Tidak Perlu Keluar Rumah, Kegiatan Ini Bisa Bikin Ngabuburit di Rumah Menjadi Seru

Ketika bulan Ramadhan, anda mungkin sering melakukan kegiatan ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka puasa. Jalan-jalan di sore hari atau mengunjungi tempat-tempat seru sering anda lakukan di bulan Ramadhan tahun lalu. Namun, bulan puasa tahun ini terasa sangat berbeda mengingat adanya wabah pandemi virus Corona. Anda tentu tidak bisa pergi ke luar rumah untuk ngabuburit karena adanya himbauan untuk tetap berada di rumah demi memutus penyebaran virus Corona.

Meskipun begitu, anda tetap bisa melakukan ngabuburit di rumah saja. Ada banyak kegiatan seru yang bisa anda lakukan di rumah sambil ngabuburit bersama keluarga. Nah, beberapa kegiatan ini bisa anda lakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Ngabuburit di rumah

Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Ngabuburit di Rumah

Ngabuburit di rumah bersama keluarga akan membuat anda lebih dekat dengan mereka. Beberapa kegiatan seru ini bisa anda jadikan pilihan saat ngabuburit.

Menonton Film

Menonton adalah kegiatan menyenangkan yang banyak disukai, baik oleh orang dewasa ataupun anak-anak. Menonton dapat mengisi waktu kosong kita menjadi lebih seru, selain itu juga sebagai hiburan sederhana yang bisa kita dapatkan dengan mudah.

Menonton film bisa menjadi kegiatan seru yang bisa anda lakukan untuk ngabuburit atau menunggu waktu buka puasa. Agar lebih seru anda bisa menonton bersama dengan keluarga tercinta. Ada banyak film seru yang bisa anda jadikan pilihan. Agar sesuai dengan tema Ramadhan, anda bisa menonton film bernuansa islami.

Baca juga : Fakta Unik Masyarakat Indonesia Selama Bulan Ramadhan

Tadarusan

Anda juga bisa tadarusan bersama keluarga tercinta. Selain menjalankan ibadah puasa, umat islam juga akan melengkapi ibadahnya dengan mengkhatamkan kitab suci Al-Qur-an. Apabila anda melakukan tadarusan dengan rutin dalam setiap harinya, anda dapat khatam Al-Qur’an dalam waktu 30 hari.

Menonton Ceramah

Menonton ceramah dapat anda lakukan untuk mengisi waktu ngabuburit di rumah. Menonton ceramah akan menambah ilmu agama anda dan keluarga. Anda bisa menonton ceramah di stasiun televisi ataupun diyoutube.

Berkebun

Berkebun dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat untuk mengisi waktu ngabuburit anda di rumah. Jika anda memilik halaman kosong di rumah, daripada dibiarkan begitu saja lebih baik sulap menjadi mini kebun. Anda bisa berkebun bersama keluarga tercinta di rumah saat sore hari sambil menunggu waktu buka puasa.

Anda bisa menanam aneka tanaman kesukaan anda, baik itu pepohonan, aneka bunga ataupun sayuran. Mini kebun yang anda buat di depan ataupun di belakang rumah akan membuat rumah semakin indah. Bahkan hasil kebun nantinya bisa anda panen dan dimasak.

Olahraga Ringan

Melakukan olahraga ringan juga dapat menjadi kegiatan seru saat ngabuburit. Dengan melakukan olahraga ringan di rumah akan dapat meningkatkan pasokan energi. Namun, jika hendak melakukan olahraga saat puasa, anda harus memilih waktu yang tepat. Waktu yang dianggap pas untuk berolahraga ringan yaitu menjelang buka puasa.

Mengingat anda sedang menjalankan puasa pastikan anda jangan melakukannya terlalu lama. Ada banyak jenis olahraga ringan yang bisa anda jadikan pilihan seperti misalkan,

  • Jalan santai di sekitar rumah
  • Yoga
  • Senam, dan lain sebagainya

Dengan melakukan olahraga tubuh anda akan senantiasa tetap sehat dan bugar.

