Pantai di Kalimantan

Pantai di Kalimantan yang Populer dengan Keindahan Alam yang Mempesona

Pantai menjadi salah satu wisata alam favorit yang banyak dikunjungi. Dengan pemandangan indah yang mempesona membuat para wisatawan betah saat berlibur ke pantai. Di Indonesia itu sendiri, terdapat banyak pantai yang indah, termasuk di Kalimantan. Ada beberapa pantai di Kalimantan yang populer dan terkenal akan keindahan alamnya. Pantai apa saja itu? Nah, untuk mengetahuinya anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

Pantai di Kalimantan yang Populer dengan Keindahan Alam yang Mempesona

Ada banyak destinasi wisata menarik di Kalimantan yang dapat anda jadikan referensi liburan. Beberapa deretan pantai di Kalimantan ini dapat anda jadikan pilihan. Yuk simak di bawah ini.

Maratua

Pantai di Kalimantan

Pantai Maratua berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Tempat wisata yang satu ini terkenal akan keindahan baharinya yang begitu mempesona. Karena keindahannya tersebut, pantai Maratua ini sangat populer, bahkan hingga ke luar negeri.

Pantai Maratua ini memiliki kualitas air yang bersih dan jernih yang dilengkapi dengan ribuan terumbu karang sehingga banyak wisatawan yang memiliki hobi diving dan snorkeling ramai datang ke tempat wisata yang satu ini. Para wisatawan yang datang ke pantai ini tidak hanya mengeksplor alam bawah lautnya saja, namun juga sering dijadikan sebagai spot foto untuk mendapatkan hasil yang keren dan menarik.

Kepulauan Derawan

Pantai di Kalimantan

Kepulauan Derawan berada di Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau Derawan ini menjadi salah satu objek wisata yang memiliki panorama indah dan eksotis. Bahkan tempat wisata ini sudah terkenal hingga mancanegara.

Pulau Derawan ini dihuni oleh beragam flora dan fauna laut yang langka. Bahkan banyak dikatakan bahwa tempat wisata ini memiliki panorama seperti Maldives. Untuk sampai ke tempat ini, dari Balikpapan anda dapat menempuh jarak selama 45 menit. Di sini kita bisa menikmati suasana bahari sambil berenang.

Pulau Samber Gelap

Pantai di Kalimantan

Pulau Samber Gelap lokasinya berada di Kotabaru, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Salah satu potensi unggul dari pulau yang satu ini yaitu terumbu karang. Air laut di pulau ini begitu tenang dan jernih, apalagi ditambah dengan angin sepoi-sepoi yang membuat suasana pulau ini semakin menenangkan. Dengan hamparan pasir yang yang tidak terlalu luas, namun begitu mempesona.

Di pulau ini para pengunjungnya dapat melakukan berbagai aktivitas yang seru seperti diving, snorkeling dan memancing. Selain itu, di pulau ini ketika malam hari ada aktivitas penyu bertelur. Dari kota baru perjalanan yang ditempuh yaitu selama kurang lebih 2 jam.

Manggar

Pantai di Kalimantan

Destinasi wisata yang satu ini memiliki panorama mirip dengan pulau Dewata Bali. Objek wisata ini berada di Jalan Pantai Manggar Segarsari, Balikpapan, Kalimantan Timur. Pantai ini dihiasi dengan pasir putih yang indah, serta air berwarna kebiruan dengan gelombang ombak yang tidak terlalu ganas, serta di sekitarnya dikelilingi oleh pepohonan yang hijau.

Walaupun selalu ramai dikunjungi namun kelestariannya tetap terjaga sehingga tak heran jika tempat wisata ini termasuk salah satu wisata pantai favorit.

Kubu

Pantai di Kalimantan

Pantai ini berada di Kubu, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Pantai ini memiliki ombak yang tenang, dengan pasir yang lembut walaupun tidak berwarna putih. Walaupun airnya tidak terlihat biru, namun pantai yang satu ini sangat nyaman.

