Mengintip Pesona Keindahan Pantai Indrayanti Yogyakarta

Mengintip Pesona Keindahan Pantai Indrayanti Yogyakarta – Anda berencana berlibur bersama keluarga atau teman-teman? Yogyakarta dapat menjadi tujuan berlibur anda. Yogyakarta memiliki daya tarik yang membuat banyak orang ingin menginjakan kaki dan kembali ke sana. Bahkan Jogja menjadi salah satu tujuan wisata primadona selain Bali.

Ada begitu banyak tempat wisata yang ada di Jogja, mulai dari wisata sejarah hingga wisata alamnya. Di Jogja itu sendiri terdapat banyak pantai yang indah. Untuk anda yang sedang berlibur ke Jogja rasanya tidak lengkap jika anda tidak berkunjung ke salah satu pantai yang ada di Jogja.

Salah satu pantai di Jogja yang dapat anda jadikan pilihan sebagai tempat wisata yaitu Pantai Indrayanti. Nama Pantai Indrayanti itu sendiri sudah banyak dikenal oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Sama halnya dengan pantai Selatan yang ada di wilayah Gunung Kidul, Pantai Indrayanti memiliki pemandangan yang tidak kalah indah. Hamparan pasir halus, air yang jernih serta laut biru yang lepas dapat menghilangkan penat setelah anda berjalan-jalan ke tempat wisata lainnya yang ada di Jogja. Nah, berikut ini beberapa informasi seputar Pantai Indrayanti Yogyakarta.

Sejarah Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti memiliki latar belakang yang terbilang unik. Pantai lain di daerah ini biasanya menggunakan nama tempat sebagai julukannya. Namun, pantai ini memiliki perbedaan. Pantai Indrayanti itu sendiri bukanlah nama resmi melainkan diambil dari nama restoran Indrayanti yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Oleh para pengunjung restoran ini cukup dikenal. Pada akhirnya nama pantai ini lebih dikenal dengan pantai Indrayanti. Dimana nama Indrayanti diambil dari gabungan nama pemilik restoran yakni bapak Indra, dan Ibu Yanti.

Sebenarnya nama resmi yang digunakan untuk pantai  ini yaitu Pantai Pulang Syawal. Namun,  para penduduk setempat serta para pengunjung sudah terlanjur menyebut pantai ini dengan sebutan Pantai Indrayanti. Meskipun nama Pantai Syawal sudah dikampanyekan oleh pemerintah, namun pantai ini tetap terkenal dengan sebutan Pantai Indrayanti.

Sejarah Pantai Indrayanti itu sendiri terdapat beberapa versi. Menurut versi yang lainnya menceritakan tentang sepasang kekasih dari 2 desa yakni Ds. Wates dan Ds. Gunung Kidul. Dimana mitosnya pada zaman dahulu penduduk dari kedua desa tersebut tidak boleh dijodohkan.  Oleh karena mitos tersebut, orangtua dari sepasang kekasih tersebut tidak merestui hubungan mereka. Karena seperti itu, sepasang kekasih tersebut lebih memilih untuk kawin lari dan meninggalkan desa.

Rencananya mereka akan pergi dengan menggunakan perahu melalui jalur air dan mereka sudah berjanji bertemu di tepi pantai. Ketika tiba hari mereka untuk meninggalkan desa, wanitanya sampai lebih dahulu namun ia tertidur di tepi pantai. Kemudian tanpa diduga air laut tiba-tiba pasang dan gelombang besar membawa wanita tersebut.

Kemudian sang pria datang ke tempat mereka membuat janji namun yang ia temukan hanya selendang sang kekasih di atas pasir. Pria tersebut terus mencari kekasihnya bahkan hingga berminggu-minggu. Namun, pada akhirnya pria tersebut meninggal. Para penduduk kemudian memberi nama pantai ini sebagai Pantai Indrayanti yang merupakan gabungan antara kedua nama kekasih tersebut, yakni Indra dan Yanti.

