Pantai Melur

Indahnya Wisata Pantai Melur dengan Pesona Sunset yang Memukau

Indahnya Wisata Pantai Melur dengan Pesona Sunset yang Memukau – Wisata alam di tanah air begitu banyak, baik wisata alam yang terkenal hingga wisata alam yang terpencil sekalipun. Nah, Kepulauan Riau memiliki beragam wisata alam yang memukau. Di kepulauan ini kota terbesarnya yaitu Kota Batam. Salah satu objek wisata alam yang terkenal yaitu Pantai Melur. Selain memiliki pemandangan yang cantik, juga memiliki nilai historis yang tinggi. Nah, bagi anda yang ingin berlibur ke Pantai Melur, berikut ini kami bagikan beberapa informasi seputar Pantai Melur untuk anda.

Pesona Keindahan Pantai Melur

Pantai Melur

Pantai Melur mempunyai pesisir landai, serta hamparan pasir putih cukup luas. Kemudian pemandangan sunsetnya menjadi daya tarik utama yang disuguhkan Pantai Melur kepada para pengunjungnya. Selain itu, Pantai Melur juga mempunyai garis pantai yang indah. Air lautnya jernih dan disekitarnya terdapat pepohonan rindang yang menambah keindahan pantai serta membuat suasana pantai semakin sejuk.

Meskipun tidak terlalu luas, namun kejernihan air yang disuguhkan oleh pantai ini membuat siapa saja yang melihatnya terpukau. Bahkan pasir putih yang landai dan tidak berkarang, akan membuat pengunjung leluasa saat bermain-main di pantai ini.

Fasilitas yang Disediakan di Pantai Melur

Pantai Melur

Pantai Melur termasuk salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi. Sehingga fasilitas yang disediakan di sini cukup memadai. Saat berkunjung ke pantai ini, di sepanjang pantai anda akan melihat banyak batang kayu yang bisa digunakan untuk duduk santai sambil melihat keindahan pantai.

Selain itu, di pantai ini juga sudah disediakan penyewaan ban. Kemudian di pinggir pantai terdapat warung-warung berjajar yang menyediakan aneka makanan khas melayu dan aneka makanan laut.

Tidak hanya itu, di pantai ini juga sudah disediakan mushola, kamar mandi serta tempat parkir yang cukup luas yang akan menunjang aktivitas para wisatawan saat berlibur ke sini.

Objek Wisata di Pantai Melur

Pantai Melur

Selain menikmati keindahan pantai yang memukau, ketika berkunjung ke Pantai Melur terdapat beberapa objek wisata lainnya yang menarik seperti berikut ini.

Pemandangan Bawah Laut Memukau

Pantai Melur memiliki pemandangan laut yang begitu memukau, ditambah dengan arus yang cukup tenang. Mengetahui seperti itu, pantai ini sangat cocok dikunjungi oleh para wisatawan yang menyukai diving ataupun snorkeling. Di sekitar pantai areanya bebas dari batu karang. Selain itu, yang tidak kalah menarik yaitu pemandangan bawah lautnya. Menyuguhkan pesona terumbu karang, dan di huni oleh banyak ikan membuat pemandangan bawah lautnya semakin memanjakan mata. Ditambah lagi dengan hewan biotik lainnya menjadikan keindahannya semakin berlipat-lipat.

Air Biru dan Jernih

Di sekitar pesisir pantai menyuguhkan pesona air yang biru sejauh mata memandang. Kondisi air lautnya yang jernih semakin membuat pemandangan pantai terlihat sangat indah. Saat pertama kali datang kesini anda akan terpesona karena keindahannya. Anda bisa mengabdikan keindahan pemandangan di sini dengan kamera anda.

Wahana Air

Selain itu, di Pantai Melur juga telah disiapkan wahana air yang mendukung wisata pantai ini. Namun, wahana yang disediakan di sini tidak banyak. Beberapa wahana air yang bisa anda temukan di sini di antaranya yaitu banana boat dan pelampung khusus untuk pengunjung yang ingin berenang. Meskipun wahannya terbilang belum cukup lengkap, namun berlibur ke sini tidak akan membuat anda menyesal setelah menyaksikan keindahan pantai ini.

