Napak Tilas Sejarah, Ini Dia 5 Tempat Wisata Menarik di Cirebon

Kota Cirebon memiliki sejumlah daya tarik yang tak kalah menarik dibandingkan dengan destinasi liburan favorit lainnya seperti halnya Bandung. Jogja, Malang dan lain sebagainya. Kota yang terkenal dengan sajian mangga gedong gincungnya ini belakangan menjadi pilihan banyak wisatawan mengunjungi tempat yang satu ini. Apalagi saat musim liburan panjang, biasanya banyak pendatang dari luar kota yang menyengaja mengunjungi Cirebon.

Sebagai destinasi wisata edukasi, Cirebon adalah salah satu pilihan tempat berkunjung yang tepat. Sebab ada cukup bamyak situs peninggalan sejarah di tempat ini. Bukan hanya itu, biaya hidup di Cirebon pun terbilang cukup terjangkau. Sehingga bagi anda yang ingin membawa serta keluarga dan kerabat ke tempat ini maka tak perlu khawatir dengana budget yang perlu anda sediakan.

Baca juga: Wisata Lereng Anteng

Nah, untuk mengetahui destinasi atau tempat wisata menarik di Cirebon maka tak perlu berlama-lama lagi. Mari simak beberapa tempat wisata menarik di Cirebon berikut ini.

Napak Tilas Sejarah, Ini DIa 5 Tempat Wisata Menarik di Cirebon

Destinasi wisata mulai dari keraton dan museum akan dengan mudah anda jumpai di Cirebon. Beberapa tempat sejarah ini akan menjadi media yang baik sebagai pembelajaran untuk si buah hati. Jadi tidak ada salahnya bila ketika mampir ke tempat ini bawa serta keluarga dan si buah hati untuk mengeksplorasi tempat-tempat menarik yang ada di Cirebon.

Keraton Kasepuhan

Napak Tilas Sejarah, Ini Dia 5 Tempat Wisata Menarik di Cirebon

Daftar tempat wisata pertama di Cirebon yang wajib untuk anda kunjungi adalah Keraton Kasepuhan. Tempat ini sudah bediri sejak tahun 1529 yang didirikan oleh Pangeran Mas Mohammad Arifin yang mana beliau adalah cicit dari Sunan Gunung Jati. Bangunan kuno yang masih berdiri kokoh hingga sampai saat ini menjadi saksi bisu bagiamana sejarah kerajaan berdiri di tanah Cirebon.

Pada mulanya, Keraton Kasepuhan ini diberi nama Keraton Pakungwati. Tempat ini dulunya adalah pusat pemerintahan di Cirbon. Kemudian penamaan keratin berubah setelah adanya pembagian wilayah pada masa pemerintahan Pangeran Mertawijaya yang juga dikenal sebagai Sultan Sepuh Mohammad Syamsudin Mertawijaya pada saat itu.

Adapun yang menarik dari tempat ini adalah anda akan dapat berkunjung ke dalam museum keraton dan menyaksikan secara langsung peninggalan bersejarah di temapt ini. Beberapa peninggalan yang bisa disaksikan diantaranya adalah kereta kencana, gamelan dari tahun 1426. Adapula lukisan antik Prabu Siliwangi di tempat ini. Selain itu, anda pun bisa menyaksikan langusng rebana peninggalan Sunan Kalijaga.

Keraton Kanoman

Napak Tilas Sejarah, Ini Dia 5 Tempat Wisata Menarik di Cirebon

Destinasi wisata bersejarah lainnya yang bisa anda kunjungi ketika mampir ke Cirebon adalah Keraton Kanoman. Tempat ini tak kalah menarik dari keraton sebelumnya dan banyak pula peninggalan sejarah yang akan dapat anda saksikan di tempat ini. Meski sebenarnya tempat ini sudah banyak mengalami pemugaran namun dekorasi di sekitar keraton masih mempertahankan dekorasi yang asli khas Jawa dan Tiongkok yang kental dengan nuansa sejarah.

Beberapa koleksi benda sejarah yang akan dapat anda saksikan bila berkunjung ke tempat ini diantaranya adalah lukisan, kerajinan dari keramik, kereta kencana Paksi Naga Liman yang begitu lagendaris dan terlihat gagah. Serta banyak hal lainnya yang akan dapat anda saksikan bila berkunjung ke tempat bersejarah yang satu ini.