Membaca Buku

Anda suka membaca? Hobi anda bisa menjadi pilihan sebagai kegiatan seru untuk mengisi waktu sambil menunggu buka puasa. Mungkin ada banyak buku yang belum sempat anda selesaikan. Inilah waktunya untuk menyelesaikan membaca buku tersebut. Namun, tidak ada salahnya anda juga membaca buku-buku baru yang sangat ingin anda baca.

Membuat Kerajinan Tangan

Daripada terus menerus berdiam diri, alangkah lebih baik jika anda melakukan kegiatan bermanfaat sambil menunggu waktu berbuka puasa. Anda bisa membuat aneka kerajinan tangan yang langsung bisa anda gunakan, seperti dipajang sebagai hiasan rumah atau bahkan bisa dijual.

Ada banyak kerajinan tangan yang bisa anda buat di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sudah tidak terpakai. Seperti misalkan membuat anyaman dari koran, lalu anda bisa merwarnainya dengan warna-warna yang cantik, lampu hias yang terbuat dari botol, bingkai foto dari stik es krim, pot bunga yang terbuat dari botol bekas lalu dicat agar semakin cantik, membuat tempat penyimpanan dari kardus dan lain sebagainya.

Mendekorasi Kamar atau Ruangan Lainnya di Rumah

Jika anda sudah lama ingin mempercantik kamar atau ruangan lainnya di rumah, anda bisa melakukan kegiatan itu sekarang sambil ngabuburit. Anda bisa mengubah desain interior ruangan-ruangan di rumah anda atau mendekorasinya agar semakin cantik.

Anda bisa melakukan hal-hal sederhana seperti mengubah posisi perabotan untuk mendapatkan suasana baru, memasang hiasan atau menambah aksesoris. Agar kegiatan ini menjadi maksimal sebelumnya anda bisa membuat perencanaan selama bulan Ramadhan, lalu melakukannya dengan rutin.

Bermain Game

Banyak sekali pilihan permainan di smartphone yang bisa kita mainkan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan anda. Selain game online, anda juga bisa melakukan permainan yang dapat dilakukan langsung bersama dengan keluarga tercinta di rumah seperti monopoli, ular tangga dan lain sebagainya.

Melakukan Perawatan

Sesekali anda juga perlu melakukan perawatan tubuh di rumah. Anda dapat memanjakan diri dengan melakukan perawatan di rumah tanpa harus pergi ke salon seperti misalkan melakukan luluran, maskeran hingga berendam di dalam air hangat. Kegiatan ngabuburit yang satu ini dijamin akan membuat tubuh anda menjadi lebih rileks dan segar.

Artikel lainnya : Fakta Unik Tentang Kolak yang Jarang Diketahui

Memasak

Jika anda biasanya pergi keluar untuk membeli makanan atau cemilan berbuka puasa, di masa pandemi seperti sekarang ini anda bisa ganti kegiatan membeli takjil atau cemilan ke luar rumah dengan memasak sendiri makanan untuk buka puasa di rumah.

Anda bisa menyesuaikan sendiri menu makan sesuai dengan selera. Selain itu, masak sendiri di rumah juga dapat menghemat pengeluaran. Anda bisa menemukan aneka resep makanan di internet untuk memudahkan anda ketika memasak.

Membuat Cemilan Kekinian

Waktu ngabuburit anda juga bisa diisi dengan membuat aneka cemilan kekinian. Ada banyak sekali cemilan kekinian yang bisa anda coba buat di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana. Kegiatan ini juga akan mengembangkan kemampuan anda memasak.

Bermain dengan Keluarga

Kegiatan Ngabuburit di rumah dapat menjadi momen untuk mendekatkan diri bersama keluarga tercinta. Momen ini bisa diisi dengan bermain bersama. Anda bisa mengajak kakak, adik atau orangtua untuk melakukan permainan-permainan tradisional seperti catur, kartu dan lain sebagainya.

Bekerja

Momen ngabuburit dapat anda isi dengan menyelesaikan pekerjaan yang belum sempat anda selesaikan. Dengan begitu pekerjaan anda akan selesai dan waktu buka puasa pun akan terasa cepat datang.

Ngabuburit tidak harus dilakukan di luar rumah, karena ada banyak kegiatan seru yang bisa anda lakukan di rumah sambil ngabuburit. Nah, beberapa kegiatan di atas bisa anda jadikan pilihan untuk ngabuburit di rumah.

Leave a Reply