Pantai di Jawa Barat dan Banten yang Masih Alami dan Menawan

Pantai menjadi tempat wisata alam yang selalu disukai. Mengapa tidak, pesona dan keindahannya mampu menghipnotis para pengunjungnya. Pemandangan laut yang biru dengan pemandangan indah di sekitarnya mampu menyejukan mata, seperti  halnya pantai di Jawa Barat dan Banten.

Pantai di Jawa Barat dan Banten di ketahui memiliki panorama yang menakjubkan dengan pemandangan yang masih alami. Anda akan merasa betah berlama-lama di pantai ini. Nah, berikut ini beberapa pantai di Jawa dan Banten yang masih alami dan indah. ( Baca juga : 5 Destinasi Wisata di Bandung Yang Wajib Kamu Kunjungi Pekan Ini )

Pantai di Jawa Barat dan Banten yang Masih Alami dan Menawan

Untuk anda yang ingin berlibur ke pantai yang masih alami dengan keindahan yang menawan, anda bisa coba kunjungi beberapa pantai di bawah ini:

Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas terletak di Cilujang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. Keindahan dari pantai Batu Karas tidak bisa digambarkan dengan kata-kata. Mengapa tidak, setiap sudut dari pantai ini menawarkan keindahan yang menyejukan mata. Di Pantai ini ombaknya memang terbilang besar. Jadi jika anda berkunjung ke Pantai ini, disarankan untuk  tidak bermain di airnya. Anda cukup bermain di pasirnya saja.

Ombak di Pantai Batu Karas cocok digunakan untuk kegiatan berselancar. Suasana ombaknya ini sudah terkenal di kalangan para peselancar. Karena suasana ombaknya tersebut membuat pantai ini disebut sebagai Balinya Jawa Barat. Oleh karena itu, saat berkunjung ke pantai ini anda akan menemukan banyak wisatawan mancanegara.

Pantai Batu Karas memiliki teluk, sehingga para peselancar tidak perlu repot mendayung papan selencarnya hingga ke bagian tengah laut atau ke titik awal gelombang. Karena banyak orang yang berselancar, di sini sudah disediakan papan selancar sehingga bagi mereka yang  tidak membawa papan selancar bisa menyewanya. Selain itu, di sini sudah ada instruktur berpengalaman.

Di pantai ini ada beberapa titik favorit untuk para peselancar. Yang pertama Bulak Pendak, yaitu spot untuk para peselancar profesional karena memiliki ombak yang tinggi serta panjang. Untuk menuju spot ini harus menggunakan perahu. Spot selanjutnya yaitu Karang yang muncul hanya sedang pasang saja. Spot terakhir yaitu Legok Pari, dimana ombaknya tidak terlalu tinggi dan menjadi spot yang paling populer.

  • Fasilitas

Pantai Batu Karas memiliki fasilitas yang lengkap sehingga akan membuat para pengunjung merasa aman dan nyaman. Di sini tersedia pondok wisata, terdapat arena bermain di dalamnya. Di pantai ini juga terdapat wahana air yang lainnya seperti banana boat dan waterspot jet ski. Sarana beribadah tentu sudah tersedia di sini. Di sekitar pantai ini sudah ada penginapan dan tempat makan. Untuk anda yang ingin membawa pulang oleh-oleh, di sini sudah tersedia toko cenderamata.

  • Rute Menuju Pantai Batu Karas

Dengan menggunakan mobil pribadi dimulai dari daerah Pangandaran. Lalu menuju ke Cijulang. Sedangkan jika menggunakan transportasi umum, rute pertama dimulai dari terminal Pangandaran. Lalu perjalanan dilanjutkan menggunakan mini bus jurusan Cijulang.  Setelah sampai di Cijulang dilanjutkan naik ojek ke Pantai Batu Karas.

Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu lokasinya berdekatakan dengan Pantai Batu Karas. Pantai di Jawa Barat ini dinamakan sebagai Pantai Batu Hiu karena terdapat karang yang mirip dengan ikan hiu ketika air pasang. Pantai Batu Hiu disebut-sebut sebagai Tanah Lot Jawa Barat. Pasalnya, Pantai Batu Hiu menyuguhkan panorama yang mirip dengan Tanah Lot di Bali.

