Pantai Gatra

Pantai Gatra, Pantai Tersembunyi Nan Indah di Malang

Pantai Gatra, Pantai Tersembunyi Nan Indah di Malang – Malang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, termasuk wisata pantainya. Di Malang ada banyak pantai indah dan menawan, salah satunya Pantai Gatra. Selain indah, pantai ini juga kebersihannya sangat terjaga. Nah, berikut ini informasi seputar Pantai Gatra Malang.

Seputar Pantai Gatra

Pantai Gatra

Pantai Gatra merupakan salah satu pantai indah dan cantik yang berada di Malang Selatan. Pantai ini lokasinya tidak jauh dari pantai Clungup. Dari pantai Clungup ke pantai ini kira-kira membutuhkan waktu 10 menit dengan melintasi Teluk Asmoro. Kebersihan pantai membuat para pengunjung nyaman saat berwisata ke pantai ini. Ketika kesini anda tidak akan menemukan sampah sama sekali. Suasana ombak yang tidak terlalu besar dengan gugusan karang membuat pemandangan pantai begitu eksotis.

Lihat juga : Florawisata San Terra, Wisata Taman Bunga Menarik di Malang

Daya Tarik Pantai Gatra

Pantai Gatra

Pantai Gatra itu sendiri memiliki banyak daya tarik yang membuat wisatawan ingin datang ke sini. Lantas apa saja daya tarik dari Pantai Gatra? Untuk mengetahuinya anda bisa simak di bawah ini.

Kawasan Konservasi

Pantai Gatra masih satu kawasan dengan Clungup Mangrove Conservation sehingga pantai ini juga termasuk kawasan konservasi yang terlindungi. Pengunjung yang datang ke pantai ini harus menjaga kebersihan pantai dan dilarang membuang sampah sembarangan. Begitu tiba diloket, barang bawaan pengunjung akan didata. Kemudian saat pulang akan dicek lagi untuk memastikan.

Barang-barang yang berpotensi menjadi sampah apakah dibawa kembali atau tidak. Tentunya tidak boleh ada sampah tertinggal di lokasi ini. Jika terdapat sampah tertinggal maka akan didenda. Oleh karena itu, pantai ini selalu bersih dan terjaga dari sampah.

Terdapat Pulau Karang Indah

Pantai Gatra ini dijuluki dengan kembaran Raja Ampat di Papua. Pasalnya, pantai ini memiliki pulau-pulau karang hijau yang membuat pemandangan pantai ini semakin indah. Adanya pulau-pulau cantik ini selain membuat pemandangan pantai semakin indah, juga membuat suasana airnya menjadi tenang. Pasalnya, karang-karangnya dapat memecah ombak.

Pulau-pulau karang ini juga selalu dijadikan spot foto oleh para pengunjung yang berlibur ke pantai ini. Saat air surut, maka pengunjung dapat menyebrang ke pulau ini. Di karang anda akan menemukan biota laut kecil yang menjadikan pesona dari pantai ini semakin indah.

Hutan Mangrove

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Gatra yaitu mempunyai hutan mangrove yang begitu menarik. Para pengunjung yang datang ke pantai ini sebelum menikmati keindahan pantainya akan melewati hutan mangrove terlebih dahulu. Hutan Mangrove di sini terbentang hingga Pantai Clungup.

Suasana yang indah dan alami menjadikan pantai ini terasa lebih asri. Beberapa flora dan fauna mendiami hutan mangrove ini. Para pengunjung dapat menjelajahi kawasan ini, namun tentu harus dengan memperhatikan kebersihan.

Air Laut yang Jernih

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pantai ini memiliki ombak yang tenang. Selain itu, airnya juga bersih dan jernih.

Pasir Putih yang Bersih dan Lembut

Pantai Gatra memiliki pasir yang putih dan lembut. Para pengunjung dapat bermain-main dengan nyaman di area pasirnya. Garis pantainya cukup panjang, dilengkapi dengan butiran pasir yang bersih membuat keindahan pantai semakin menakjubkan. Saat bersentuhan dengan kulit pasir ini sangat lembut.

Karena memiliki area pasir putih yang cukup luas, biasanya sering digunakan untuk area olahraga oleh para pengunjung yang datang ke pantai ini, seperti digunakan untuk voli ataupun sepak bola laut. Namun, jika anda ingin melakukan kegiatan ini sebaiknya membawa peralatan dari rumah sendiri.

Fasilitas Pantai Gatra

Pantai Gatra

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan pantai yang indah saja, namun fasilitas  yang ada di pantai ini juga sudah cukup lengkap. Di sini  sudah disediakan kamar mandi yang bersih. Tempat parkir yang cukup luas juga sudah tersedia di sini.

Di sini juga ada beberapa warung yang menjual makanan serta minuman. Hal ini tentu akan memudahkan pengunjung saat berlibur ke sini, apalagi jika tidak membawa bekal makanan ataupun minuman. Tidak hanya itu saja, di sini juga ada pemandu wisata. Alat-alat camping yang dapat disewa juga sudah cukup lengkap. Beberapa penginapan juga bisa ditemukan di sini.

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Pantai Gatra

Pantai Gatra

Selain menikmati keindahan pantai, ada banyak aktivitas menarik lainnya yang bisa anda lakukan di  Pantai Gatra seperti berikut ini.

Bermain di Pinggir Pantai

Bermain di bibir pantai dapat menjadi kegiatan menarik yang dapat dilakukan. Memiliki tepi pantai yang cukup luas, anda bisa lebih leluasa bermain pasir. Liburan anda akan menyenangkan jika bersama keluarga tercinta. Anda bisa duduk-duduk di tepi pantai atau membuat istana pasir. Olahraga pantai seperti voly dan sepak bola juga bisa dilakukan di sini.

Trekking

Kegiatan menarik lainnya yang bisa anda lakukan yaitu trekking. Sebelum sampai di pantai ini, anda harus melakukan trekking dulu. Untuk para pemula medannya cukup ramah, yakni jalan setapak yang berbatu. Selama melakukan treking rasa lelah tidak akan dirasakan karena anda bisa sambil melihat pemandangan indah pantai.

Bermain Air

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pantai ini memiliki air yang jernih dan tenang. Oleh karena itu, pengunjung diperbolehkan bermain air di area pantai.

Berfoto

Berfoto tentu tidak boleh anda lewatkan ketika berlibur ke pantai ini. Karena memiliki pemandangan yang indah, anda bisa mengabadikannya dengan berfoto. Selain itu, di sini juga memiliki banyak spot foto yang bagus. Terdapat beberapa spot foto yang disediakan oleh pihak pengelola.

Bermain Kano

Mengelilingi pantai dengan menggunakan kano akan menjadi kegiatan yang seru. Untuk bermain kano di sini cukup murah dan sudah diberikan perlengkapan seperti pelampung.

Berkemah

Berkemah di pantai akan memberikan pengalaman yang berbeda. Anda dapat berkemah dengan teman-teman di sini. Anda akan menyaksikan keindahan sunset dan sunrise.

Rute Pantai Gatra

Pantai Gatra

Pantai Gatra lokasinya berada di Dsn. Sendang Biru, Ds. Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan. Kab. Malang. Untuk sampai ke Pantai Gatra, dari Kota Malang anda bisa memakai kendaraan pribadi atau umum. Jika anda bukan dari Malang, titik keberangkatan yaitu terminal Gadang. Apabila anda berada di stasiun kota Malang atau berada di terminal selain Gadang, maka rute awalnya yaitu harus menuju ke Terminal Gadang.

Kemudian dari terminal Gadang bisa dilanjutkan perjalanan dengan naik Bus Jurusan Turen, lalu berhenti di Pasar Turen. Lalu anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot ke Sendang Biru.

Jika memakai kendaraan pribadi, dari Malang anda bisa melalui Jalur Lingkar Selatan. Kemudian mengambil jurusan untuk menuju ke TPI Sendang Biru. Apabila sudah sampai di kantor Bank BRI Sendang Biru, anda akan melihat papan petunjuk arah Pantai Gatra.

Itulah informasi seputar Pantai Gatra yang dapat kami berikan untuk anda. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.