Panorama Alam di Taman Buru Gurung Masigit Kareumbi yang Mempesona

Berwisata dengan mengunjungi alam yang sejuk dan damai seringkali menjadi pilihan wisata yang menyenangkan untuk sebagian orang. Terutama mereka yang tinggal di kota-kota besar dan jenuh dengan kebisingan suara kendaraan, polusi udara yang tiada berkesudahan sampai dengan deadline pekerjaan di kantor yang seringkali membawa beban pikiran yang begitu besar.

Sudah saatnya, mengecas kembali pikiran dan jiwa dengan sesuatu yang akan dapat memulihkan perasaan jenuh dan tertekan. Liburan menjadi salah satu alternatif yang banyak dipilih sebagai pelipur penat dan stress yang dialami setelah pekerjaan dan tekanan di lingkungan yang sudah tak tertahankan.

Nah, anda yang berencana atau sedang mencari-cari tempat wisata bernuansakan alam yang menyenangkan plus disertai dengan pemandangan yang elok. Maka bahasan kali ini akan sangat cocok untuk anda. Di Jawa Barat adalah sebuah kawasan wisata di daerah konservasi bernama Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi.

Belakangan ini kawasan wisata ini menjadi sangat terkenal. Banyak keluarga dan gathering perusahaan yang dilakukan di tempat ini. Udaranya yang sejuk dan tempat yang bernuansakan alam menjadikan tempat ini sangat menarik untuk anda cicipi sebagai tempat wisata bersama dengan keluarga.

Selintas Mengenai Taman Buru Guru Masigit Kareumbi

Panorama Alam di Taman Buru Gurung Masigit Kareumbi yang Mempesona

Memiliki nama lengkap yang cukup panjang, orang-orang sekitar yang sudah pernah ke tempat ini seringkali menjuluki tempat ini dengan sebutan TBMK atau kependekan dari Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi. Tempat ini pada awalnya memang merupakan area untuk berburu. Namun pada akhirnya dijadikan area hutan konservasi.

Karena tempatnya yang cukup menarik untuk dijadikan tempat wisata. Belakangan ini akhirnya, Masigit Kareumbi dimanfaatkan sebagai tempat wisata dimana pengunjung akan dapat melakukan berbagai kegiatan seru dan menyenangkan. Mulai dari menginap, pelatihan dan outbond, hiking dan masih banyak lagi.

Anda yang ingin berlibur ke tempat ini tentu tempat yang ada di Jawa Barat ini akan bisa anda kunjungi bersama dengan keluarga. Tidak ada salahnya membawa serta si buah hati dan sanak saudara karena pengalaman berlibur ke tempat bernuasakan alam ini akan terasa semakin hangat saat anda datang beramai-ramai.

Lokasi Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi

Panorama Alam di Taman Buru Gurung Masigit Kareumbi yang Mempesona

Secara administratif tempat wisata ini berada di 3 wilayah kabupaten yakni Bandung, Garut dan juga Sumedang. Lokasi dari posko Masigit Kareumbi ada tepat di persimpangan wilayah 3 kabupaten tersebut. Yang unik dari tempat ini adalah untuk bisa melintasi ketiga kabupaten tersebut anda bisa menempuhnya dengan flying fox.

Fasilitas dan Akomodasi

Secara fasilitas, kawasan wisata ini termasuk ke dalam tempat wisata yang telah dikembangkan dengan sangat lengkap. Terdapat akomodasi yang bisa digunakan untuk menginap di kawasan ini. Diantaranya adalah rumah pohon kareumbi, kemudian ada juga rumah rusa, ala dan bahkan rumah rusa. Anda yang ingin bermalam dengan konsep menyatu bersama dengan alam maka fasilitas seperti camping akan bisa anda nikmati.