Pantai yang berlokasi di Ds. Ciliang, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran ini menjadi destinasi wisata yang disebut sebagai surganya para wisatawan lokal.

Untuk keindahannya, Pantai Batu Hiu tidak perlu diragukan lagi. Anda akan langsung jatuh cinta saat pertama kali melihat panorama yang disuguhkan. Di sini terdapat bukit kecil yang disukai oleh para wisatawan yang sedang berkunjung. Dengan naik ke atas bukit tersebut anda akan melihat begitu indahnya lautan. Selain itu, di bukit ini juga anda akan melihat batu karang berbentuk sirip ikan hiu. Untuk bisa sampai di atas bukit ini anda harus melewati gerbang berupa terowongan kecil berbentuk mulut ikan hiu. Selain menikmati keindahan Pantai Batu Hiu, tempat wisata ini juga menawarkan wisata edukasi di kawasan Konservasi Penyu.

  • Fasilitas

Fasilitas di Pantai Batu Hiu ini terbilang lengkap guna menunjang kenyamanan para pengunjung. Terdapat wisata lainnya yang ada di kawasan Pantai batu Hiu, yakni wisata Pantai Laut Kidul. Selain itu, di Pantai Batu Hiu anda bisa menyaksikan keindahan matahari tenggelam. Terdapat kawasan belanja, serta wisata kuliner yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Batu Hiu. Anda bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

  • Akses Menuju Pantai Batu Hiu

Untuk wisatawan dari luar Pangandaran, maka terlebih dahulu harus sampai di Kabupaten Pangandaran. Kemudian bisa bertanya pada masyarakat sekitar lokasi Pantai Batu Hiu atau mengakses google maps. Jika anda datang dari Jabodetabek, maka rute yang harus diikuti yaitu Bandung, Nagrek, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar. Sebelum anda masuk ke Kota Banjar, maka anda harus belok ke kanan memotong jalan melewati arah terminal. Anda bisa langsung menuju ke Parigi-Cijulang. Setelah sampai di sana anda bisa melihat jembatan, serta tugu yang terdapat tulisan Batu Hiu. Anda bisa langsung belok kiri untuk mengikuti rute hingga sampai di Pantai Batu Hiu.

Apabila menggunakan transportasi umum, anda bisa naik bus jurusan Pangandaran. Lalu di terminal anda bisa naik bus jurusan Cijulang. Setelah tiba disana, lalu bisa menaiki ojek menuju ke tempat wisata.

Pantai Pananjung

Pantai Pananjung

Pantai Pananjung memiliki bibir pantai yang menyejukan. Pohon hijau yang ada di sekeliling pantai menjadikan suasana pantai menjadi semakin indah. Agar bisa memasuki kawasan ini anda akan melewati hutan lindung, Cagar Alam Pananjung.

Di Pantai Pananjung air pantainya begitu jernih dan ombaknya tenang sehingga sangat cocok untuk kegiatan snorkeling, surving, berenang dan melihat keindahan alam bawah lautnya yang begitu mempesona. Pasirnya putih dan bersih cocok untuk bersantai dan tempat bermain.

Pantai Pananjung lokasinya dekat suaka margasatwa yang melindungi hewan ataupun fauna yang hampir punah. Di sini anda bisa melihat aneka jenis hewan seperti elang, landak, kalajengking, kijang dan monyet. Sebelum anda bermain-main di pantai alangkah lebih baik jika anda mampir dulu ke sini.

Pantai Pananjung menyewakan perahu untuk berlayar sembari menyaksikan pemandangan di sekitar pantai. Anda akan merasakan sejuknya udara pantai. Kegiatan berlayar ini sebaiknya bersama dengan rombongan agar semakin asik. Selain melihat pemandangan pantai yang mempesona, anda juga bisa melihat peninggalan sejarah. Anda bisa mengajak anak atau adik untuk sekalian wisata edukatif.

  • Fasilitas

Fasilitas Pantai Pananjung terbilang lengkap. Selain fasilitas tempat wisata yang menyenangkan, fasilitas umum di pantai ini cukup lengkap seperti mushola, area parkir kendaraan, kamar mandi atau toilet, tempat makan dan penginapan. Di sini juga tersedia wahana permainan air yang dapat anda coba. Selain itu, pantai ini menyediakan area untuk berkemah.