Wisata Kuliner

Selain menikmati keindahan pantai, saat berkunjung ke sini anda juga bisa menikmati wisata kulinernya. Di daerah pesisir pantai terdapat warung dan rumah makan yang berjejer, menyediakan aneka kuliner khas.

Kuliner yang dihidangkan di sini kebanyakannya masakan lokal khas Sumatera, serta olahan dari makanan laut. Pastinya anda tidak akan menyesal setelah mencoba kelezatan dari kuliner di sini.

Perahu Nelayan Membuat Suasana Pantai Semakin Hidup

Di sekitaran pantai, anda akan melihat beberapa perahu nelayan. Selain itu, ketika ke sini juga anda akan melihat kapal pesiar kecil. Perahu dan kapar pesiar tersebut biasanya bisa disewakan kepada para pengunjung yang ingin menyaksikan pemandangan di sekitar pantai, serta Pulau Galang.

Spot Foto yang Menarik

Ketika siang hari, biasanya Pantai Melur sepi pengunjung karena panasnya sinar matahari. Namun, di balik sepinya suasana pantai saat siang hari anda bisa menikmati keindahannya dengan lebih leluasa. Suasana yang sepi membuat anda lebih leluasa saat hendak berfoto. Anda bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan pantai yang cantik.

Olahraga Pantai

Letak pantai ini diapit daratan menjorok ke dalam laut, yang membuat pantai ini tidak memiliki pemandangan luas dari pesisir pantai. Namun, membuat arus laut tidak besar. Suasana seperti ini cocok bagi para pengunjung yang ingin melakukan olahraga pantai seperti sepak bola, voli pantai dan lain sebagainya.

Sunset yang Indah

Ketika anda datang ke pantai ini saat sore hari, anda akan melihat pemandangan sunset yang memukau. Pemandangan sunset di sini menjadi salah satu moment yang paling ditunggu-tunggu oleh para pengunjung.

Lihat juga : Menikmati Tenangnya Pulau Pribadi Nikoi Island, Wisata Riau

Lokasi Pantai Melur

Pantai Melur

Pantai Melur beralamatkan di Desa Sijantung, Kecamatan Galang di Pulau Galang. Lokasi pantai ini berada dekat dengan kamp pengungsian ‘manusia perahu’ asal Vietnam. Sehingga pantai ini juga terkenal sebagai salah satu wisata sejarah. Bekas perkampungan tempat pengungsian orang vietnam jaranya 1 kilometer dari bibir pantai Melur. Hingga saat ini lokasinya menjadi wisata sejarah.

Rute Menuju ke Pantai Melur

Pantai Melur

Ketika anda berkunjung ke Pulau Galang, anda akan melalui Jembatan Barelang. Nama jembatan tersebut singkatan dari tiga wilayah yaitu Batam, Rempang dan Galang. Dimana jembatan ini menghubungkan pulau-pulau kecil dengan ketiga pulau besar yang ada di kota Batam ini.

Untuk menuju ke Pantai Melur, tidak banyak transportasi umum yang bisa anda gunakan. Ada taksi namun biayanya cukup mahal.

Tips Berwisata Ke Pantai Melur

Pantai Melur

  • Saat hendak berkunjung ke Pantai Melur, sebaiknya anda memilih waktu yang tepat. Anda dapat berkunjung ketika pagi ataupun sore hari. Pasalnya ketika siang hari suasana pantai begitu terik. Namun, jika ingin menikmati pantai lebih leluasa tidak ada salahnya anda berkunjung saat siang hari.
  • Selain itu, anda juga sebaiknya membawa beberapa keperluan pribadi yang akan mendukung aktivitas anda saat di pantai. Adapun perlengkapan yang perlu di bawah yaitu topi, kaca mata hitam, baju ganti dan yang tidak kalah penting yaitu kamera.
  • Selain itu, saat berlibur pastikan kondisi anda sehat.

Itulah beberapa informasi mengenai Pantai Melur yang bisa kami bagikan kepada anda. Untuk anda yang sedang mencari destinasi wisata pantai di Kota Batam, Pantai Melur dapat anda jadikan pilihan salah satunya. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.