Pantai Jogan: Eksotisme Pantai Unik dengan Air Terjun yang Deras

Pantai Jogan: Eksotisme Pantai Unik dengan Air Terjun yang Deras – Berbicara mengenai pantai di Indonesia, Gunung Kidul menjadi surga bagi banyak sumber kekayaan alam bahari dan panorama pantai yang indah dan elegan. Keindahan alam di Gunung Kidul seolah tak pernah ada hentinya dalam menyuguhkan keindahan alam yang begitu mempesona. Tak heran bila banyak orang tertarik mengunjungi Jogjakarta dan kawasan sekitarnya hanya untuk bisa menikmati wisata dengan pengalaman mengunjungi pantai yang elok dan ekstotis.

Dari sekian banyak pantai yang ada di kawasan Jogjakarta, Pantai Jogan adalah salah satu pantai yang paling unik dan mungkin tidak anda jumpai model pantai seperti Pantai Jogan.  Hal ini dikarenakan di Pantai Jogan ada air terjun yang mengalir ke pantai. Pemandangan langka ini lantas menjadi daya tarik yang utama dari pantai yang satu ini. Derasnya air terjun yang mengalir di Pantai Jogan mungkin akan membuat mata siapa saja yang baru pertama kali melihat dibuat kagum dengan pemandangan unik yang satu ini.

Nah, bagi anda yang ingin berwisata ke Pantai Jogan maka penting sekali menyimak ulasan lebih lengkap tentang pantai yang satu ini. Penasaran seperti apa saja? Mari simak informasinya di bawah ini hanya untuk anda.

Pantai Jogan: Eksotisme Pantai Unik dengan Air Terjun yang Deras

Pantai Jogan: Eksotisme Pantai Unik dengan Air Terjun yang Deras

Beberapa tahun lalu, keindahan di Pantai Jogan masih belum terekspos seperti saat ini. Tak banyak yang tahu bahwa keindahan pantai dan uniknya air terjun yang tergabung bersama pantai ini ada di Gunung Kidul. Anda yang ingin menyaksikan kecantikan dan keindahan air terjun yang mengalir deras dengan air yang jernih maka datanglah pada saat musim hujan. Karena pada saat tersebut debit air yang banyak membuat air terjun berfungsi dengan baik.

Air terjun di tempat ini punya tinggi sekitar 10 m dengan sumber air yang mengalir secara langsung dari perbukitan karst di sebelah Utara. Meskipunn punya keunikan dan kecantikan yang begitu istimewa namun Pantai Jogan sendiri belum seramai dan sepopuler pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul padahal lokasi dari pantai ini berada persisi di sebelah berat Pantai Siung.

Agar bisa menikmati derasnya cipratan air terjun yang unik ini, anda para pengunjung akan perlu turun dengan melewati jalan setapak basah dan licin. Medan yang cukup sulit ini membuat orangtua atau anak-anak biasanya diperkenankan untuk tidak ikut mengambil jalan yang satu ini. Untuk bisa membantu anda menuruni tebing, maka disana tersedia kayu-kayu untuk menopang tubuh si pengunjung yang mengambil rute jalan tersebut.

Tak sampai disitu, ketika anda sudah melewati tantangan jalan licin tersebut kemudian anda akan dihadapkan pada medan yang cukup ekstrim yakni melewati karang yang dihuni oleh ribuan bayi kepiting dengan warna transparan seukuran kisaran 5 mm. Tak perlu khawatir bayi kepiting tersebut tidak menggigit jadi anda aman melewati jalur ini.

Bahkan penduduk sekitar yang sudah terbiasa melewati jalanan ini seringkali menyengaja mengambil bayi kepiting tersebut untuk kemudian diolah menjadi makanan yang akan disantap bersama dengan nasi hangat. Anda yang tertarik menyaksikan pemandangan seperti ini maka datanglah bersama dengan pemandu yang merupakan penduduk sekitar.  Agar demikian, perjalanan kali ini pun terasa lebih menyenangkan sebab anda dipandu oleh orang yang sering berlalu lalang di tempat wisata tersebut.