Tersedia kawasan untuk camping di tempat ini. Anda bersama dengan keluarga atau kerabat bisa menikmati fasilitas yang satu ini. Lengkap bersama dengan perapian dan api unggun, suasana yang menyenangkan akan dijamin membuat momen liburan anda di tempat ini semakin menyenangkan.

Ada juga fasilitas pendukung lainnya yang akan memudahkan anda untuk bisa melakukan banyak kegiatan di tempat ini. Beberapa fasilitas yang sudah tersedia diantaranya adalah mushala, kantin, area parkir kendaraan, toiler, ruangan untuk kelas pelatihan dan masih banyak lagi.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Karena tempat ini sudah dikembangkan menjadi kawasan wisata alam maka ada cukup banyak kegiatan menarik yang akan bisa anda lakukan di tempat ini. Namun satu hal penting yang harus diperhatikan dengan baik adalah meski nama dari tempat ini adalah taman buru. Namun kegiatan perburuan tidak diperkenankan untuk dilakukan. Sebab hewan dan tumbuhan yang ada di hutan kawasan wisata Masigit Kareumbi ini adalah mahluk yang dilindungi sebagai bahan konservasi.

Lantas apa saja sih kegiatan yang bisa dilakukan di Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi? Beberapa daftarnya di bawah ini akan dapat anda simak dengan baik.

Jungle Trek

Kegiatan pertama yang akan dapat anda lakukan di Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi Jawa Barat ini adalah Jungle Trek. Kegiatan hiking dan treking di kawasan ini bisa sangat menyenangkan karena sebagian besar pengunjung yang datang ke tempat ini memang tertarik untuk melakukan kegiatan yang satu ini. Tak sedikit diantara mereka yang membawa anak-anak yang sudah remaja.

Memperkenalkan kehidupan alam secara langsung dan menyaksikan pemandangan yang elok di kawasan hutan ini akan tentu menjadi momen yang sangat menyenangkan. Anda akan dipandu oleh petugas untuk melewati beberapa lokasi yang menarik di area penangkaran rusa jawa, hutan sekitaran lokasi dan masih banyak lagi.

Masigit Kareumbi Bike Park

Anda para pecinta sepeda, kegiatan bersepeda di alam terbuka akan pula bisa anda praktikan di tempat yang satu ini. Bersepeda mengitari kawasan hutan akan tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menantang. Pastikan agar kegiatan ini berjalan dengan lancar maka persiapan fisik dan mental menjadi hal yang penting untuk anda perhatikan dengan baik.

Agar demikian anda bisa menyusuri lokasi-lokasi yang menarik dikawasan sekitaran hutan. Tak perlu khawatir tersesat karena selain berkendara bersama dengan komunitas sepeda, ada pula pemandu yang akan memandu anda menunjukan lokasi-lokasi menarik disekitaran kawasan ini.

Camping Ground dan Pelatihan

Panorama Alam di Taman Buru Gurung Masigit Kareumbi yang Mempesona

Kegiatan lain yang akan dapat anda lakukan di tempat ini adalah camping ground. Terdapat area khusus yang bisa anda manfaatkan untuk menginap dan menyatu bersama dengan alam. Selain itu, ada pula ruangan terbuka yang juga bisa anda manfaatkan untuk kegiatan-kegiatan seperti pelatihan outdoor dan hal-hal lain sejenisnya.

Tak hanya itu, terdapat pula area masigit kareumbi yang akan dapat dinikmati sebagai tempat pelatihan perusahaan, lokasi gathering keluarga atau organisasi atau mungkin untuk sekedar tempat having fun saja. Anda yang datang ke tempat ini disarankan datang bersama dengan rombongan agar kegiatan berwisata kali ini terasa lebih semarak.

Pastikan pula bawa perbekalan yang cukup sementara untuk urusan menginap ada banyak akomodasi dan fasilitas menginap yang akan tentu dapat anda nikmati di kawasan sekitar tempat wisata. Sehingga anda tak perlu bingung mencari tempat istirahat sewaktu main ke tempat ini.

Leave a Reply