Menikmati Pesona Pantai Balekambang, Wisata Malang yang Indah nan Mempesona

Pantai Balekambang  – Malang menjadi salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak objek wisata populer. Salah satu objek wisata populer di Malang yaitu Pantai Balekambang. Pantai ini sudah lama terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Pantai Balekambang itu sendiri berlokasi di Dsn. Sumber Jamb, Ds. Srigonco, Kec. Bantur, Malang. Dari kota Malang untuk sampai ke Pantai Balekambang berjarak sekitar 67 meter.

Nah, untuk anda yang sedang mencari tempat wisata pantai untuk berlibur bersama keluarga atau teman-teman, anda bisa berkunjung ke pantai yang satu ini. Sebab pantai ini memiliki keindahan dan daya tarik yang begitu mempesona. Untuk anda yang ingin mengetahui seputar Pantai Balekambang, fasilitas hingga daya tarik dari pantai ini, anda bisa simak penjelasan di bawah ini.

Seputar Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang merupakan salah satu kawasan pantai yang terdapat di Malang. Pantai ini memiliki pemandangan yang begitu luar biasa. Saat ini Pantai Balekambang itu sendiri memang sangat populer, bahkan disebut-sebut sebagai Tanah Lot-nya Malang. Pantai Balekambang selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung, terlebih lagi saat libur panjang tiba. Eksotisme dan keindahan pantai ini berbeda dibandingkan dengan pantai-pantai yang lainnya. ( Baca juga : Wisata Pantai Galesong )

Disebut sebagai Tanah Lot versi Jawa Timur karena topografi dan lanskap dari pantai yang satu ini memang mirip dengan Pantai Tanah Lot. Seperti yang kita ketahui, Pantai Tanah Lot menjadi salah satu pantai yang sangat tekenal di Bali.

Ketika berlibur ke Pantai Balekambang, para wisatawan akan merasakan sensasi yang berbeda. Keindahan pantai yang begitu mempesona akan sangat memanjakan mata. Pantainya yang jernih dengan warna biru yang cantik memberikan pesona tersendiri. Deburan ombak yang ada membuat suasana pantai begitu terasa. Suasannya yang bersih dengan penataan yang rapi menjadi nilai plus dari pantai yang satu ini.

Sejarah dan Mitos Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Setiap tempat biasanya tidak terlepas dari sejarah dan mitos yang berkembang di tengah-tengah masyarakat, begitupun dengan Pantai Balekambang. Nah, berikut ini sejarah dan mitos Pantai Balekambang.

Sejarah Pantai Balekambang

Berdasarkan cerita sejarah pada zaman dahulu, Pantai Balekambang merupakan hutan yang memiliki pepohonan begitu lebat. Jarang masyarakat yang ingin masuk ke kawasan ini. Oleh karena itu, kawasan ini kurang mendapatkan perhatian.

Namun pada tahun 1978, Pantai Balekambang ini mulai dikenal oleh banyak orang dan akses jalan sudah mulai dibuka. Dengan begitu masyarakat sekitar maupun masyarakat di luar daerah dapat dengan mudah mengunjungi pantai ini.

Kemudian pada tahun 1983, Pantai Balekambang resmi menjadi tempat wisata. Setelah diremiskan, pantai ini semakin terkenal. Selain menyajikan keindahan yang memanjakan mata, pantai ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Mitos Pantai Balekambang

Pantai Balekambang memiliki mitos tersendiri, sama dengan kawasan pantai lainnya yang ada di Pulau Jawa. Mitos yang terkenal dan berkembang di pantai ini yaitu pasangan yang belum menikah ketika mengunjungi kawasan pantai ini hubungan asmaranya akan berakhir. Ketika selesai berlibur di Pantai Balekambang, pasangan tersebut akan putus.

Selain itu, mitos lainnya yang ada di pantai ini yaitu air di pantai ini dipercaya akan membuat para wisatawan yang berenang atau mandi di sini menjadi awet muda. Karena mitos yang berkembang tersebut, tak heran jika banyak wisatawan yang berenang dan berendam di sekitar pantai ini. Selain itu, ada juga wisatawan yang hanya membasuh wajah dengan airnya saja. Walaupun mitos, namun cerita ini menjadi salah satu daya tarik dari tempat wisata ini.

