Negara dengan Penderita Kanker Terbanyak di Dunia

Baru saja tanah air kita kehilangan satu lagi anak bangsa yang sinar keartisannya begitu gemilang. Yulia Rahmawati atau yang akrab dipanggil Jupe akhirnya harus menghadap Sang Khalik setelah perjuangan melawan kanker serviks yang dijalaninya selama kurang lebih 8 bulan terakhir ini.

Meski telah dinyatakan sembuh dari kanker ganas yang menggerogoti tubuhnya. Namun pada sekitar Maret kemarin dirinya kembali dilarikan ke rumah sakit dan dinyatakan kembali mengidap kanker pada stadium akhir.

Selebritis yang dikenal dengan sejumlah kontroversinya ini pada akhirnya menjelang akhir hayatnya dikenal dengan selebritis yang menginspirasi. Sebut saja beberapa aksi pedulinya yang dengan lantang ia suarakan. Bukan hanya kepada mereka yang membutuhkan. Jupe pun dikenal dengan pribadi yang selalu setia kawan.

Perjuangan yang berat yang ditanggungnya ketika mengidap kanker akhirnya berakhir dengan hadirnya ia dipangkuan Sang Pencipta.

Nah, berbicara mengenai penyakit kanker, rupanya ada beberapa deretan negara di dunia ini yang memegang gelar negara dengan penduduk yang menderita kanker terbanyak di dunia. Seperti apa saja informasinya? Maka mari simak beberapa ulasan pentingnya dibawah ini.

Negara dengan Penderita Kanker Terbanyak di Dunia

Penyakit kanker asalah salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja masyarakat disegala lapisan usia. Tidak memandang ras, warna kulit atau bahkan gender. Penyakit kanker akan dapat menyerang siapa saja.

Rupanya, bukan China, India atau bahkan AS yang dikenal dengan negara dengan penduduk terpadat di dunia yang memiliki penduduk dengan penderita kanker terbanyak. Namun sederetan negara ini memegang gelar dengan penderita kanker dalam jumlah yang besar. Selain berarti tidak sehat, disisi lain peringkat ini menunjukan bahwa negara ini memiliki keunggulan di bidang tekhnologi dalam mendeteksi kanker sejak dini.

  1. Denmark

Negara pertama yang masuk kedalam peringkat negara no.1 dengan penduduk yang menderita kanker terbesar di dunia adalah Denmark. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh organisasi kesehatan tingkat dunia sekelas WHO melalui World Cancer Research Fund (WCRF) menempatkan Denmark sebagai salah satu negara dengan penduduk penderita kanker terbanyak.

Tercatat sedikitnya sekitar 326 dari 100.00 penduduk di negara ini dinyatakan positif menderita kanker. Sebagaimana diutip dari Telegraph, tingginya jumlah penderita kanker di negara tersebut erat kaitannya dengan gaya hidup yang tidak sehat.

Namun memang demikian, negara yang termasuk kedlam wilayah Skandinavia ini memang dikenal dengan jumlah perempuan yang merokok tertinggi dibandingkan dengan perempuan di negara-negara lainnya.

Bukan hanya itu, kebiasaan konsumsi alcohol di Negara ini pun jauh lebih konsumtif dibandingkan dengan Negara-negara lainnya. Akan tetapi disamping itu, banyaknya jumlah penderita kanker ini pun dikaitkan dengan kemajuan ilmu dan bidang tekhnologi dalam mendeteksi kanker sejak dini.

  1. Irlandia

Negara selanjutnya yang masuk kedalam daftar negara dengan penduduk yang menderita kanker terbanyak adalah Irlandia. Tercatat dari setiap 100.00 ribu penduduknya, sekitar 317 orang positif dinyatakan menderita kanker.

Sama halnya dengan negara Denmark, lagi-lagi gaya hidup dikaitkan menjadi penyumbang yang membuat kanker jumlahnya lebih tinggi dialami oleh penduduk di negara ini. Tentunya, jenis kanker yang diderita oleh penduduk beragam. Dalam artian lain, jumlah atau angka yang tercatat merangkum data dari orang-orang yang menderita kanker dengan jenis kanker yang berbeda-beda.

