Pantai Air Manis, Pantai Indah di Padang dengan Legenda Malin Kundang

Pantai Air Manis, Pantai Indah di Padang dengan Legenda Malin Kundang – Dari banyaknya tempat wisata yang ada, tempat wisata alam terutama wisata pantai menjadi salah satu tujuan yang banyak diburu oleh wisatawan untuk liburan bersama keluarga atau teman. Indonesia memiliki keindahan laut yang begitu luar biasa. Tidak terhitung berapa banyak wisata pantai yang ada. Tidak hanya populer di Indonesia saja, namun ada juga beberapa pantai yang populer hingga luar negeri.

Salah satu pantai yang menarik untuk dikunjungi yaitu Pantai Air Manis di Padang. Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Padang. Karena daya tarik yang dimilikinya, Pantai Air Manis atau Pantai Aia Manih dalam bahasa Padang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini juga terkenal oleh legenda Malin Kundang.

Untuk anda yang sedang mencari tempat wisata pantai di Padang, Pantai Air Manis dapat dijadikan referensi. Ketika berkunjung ke sini anda akan dimanjakan oleh pemandangan indah pantai dan sekitarnya. Jika ingin mengetahui informasi seputar Pantai Air Manis lebih lengkap, anda bisa simak di bawah ini.

Sejarah Pantai Air Manis Padang

Pantai Air Manis

Pantai Air Manis menjadi salah satu objek wisata favorit yang banyak dikunjungi. Selain menyuguhkan keindahan pantai yang mempesona, juga dipercaya sebagai tempat Malin Kundang dikutuk oleh Ibunya karena durhaka, dimana dia tidak mau mengakui ibunya karena miskin.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam legenda yang memang sudah tidak asing lagi untuk masyarakat, Malin Kundang ialah seorang pemuda yang tinggal bersama ibunya yang janda. Kemudian pada suatu hari Malin Kundang meninggalkan kampung halamannya untuk merantau. Ketika sudah sukses dan kaya raya, dia kembali untuk menengok tanah kelahirannya.

Perahu Malin Kundang dilabuhkan di Pantai Air Manis. Kemudian sang ibu yang mengetahui kepulangannya dengan bahagia menyambut anaknya tersebut. Hanya saja, tanpa disangka-sangka Malin Kundang anaknya tidak mengakui ibunya, wanita yang telah melahirkan dan merawatnya. ( Baca juga : Wisata Pantai Siung )

Karena terbawa oleh amarah, ibunya kemudian memberikan kutukan kepada Malin Kundang. Saat itu juga, Malin Kundang dan harta benda yang dibawanya berubah menjadi batu. Batu-batu di Pantai Air Manis yang berwujud manusia serta beberapa benda menurut cerita adalah penjelmaan Malin Kundang. Legenda Malin Kudang tersebut menjadi  salah satu daya tarik dari Pantai Air Manis.

Pesona dan Daya Tarik Pantai Air Manis

Pantai Air Manis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, daya tarik dari Pantai Air Manis salah satunya yaitu keberadaan batu yang bentuknya menyerupai manusia, serta harta benda yang menurut sejarah adalah penjelmaan Malin Kundang yang oleh ibunya dikutuk.

Untuk melihat batu-batu tersebut, anda dapat pergi ke sisi Selatan Pantai. Di sana anda akan melihat batu yang memiliki bentuk seperti manusia dengan posisi seperti sedang bersujud. Selain itu, terdapat juga batu yang mirip dengan dinding kapal, serta batu yang bentuknya mirip dengan tambang dan gentong kayu. Hanya saja, dengan seiringnya waktu batu tersebut terkikis ombak. Dilakukan perbaikan pada batu-batu tersebut sehingga bentuknya tidak lagi terlihat natural.

Selain melihat batu-batu tersebut, di Pantai Air Manis para wisatawan juga akan dimanjakan dengan keindahan pantai yang mempesona. Pantainya yang begitu indah akan membuat takjub siapa saja yang melihatnya. Dengan bibir pantai yang panjang, serta pasir yang begitu lembut ketika menyentuh kulit, akan membuat para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Air Manis merasa betah dan terlarut oleh pemandangan alam yang indah.