Pesona Pulau yang Terdapat di Balekambang

Pantai Balekambang

Selain keindahan pantai dan pasirnya, suasananya yang tenang dan begitu sejuk menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang berkunjung ke sini. Tidak hanya itu, dekat Balekambang terdapat 3 pulau yang menarik.

Di Pantai Balekambang, para pengunjung dapat melihat keindahan dari pulau-pulau tersebut. Adapun nama dari ketiga pulau tersebut yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman, serta Pulau Wisanggeni. Dimana pulai tersebut dapat diakses dengan melewati jembatan di Pantai Balekambang.

Pulau Ismoyo keindahannya bisa disaksikan dengan jelas. Di area pantai para pengunjung dapat melihat indahnya pura yang ada yaitu Pura Amerta Jati.

Di pantai ini terdapat jembatan dengan panjang sekitar 100 meter. Dimana dengan akses jembatan ini dapat menuju ke Pulau Ismoyo. Nah, untuk berkunjung ke pulau ini maka para wisatawan harus patuh terhadap aturan yang berlaku, sebab Pura di sana digunakan untuk beribadah. Selain sebagai tempat wisata, Pantai Balekambang juga menjadi tempat wisata religi terlebih lagi ketika momen tertentu.

Daya Tarik Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Ada beberapa daya terik Pantai Balekambang yang tidak boleh dilewatkan. Untuk mengetahui apa saja daya tarik yang dimaksud, anda bisa simak berikut ini.

3 Pulau di Seberang Pantai

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di Pantai Balekambang terdapat 3 pulau yang cantik. Dimana pulau-pulau tersebut bisa dengan mudah diakses menggunakan jembatan yang sudah tersedia.

Tempat Beribadah

Salah satu pulau yang terdapat di Pantai Balekambang memiliki Pura yang digunakan untuk tempat ibadah Hindu. Untuk melihat Pura ini anda bisa menyaksikannya dari dekat.

Di dekat pantai terdapat makam seorang ulama, yakni Syaikh Abdul Jalil. Banyak orang yang sengaja berziarah ke makam beliau. Selain itu, berbagai upacara keagamaan pada bulan-bulan tertentu sering diadakan.

Menikmati Sunrise dan Sunset

Ketika berkunjung ke Pantai Balekambang anda juga dapat menikmati keindahan sunrise dan sunset. Anda bisa langsung menyaksikan keindahan momen tersebut tanpa terhalang oleh apapun. Siapa saja yang melihat keindahan tersebut tentunya akan merasa takjub dan terpesona.

Camping di Pinggir Pantai

Ingin merasakan sensasi yang berbeda saat camping? Maka anda dapat mencoba camping di pinggir pantai. Anda dan teman-teman dapat mencoba melakukan camping di pinggir pantai dengan mendirikan tenda. Tentunya pengalaman ini akan menjadi  pengalaman yang menyenangkan dan tidak akan terlupakan. Namun, pastikan anda mendirikan tenda jauh dari bibir pantai supaya tidak tersapu oleh ombak.

Flying Fox

Di Pantai Balekambang anda bisa melakukan aktivitas Flying Fox. Aktivitas ini tentunya akan menguji nyali. Untuk melakukannya anda bisa datang ke Pulau Ismoyo, kemudian dapat melakukan aktivitas ini menuju ke pesisir Pantai Balekambang. Namun, perlu anda ketahui kegiatan ini hanya dibuka ketika hari libur dan weekend saja.

Di Pantai Balekambang juga para wisatawan dapat bermain air laut dan pasir di sepanjang bibir pantai. Namun, peringatan ombak sebaiknya harus diperhatikan untuk menjaga keselamatan dan keamanan. Apabila ombaknya tidak terlalu tinggi dan besar, maka bermain air dan pasir bisa dilakukan di pinggir pantai. Hanya saja, apabila terdapat larangan, maka wisatawan diharuskan untuk menjauh dari pantai.