Pesona Keindahan Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti menjadi destinasi wisata alam yang  patut anda kunjungi saat berkunjung ke Jogja. Pantai Indrayanti memiliki pasir putih yang indah serta keindahan alam yang akan membuat para pengunjungnya terpesona. Pantai ini berlokasi di Dsn. Ngasem, Ds. Tepus, Gunung Kidul dan berdekatakan dengan destinasi wisata yang lainnya. Meskipun di daerah ini terdapat destinasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi, namun pantai ini memiliki pesona tersendiri yang membuat para wisatawan ingin berkunjung ke pantai ini.

Selain hamparan pasir putih yang mempesona dan batu karang yang indah, pantai ini juga lingkungannya bersih dan terawat. Selain itu, air lautnya begitu jernih yang sangat memanjakan mata. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar sehingga para pengunjung bisa berenang di pantai ini. Hanya saja, kita tetap harus hati-hati saat berenang di sini. Jika ada anjuran tidak boleh berenang maka jangan memaksakan berenang demi keselamatan dan keamanan.

Selain berenang, masih banyak aktivitas lainnya yang dapat anda lakukan di Pantai Indrayanti. Anda dapat menyusuri pantai sambil menikmati keindahan alamnya. Bermain pasir bersama teman-teman, bermain volly pantai, bermain layang-layang, menikmati aneka kuliner yang terdapat di pantai ini, bermain jetski dan lain sebagainya. Anda dapat menyewa jetski dengan harga yang yang telah ditentukan.

Di kiri pantai terdapat tebing yang bisa didaki oleh para pengunjung. Dimana para pengunjung dari atas tebing dapat melihat keindahan pantai dengan lebih jelas. Di sini anda juga bisa menikmati keindahan sunset. Anda dapat mengabadikan momen sunset di sini.

Anda juga dapat menikmati pantai saat malam hari dengan suasana yang berbeda. Gazebo yang menghadap ke arah pantai diterangi oleh lampu-lampu yang cantik sehingga menghadirkan suasana yang romantis. Di tempat ini juga anda bisa mengajak pasangan untuk makan malam dengan suasana yang menyenangkan.

Pantai Indrayanti memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai yang lainnya. Pantai ini lebih bersih dan lebih terawat. Pengelola pantai ini lebih aktif untuk memelihara kebersihan pantai ini. Bahkan mereka tidak segan-segan untuk memberikan sanksi pada wisatawan yang berkunjung apabila membuang sampah dengan sembarangan. Dengan adanya sanksi tersebut efektif dalam menjaga kenyamanan dan kebersihan pantai ini. ( Baca juga : Pantai Pandawa Bali )

Lokasi Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti lokasinya ada di kawasan wisata Pantai Gunung Kidul. Lokasi pantai ini tidak berjauhan dengan destinasi wisata yang lainnya seperti Pantai Pok Tunggal, Pantai Krakal dan Pantai Sundak. Untuk sampai ke pantai ini, dari pusat kota membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan jarak tempuh 66 KM.

Alamat Pantai Indrayanti ini berada di Ds. Tepus, Kec. Tepus, Kab, Gunung Kidul, Wilayah DIY Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Indrayanti

Menuju ke Pantai Indrayanti sebenarnya tidaklah sulit karena lokasinya ada di wilayah tempat wisata yang cukup populer. Selain itu, untuk menuju ke pantai ini sudah dilengkapi dengan papan petunjuk jalan sehingga para pengunjung bisa langsung mengikutinya. Hanya saja, ada beberapa petunjuk arah yang bertuliskan Pantai Sawal, anda bisa mengikuti petunjuk tersebut karena Pantai Sawal dan Pantai Indrayanti adalah sebutan untuk pantai yang sama. Namun, untuk anda yang ingin mengetahui rute lebih jelasnya, anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

Dimulai dari Jogja anda bisa membawa kendaraan menuju ke Jl. Wonosari, kemudian menuju ke Piyungan, Patuk, Wonosari, Karangrejek, Hargosari, sampai ke Tepus. Sesampainya di Tepus anda bisa mengikuti petunjuk jalan untuk sampai ke Pantai Indrayanti.

Selain rute di atas, anda juga bisa menggunakan rute alternatif yakni melalui Jalan. Imogiri, Siluk, Panggang, Saptosari, Trowono, Baron. Sesampainya di Pantai Baron anda bisa melanjutkan perjalanan ke timur dengan menempuh jarak 10 KM untuk sampai di Pantai Indrayanti.

