Pantai Ciputih

Pantai Ciputih, Pantai Cantik di Ujung Kulon Pandeglang

Pantai Ciputih, Pantai Cantik di Ujung Kulon Pandeglang – Provinsi Banten tidak hanya mempunyai banyak kawasan sejarah saja, namun juga memiliki banyak destinasi wisata menarik salah satunya yaitu wisata pantainya.

Pantai yang terdapat di Banten memiliki keindahan, serta kelebihannya masing-masing. Salah satu pantai indah yang berada di Ujung Kulon Banten yaitu Pantai Ciputih. Pantai ini termasuk salah satu destinasi wisata favorit banyak orang.

Pantai ini masih alami, serta pemandangan alamnya begitu indah. Selain itu, pantai ini juga memiliki daya tarik yang akan memikat para wisatawan. Fasilitasnya cukup lengkap yang akan membuat liburan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Nah, jika anda ingin berlibur ke pantai ini, simak ulasan singkat seputar Pantai Ciputih berikut ini.

Lihat juga : Menikmati Pulau Oar yang Masih Alami dan Bersih, Wisata Banten

Seputar Pantai Ciputih

Pantai Ciputih

Pantai Ciputih merupakan salah satu tempat wisata yang lokasinya ada di Desa Ujung Kulon National Park, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang, Banten. Pemandangannya begitu indah dan akan membuat siapa saja kagum ketika menyaksikan keindahan pantai yang satu ini. Pantai ini tidak begitu ramai sebab lokasinya yang kurang strategis, jauh dari ujung barat Pulau Jawa. Namun, ketika anda berada di pantai ini anda akan betah dan enggan untuk segera pulang. Apalagi saat ini pantai ini memiliki daya tarik yaitu adanya miniatur Menara Eifell.

Pantai Ciputih itu sendiri merupakan satu-satunya pantai dengan pasir putih yang ada di Ujung Kulon. Selain itu, resort megah berdiri di dekat pantai yang diberi nama Ciputih Beach Resort. Resort ini ramai oleh pengunjung, apalagi ketika musim liburan.

Daya Tarik dan Aktivitas di Pantai Ciputih

Pantai Ciputih

Pantai Ciputih memiliki daya tarik tersendiri, selain itu ketika berkunjung ke sini para wisatawan tidak hanya bisa melihat keindahan pantainya saja, namun juga dapat melakukan kegiatan menarik lainnya. Nah, berikut ini daya tarik dan aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Ciputih.

Pemandangan Pantai yang Indah dan Menawan

Pantai Ciputih ini memiliki warna air laut biru, serta deburan ombaknya tidak terlalu deras. Pasir putih membentang di pinggir pantai. Wisatawan dapat mencoba duduk di jembatan memanjang yang dekat laut lepas, kemudian melihat pemandangan indah pantai. Anda akan ditemani oleh angin sepoi-sepoi yang menenangkan. Pantai ini tidak begitu ramai sehingga cocok dijadikan sebagai tempat melepaskan penat.

Miniatur Menara Eiffel

Data tarik lainnya dari Pantai Ciputih ini yaitu adanya Miniatur Menara Eiffel. Adanya menara ini menjadi daya tarik tersendiri, terlebih lagi lokasinya yang ada di jembatan mengarah ke laut lepas. Para pengunjung mengabadikan momen di sini dengan berfoto. Anda akan mendapatkan keindahan dari Miniatur Menara Eiffel, serta laut biru.

Keindahan Bawah Laut

Pantai Ciputih lokasinya berada di kawasan Ujung Kulon yang terkenal mempunyai keindahan bawah laut yang menakjubkan. Di sekitar Taman Nasional Ujung Kulon ada sekitar 3 sampai 4 lokasi snorkeling. Anda bisa berkunjung ke Pulau Badul yang mempunyai keindahan taman laut yang mempesona. Kemudian ada Pulau Peucang yang mempunyai banyak tempat untuk melakukan snorkeling.

Memancing

Selain cocok untuk snorkeling, Pantai Ciputih juga cocok untuk memancing. Di pantai ini terdapat banyak ikan besar. Anda bisa membawa peralatan dari rumah, kemudian menyewa perahu nelayan. Dimana untuk harga sewanya biasanya tergantung ukuran perahu.

Menyebrang Ke Pulau Mangir

Aktivitas menyenangkan lainnya yang dapat dilakukan di sini yaitu menyebrang ke Pulau Mangir. Pulau ini merupakan pulai kecil yang tidak berpenghuni dan sangat indah. Di pulau ini juga para pengunjung dapat melakukan snorkeling menyaksikan keindahan bawah lautnya.

Potensi alam yang dimiliki oleh Pulau Mangir yaitu hamparan pasir putih serta keindahan bawah laut yang mempesona. Suasananya sunyi dan jauh dari keramaian, selain itu masih asri karena belum ada fasilitas di sekitar sini. Untuk bisa sampai ke pulau ini, wisatawan dapat melakukannya dari Pantai Dadap Langu 2 dengan menyewa perahu.

Menikmati Sunset

Pantai ini juga dapat menjadi spot sunset terbaik. Anda dapat menghabiskan sore hari di sini sambil menunggu sunset, ditemani dengan es kelapa muda tentu akan lebih menyenangkan.

Fasilitas Pantai Ciputih

Pantai Ciputih

Pantai Ciputih ini memiliki beberapa fasilitas yang akan mendukung liburan para wisatawan. Adapun fasilitas pantai Ciputih di antaranya seperti berikut ini.

  • Area parkir kendaraan
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Tempat untuk beristirahat
  • Penginapan
  • Tempat makan dan lain sebagainya

Rute Pantai Ciputih

Pantai Ciputih

Sebelum berangkat ke Pantai Ciputih anda harus menyiapkan kendaraan agar kondisinya prima. Akses jalan ke pantai ini masih sulit, dimana anda harus melalui jalan yang rusak.

Jika anda memulai perjalanan dari arah Jakarta maka waktu tempuh yang dibutuhkan yaitu sekitar 4 hingga 5 jam untuk sampai di tujuan anda, menggunakan rute Serang kemudian perjalanan dilanjutkan ke Pandeglang. Selanjutnya kendaraan anda diarahkan ke Panimbang, lalu arahkan lagi ke Kecamatan Sumur. Dari sana anda bisa langsung menuju ke Pantai Pasir Putih.

Apabila anda kebingungan menemukan lokasi Pantai Ciputih, sebaiknya jangan segan untuk bertanya pada warga sekitar.

Tips Berkunjung ke Pantai Ciputih Banten

Berikut ini beberapa tips berlibur ke Pantai Ciputih yang harus diperhatikan agar liburan anda aman dan nyaman.

  • Sebelum memutuskan untuk berlibur ke Pantai Ciputih, anda sebaiknya memantau kondisi cuaca terlebih dahulu.
  • Selain itu, anda harus menyiapkan kebutuhan seperti air minum, makanan dan lain sebagainya.
  • Beberapa barang tambahan juga perlu anda bawa seperti baju ganti, kamera untuk mengabadikan momen berlibur bersama keluarga tercinta.
  • Jangan lupa untuk membawa perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan, tissue, sabun dan lain sebagainya.
  • Sebaiknya anda membawa pelindung matahari seperti kacamata hitam, payung atau topi. Gunakan perlengkapan tersebut seperlunya saja jika matahari sudah semakin terik. Sinar matahari yang terlalu terik akan dapat menyebabkan kulit terbakar.
  • Sebelum berlibur pastikan kondisi anda dalam keadaan sehat. Cek juga kendaraan anda dan pastikan kondisinya prima.
  • Ketika sampai di tempat tujuan sangat penting untuk mengikuti peraturan yang diterapkan di sana.
  • Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama, anda bisa mencari penginapan di sekitar sini. Penginapan yang terkenal di sini yaitu Ciputih Resort Beach. Anda akan mendapatkan fasilitas diantaranya yaitu kamar dilengkapi AC, kulkas, TV, kamar mandi dan lain sebagainya.

Itulah informasi seputar Pantai Ciputih di ujung kulon Pandeglang. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.