Pantai Glagah

Pantai Glagah, Pantai di Jogja dengan Laguna Indah

Pantai Glagah, Pantai di Jogja dengan Laguna Indah – Yogyakarta memiliki banyak pantai indah yang mempesona. Selain Gunung Kidul dan Bantul yang memiliki potensi wisata pantai, tapi juga Kab. Kulon Progo yang merupakan wilayah barat Yogyakarta. Dimana wilayah ini langsung berbatasan dengan Kabupaten Purwerjo, Jawa Tengah.

Kulon Progo mempunyai objek wisata pantai yang unik dan menarik, yaitu Pantai Glagah. Pantai ini memiliki daya tarik yang memukau. Walaupun memiliki pasir berwarna hitam, namun pantai ini tetap saja diminati dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Nah, berikut ini beberapa informasi seputar Pantai Glagah, daya tarik, jam buka, fasilitas dan lain sebagainya. Mari simak di bawah ini.

Seputar Pantai Glagah

Pantai Glagah

Pantai Glagah alamatnya berada di kecamatan Temon. Pantai Glagah itu sendiri merupakan pantai dengan pasir hitam, yang didominasi pasir besi. Meskipun tidak memiliki pasir putih, namun pantai ini memiliki keindahan dan keunikannya tersendiri. Ketika siang hari, pasir hitam akan memantulkan cahaya matahari yang terlihat menarik. Ombak di Pantai Laut Selatan lebih besar sehingga para pengunjung harus berhati-hati saat berwisata ke pantai ini.

Selain menampilkan keindahan wisata alamnya, pesona destinasi wisata ini juga hadir dari pembangunan pelabuhan, serta benteng beton pemecah ombak yang terdapat di pantai ini. Dimana pemecah ombak di pantai ini bentuknya tetrapod, serta disusun dengan rapi yang bertujuan untuk mencegah ombak besar masuk lebih jauh ke bibir pantai.

Pantai Glagah juga menjadi pelabuhan alami, serta menjadi tempat bersandar perahu nelayan. Perahu warna warni yang berjajar di sini menjadi pemandangan kontras.

Pantai Glagah menjadi saksi berdirinya Desa Glagah. Di area lokasi terdapat situs sejarah Stupa Cagar Budaya. Selain Stupa, ada peninggalan sejarah lainnya yaitu batu berbentuk lumpang yang diketahui sebuah gong, serta batu bentuk Lingga dan Yoni.

Daya Tarik Pantai Glagah

Pantai Glagah

Selain memiliki pemandangan yang indah, adanya pemecah ombak dan situs sejarah, di Pantai Glagah juga terdapat beberapa daya tarik lainnya seperti berikut ini.

Agrowisata Perkebunan Buah

Selain menikmati indahnya pantai, para pengunjung juga bisa mencoba memanen buah naga serta bunga rosella. Sebab di pantai ini terdapat agrowisata buah naga dan rosella yang diberi nama “ Kusuma Wanadri”. Agrowisata ini memiliki luas lahan sekitar 3,5 hektar. Walaupun didominasi oleh buah naga dan rosella, namun di sini juga terdapat tanaman buah semangka dan melon. Hanya saja, buah-buahan yang ada di sini tidak bisa dipanen setiap waktu. Sehingga apabila anda ingin membeli buah-buahan di sini sebaiknya berkunjung ketika musim panen.

Persewaan ATV

Selain berkunjung ke kebun buah naga dan rosella, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan menarik lainnya di sini, yaitu menyewa ATV. Pengunjung dapat berkeliling di sekitar pantai ini dengan ATV atau motorcross. Selain itu, ada juga sepada yang dapat anda sewa mengelilingi pantai.

Laguna Indah

Di Pantai Glagah terdapat laguna indah. Pada umumnya, laguna di pantai mempunyai penghalang yang berupa batu karang, pasir atau semacamnya. Namun, di pantai ini laguna terbentuk dari bagian daratan yang bentuknya agak cekung dan berisi air laut pasang. Cekungan ini semakin lama membentuk telaga luas berair.

Laguna yang terdapat di Pantai Glagah ini dimanfaatkan untuk wisata air, seperti kano, perahu kayuh, sampai sampan kecil yang bisa digunakan untuk mengelilingi laguna.