Rute yang lebih banyak direkomendasikan yaitu rute melalui Wonosari. Rute ini lebih mudah diikuti, terlebih lagi untuk pengunjung dari luar daerah.

Fasilitas Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Di area ini terdapat tempat makan maupun cafe. Anda bisa menikmati kuliner khas yang tersedia di sini. Selain itu, terdapat gazebo serta payung pantai di sepanjang pantai yang bisa digunakan istirahat oleh para pengunjung.

Fasilitas lainnya yang tersedia di pantai ini yaitu sudah tersedia kamar mandi dan toilet. Keberadaan kamar mandi di pantai ini tentunya akan memudahkan anda untuk membilas diri setelah bermain air laut atau pasir. Di sini juga tersedia tempat bermain anak dan penyewaan jetski.

Penginapan di Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti menjadi salah satu destinasi wisata populer di Jogja. Sehingga dengan begitu di pantai ini dibangun beberapa penginapan untuk para pengunjung yang ingin bermalam di sini. Berikut ini beberapa penginapan dekat Pantai Indrayanti.

Joglowatukelir

Joglowatukelir merupakan penginapan dengan mengusung rumah tradisional adat Jawa. Penginapan ini sangat nyaman dengan fasilitas yang tersedia.  Penginapan ini berlokasi di Jl. Krakal Indrayanti Km. 08, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Griya Kusuma

Penginapan ini terbilang cukup unik karena dibangun dengan menggunakan anyaman bambu, serta dibangun di atas panggung. Penginapan ini juga suasannya menyatu dengan alam dan cocok dijadikan tempat menginap untuk pengunjung yang ingin menikmati indahnya Pantai Indrayanti. Penginapan ini berlokasi di Tepus, Gunung Kidul.

Walet Guest House

Lokasi penginapan ini ada di pinggir jalan utama atau tepatnya di pinggir restoran Indrayanti. Penginapan ini lokasinya terbilang strategis sehingga banyak dijadikan pilihan tempat bermalam oleh para pengunjung. Penginapan ini berlokasi di Jl. Pantai Selatan Jawa, Tepus, Kab. Gunung Kidul.

Griya Pesisir

Penginapan ini letaknya di pinggir pantai dengan harga yang cukup tinggi. Meskipun sewanya cukup tinggi namun fasilitas yang  ditawarkannya pun sebanding. Penginapan ini beralamatkan di Jl. Pantai Selatan Jawa, Tepus, Kab. Gunung Kidul.

Putra Darma

Penginapan yang satu ini juga terbilang cukup unik, dibangun di atas panggung dengan atap rumbia, serta dinding yang terbuat dari bambu. Bentuk dan suasana yang natural akan membawa kita kembali ke alam. Penginapan ini beralamatkan di Jl. Pantai Selatan Jawa, Tepus, Kab. Gunung Kidul.

Rock Garden Homestay

Penginapan ini sangat cocok untuk para pengunjung yang akan bermalam dengan rombongan atau keluarga. Penginapan ini merupakan penginapan strategis dengan harga yang cukup terjangkau. Beralamatkan di Jl. Raya Pantai Sundak, Pule Gundes II, Tepus, Kab. Gunung Kidul.

Cemara Udang

Penginapan ini banyak diminati oleh pengunjung karena menawarkan fasilitas yang terbilang lengkap. Bahkan penginapan ini pelayanannya setara dengan hotel bintang 1. Untuk anda yang ingin menginap di penginapan ini, alamatnya berada di Tepus, Kab. Gunung Kidul. ( Lihat juga : Pantai Citepus Pelabuhan Ratu )

Pantai Indrayanti dapat dijadikan sebagai destinasi wisata pilihan saat anda berlibur ke Jogja. Dengan suasana pantai yang indah dan nyaman anda akan betah berada di pantai ini. Untuk anda yang ingin menghabiskan waktu lebih lama, di sini telah disediakan penginapan. Agar anda dapat lebih tenang menikmati liburan di Pantai Indrayanti disarankan untuk berkunjung saat hari biasa. Pasalnya di akhir pekan pantai ini ramai dikunjungi.

Leave a Reply