Nah, saat ombaknya tidak besar dan surut, anda bisa melihat pesona keindahan karang laut. Ini juga menjadi salah satu daya tarik dari Pantai Balekambang. Saat airnya surut, maka anda bisa menyaksikan aneka karang dan ikan kecil yang cantik, serta biota laut yang begitu cantik.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Di kawasan tempat wisata yang satu ini sudah terdapat banyak penginapan. Sehingga untuk anda yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini bisa menyewa penginapan tersebut. Fasilitas lainnya yang sudah tersedia di sini yaitu toilet umum yang kebersihannya terjaga. Rumah makan juga sudah cukup banyak di tempat wisata yang satu ini.

Untuk anda yang ingin membeli oleh-oleh, di sini sudah ada toko souvenir yang lengkap dengan harga yang cukup terjangkau. Di sini juga sudah disediakan tempat untuk ibadah. Mushola sudah tersedia di sini yang bisa anda gunakan untuk beribadah.

Rute Pantai Balekambang

Akses untuk ke Pantai Balekambang sudah memadai. Untuk sampai ke tempat wisata yang satu ini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Jika anda akan menggunakan kendaraan umum, baik angkutan kota ataupun bus, anda bisa mengawalinya dari Terminal Arjosari, Malang. Di terminal ini anda bisa naik angkutan kota tujuan Terminal Gadang. Jika sudah smapai ke Terminal Gadang, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan kota tujuan Bantur. Setelah itu anda bisa turun di Kec. Gondanglegi atau Pagelaran. Setelah sampai di daerah ini anda bisa naik ojek untuk sampai di kawasan tempat wisata.

Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi, dari Malang anda bisa menuju ke Gadang, serta Kendalpayak. Kemudian lanjutkan perjalanan ke Ds. Gondanglegi, Pagelaran, Bantur sampai Srigonco. Apabila sudah di Srigonco bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Balekambang. ( Lihat juga : Pantai Amed: Surga Para Pecinta Snorkeling dan Penyelam )

Tips Berlibur ke Pantai Balekambang Agar Aman dan Nyaman

Jika ingin liburan anda nyaman dan aman di Pantai Balekambang, maka anda harus memperhatikan beberapa tips seperti berikut ini.

  • Sebelum berlibur anda harus memastikan kondisi badan anda dalam keadaan sehat.
  • Bawa perlengakapan yang dibutuhkan secukupnya. Jika tidak ingin ada perlengkapan yang tertinggal, anda dapat membuat daftarnya beberapa hari sebelum anda pergi berlibur.
  • Jika anda menggunakan kendaraan pribadi anda harus memastikan kendaraan anda dalam kondisi prima.
  • Bawa beberapa obat-obatan serta makanan sesuai dengan kebutuhan.
  • Anda sebaiknya membawa penutup kepala atau topi, kacamata dan memakai tabir surya agar kulit anda tidak terbakar matahari ketika berlibur di pantai.
  • Di tempat wisata anda harus memperhatikan petunjuk maupun larangan yang berlaku. Anda juga harus ikut serta menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Jika hendak melakukan aktivitas seperti bermain air di tepi pantai, anda harus lebih berhati-hati. Jika ombak sedang besar atau terdapat larangan untuk tidak bermain di dekat pantai, anda harus mematuhinya untuk keamanan dan keselamatan.
  • Jika anda ingin menyaksikan matahari terbit maka anda harus datang pagi-pagi ke pantai ini.

Berlibur ke pantai memang kerap menjadi pilihan untuk mereka yang ingin suasana alam yang indah dan menyegarkan. Untuk anda yang sedang mencari referensi pantai untuk berlibur, Pantai Balekambang dapat menjadi pilihan. Dengan segala keindahan dan daya tarik yang ada, anda tentunya akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Nah, semoga beberapa informasi tentang Pantai Balekambang yang kami sajikan bermanfaat untuk anda.

 

Leave a Reply