Lodge. Penginapan ini berlokasi di Jl. Selong Belanak, Selong Belanak, Lombok 83572.

Villa Nambung

Villa Nambung itu sendiri berlokasi di Jl. Bantu Jangkih Sepi, Lombok Selatan, Buwun Mas, Selong Belanak, Kab, Lombok Barat, NTB 83571. Bahkan diketahui jarak dari penginapan ini ke Pantai Nambung  bisa ditempuh sekitar 18 menit.

Selong Selo Resort & Residences

Penginapan yang satu ini berlokasi di Jl. Batu Jangkih Sepi Mungkung, Mangkung, Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, NTB 83571. Lokasi penginapan ini ke Pantai Nambung cukup dekat, sekitar 27 menit untuk bisa sampai ke Pantai Nambung.

Tips Berlibur ke Pantai Agar Aman dan Nyaman

Agar liburan anda ke Pantai lebih nyaman dan aman, ada beberapa tips yang harus anda perhatikan seperti berikut ini.

  • Pertama-tama, anda harus mencari terlebih dahulu informasi mengenai lokasi wisata pantai yang akan anda tuju yang berkaitan dengan akses, penginapan, tempat makan dan lain sebagainya.
  • Berlibur seorang diri, terutama ke pantai tentunya tidak asik. Maka dari itu, disarankan untuk tidak pergi sendirian. Akan lebih menyenangkan jika anda pergi bersama keluarga maupun teman-teman anda.
  • Di perjalanan atau sesampainya di tempat wisata, disarankan untuk berhati-hati. Perhatikan juga barang bawaan anda. Untuk mencegah hal-hal yan tidak diinginkan, alangkah lebih baik jika anda tidak membawa barang berharga.
  • Di Pantai Nambung ini para wisatawan tidak diperbolehkan berenang di laut dengan ombak dan arus yang deras.
  • Di Pantai Nambung para wisatawan harus memperhatikan kebersihan. Pastikan anda membuang sampah pada tempatnya.
  • Karena sayang rasanya jika tidak mengabadikan momen di pantai ini, maka tidak ada salahnya anda membawa kamera. ( Lihat juga : Menyaksikan Uniknya Batu Kura-Kura Di Pantai Sungkun Lombok )

Liburan ke Pantai menjadi pilihan banyak orang, sehingga tak heran jika waktu liburan telah tiba, objek wisata pantai selalu dipenuhi oleh pengunjung. Nah, untuk anda yang sedang mencari referensi tempat wisata pantai, mungkin Pantai Nambung bisa anda jadikan pilihan. Beberapa informasi yang kami sajikan untuk anda seperti di atas semoga dapat membantu.

Leave a Reply