Pantai Baron: Berdampingannya Aliran Sungai Air Asin dan Air Tawar di Satu Tempat Sama

Pantai Baron – Gunung Kidul adalah sebuah wilayah di Yogyakarta yang keindahannya selalu menjadi perbincangan banyak orang. Kehadiran pantai dan laut yang dikenal garang dan punya keindahan yang luar biasa menjadi salah satu daya tarik di tempat wisata ini. Tak heran jika banyak orang tertarik mengunjungi Yogyakarta. Bukan sekedar ingin melihat candi dan mencicipi makan saja akan tetapi, keindahan pantai yang begitu mempesona menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang menyambangi tempat yang satu ini.

Dari sekian banyak pantai yang ada di kawasan Gunung Kidul, Pantai Baron menjadi salah satu spot pantai unik yang wajib anda kunjungi bila mampir ke tampat yang satu ini. Karena memang Pantai Baron menjadi primadona di Yogyakarta sebab daya tariknya yang sulit terlupakan.

Selain pemandangan alam dan panorama sekitaran pantai yang begitu megah dan mewah adapula cerita menarik lain serta keunikan yang mungkin tidak dijumpai di pantai-pantai lainnya bila anda menyambangi pantai yang satu ini. Penasaran seperti apa cerita menarik dan keunikan lain dari Pantai Baron? Mari kita gali lebih dalam informasinya dibawah ini hanya untuk anda.

Sejarah Pantai Baron

Pantai Baron

Pemberian nama Pantai Baron rupanya tidak sembarangan, pantai ini diambil dari sebuah nama seseorang yang berkewarga negaraan Belanda yakni Baron Skeber. Dahulu kala ia memilih kawasan ini sebagai tempat berlabuh alasannya karena tempat ini punya teluk yang begitu eksotis. Selain itu, bibir pantai yang menjorok membuat kawasan ini sangat cocok dijadikan kawasan untuk melabuhkan kapal.

Kemudian ia menjadikan pantai tersebut sebagai gudang senjata. Meskipun seorang warga negara asing, namun Baron Skeber dipercaya sebagai seorang bangsawan yang memiliki kesaktian yang diakui oleh banyak orang. Untuknya, penduduk sekitar memberikan nama pantai yang ia singgahi sesuai dengan namanya.

Dahulu, Pantai Baron dikenal sebagia sebuah teluk, dimana air yang membelah kedua daratan ukurannya tidaklah terlalu luas. Sehingga wisatawan yang mampir atau menyengaja datang ke tempat ini bisa berjalan dan menikmati kawasan ini di titik tertentu seperti di bawah karang besar yang ada di sisi kiri pantai dan lain sebagainya.

Namun kini daratan tersebut seakan telah terbelah dengan kehadiran sebuah sungai baru dengan kedalaman yang cukup besar. Hal inilah membuat jalan tempuh ke daratan dilakukan dengan cara menggunakan perahu nelayan yang ada disekitaran.

Sebenarnya, wisatawan bisa tanpa menggunakan perahu nelayan. Akan tetapi, sayangnya, barang bawaan yang anda bawa serta ke tempat ini akan basah. Sebab memiliki kedalaman sampai dengan kepala orang dewasa. Jadi demikian, paling aman anda sebaiknya gunakan jasa penyewaan kapal nelayan. Bayaran yang dikeluarkan hanyalah Rp. 10.000.

Keunikan Pantai Baron

Pantai Baron

Pantai Baron merupakan salah satu tempat wisata pantai yang punya keunikan yang mungkin tidak anda jumpai di tempat lainnya. Hal ini disebabkan Pantai Baron punya dua jenis air yakni air tawar dan air asin yang terdapat pada sungai yang mengalir menuju pantai. Selain itu, keunikan lain yang mungkin dijumpai di tempat ini adalah bila anda melihat dari atas, pantai tersebut membentuk huruf U.