  • Akses Menuju Pantai Pananjung

Untuk sampai ke Pantai Pananjung anda bisa naik kendaraan menuju terminal Pangandaran yang jaraknya 300 meter menuju ke gerbang masuk pantai. Anda bisa berjalan kaki atau menggunakan becak.

Pantai Santolo

Pantai Santolo

Pantai Santolo menjadi pantai yang populer di Garut. Pantai ini berlokasi di Kec. Cikelet atau tepatnya di selatan Pusat Kota Garut. Pantai Santolo ini terbentang cukup panjang dengan pasir putih dan halus. Selain untuk tempat wisata, Pantai Santolo juga dijadikan dermaga untuk kapal nelayan.

Pantai Santolo Garut suasananya belum terlalu ramai karena belum banyak orang yang tahu tentang keberadaan pantai ini. Di sini anda bisa melihat batu-batu besar dengan biota laut, serta luasnya lautan biru. Jika anda ingin melihat keindahan pantai dari sudut lain, anda bisa pergi ke sisi pantai sebelah kiri menggunakan perahu penyebrangan. Di sana anda bisa menyaksikan kejernihan air laut yang dangkal, serta ombak yang tenang. Saat anda kembali ke arah penyebrangan anda akan menyaksikan karang-karang yang besar.

Setelah anda menikmati indahnya suasana Pantai Santolo Garut, anda bisa mengembalikan energi dengan mengisi perut di warung-warung yang berada di pinggir pantai. Anda bisa menikmati hidangan laut yang enak dan tentunya masih segar. Di sekitar Pantai Santolo sudah tersedia penginapan yang bisa anda pesan. Harga sewanya juga cukup terjangkau.

  • Akses Menuju Pantai Santolo Garut

Jarak yang dibutuhkan untuk sampai ke Pantai Santolo dari Kota Garut yaitu sekitar 88 km yang dapat ditempuh selama 3,5 jam. Sedangkan jika anda berangkat dari Bandung maka jarak yang ditempuh kurang lebih 150 km. Perjalanan bisa menggunakan transportasi umum jurusan Garut-Pamengpeuk. Lalu anda bisa turun di pasar Pamengpeuk. Dilanjutkan dengan menaiki Pick Up untuk menuju ke Pantai Sayang Heulang. Dari Pantai Sayang Heulang anda akan melanjutkan perjalanan ke Pantai Santolo dengan perahu yang dapat anda sewa.

Ada dua rute yang bisa anda lewati untuk sampai di Pantai Santolo. Rute pertama yaitu Garut-Cikajang-Cikelet-Pameungpeuk. Rute kedua yang bisa anda lewati yaitu, Bandung-Pangalengan-Rancabuaya-Santolo.

Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan

Lokasi Pantai Pangumbahan ada di Ds. Gunungbatu, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi. Pantai ini memiliki keindahan yang mempesona. Anda bisa datang ke Pantai ini jika ingin merasakan sensasi yang berbeda ketika berlibur ke Pantai. Selain dapat menikmati keindahan pemandangan, di sini juga anda bisa melihat penangkaran penyu. Jika anda ingin melihat proses bertelurnya penyu maka disarankan untuk datang ke sini saat malam hari. Di sini juga anda bisa melihat pelepasan anak penyu ke laut.

Di Pantai Pangumbahan, para turis sangat menyukai pemandangan indah alam bawah lautnya. Alam bawah laut di pantai ini menyuguhkan keanekaragaman yang begitu mempesona. Bahkan keindahannya tersebut semakin didukung dengan kejernihan air pantainya.

Suasana pinggiran pantai  tidak kalah cantiknya. Pasir bersih di pinggiran pantai sangat nyaman jika digunakan untuk bersantai atau sambil bermain-main seperti bermain bola atau membuat istana pasir.

  • Fasilitas

Untuk fasilitas, selain disuguhkan dengan pemandangan indah di sini juga sudah tersedia penginapan yang akan memudahkan anda jika akan bermalam disini. Harga penginapan yang ditawarkan pun bermacam-macam tergantung fasilitasnya. Di sini juga sudah terdapat area parkir yang cukup luas dan tentunya bermanfaat jika anda membawa kendaraan besar ke sini. Mushola dan toilet yang bersih di sini juga sudah tersedia.