Alamat Pantai Jogan

Pantai Jogan: Eksotisme Pantai Unik dengan Air Terjun yang Deras

Bagi anda yang tertarik ingin menyambangi Pantai Jogan di daerah Gunung Kidul ini maka mengetahui alamat lengkap dari pantai ini adalah hal penting yang perlu anda perhatikan dengan baik. Agar demikian, anda tidak tersesat pada saat berlibur dan mencari lokasi dari pantai yang ingin anda kunjungi.

Adapun Pantai Jogan berlokasi di Kecamatan Tepus yakni di Kabupaten Gunung Kidul yang ada di  Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak sulit mencari Pantai Jogan sebab pantai ini berada di tengah antara Pantai Nglambor dan Pantai Siung yang ada di Timur dan Pantai Timang yang ada di bagian Barat. Tidak ada salahnya melakukan riset jalan atau rute untuk bisa sampai ke tempat ini dengan alternatif yang lebih mudah bila ada.

Tiket Masuk Pantai Jogan

Pantai Jogan: Eksotisme Pantai Unik dengan Air Terjun yang Deras

Selain mengetahui alamat dari tempat wisata yang akan dikunjungi. Mengenai harga tiket pun menjadi informasi penting yang perlu anda ketahui dengan baik. Untuk harga tiket di Pantai Jogan sendiri disatukan bersama dengan Pantai Siung dan Pantai Nglambor. Harga tiket retribusi di Pantai Jogan tergolong cukup terjangkau. Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000/orangnya.

Sementara untuk retribusi parkir sendiri di Pantai Jogan berbeda berdasarkan dengan jenis kendaraan yang anda bawa ke tempat ini. Untuk biaya sepeda motor parkir akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000 dan untuk mobil sebesar Rp. 5.000 sementara untuk bus dikarenakan tarif sebesar Rp. 20.000. Paling cocok mengunjungi tempat ini beramai-ramai karena tentunya keindahan panorama alam di tempat ini akan sayang hanya dinikmati seorang diri.

Jam Buka Pantai Jogan

Pantai Jogan: Eksotisme Pantai Unik dengan Air Terjun yang Deras

Karena pantai ini masih terbilang pantai yang baru dan pengelolaannya belum terlalu profesional. Pantai Jogan buka setiap hari selama 24 jam. Artinya anda  bebas keluar masuk pantai sesuka hati anda. Hanya saja, sebaiknya tidak datang pada saat malam hari karena penerangan yang terbatas membuat pemandangan dan keindahan menjadi terbatas.

Fasilitas di Pantai Jogan

Pantai Jogan: Eksotisme Pantai Unik dengan Air Terjun yang Deras

Karena pantai ini adalah pantai yang masih perawan maka tak heran bila fasilitas di tempat ini belum terlalu banyak fasilitas. Jadi jangan heran bila anda akan mungkin kesulitan mendapatkan fasilitas yang nyaman. Beberapa fasilitas yang bisa anda jumpai di tempat ini diantaranya adalah Gazebo, kamar mandi, warung makan dan juga tempat parkir.

Tips Berwisata ke Pantai Jogan

Bagi anda yang ingin berwisata ke tempat ini ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dengan baik. Mengingat medan di tempat ini cukup curam ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dengan baik.

Alas Kaki

Bagi anda yang hendak berwisata ke tempat ini alas kaki menjadi hal penting yang harus anda perhatikan dengan baik. Gunakan alas kaki yang nyaman dengan ketebalan yang lebih tinggi sebab anda akan melewati karang dengan ribuan bayi kepiting yang mungkin sebagian bisa saja merayap ke bagian kaki anda.

Bawa Bekal yang Cukup

Meski sudah ada fasilitas warung makan namun jumlahnya sangat terbatas. Jadi anda disarankan untuk membawa perbekalan yang cukup. Seperti nasi, snack dan minuman yang anda inginkan.

Leave a Reply