Konon katanya, setiap 5 tahun sekali, aliran sungai di Pantai Baron bisa berubah haluan dengan sendirinya. Air sungai yang sebelumnya mengalir ke arah Barat menuju laut bisa berubah ke Timur membelah pasir pantai sebelum pada akhirnya mengalir ke laut. Pertemuan dua aliran sungai inilah yang menjadi salah satu daya tarik mengapa banyak orang ingin datang ke tempat ini. Salah satunya untuk membuktikan aliran sungai tersebut.

Uniknya lagi, aliran air tawar di sungai memiliki warna kehijauan dan bersatu bersama dengan air laut yang punya warna kebiruan. Sehingga penampakan ini menghasilkan pemandangan yang begitu elegan dan eksotis.

Lokasi Pantai Baron

Pantai Baron

Bagi anda yang ingin menyambangi Pantai Baron alamatnya ada di Desa Kemadang yakni di Kecamatan Tanjungsari tepatnya di Kabupaten Gunung kidul. Pastikan anda mendapatkan informasi alamat yang lengkap agar anda bisa mengakses pantai ini dengan baik. Sementara itu, untuk menuju kawasan Pantai Baron sendiri sebenarnya cukup mudah.

Darimanapun anda datang, titik poinnya ada di Pathuk yakni kawasan Bukit Bintang Jogja yang cukup terkenal di Yogyakarta. Bila anda sudah sampai disini maka anda bisa mengikuti jalur saja atau anda bisa memanfaatkan papan petunjuk yang memandu anda untuk bisa sampai ke kawasan pantai.

Bagi anda yang hendak berkendara dengan menggunakan kendaraan pribadi, tak perlu takut sebab akses jalan menuju kawasan Pantai Baron sudah cukup bagus. Jadi amat sangat ramah digunakan dengan kendaraan. Dengan tanjakan yang landai ditambah pesona Gunung Kidul yang aduhai dijamin perjalanan menuju tempat ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Sementara itu, bagi anda yang bepergian traveling menggunakan kendaraan umum. Maka anda bisa menggunakan bus dari Terminal Giwangan. Silahkan ambil bus dari Yogyakarta jurusan Wonosari. Bila sudah sampai di Wonosari, ambil bus mini yang melewati kawasan yang satu ini. Untuk total ongkos biasanya sekitar Rp. 20.000. Kemudian dari sana, Pantai Baron tidaklah jauh.

Harga Tiket di Pantai Baron

Pantai Baron

Mengetahui harga tiket di tempat wisata menjadi hal penting yang harus anda ketahui setelah mengetahui alamat. Agar demikian sebelum berpergian anda bisa merencanakan keuangan dan berapa budget yang harus anda siapkan. Untuk Pantai Baron sendiri, tempat wisata ini tergolong ke dalam wisata yang murah meriah. Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 saja.

Menariknya, harga yang anda bayar tersebut bukanlah untuk menikmati Pantai Baron saja. Akan tetapi, untuk akses pantai-pantai lainnya yang ada disepanjang Pantai Baron. Bila dihitung-hitung ada sekitar 5 pantai dengan keunikan dan ciri khas masing-masing.

Bagaimana cukup terjangkau bukan? Anda tentu bisa membawa serta keluarga dan kerabat bila mampir ke Pantai Baron sebab harga tiket yang terjangkau akan tentu memudahkan anda membawa lebih banyak orang ke tempat ini dan berbagi kebahagiaan yang sama seperti yang anda rasakan.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai Baron

Pantai Baron

Ada cukup banyak hal yang bisa anda lakukan di Pantai Baron salah satunya adalah menikmati keindahan pantai dengan menggelar tikar di bibir pantai sambil menyaksikan deburan pasir yang terkena dengan ombak. Atau anda yang ingin melihat pemandangan lebih seru dan asik dari atas ketinggian maka anda bisa naik ke menara mercusuar yang ada disekitaran pantai. Dari sini dijamin pemandangan yang surgawi akan bisa anda saksikan dengan baik.

Leave a Reply