Pantai Pangumbahan juga dikenal sebagai tempat yang cocok untuk surfing, sehingga tak heran jika banyak peselancar yang datang ke pantai ini, bahkan tak sedikit yang datang adalah turis asing.

  • Akses Pantai Pangumbahan

Jika anda berencana datang ke Pantai Pangumbahan, maka disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Untuk sampai ke sini dibutuhkan waktu sekitar 5 jam dari Bandung. Namun, jika datang dari pusat Sukabumi waktu yang dibutuhkan sekitar 3 jam.

Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar

Pantai ini memiliki tebing yang menjulang tinggi seperti layar perahu di dalam pantai. Keberadaan dua tebing di pantai ini menjadikan pantai semakin indah dan menarik. Para pengunjung dapat bermain ke tebing dan mengabadikan momen di sana ketika pantai sedang surut di siang hari. Selain adanya  tebing, di sini juga terdapat banyak  batu karang yang menjadikan pantai terlihat semakin indah. Karang-karang yang ada di sekitar pantai menjadikan tempat yang bagus untuk berfoto maupun pemotretan foto Pre-wedding.

Pantai Tanjung Layar itu sendiri lokasinya di Ds. Sawarna, Kab. Lebak, Banten. Dalam perjalanan menuju Pantai Tanjung Layar, para pengunjung akan melalui Pantai Pasir Putih yang menjadi tujuan wisata primadona di Ds. Sawarna.

Saat Senja tiba menjadi waktu yang tepat untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Layar. Sinar matahari yang menyinari  tebing membuat pemandangan semakin terlihat menakjubkan. Terlebih lagi saat ombak menghantam batu karang sesekali membuat air terhempas hingga melambung tinggi.

  • Fasilitas Pantai Tanjung Layar

Wisata Pantai Tanjung layar memiliki beberapa fasilitas yang akan membuat pengunjung merasa nyaman saat berkunjung ke sini. Fasilitas yang disediakan di sini di antaranya yaitu sudah tersedia penginapan, area parkir, rumah makan, kamar mandi, tempat untuk beristirahat, cafe dan lain sebagainya.

  • Akses Menuju Pantai Tanjung Layar

Terdapat beberapa rute yang bisa anda lewati. Yang pertama yaitu rute timur, lalu rute barat dan rute dari Bandung. Jika anda memulai perjalanan dari timur, anda bisa melewati jalur dari Jakarta menuju ke  Cibadak, Cikidang atau melalui jalur Cijeruk. Jalur ini semuanya akan menghubungkan anda menuju pelabuhan ratu. Kemudian anda akan tiba di Cisolok sampai akhirnya tiba di Sawarna.

Rute selanjutnya yaitu dari Barat. Rute ini diawali dari Jakarta kemudian tiba di Pandeglang. Dari Pandeglang anda bisa melanjutkan perjalanan ke Saketi sampai Malingping. Lalu lanjutkan lagi perjalanan ke kec. Bayah, lalu Sawarna. Jalur alternatif lainnya anda bisa melewati Rangkasbitung lalu ke Gunung Kencana. Kemudian anda bisa mengikuti petunjuk jalan untuk sampai ke Sawarna.

Dari jalur Barat ada alternatif lainnya yang bisa anda tempuh seperti dari Jakarta ke Cilegon. Lalu langsung ke Anyer. Lanjutkan Perjalanan anda sampai di Labuan, lalu Sawarna. Apabila anda berangkat dari Bandung, anda harus ke Cianjur lalu Sukabumi. Setelah itu menuju Cibadak dan tiba di Pelabuhan Ratu, Cisolok lalu di Sawarna. ( Lihat juga : Menikmati Pulau Oar yang Masih Alami dan Bersih, Wisata Banten )

Pulau Peucang

Pulau Peucang

Salah satu lokasi wisata di sekitar Ujung Kulon yang menarik untuk dikunjungi yaitu Pulau Peucang. Pulau Peucang adalah salah satu pulau yang lokasinya dekat dengan Ujung Kulon dan masih masuk ke bagian Taman Nasional Ujung Kulon, lebih tepatnya di selat Panaitan, Banten.

Begitu sampai di Pulau Peucang, indahnya pasir putih dengan air laut yang biru akan menyambut kedatangan anda. Indahnya Pulau Peucang memang tidak bisa diragukan lagi. Alamnya terbilang masih alami dan asri, sehingga tak heran jika begitu sampai di pulau ini anda melihat beberapa binatang.

Anda bisa melakukan banyak kegiatan di Pulau ini. Mulai dari bersantai di saung yang disediakan di sisi pantai, menikmati kesegaran air laut, lalu snorkeling di spot-spot yang indah. Kegiatan lainnya yang bisa anda lakukan yaitu mengunjungi Karang Copong yang letaknya di barat pulau ini. Di sini anda bisa menikmati indahnya matahari terbenam.

Karang Copong itu sendiri merupakan lokasi yang menyuguhkan keindahan alam dengan karang yang copong atau bolong di sepanjang pesisir pantai. Selain itu, di sini anda bisa melihat karang, serta pecahan terumbu karang yang berserakan.

Tidak hanya menjelajahi indahnya Pulau Peucang saja, namun anda juga dapat mencoba menjelajahi beberapa spot menarik lainnya yang ada di sekitar Pulau Peucang, seperti Pulau Handeuleum yang merupakan habitat asli Rusa, anda juga bisa ke Padang Savana Cidaon untuk melihat badak

  • Akses Menuju Pulau Peucang

Untuk anda yang ingin berkunjung ke Pulau Peucang, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum untuk sampai ke tempat wisata yang satu ini. Anda bisa menuju ke Serang atau lebih tepatnya ke terminal Serang. Lalu silahkan melanjutkan perjalanan ke Labuhan. Kemudian dari Labuhan anda bisa menuju ke Tamanjaya dan menyebrang ke Pulau Peucang menggunakan perahu.

Pantai Ciantir

Pantai Ciantir

Lokasi Pantai Ciantir yaitu 10 km dari kota Rangkasbitung, Lebak Banten. Pantai ini menjadi surganya untuk para peselancar di berbagai negara seperti Korea, Jepang dan Australia. Ombaknya yang menakjubkan membuat pantai ini selalu diidamkan oleh para wisatawan yang memiliki hobi selancar.

Air laut yang biru dengan hamparan pasir putih luas menambah keindahan pantai yang satu ini. Selain itu, pantai ini lokasinya dekat dengan penginapan. Kondisi pantainya yang landai dengan hamparan pasir putih akan membuat siapa saja yang melihatnya merasa kagum.

Selain menikmati keindahan pantai, anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya di pantai  ini dengan bermain bola bersama teman atau rombongan. Anda juga bisa berfoto untuk mengabadikan momen di pantai indah ini.

Ketika anda menyusuri pantai ke arah barat, apabila beruntung anda akan melihat anak kepiting yang baru menetas. Anda juga bisa menikmati indahnya sunset di Pantai Ciantir ini. Menjelang senja anda bisa menikmati suasana romantis sambil melihat sunset yang indah.

  • Akses Menuju Pantai Ciantir

Untuk sampai ke Pantai Ciantir aksesnya mudah dan jalan yang dilewati sudah  bagus. Rute yang dilalui pun mudah. Apabila anda berasal dari luar Banten, anda bisa memulai perjalanan dari Jakarta. Kemudian lanjutkan perjalanan anda ke Cibadak dengan mengambil rute Ciawi. Kemudian anda akan sampai di Pelabuhan Ratu. Dari Pelabuhan Ratu anda bisa menuju ke Bayah. Lalu anda bisa mengikuti petunjuk arah untuk sampai ke Pantai Ciantir.

Jalur alternatif yang bisa anda tempuh yaitu melalui Serang, namun perjalanannya lebih lama. Dengan melalui rute ini anda akan menuju ke Pandeglang, Banten. Lalu menuju ke Malingping. Dari sini anda akan segera sampai di Pantai Ciantir. Selanjutnya anda bisa mengikuti papan petunjuk.

Nah, itulah pantai di Jawa Barat dan Banten yang alami dengan suasana yang eksotik. Semoga dapat menjadi referensi untuk liburan anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply