Pakaian Tradisional Dari Berbagai Negara Ini Bukti Nyata Keunikan Dunia

Budaya memang menjadi salah satu warisan yang sangat berharga dan tentu tidak bisa dibandingkan dengan sesuatu apapun. Warisan budaya memang memiliki beragam jenis yang sangat menakjubkan. Baik adat istiadat, tradisi, serta warisan budaya berupa barang tentu menjadi hal yang patut untuk kita lestarikan sampai sekarang. Bagaimanapun juga, warisan budaya memang meninggalkan tonggak sejarah yang tidak pernah bisa dilupakan. Selain menjadi warisan budaya bagi populasi tertentu, budaya juag menjadi salah satu ciri dan identitas suatu bangsa.

Seperti salah satu warisan budaya yang tetap dilestarikan dan diagung-agungkan sampai masa kini yakni pakaian adat. Pakaian memang menjadi ciri dan karakteristik suatu bangsa karena dengan pakaian kita bisa mengenal dari mana bangsa tersebut. Tentu kita perku tahu bahwa sejak sekitar 170.000 tahun yang lalu manusia sudah mengenal yang namanya pakaian. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi pada pakaian. Fungsi utamanya pakaian yakni untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin dan juga panas.

Namun, untuk saat ini pakaian bukan lagi sebagai alat untuk menghangatkan tubuh dan melindungi tubuh dari cuaca dingin dan juga panas. Hal ini dikarenakan pakaian menjadi tren fashion dan ciri dari pemakainya. Seperti pakaian adat yang saat ini mulai ditinggalkan. Berikut ini beberapa pakaian tradisional wanita dari berbagai negara yang menjadi ciri dari suatu bangsa!

Kebaya

Pakaian tradisional yang pertama tentu berasal dari negara kita sendiri yaitu kebaya. Pakaian adat ini memang masih menjadi tern fashion saat ini terlebih dipakai untuk acara tertentu. Sebenarnya, hampir negara di Asia Tenggara memiliki pakaian tradisional yang hampir mirip dengan kebaya. Namun, Indonesia lebih terkenal dengan kebaya yang dipakai oleh wanita dari suku Jawa sehingga menjadi pakaian tradisional yang terkenal hingga kini.

Kimono

Anda pasti tahu darimana asal pakaian tradisional yang kedua ini. Pakaian ini menjadi salah satu pakaian adat tradisional yang terkenal di dunia. Tentunya, banyak berbagai acara yang memakai kostum mirip kimono ini. Pakaian ini berbentuk huruf 'T' dengan mantel yang berlengan panjang dan juga berkerah. Pakaian yang mirip dengan kimono ini tentunya lebih simpel yang kerap diberi nama yukata. 

Hanbok

Pakaian tradisional yang satu ini tentunya hampir sama dengan pakaian tradisional dari Jepang. Hanbok memang menjadi pakaian  ciri yang khas. Biasanya warna Hanbok ini berwarna cerah dan tidak memiliki saku. Hanbok ini tentunya terbagi menjadi 2 bagian yaitu bagian atas (jeogori) dan bagian bawah rok (Chima).

Klederdracht

Pakaian tradisional ini berasal dari negeri kincir angin. Pakaian ini memiliki ciri yang unik dan juga khas dengan topi yang jarang terlepas dari pemakainya. Ditambah  dengan sepatu khas dan kaus kaki sehingga menambah karakteristik yang kuat dari pakaian tradisional khas Belanda ini. Tidak heran jika baju tradisional dari Belanda ini cenderung ramai.

Dirndl

Pakaian tradisional yang satu ini berasal dari Jerman. Pakaian ini memiliki keunikan tersendiri dimana awalnya pakaian ini sering digunakan oleh para pembantu rumah tangga di Jerman. Selain itu, pakaian ini dikenal dengan pakaian pegunungan yakni pegununan Alpine. Pada jaman dulu Dirndl ini digunakan sebagai pakaian santai dan kerap digunakan sebagai pakaian untuk melakukan perayaan khusus. Pakaian ini memiliki ciri khas yakni pakaian satu sel dengan rok yang dikenakan di bawah pinggang dan tinggi di atas lutut.

Gomesi

Pakaian tradisional yang satu ini tentu tidak kalah uniknya dengan pakaian tradisional yang lainnya. Pakaian tradisional ini berasal dari negara Uganda.  Ciri khusus yang ditonjolkan dari pakaian ini yakni pada lengan yang berbentuk gelembung. Dengan panjang semata kaki dan diikat agak longgar pada bagian pinggang dengan menggunakan kain yang cukup panjang. Saat ini gomesi digunakan untuk pakaian di dalam sebuah perayaan seperti pesta pernikahan dan juga pemakaman. Namun berbeda dengan masyarakat Uganda yang tinggal di perkampungan. Mereka kerap menggunakan gomesi sebagai pakaian yang digunakan sehari-hari.

Khanga

Kenya memang memiliki budaya yang unik dimana pakaian yang digunakan oleh para wanita di Kenya ini sangat tertutup. Pakaian tradisional ini mirip dengan hijab yang dibiarkan menjuntai sebagai penutup kepala. Motif kain yang digunakan pada pakaian tradisional Kenya ini yakni bermacam-macam dan tentu memiliki motif yang menarik perhatian orang yang melihatnya.

Saree

India memang kental dengan budayanya baik tradisi maupun adat istiadat yang dilakukan sehari-hari. Seperti salah satu warisan budaya dari India yang tentu masih kerap digunakan hingga saat ini yakni Saree. Saree ini merupakan pakaian tradisional khas India yang memiliki ciri khusus dan terbilang sangat unik. Di Indonesia, pakaian tradisional ini disebut dengan kain sari. Pakaian yang panjang dengan kain yang cukup tipis ini biasa digunakan baik dalam aktivitas sehari-hari ataupun saat upacara perayaan tertentu.

Bagaimana sangat unik dan fashionable, bukan? Itulah beberapa pakaian tradisional yang berasa dari beberapa negara di dunia. Yuk bagikan konten ini kepada teman dan juga kerabat Anda. Selamat mencoba ya...