Tempat ini pertama kali dibangun pada tahun 1678, Keraton Kanoman masih memegang adat dan tradisi yang kental yang diwariskan secara turun temurun. Salah satu tradisi yang masih dipegang teguh hingga sampai saat ini adalah Ritual Panjang Jimat yang sering diselenggarakan pihak keraton.

Ritual ini biasanya dilakukan setiap bulan Maulid. Adapun ritual ini adalah serangkaian kegiatan pencucian benda-benda pusaka milik keraton yang dilakukan selama 40 hari dan dilanjutkan dengan prossi arak-arakan benda pusaka tersebut.

Makam Sunan Gunung Jati

Napak Tilas Sejarah, Ini Dia 5 Tempat Wisata Menarik di Cirebon

Salah satu napak tilas yang sayang untuk terlewatkan ketika mampir ke Cirebon adalah persemayaman terakhir Sunan Gunung Jati yang saat ini sekaligus dijadikan sebagia salah satu destinasi wisata sejarah. Ketika pertama kali berkunjung ke tempat ini anda akan merasakan suasana dan atmosfer yang begitu tenang dan khidmat berlantunkan aya-ayat suci Al-Quran yang bergema disepanjang komplek menuju ke pemakanan Sunan Gunung Jati.

Arsitektur yang unik yang dibuat dibagian pemakanan ini khas dengan nuansa Tiongkok, Arab dan juga Jawa terbentuk sempurna menjadi harmoni yang begitu senada. Adapun daya tarik yang khas dari tempat ini adalah adanya pintu yang berjumlah 9 yang disusun secara bertingkat. Akan tetapi demikian, pengunjung hanya diperkenankan masuk hingga pintu ke 5 saja.

Sementara untuk sisa pintunya hanya diperuntukan bagi keturunan langsung dari Sunan Gunung Jati. Adapun alamat yang akan dapat anda akses untuk bisa sampai ke tempat ini adalah Kompleks Makam Sunan Gunung Jati berlokasi di Jalan Alun-alun Astana Gunung Jati 53, Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati.

Taman Ade Irma Suryani Cirebon Waterland

Napak Tilas Sejarah, Ini Dia 5 Tempat Wisata Menarik di Cirebon

Bila anda dan keluarga sudah kenyang berjalan-jalan dan berwisata sejarah ke beberapa tempat yang kami sebutkan diatas. Kini tiba saatnya untuk mengeksplor sisi ceria dari Cirebon. Wisata wahanaa kolam renang dan waterboom akan dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda bersama dengan keluarga. Di tempat ini anda akan senantiasa memanjakan di buah hati dengan aneka wahana air dan perosotan menarik untuk dicoba.

Adalah Taman Ade Irma Suryani (TAIS) yang oleh anak-anak tahun 90’an tempat ini tidak pernah terlupakan. Dan kini tempat ini disulap menjadi taman wisata yang lebih kekinian yang lebih menarik yakni wahana berenang keluarga. Buka sejak tahun 2014 kemarin tepat yang satu ini tidak pernah sepi dengan pengunjung. Bahkan belakangan tempat ini semakin popular karena banyak pengunjung yang mengabadikan momen di tempat ini yang kemudian dibagikan ke sosial medianya.

Sentra Batik Trusmi

Napak Tilas Sejarah, Ini Dia 5 Tempat Wisata Menarik di Cirebon

Tak lengkap rasanya bila berlibur tanpa berbuah tangan ketika pulang. Nah, salah satu sentra oleh-oleh berupa pakaian dan kain batik yang terkenal di Cirebon adalah Batik Trusmi. Kawasan Trusmi memang dikenal sebagai deretan rumah para pengrajin Batik. Besarnya minat masyarakat berburu kain batik yang beragam menjadikan tempat ini sebagai pusat batik di Cirebon.

Aneka motif dan model pakaian batik bisa anda jumpai dengan mudah di tempat ini. Selain berbelanja, di tempat ini pun anda akan bisa mendapatkan pengalaman membatik secara langsung. karena memeang beberapa galeri batik ada yang menawarkan kursus untuk membatik bagi wisatawan yang tertarik.

Nah, itulah dia beberapa destinasi atau tempat wisata di Cirebon yang menarik untuk dikunjungi. Selain tempatnya yang beragam tentunya destinasi wisata sejarah yang edukatif akan cocok dan bagus untuk si kecil. Jadi demikian, tidak ada salahnya membawa si buah hati ke Cirebon dan tentukan tempat mana saja yang ingin anda kunjungi.

Leave a Reply