Pantai ini dikenal dengan pantai Kubu. Bahari ini selain terkenal di tengah-tengah masyarakat daerah pangkalan Bun, namun juga populer di seluruh Kalimantan Tengah. Berkunjung ke sini akan semakin menyenangkan jika bersama keluarga tercinta sambil menikmati seafood, serta ditemani dengan air kelapa muda. Udaranya yang sejuk begitu nyaman dan menenangkan.

Randayan Island

Pantai di Kalimantan

Randayan Island berada di Singkawang, Kalimantan Barat. Untuk para wisatawan yang sedang mencari tempat wisata yang menenangkan dan jaruh dari keramaian, pulau Randayan adalah destinasi wisata yang dapat dijadikan pilihan.

Pulau Randayan ini lokasinya tidak jauh dari pulau Lemukutan. Pantai ini memiliki keindahan bawah laut yang mempesona. Untuk anda para pecinta diving dan snorkeling, anda wajib datang ke destinasi wisata yang satu ini.

Joras

Pantai di Kalimantan

Pantai Joras berlokasi di Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Dari ibukota Pelaihari pantai ini berjarak sekita 40 Km. Wisata bahari Joras ini memiliki pantai yang cantik. Karena masih sepi pengunjung, pantai ini tergolong masih perawan. Di pantai ini juga tidak ada kegiatan masyarakat.

Di pantai ini terdapat dermaga dengan ukuran lumayan panjang. Dermaga ini menjadi ciri khas, serta daya tarik dari pantai ini. Darmaga yang ada disini dibuat dengan indah dan menarik. Selain memiliki dermaga, pantai yang satu ini juga memiliki sebuah mercusuar.

Asmara

Pantai di Kalimantan

Pantai Asmara berada di Muara Asam Jorong, Pelaihari, Tanah Laut, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pantai Asmara lokasinya berada dekat wisata Pantai Joras. Pantai Asmara ini memiliki pasir putih indah dan air yang jernih dan bersih. Warna air biru kehijauan menjadi bukti bahwa di pantai ini memiliki banyak terumbu karang. Pantai ini kaya akan biota bawah laut sehingga menjadi tempat favorit untuk wisatawan yang ingin melakukan snorkeling maupun diving.

Selain kedua aktivitas unggulan ini, para wisatawan juga dapat melakukan kegiatan menarik lainnya seperti banana boat dan lain sebagainya.

Amal Beach

Pantai di Kalimantan

Amal beach berada di Tarakan Timur, Kalimantan Utara. Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Tarakan sehingga selalu ramai dikunjungi. Pantai Amal itu sendiri terdiri dari 2 pantai, yakni pantai Amal Baru dan pantai Amal Lama. Pantai ini ombaknya tidak terlalu tinggi, serta pasirnya berwarna cokelat. Saat cuaca sedang cerah, keindahan alamnya akan terlihat jelas. Terlebih ketika matahari terbit, pemandangan pohon kelapa dengan suasana yang sejuk membuat pengunjung betah berada di sini.

Dari pusat kota ke pantai ini jaraknya kurang lebih 11 km, bisa ditempuh selama sekitar 20 menit. Ketika berkunjung ke pantai yang satu ini jangan lupa untuk mencicipi lezatnya makanan khas Tarakan, seperti kapah dan udang sambal jeruk.

Angsana

Pantai di Kalimantan

Walaupun pantai ini masih belum memiliki fasilitas modern dan belum diketahui banyak orang, namun pantai yang satu ini terkenal untuk para pecinta snorkeling, diving dan waterspot yang lainnya. Air lautnya bersih, serta masyarakat sekitar peduli akan lingkungan di pantai ini sehingga kekayaan alam bawah laut pantai ini melimpah ruah. Selain melihat indahnya pasir dan air laut, anda juga dapat melihat dan menikmati sekawanan hutan. Ketika berkunjung ke sini anda juga dapat menikmati kuliner berupa makanan khas seperti Bula-Bula Lombok dan soto banjar.

Itulah beberapa pantai di Kalimantan yang populer dan memiliki keindahan alamnya yang mempesona. Untuk anda yang sedang mencari destinasi wisata alam di Kalimantan, beberapa pantai di atas bisa anda jadikan destinasi wisata pilihan.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.