MiXi Sosial Media Terkemuka Di Jepang Buatan Anak Indonesia

Mungkin kini anda mengenal Facebook sebagai salahsatu rajanya jejaring sosial di Indonesia bahkan dunia.

Meskipun demikian popularitas dari Facebook tidak serta merta selalu menjadi yang terpopuler di sebuah negara, Jepang contohnya. Di Jepang facebook bukan lah sebuah media jejaring sosial yang menjadi favorit, sebab di Jepang ada sebuah media jejaring sosial lain yang mampu menjadi oeringkat pertama. Dengan jumlah pengguna menyentuh angka 11 juta lebih, situs yang bernama MiXi ini bahkan mampu melampaui MySpace bahkan Yahoo! Jepang.

Lantas ada apa dengan MiXi? Ternyata yang membuat menjadi menarik Mixi merupakan jejaring sosial yang dibuat oleh seorang warga keturunan Indonesia yang Bernama Batara Eto. Batara Eto yang sebelumnya dikenal dengan nama Batara Kesuma tersebut lahir di Medan pada tahun 1979 dan memiliki darah keturunan Jepang dari sang Kakek, hingga akhirnya ia bersekolahdi negeri sakura tersebut di salahsatu universitasnya yakni Takushoku University, dengan mengambil jurusan ilmu komputer.

Kiprahnya di dalam bidang komputer dimulai ketika ia memulai program magangnya ketika kuliah di sebuah perusahaan Jepang bernama e-Mercury. Batara yang pada saat itu menjadi pengguna situs jejaring sosial terkenal friendster kemudian merasa tertarik dan mengajukan rencananya tersbut dalam sebuah proposal kepada pemimpin perusahaan, hingga akhirnya idenya tersebut bisa diterima dan kemudian proyek dijalankan, hingga kini e-Mercury berubah nama menjadi MiXi yang diambil dari kata Mix dan I.

Kepopuleran dari MiXi sendiri ternyata sangat melesat cepat. Hal tersebut terbukti dengan Mixi yang pada tahun 2006 sudah bisa masuk dalam bursa saham di Jepang dan meraih kapitalisasi pasar Jepang pada tahun 2008 dengan jumlah yang sangat mengagumkan mecapai 3Milliar USD. Mengikuti langkah pendahulunya Facebook, Mixi juga melakukan IPO, yakni penawaran perdana saham yang akan go publik kepada p[ara investor yang berminat menanamkan modalnya pada perusahaan tersebut. Meskipun ternyata persiapan IPOnya dirasa tidak mudah, mereka terkendala dengan pengalaman, di mana hampir semua jajaran direksi dari MiXi ssendiri masih terbilang mudada dan tentunya masih hijau secara pengalaman.

Dengan keunikan yang dimiliki Mixi, seperti setiap user baru yang masuk harus mendapat undangan anggota terdaftar, dan fitur komunitas yang dimilikinya MiXi mampu menjadi pemain utama dalam ranah sosial media di Jepang. Viewers rata-rata yang didapatkan oleh Mixi setiap bulannya mencapai 11,75 miliar, hal tersebut sudah mampu menjadi bukti betapa terkenalnya situs jejaring sosial ini di kalangan masyarakat Jepang dan anak muda Jepang khususnya. Kelebihan lain, yakni penggunaan bahasa kanji Jepang yang dipergunakan oleh MiXi menjadi poin penting bagi besarnya nama MiXi sebagai salahsatu jejaring sosial di sana. 

Dengan lalu lintas trafic yang padat serta animo pengguna yang begitu membludak tentunya jumlah pendapatan yang didapatkan dan diterima juga tidak kalah fantastisnya. Pendapatan yang sebagian besar didapatkan dari hasil penjualan iklan yang terpasang mampu membuat nama para pemiliknya yakni Batara serta rekannya menjadi milyuner muda baru yang tercatat di Jepang.

Meskipun Batara kini sudah menjadi bagian warga negara Jepang dan menetap di sana ia selalu memliki keinginan untuk membawa pengalamannya kembali ke tanah air. Sehingga pada November 1009 ia resmi menanamkan investasi serta inkubasi untuk beberapa program startup Indonesia yang ia lihat memiliki prospek cukup cerah untuk kedepannya. Dengan mendirikan sebuah perusahaan bernama East Ventures ia mencoba mewujudkan mimpinya tersebut.

Cukup membanggakan bukan apa yang dilakukan oleh anak bangsa ini?Jangan lupa untuk share artikel dan berikan komentar anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.