Pantai Greweng, Spot Eksotis Berbau Mistis

Pantai Greweng, Spot Eksotis Berbau Mistis – Tak hanya dikenal sebagai kota yang kaya akan seni dan tradisi yang begitu kental, Jogjakarta pun adalah ‘rumah’ bagi banyak pantai sebagai destinasi wisata yang begitu eksotis dan menarik. Anda yang tengah merencanakan berlibur di akhir tahun ini dan bingung mencari destinasi wisata yang menarik. Siapa tahu Pantai Greweng kali ini bisa menjadi referensi tempat berlibur yang menyenangkan untuk anda singgahi.

Mendakati akhir tahun, biasanya banyak orang yang sudah mulai mencari referensi tempat wisata untuk dikunjungi. Karena akhir tahun biasanya identik dengan libur dan cuti yang panjang setelah berusaha dengan sangat keras dikumpul-kumpul akhirnya akhir tahun yang dinanti akan segera tiba.

Tak hanya mendapatkan cuti akhir tahun, biasanya para pekerja kantoran seringkali mendapatkan bonus akhir tahun. Sehingga merencanakan pergi berlibur menjadi pilihan yang baik karena ada pula budget yang sudah dikumpulkan dari bonus akhir tahun. Nah, bagi anda yang kebingungan menemukan referensi tempat wisata menarik, tidak ada salahnya mengunjungi salah satu pantai eksotis di Jogja yakni Pantai Greweng. Keindahan pantai yang juga dibumbui dengan cerita mistis menjadi salah satu daya tarik dari pantai yang satu ini.

Bila anda berkunjung ke tampat ini maka mungkin ketika anda mencari referensi tentang Pantai Greweng ada banyak ulasan tentang cerita mistis di tempat yang satu ini. Terlepas dari percaya atau tidak terhadap cerita tersebut namun yang pasti Pantai Greweng punya keindahan yang begitu eksotis dan cantik.

Pantai Greweng Selintas Pandang

Pantai Greweng, Spot Eksotis Berbau Mistis

Mendengar nama Pantai Greweng anda mungkin akan sedikit asing dengan pantai yang satu ini. wajar saja, hal ini dikarenakan pantai yang satu ini jarang sekali dikunjungi banyak orang sebab tidak banyak orang yang tahu lokasi dari pantai nan indah ini. Hal ini terjadi sebab akses lokasi menuju pantai ini yang terbilang cukup tersembunyi sehingga orang menganggap pantai tersebut tidak ada.

Namun karena pantai ini belum banyak disinggahi oleh orang banyak, kondisi dan keadaan di tempat ini masihlah sangat asri. Anda yang berkunjung ke tempat ini akan senantiasa merasakan sensasi seperti berada di pulau sendiri. Secara keseluruhan, kondisi lingkungan di Pantai Greweng pun masih sangat bersih. Pemandangan seperti ini biasanya menjadi pemandangan yang jarang dijumpai pada beberapa tempat wisata.

Anda yang mencicipi sensasi datang ke tempat ini kesan pertama yang akan anda dapatkan adalah ketenangan dan kedamaian. Mungkin beberapa orang akan merasa seperti terasingkan dari kehidupan hingar bingar yang sibuk. Barisan bukit hijau yang mengelilingi pantai menjadikan pemandangan di tempat ini sangatlah menarik dan elegan.

Selain pemandangannya yang begitu surgawi salah satu daya tarik dari tempat ini adalah cerita mistis yang tersebar di masyarakat sekitar. Kondisi lingkungan yang amat terpencil ditambah deburan angin yang begitu kencang menjadikan suasana mistis tersebut semakin kental di Pantai Greweng. Anda yang penasaran dengan cerita mistis apa yang tersebar di tempat ini. Maka di bawah ini mari kita simak bahasannya.

Cerita Mistis Pantai Greweng

Pantai Greweng, Spot Eksotis Berbau Mistis

Salah satu cerita mistis yang populer dikalangan masyarakat mengenai Pantai Greweng adalah adanya timbunan pohon yang terdapat disekitaran pantai. Rimbunan pohon tersebut berada di jalan setapak sebelum mencapai area pantai. Kon katanya, serumpun pohon tersebut adalah pintu menuju pasar ghaib yang dipenuhi dengan jin. Pengunjung yang pernah mampir ke pantai ini mengaku merasakan hawa yang aneh ketika berada disekitaran pepohonan tersebut.

Bahkan beberapa orang yang sempat kesini mengaku ketika melewati pepohonan ini seolah seperti berada di tempat nan jauh dan amat sangat sepi. Padahal di tempat tersebut ada banyak orang yang juga lalu lalang.