Namun demikian, disamping itu kemajuan bidang tekhnologi pun membuat penyakit mematikan ini lebih mudah dideteksi dengan perkembangan tekhnologi pendeteksi kanker yang beberapa langkah jauh lebih maju dibandingkan nagara-negara lainnya.

  1. Australia

Negara yang bertetangg dengan Republik Indonesia ini rupanya menduduki peringkat ke-3 untuk negar dengan tingkat penduduk yang menderita kanker terbanyak di dunia. Dari jumlayh pendeirta kanker tiap 100.00 penduduk, tercatat sebanyak 314 penduduk dinyatakan menderita kanker secara positif.

Angka ini selisih 3 orang dari Irlandia yang membuat dua negara ini masuk kedalam deretan negara dengan penderita kanker terbanyak di dunia. Tingkat perokok dan konsumsi alkohol di negara ini memang tinggi.

Hal ini dikarenakan alkohol seringkali dijadikan budaya yang dilakukan secara turun temurun. Tak heran bila tingkat penyebaran kanker di negara ini cukup tinggi dan menyebar secara luas. Akan tetapi, kemajuan tekhnologi di Negara ini pun menjadi alasan mengapa jumlah kanker bisa tinggi karena deteksi pada penyakit ini yang jauh lebih cepat.

  1. New Zealand

New Zealand atau yang kita kenal dengan sebutan Selandia Baru pun masuk dalam deretan negara dengan penduduk yang menderita kanker terbanyak di dunia. Dari jumlah penderita kanker tiap 100.000, tercatat sebanyak 209 penduduknya menderita kanker. Jenis kanker yang diderita tentu berbeda-beda. Angka inilah yang membuat negara yang khas dengan keindahan alam dan lautnya masuk kedalam daftar negara dengan penderita kanker terbanyak di dunia.

Meski negara yang satu ini dikenal dengan tingkat kebersihannya yang begitu tinggi. Namun hal ini tidak membuat New Zealand terhindar dari daftar yang satu ini.

Namun demikian, lagi-lagi kemajuan ilmu pengetahuan khusunya dibidang tekhnologi membuat mereka mampu mendeteksi penyakit mematikan ini lebih dini. Sehingga tidak heran bila negara ini mampu mendeteksi kanker lebih cepat.

Namun demikian, kanker memang rupanya tidak bisa dipisahkan dari kebiasaan dan gaya hidup yang dilakukan setiap hari. Hal inilah yang membuat kanker lebih sering didapat karena gaya hidup yang kurang baik yang dilakukan oleh para penduduknya.

  1. Belgia

Negara dengan 3 warna bendera yang berbeda yakni hitam, kuning dan merah ini siapa sangka memasuki daftar negara dengan penduduk terbanyak menderita kanker. Penyakit mematikan ini menyerang banyak penduduk di Belgia. Kemajuan tekhnologi di negara yang satu ini membuat kanker lebih mudah dideteksi dengan lebih cepat dibandingkan negara-negara yang belum mengembangkan alat tersebut.

Sebanyak 307 penduduk dari jumlah tiap 100.000 penderita kanker di negara ini dinyatakan secara positif menderita kanker. Angka ini menunjukkan penyebaran kanker dari kanker pada tahapan awal dan kanker pada stadium akhir.

Selisih berbeda 2 angka dengan New Zealand, membuat Belgia menduduki peringkat terakhir dalam daftar kali ini. Sama halnya dengan beberapa daftar Negara diatas, gaya hidup seperti konsumsi alcohol memang menjadi gaya hidup yang sulit dipisahkan dari masyarakat Belgia.

Itulah dia beberapa daftar Negara dengan penduduk penderita kanker terbanyak di dunia yang bisa kita ketahui kali ini. Penyakit kanker adalah penyakit yang mematikan, selain itu treatment atau pengobatan terhadap penyakit ini begitu mahal.

Oleh karenanya, menjaga dengan baik kesehatan dan menjalani gaya hidup yang sehat akan menjadi hal penting yang perlu untuk selalu diperhatikan dengan baik. Agar demikian, tubuh kita dapat terhindar dari resiko penyakit yang satu ini. Karena tubuh yang sehat akan tentu membuat anda mampu beraktivitas dengan baik.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook