Pantai di Jogja

Deretan Pantai di Jogja, Surga Tersembunyi yang Keindahannya Sangat Memukau

Deretan Pantai di Jogja, Surga Tersembunyi yang Keindahannya Sangat Memukau – Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata, termasuk wisata pantainya. Di Jogja ada banyak pantai yang merupakan surga tersembunyi yang masih sepi dan belum dijamah banyak orang. Namun, pemandangannya begitu indah dan menakjubkan. Ketika berkunjung ke Jogja, anda bisa berwisata ke pantai-pantai ini. Yuk simak deretan pantai di Jogja yang merupakan surga tersembunyi yang indah memukau berikut ini.

Deretan Pantai di Jogja, Surga Tersembunyi yang Keindahannya Sangat Memukau

Meskipun belum banyak dikunjungi wisatawan, namun keindahan pantai-pantai ini patut diacungi jempol. Selain itu, pantai-pantai ini memiliki daya tariknya tersendiri. Berikut beberapa pantai di Jogja yang indah.

Pantai Siung

Pantai di Jogja

Pantai indah di Jogja yang tersembunyi dan keindahannya sangat memukau yang pertama yaitu Pantai Siung. Pantai ini dikelilingi oleh tebing yang tinggi. Karena memiliki tebing yang tinggi, maka pemerintah menjadikan pantai ini sebagai lokasi panjat tebing. Ketika anda berkunjung ke Pantai Siung anda akan melihat batu karang besar di barat dan timur pantai. Batu karang tersebut menjadi ciri khas dari Pantai Siung, juga memiliki makna dari asal usul pantai ini.

Adapun alamat dari Pantai Siung yaitu berada di Dsn. Duwet, Kel. Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul, DIY. Jika anda mengawali perjalanan dari pusat Kota Jogja, anda harus menempuh perjalanan selama 2 hingga 3 jam, jaraknya sekitar 77 km. Jalan yang dilalui berupa tanjakan, berkelok hingga jalan yang sempit. Oleh karena itu, sebelum memulai perjalanan pastikan anda memeriksa terlebih dahulu kendaraan anda.

Pantai Wohkudu

Pantai di Jogja

Selanjutnya ada Pantai Wohkudu. Pantai ini lokasinya berada di antara dua bukit, oleh karena itu hamparan pasirnya tidak luas. Namun meskipun begitu keindahannya sangat memukau. Suara ombak serta angin terdengar jelas di pantai yang tersembunyi ini. Suasananya yang begitu indah dan damai akan menghilangkan penat, cocok dijadikan untuk tempat bersantai.

Pantai Wohkudu lokasinya berada di Dsn. Wilos, Desa Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul. Untuk bisa sampai ke tempat ini anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari pusat Kota Yogyakarta. Di perjalanan untuk sampai ke pantai ini anda akan menyaksikan pemandangan indah dari kanan kirinya.

Pantai Ngrenehan

Pantai di Jogja

Pantai Ngrenehan disebut juga pantai nelayan. Pasalnya ketika berkunjung ke sini anda akan menyaksikan nelayan-nelayan yang beraktifitas. Di pantai ini anda juga bisa membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan. Lokasi pantai ini berada di Desa Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunungkidul, DIY.

Pantai Sadranan

Pantai di Jogja

Di Pantai Sadranan anda bisa menikmati keindahan bawah laut yang memukau. Sama seperti pantai di Jogja lainnya, pantai ini memiliki karakter pasir warna putih, serta di bagian pinggirnya terdapat karang. Pantai ini suasananya masih sepi, jarang didatangi oleh pengunjung. Namun, hal itulah yang menjadi daya tarik dari pantai ini. Suasananya yang sepi, damai dan tenang cocok digunakan sebagai tempat untuk bersantai.

Pantai Sadranan berlokasi di Pule Gundes II, Sidoharjo, Tepus, Kab. Gunung Kidul, DIY. Dari pusat kota, jarak tempuh ke pantai ini yaitu sekitar 64,6 KM dengan jarak tempuh menggunakan kendaraan bermotor yaitu 1 jam 47 menit.

Pantai Timang

Pantai di Jogja

Di Pantai Timang terdapat gondola atau kereta gantung untuk menyebarang ke Pulau Watu Panjang atau Pulau Timang. Berbeda dengan pulau lainnya yang merupakan dataran tanah yang dilengkapi dengan pepohonan, pulau Timang hanya berupa bukit karang. Pantai Timang itu sendiri awalnya bukanlah sebagai tempat wisata, karena cukup sulitnya medan yang ditempuh dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan pribadi, dimana pantai ini hanya digunakan sebagai pusat mata pencaharian para nelayan.

Pantai Timang berlokasi di Dsn. Donggola, Desa Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DIY. Rute menuju pantai ini yaitu jika anda datang dari arah Wonosari, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Jalan Baron. Lalu setelah sampai di pertigaan Mulo, silakan belok ke kiri ke arah Pantai Siung. Lanjutkan perjalanan hingga menemukan Pasar Dokbang. Lalu anda bisa bertanya pada warga sekitar arah ke Pantai Timang. Anda akan menempuh perjalanan ke pantai sejauh 5 km. Jalanannya terjal dan berbatu, tentu anda harus melaluinya dengan hati-hati.

Pantai Nguluran

Pantai di Jogja

Di Pantai Nguluran terdapat resort yang memiliki spot favorit yang berupa teras kaca. Teras kaca ini bisa anda jadikan sebagai spot foto yang menarik dengan latar belakang pantai yang indah. Awalnya teras kaca itu sendiri merupakan resort pribadi. Akan tetapi kemudian viral dan menjadi kawasan wisata. Selain teras kaca, ada beberapa spot foto menarik lainnya di Pantai Nguluran.  Alamat Pantai Nguluran berada di Desa Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai Ngobaran

Pantai di Jogja

Pantai Ngobaran memiliki pemandangan indah yang begitu memukau. Pantai ini memiliki daya tarik dan ciri khasnya tersendiri. Di sini terdapat bangunan Pura Hindu seperti di Bali. Bangunan dengan berlatar laut ini menjadi pemandangan yang begitu istimewa. Bahkan disebut-sebut sebagai Tanah Lotnya Jogja. Pantai Ngobaran dikelilingi oleh tebing dan debur ombaknya kencang.

Lokasi Pantai Ngobaran itu sendiri berada di Jln. Ngobaran, Ngrenehan, Sapto Sari, Gebang, Kanigoro, Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul, DIY. Dari kota Yogyakarta jaraknya sekitar 65 Km.

Pantai Nglambor

Pantai di Jogja

Pantai Nglambor memiliki bentuk seperti laguna kecil, arus airnya cukup tenang dibandingkan pantai lainnya. Walaupun begitu, kita tetap harus hati-hati dan waspada karena pantai selatan sifat arusnya kuat. Pantainya memiliki air yang jernih. Ketika melakukan snorkeling wisatawan dapat melihat biota laut dan ikan dengan jelas. Selain itu, di pantai ini juga terdapat 2 batu karang yang besar yaitu watu kalong dan waktu kuntul. Posisinya ada di mulut pantai, dimana karena posisi batu karang ini ombaknya tidak terlalu besar.

Lokasi pantai Nglambor ada di Dsn. Ngandong, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, DIY.

Pantai Wediombo

Pantai di Jogja

Pantai ini menyerupai teluk yang lebar. Di sisi kiri dan kanan pantai terdapat bukit karang yang asri, ditumbuhi oleh pohon-pohon. Salah satu daya tarik dari pantai ini yaitu adanya kolam renang alami. Dimana kolam renang ini terbentuk karena air laut yang masuk ke daratan dan terjebak pada sekumpulan batu karang. Air yang menggenang di kolam renang ini cukup jernih. Selain itu, pantai ini juga memiliki pemandangan yang begitu indah.

Pantai Wediombo berada di Desa Balong, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DIY.  Jalan menuju ke sini cukup mudah diakses.

Itulah beberapa deretan pantai di Jogja yang indah dan memukau. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.