Kabarnya, keberadaan pasar ghaib tersebut adalah tempat si penunggu Pantai Greweng bermukim. Oleh karenanya anda yang pernah kesini mungkin melihat ada pembatas tali rafia yang dipasang dimana pembatas tersebut tidak boleh dilewati oleh pengunjung yang datang ke sana. Sayangnya, beberapa orang masih belum mengerti penggunaan pembatas yang satu ini.

Di tengah rimbunan pepohonan tersebut pun terdapat sungai yang membelahnya. Aliran dari sungai ini berasal dari mata air. Anda akan menjumpai aturan yang menjelaskan untuk tidak mengambil apapun dari tempat tersebut. Sebab mungkin sewaktu-waktu anda bisa dituntut untuk mengembalikan barang yang anda ambil oleh si penunggu ghaib di tempat yang satu ini.

Terlepas dari percaya atau tidaknya terhadap cerita mistis yang satu ini, tentunya mengambil sesuatu yang bukan milik kita adalah perbuatan yang tercela. Maka dari itu, perhatikan dengan baik untuk tidak merusak lingkungan dan tidak pula mencemarinya dengan sampah yang anda bawa saat hendak berlibur ke tempat yang satu ini.

Selain cerita mistis mengenai pasar ghaib yang begitu fenomenal, adapula cerita lain yang tersebar mengenai goa-goa yang ada di sekitaran Pantai Greweng. Bahkan kabarnya, presiden pertama RI yakni Ir. Soekarno pernah bertapa selama beberapa hari di tempat ini. Cerita lengkapnya akan kita bahas di bawah ini.

Cerita Mistis Mengenai Tempat Petapaan Soekarno

Pantai Greweng, Spot Eksotis Berbau Mistis

Tak hanya hamparan bukit hijau saja yang menjadi pelengkap keindahan dari Pantai Greweng. Namun barisan bukit bebatuan karst pun seolah terpampang cantik membentuk goa di beberapa area pantai. Ada cerita menarik yang tersebar di kalangan masyarakat mengenai goa-goa ini. Konon katanya, presiden pertama republik ini pernah bertapa di salah satu goa yang ada di Pantai Greweng.

Kabarnya selama 7 hari 7 malam, Ir. Soekarno menjalani serangkaian petapaan dan ritual spiritual di salah satu goa yang ada di tempat ini. Kabarnya dahulu kala, Soekarno pernah bertahan sampai 7 hari 7 malam di sebuah goa yang hanya muat meja dan kursi saja di dalamnya. Dengan pintu masuk yang hanya cukup untuk satu orang dewasa saja, konon siapa saja yang menjalani petapaan di tempat ini semua keinginannya akan terpenuhi.

Menurut cerita kabarnya, tidak semua orang bisa masuk ke dalam goa dan menjalani serangkaian ritual petapaan. Hal ini dikarenakan selain ukurannya yang begitu sempit, goa ini pun dipenuhi dengan karang yang tajam dan berbahaya.

Alamat Pantai Greweng

Pantai Greweng, Spot Eksotis Berbau Mistis

Anda yang tertarik menyambangi Pantai Greweng maka informasi mengenai alamat menjadi hal penting yang harus anda ketahui dengan baik. Lokasi dari pantai ini berada di Jl. Pendowo, Pendowo di Jepitu, Girisubo tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Greweng rupanya bukanlah satu-satunya pantai yang ada di lokasi ini.

Beberapa pantai yang akan juga anda temui ketika berkunjung ke tempat ini diantaranya adalah Pantai Sedahan, Pantai Wediombo dan Pantai Jungwok. Untuk bisa sampai ke beberapa pantai tersebut akses bisa anda tempuh dengan cukup berjalan kaki. Bisa dibayangkan bagaimana berdekatannya pantai yang satu ini.

Karena di satu lokasi terdapat beberapa pantai maka tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi berlibur bagi anda bersama dengan keluarga. Untuk harga tiket sendiri tempat ini terbilang cukup terjangkau sehingga anda bisa membawa serta keluarga dan kerabat untuk bisa sampai ke tempat yang satu ini.

Objek Wisata di Pantai Greweng

Pantai Greweng, Spot Eksotis Berbau Mistis

Pantai Greweng lokasinya berada dibelakang bukit dari Pantai Jungwok jadi anda para wisatawan yang akan datang ke tempat ini anda akan perlu berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Kira-kira selama 20 menit anda akan sampai ke tempat ini dan disugugi dengan pemandangan indah yang begitu surgawi.

Jadi demikian, jangan heran bila setelah anda memarkirkan kendaraan nantinya anda masih perlu berjalan untuk bisa sampai ke area pantai karena memang akses ke tempat ini lumayan sulit dilalui kendaraan. Tapi tenang, dijamin sesampainya anda disana anda akan disuguhi dengan pemandangan indah yang dijamin membuat rasa lelah anda sirna seketika. Adapun beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini dintaranya adalah:

Memancing

Anda yang hobi memancing dan berburu spot menangkap ikan di tempat seindah Pantai Greweng maka tentu saja anda bisa melakukannya di tempat yang satu ini. Selain beristirahat setelah kelelahan berjalan. Anda bisa sejenak menikmati keindahan pantai sambil memancing. Lokasi yang bisa dimanfaatkan untuk memancing adalah di bagian bukit karang.

Di daerah yang satu ini diyakini sebagai spot memancing yang terbaik. Sudah banyak wisatawan membuktikan banyak hasil pancingan sewaktu memancing dekat bukit karang. Hal ini dikarenakan tempat tersebut pun memang menjadi daerah tangkapan ikan bagi beberapa nelayan disekitarnya.

Akan tetapi sayangnya, tempat ini belum menyediakan jawa sewa peralatan pancing. Sehingga anda yang ingin memancing di Pantai Greweng maka pastikan anda membawa peralatan pancing sendiri dari rumah. Selain warga lokal dan wisatawan, kawasan ini pun memang seringkali dijadikan spot memancing oleh para komunitas pancing di tanah air.

Sungai Kecil yang Unik

Setibanya di Pantai Greweng anda akan melihat banyak keunikan di tempat ini yang mungkin tidak anda jumpai di tempat lainnya. Ketika pertama kali sampai di Pantai Greweng pengunjung tak langsung melihat air laut. Hamparan pasir di pesisir pantai seolah terbagi menjadi dua oleh aliran air yang memisahkan pesisir. Penampakan ini mungkin membuat pemandangan seolah terdapat dua pesisir pantai di tempat yang satu ini. Air sungai yang membelah pesisir ini nantinya bermuara ke Pantai Greweng.

Sungai kecil dengan aliran menuju ke pantai ini pun berdampingan bersama dengan padang ilalang. Pada saat pertengahan musim hujan, padang ilalang tersebut akan sangat subur. Sehingga penampakan ini akan semakin mempercantik keindahan di Pantai Greweng.

Siapa yang mengira jika pantai ini adalah sebuah pantai yang angker karena pemandangannya yang begitu eksotis dan memanjakan mata. Anda pun akan dimanjakan pula dengan sepoi-sepoinya angin yang ada di tempat yang satu ini. Jangan lupa bawa perbekalan dari rumah untuk dinikmati sebab belum ada fasilitas pendukung yang membuat anda merasa nyaman dengan kegiatan yang dilakukan di tempat ini.

Goa Alam

Selain aliran sungai, objek wisata lain yang bisa anda temui di Pantai Greweng adalah sebuah goa petapaan yang khas. Jangan heran bila anda menjumpai pembatas yang terdapat di beberapa goa dengan tulisan dilarang masuk. Sebaiknya ikuti aturan di tempat ini agar kegiatan bermain di Pantai Greweng tetap terjaga dengan baik.

Konon kabarnya, dulu ada seorang pengunjung yang melanggar aturan tersebut dengan memaksa memasuki goa yang dilarang untuk dimasuki. Sekeluarnya ia dari sana ia mengaku merasakan perasaan yang aneh dan ganjal. Gambaran serupa didapatkan seperti ketika berada di pasar ghaib. Jadi sebaiknya perhatikan dengan baik larangan dan aturan di tempat ini.

Lokasi Camping

Meskipun cerita berbau mistis sangat kental di tempat ini namun nyatanya hal tersebut tidak mengurungkan sebagian besar pecinta pantai asri untuk senantiasa menikmati keindahan pantai ini dalam waktu yang lama. Bahkan sampai menginap di tempat yang satu ini bertemankan sebuah tenda.

Ya, mereka yang senang menjajal nyali seperti tak pernah merasa takut dan tidak pula terpengaruh dengan cerita mistis yang ada. Sebab yang mereka cari adalah keindahan bukan bumbu-bumbu mistis yang ada di tempat ini. Adapun lokasi untuk memasang tenda bagi anda yang ingin bercamping di tempat ini adalah di sekitar goa yang kosong.

Untuk sumber air tawar dan makanan pengunjung tidak perlu khawatir. Sebab di sebelah utara pantai terdapat sumber air tawar yang bisa dimanfaatkan. Sementara untuk sumber makanan sendiri anda bisa mendapatkannya dari hasil pancingan anda ketika berada di tempat ini. Namun demikian, untuk menjaga agar anda tidak kelaparan anda disarankan untuk tetap membawa perbekalan yang cukup dari rumah.

Leave a Reply