Memiliki bibir pantai yang panjang, para wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkang. Bahkan di sini sudah disediakan gazebo yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk bersantai setelah lelah bermain-main di pantai.

Daya tarik lainnya yang dimiliki oleh Pantai Air Manis yaitu airnya yang jernih dengan ombak yang begitu tenang. Selain itu, di seberang pantai terdapat pulau dengan luas kurang lebih 1 hektar. Pulau tersebut diberi nama dengan Pulau Pisang Ketek.

Pulau Pisang Kecil /Pulau Pisang Ketek

Pantai Air Manis

Jika dilihat sepintas, Pulau Pisang Kecil nampak biasa saja. Hanya saja, pulau ini menjadi unik sebab untuk menjangkaunya tidak memerlukan kendaraan apapun. Pulau yang satu ini hanya dipisahkan oleh selat yang dangkal dari tepian Pantai Air Manis.

Ketika pagi sampai sore hari pulau tersebut bisa dituju dengan berjalan kaki. Hanya saja, ketika hari sudah malam dan air laut sedang pasang, mengunjungi pulai tersebut harus menggunakan perahu.

Dalam bahasa setempat,  Pulau Pisang Kecil disebut dengan Pulau Pisang Ketek.  Pulau ini tidak berpenghuni. Terdapat pohon kelapa yang menjulang tinggi membuat suasana pulau begitu damai. Walaupun tidak berpenghuni, namun di pulau ini banyak disediakan dipan bambu yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Selain itu, di sini juga ada pedagang makanan dan minuman ringan.

Pulau Pisang Besar/Pulau Pisang Gadang

Nah, dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari Pulai Pisang Kecil, ada sebuah pulau bernama Pulau Pisang Besar atau Pulau Pisang Gadang. Ketika senja tiba, pulau ini membentuk siluet yang begitu indah dan mempesona dengan langit jingga sebagai latarnya.

Lain halnya dengan Pulau Pisang Kecil, Pulau Pisang Besar ini dihuni oleh penduduk setempat. Bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di pantai ini, maka bisa menginap di rumah penduduk yang memang difungsikan sebagai homestay.

Fasilitas Pantai Air Manis

Pantai Air Manis

Sebelum berkunjung ke suatu tempat, anda tentunya akan mencari tahu fasilitas apa saja yang ada. Namun, jangan khawatir karena fasilitas di Pantai Air Manis sudah terbilang lengkap sehingga liburan anda akan nyaman dan menyenangkan. Fasilitas dasar seperti di tempat-tempat wisata lainnya sudah ada di sini sepert misalkan tempat ibadah, WC umum dan kamar mandi.

Untuk pengunjung yang tidak membawa bekal makanan, tidak perlu khawatir karena di sini telah disediakan warung dan restoran yang menyediakan aneka menu yang lezat seperti nasi kapau, ikan bakar dan berbagai menu makanan yang lainnya.

Tidak hanya itu, di sini juga sudah disediakan fasilitas yang lainnya seperti misalkan gazebo untuk beristirahat yang bisa digunakan oleh para pengunjung sambil menikmati pesona keindahan pantai. Ada juga perahu dayung, serta perahu motor yang bisa disewa apabila ingin menyusuri kawasan perairan. Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa motor ATV jika ingin menyusuri bibir pantai yang panjang.

Apabila ingin menghabiskan waktu lebih lama di pantai ini, pengunjung dapat bermalam dengan menyewa kamar hotel atau villa. Selain itu, bisa juga dengan memanfaatkan rumah penduduk yang biasanya disewakan. Hanya saja, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya homestay hanya bisa ditemukan di Pulau Pisang Besar. Sehingga untuk menuju ke sana anda harus menyebrang menggunakan perahu.

