Pantai Batu Karas Pangandaran, Bali Kecil yang Cocok untuk Surfing

Anda pasti sudah mengenal keindahan Pantai Pangandaran, namun tahukah Anda jika di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, juga punya sejumlah pantai yang tak kalah indahnya? Salah satunya adalah Pantai Batu Karas Pangandaran.

Saking indahnya ada yang menjuluki Pantai Batu Karas dengan sebutan Bali kecil atau Bali-nya Jawa Barat. Julukan ini bukanlah tanpa alasan, keberadaan pulau di sekitar pantai ini mengingatkan orang akan Tanah Lot yang ada Bali.

Lokasi pantai ini ada di Desa Batu Karas, desa ini masuk Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, letaknya ada di Provinsi Jawa Barat. Jaraknya dari pusat kota Pangandaran sekitar 34 Kilometer.

Pantai Batu Karas ini terkenal sebagai tempat surfing. Website yang mengulas lokasi-lokasi surfing di dunia pernah memberikan rating 3,5 dari rating 5 untuk Pantai ini.

Rating tersebut diberikan berdasarkan ketinggian ombaknya. Bagi para peselancar professional, mudah saja menaklukan ombak di Pantai Batu Karas, namun bagi peselancar pemula akan menjadi tantangan tersendiri.

Pantai Batu Karas Pangandaran memang cocok untuk peselancar yang baru belajar surfing. Ombaknya relatif mudah ditaklukan jika sudah terbiasa surfing. Makanya bagi mereka peselancar pemula atau menengah bisa banget menjajal ombak di Pantai Batu Karas.

Jika Anda ingin belajar surfing, maka Anda bisa mendatangi pantai yang juga dikenal sebagai surganya peselancar. Bukan hanya mereka yang udah professional yang bisa bermain menaklukan ombak di Pantai Batu Karas, namun bisa juga dijajal oleh peselancar pemula atau bahkan kelas menengah.

Cerita Heroik Pantai Batu Karas Pangandaran

Ada cerita heroik terkait pantai ini, cerita ini dimuat di laman harapanrakyat.com. Saat tsunami melanda Pantai Pangandaran tahun 2016 lalu, termasuk Pantai Batu Karas, pantai ini sempat sepi

Sampai datanglah beberapa peselancar yang ingin memberi sumbangan kepada peselancar yang ada di Batu Karas, Pangandaran. Melihat ombak di Pantai Batu Karas, mereka tergoda untuk menjajalnya. Mereka pun nekad surfing, meski baru saja dilanda tsunami.

Cerita sekelompok peselancar yang menaklukan ombak Pantai Batu Karas usai tsunami itu rupanya jadi perbincangan para peselancar lainnya. Dari sanalah mulai Pantai Batu Karas Pangandaran ramai kembali dikunjungi para wisatawan, terutama para peselancar yang penasaran ingin menjajal ombak pantai ini.

Cerita lain datang dari Budi, seorang peselancar yang juga warga setempat. Ketka tsunami datang, dirinya sedang surfing di Pantai Batu Karas. Ombak yang tiba-tiba surut di tepi pantai, ia saksikan sendiri. Dia sadar tsunami bakal datang.

Mengetahui tsunami bakal datang, dia mencoba menyelam, hasilnya Budi tergulung ombak sampai 50 meter di tengah laut. Gelombang tsunami kedua datang lagi, dia memegang erat papan selancarnya dan memanfaatkannya untuk kembali ke daratan. Kisah ini sempat jadi trending topik di berbagai media.

3 Teluk untuk Memulai Surfing di Pantai Batu Karas

Jika Anda ingin mencoba surfing di Pantai Batu Karas Pangandaran, Anda tidak harus mendayung jauh untuk sampai ke titik awal gelombang. Pantai ini memiliki teluk kecil yang bisa jadi titik awal untuk memulai surfing.

Titik pertama adalah Bulak Pendak. Di sini ombaknya cukup tinggi, biasanya peselancar professional memulai surfingnya di titik Bulak Pendak. Untuk sampai ke titik ini bisa menyewa perahu yang ada di sana.

Kalau masih pemula, maka titik Legok Pari ombaknya sangat cocok untuk yang baru belajar surfing. Titik ini paling populer di Pantai Batu Karas Pangandaran, lantaran ombaknya tak terlalu tinggi namun aman untuk mereka yang pertama kali belajar surfing.

Karang adalah titik ketiga untuk memulai surfing di Pantai Batu Karas. Namun, di titik ini surfing hanya bisa dilakukan saat air laut pasang. Apabila air laut surut, Karang hanya cocok untuk tempat berenang.

Jika Anda ingin menjajal ombak di Pantai Batu Karas tapi tidak membawa peralatan surfing, jangan khawatir karena banyak yang menyewakan peralatan surfing. Bahkan ada juga instruktur professional yang bisa mengajari Anda surfing di pantai ini.

Sudah banyak hotel di sekitar Pantai Batu Karas Pangandaran. Anda bisa menginap agar esok harinya tidak ketinggalan sunrise di pantai ini yang begitu menakjubkan. Travelling ke salah satu obyek wisata di Pangandaran ini dipastikan akan memberi pengalaman berbeda. Selamat liburan. ***

 

Leave a Reply