Tempat Menikmati Sunrise dan Sunset

Kawasan Pantai Glagah menjadi spot terbaik untuk menikmati sunrise maupun sunset. Di pantai ini pengunjung dapat menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam. Kawasan tetrapod menjadi tempat yang menarik untuk bisa menikmati momen ini. Bahkan banyak para pecinta fotografi datang ke sini saat subuh dan petang demi mengabadikan momen indah di sini.

Rute Pantai Glagah

Pantai Glagah

Pantai Glagah lokasinya di Kawasan Glagah, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo. Ada beberapa rute yang dapat dijadikan pilihan jika anda hendak berkunjung ke pantai ini.

Via Jalan Yogyakarta-Wates

Rute pertama yang bisa dipilih yaitu dari Kota Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta ini, anda bisa mengarahkan kendaraan ke Jalan Ringroad Barat, Jalan Wates atau melalui Jalan Yogyakarta –Wates. Selanjutnya anda bisa terus lurus mengikuti Jalan Yogyakarta-Wates, lalu menuju ke Jalan Nasional III sampai melalui Jalan Daendels Pantai Selatan. Teruskan perjalanan anda hingga menemukan pintu masuk Pantai Glagah.

Melalui Jalan Bantul

Untuk sampai di Pantai Glagah juga bisa melalui Bantul, dimana rutenya cukup mudah dan sederhana. Berangkat ke Palbapang Bantul, lalu anda bisa menuju ke arah kanan. Kemudian akan tembus dari Jalan Srandakan melalui jembatan Srandakan. Anda akan bertemu lampu merah, setelah itu belok kiri dan ikuti jalan hingga menemukan Pantai Glagah

Berangkat Dari Purwerjo

Apabila anda wisatawan yang berasal dari Purwerjo, anda dapat mengambil Jalan Setia Budi. Lalu anda akan melalui bundaran, setelah itu ambil jalur ketiga arah Jalan Urop Sumoharjo. Perjalanan dilanjutkan, kemudian ambil jalan keluar Jalan Nasional III, kemudian anda akan tembus di Jalan Daendels Pantai Selatan. Selanjutnya anda bisa mengikuti petunjuk jalan Pantai Glagah.

Rute Menggunakan Kendaraan Umum

Jika anda berangkat dengan menggunakan transportasi umum, rute yang harus anda ambil yaitu menuju ke Terminal Giwangan yang lokasinya ada  di persimpangan ringroad selatan. Kemudian anda bisa menaiki bus jurusan Jogja-Wates. Anda  dapat mengikuti perjalanan hingga sampai di Terminal Kota Wates. Lalu perjalanan dilanjutkan lagi dengan menggunakan bus jurusan Pantai Glagah-Congot-Trisik. Anda bisa berhenti di pintu masuk Pantai Glagah.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Glagah

Di Pantai Glagah sudah tersedia berbagai fasilitas yang akan membuat pengunjungnya nyaman saat berwisata ke pantai ini. Adapun beberapa fasilitas penunjang di Pantai Glagah yaitu seperti berikut ini:

  • Mushola
  • Toilet
  • Warung makan
  • Kamar mandi
  • Kolam anak

Jam Buka dan Harga Tiket

Pantai Glagah

Pantai ini bisa dikunjungi setiap saat, tanpa batasan waktu. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini yaitu jam 4 sore. Di waktu sore hari ini para pengunjung dapat menikmati indahnya matahari tenggelam serta berwisata kuliner yang bisa dibeli di area wisata.

Harga tiket masuk ke Pantai Glagah itu sendiri sangat terjangkau. Diketahui tiket masuk yaitu Rp. 5.000 per orang. Kemudian untuk parkir pengunjung harus bayar lagi. Dimana tiap kendaraan seperti motor, mobil, bus, mini bus tarif parkirnya berbeda. Untuk harga tiket masuk sewaktu-waktu dapat berubah.

Nah, itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar Pantai Glagah. Di Yogyakarta banyak wisata alam menarik yang dapat dijadikan pilihan, salah satunya Pantai Glagah ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.