Bagi ibu-ibu yang hobi berbelanja, di Pantai Air Manis juga banyak pedagang yang menjual makanan khas Padang dan aneka pakaian yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Rute Menuju Pantai Air Manis

Pantai Air Manis

Ingin berkunjung ke Pantai Air Manis? Agar tidak salah jalan anda tentu harus mengetahui rute menuju Pantai Air Manis. Untuk sampai di sana anda bisa naik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Pantai Air Manis yang lokasinya ada di Belakang Gunung Padang beralamatkan di Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat. Dari pusat kota Padang, pantai ini jaraknya 10 km sehingga pantai ini lokasinya mudah dijangkau. Ditambah lagi akses jalan ke lokasi sudah bagus dan dilalui oleh angkutan umum. Untuk masalah transportasi para pengunjung  tidak perlu khawatir.

Apabila anda naik angkutan umum, untuk sampai di Pantai Air Manis anda bisa berangkat dari Kota Padang dengan menaiki bus Trans Padang. Anda akan menempuh rute Lubuk Buaya –Pasar Raya sampai Atas Kota melalui Jl. Raya Telur Bayur. Nah, jika anda sudah sampai di Persimpangan Pantai Air Manis, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menaiki ojek atau angkutan kota.

Jika anda akan naik kendaraan pribadi, anda bisa mengikuti papan petunjuk yang tersebar di jalan. Jika masih kesulitan anda bisa bertanya pada masyarakat ataupun menggunakan maps.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Air Manis

Tiket masuk Pantai Air Manis terbilang cukup murah. Anda hanya cukup membayar 5 ribu rupiah. Dengan harga tiket masuk yang murah anda dapat menikmati indahnya pemandangan pantai dan sekitarnya. ( Lihat juga : Menikmati Pesona Pantai Balekambang, Wisata Malang yang Indah nan Mempesona )

Untuk parkir akan dikenakan biaya 5 ribu untuk mobil. Sedangkan untuk sepeda motor sebanyak 3 ribu.

Harga tiket masuk dan parkir tersebut sewaktu-waktu dapat berubah.

Tips Berwisata

Anda tentu ingin liburan anda menyenangkan, aman dan nyaman. Maka dari itu, anda harus  memperhatikan beberapa tips seperti berikut ini.

  • Menjaga kesehatan sebelum pergi berlibur sangat penting dilakukan agar liburan anda nyaman dan menyenangkan. Pastikan tubuh anda dalam kondisi sehat dan bugar.
  • Jika akan memakai kendaraan pribadi, anda harus memastikan kendaraan anda dalam kondisi prima.
  • Bawa semua hal yang anda butuhkan untuk diperjalanan maupun saat di lokasi. Seperti makanan, baju ganti, obat-obatan dan lain sebagainya.
  • Ketika melakukan aktivitas di pantai, sinar matahari yang  terik akan menghalangi pandangan anda. Selain itu, sinar UV juga tidak baik untuk mata. Maka jika berlibur ke pantai disarankan untuk memakai kacamata hitam.
  • Saat berwisata di pantai, anda tentunya tertarik untuk bermain air. Maka dari itu, disarankan untuk membawa baju ganti, handuk dan perlengkapan mandi yang lainnya.
  • Ketika di lokasi, sebagai pengunjung anda tentu harus ikut serta menjaga kelestarian pantai. Hindari membuang sampai sembarangan dan selalu mematuhi peraturan yang berlaku di sana.
  • Berlibur ke pantai, menyaksikan keindahan pantai dan melakukan banyak aktivitas yang menarik akan membuat liburan menyenangkan. Oleh karena itu, pantai selalu menjadi tujuan wisata banyak orang. Untuk anda yang sedang mencari tempat wisata pantai yang indah di Padang, anda bisa mengunjungi Pantai Air Manis. Anda bisa pergi berlibur bersama teman-teman ataupun keluarga agar liburan anda semakin menyenangkan.

Nah, itulah beberapa informasi tentang Pantai Air Manis yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply