Menjajal Surga Wisata di Nusa Penida Bali

Menjajal Surga Wisata di Nusa Penida Bali – Siapa yang tidak mengenal Nusa Penida? Sebuah pulau eksotis yang terletak di sebelah Tenggara Pulau Bali ini adalah surga wisata pada sebuah pulau yang dipisahkan oleh Selat Badung. Banyak orang memburu kawasan wisata yang satu ini karena keindahan surgawi di Pulau Penida membuat banyak turis asing dan wisatawan lokal memburu tempat wisata yang satu ini.

Betapa tidak Nusa Penida menjadi surga yang tak terbantahkan keindahannya. Tak hanya keindahan pantai yang begitu elok dan menawan bahkan ada banyak pemandangan alam yang menarik hati yang bisa ditemukan di tempat ini. Tak heran bila hampir semua orang memimpikan untuk bisa pergi dan berkunjung ke tempat yang satu ini, termasuk mungkin anda yang saat ini tengah mencari-cari informasi atau review di tempat yang satu ini.

Ada cukup banyak kawasan di Nusa Penida dengan pemandangan alam yang begitu surgawi dan menarik hati dimana anda para pengunjung yang akan datang ke tempat ini dijamin anda akan jatuh cinta pada saat pertama kali menyambangi tempat yang satu ini. Penasaan dimana saja tempat yang aduhai di Nusa Penida yang cocok dijadikan tempat berlibur yang menyenangkan? Mari simak informasinya di bawah ini hanya untuk anda.

Sekilas Mengenai Nusa Penida Bali

Kawasan Nusa Penida Bali belakangan menjadi spot primadona dimana banyak orang tertarik untuk datang dan mampir ke tempat yang satu ini. Perairan di Pulau Nusa Penida menjadi terkenal sebab kawasan selamnya yang begitu menakjubkan. Diantaranya terdapat Penida Bay, Batu Abah, Toyapakeh, Malibu Point, Batu Lumbung dan Batu Meling dengan keindahan dan pemandangan yang begitu surgawi.

Tempat ini sangat cocok bagi anda yang hobi untuk mengeksplor keindahan bawah laut dengan pemandangan yang menakjubkan. Biasanya di tempat ini sudah disewakan pula peralatan untuk menyelam, snorkeling dan juga diving. Anda yang ingin menikmati fasilititas tersebut biasanya mereka akan bisa dinikmati dengan cara disewa peralatan menyelamnya.

Jangan lupa bawa serta perlengkapan dokumentasi anda pada saat berkunjung ke Nusa Penida karena pemandangan alam yang begitu eksotis ini akan sangat sayang bila hanya dinikmati selewat dengan kedua mata kita. Siapa tahu, kenangan-kenangan yang anda dokumentasikan dalam sebuah photo atau video tersebut bisa membuat anda mengenang kembali saat saat menyenangkan di Nusa Penida dan mengingatkan anda kembali betapa menakjubkannya tempat wisata yang satu ini.

Sebagai sebuah pulau yang juga berada di bagian Tenggara Pulau Bali, Nusa Penida tak sendiri karena disekitarnya terdapat pulau-pulau kecil seperti Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Yang mana tentunya kedua pulau ini akan tentu bisa anda nikmati saat anda mampir dan main ke Nusa Penida. Nah, beberapa spot menarik yang bisa dinikmati di Nusa Penida diantaranya bisa anda simak di bawah ini.

Setelah sampai di Nusa Penida mari kita jelajahi beberapa spot surgawi yang menyenangkan di bawah ini.

Broken Beach/Pasih Uug

Menjajal Surga Wisata di Nusa Penida Bali

Pantai Pasih Uug atau yang lebih dikenal dengan sebutan Broken Beach ini menjadi salah satu pantai favorit para wisatawan ketika berkunjung ke Nusa Penida. Adapun pemberian nama Broken Beach ini dikarenakan pantai ini dikelelingi oleh sebuah tebing karang yang cukup tinggi dengan ketinggian sekitar 50 sampai dengan 200 meter. Dimana bagian tengahnya terdapat lubang besar yang menghubungkan pantai ini ke bagian laut lepas.

Pemandangan yang lebih eksotis dari Pantai Pasih Uug akan bisa lebih jelas ketika menyaksikan pantai ini dari bagian atas. Penampakan dari atas ini membuat pemandangan pantai nampak seperti sebuah sumur. Ditambah dengan air bir yang amat jernih dan lubang yang terdapat di bagian pantai ini menjadikan pantai ini nampak sangat unik seperti yang ada di film-film sci-fi.

Anda yang ingin menenangkan diri dan jauh sejenak dari hingar bingar kehidupan yang gaduh dan sibuk. Mengunjungi Pantai Pasih Uug ini akan tentu menjadi obat yang amat sangat manjur. Pemandangan alam dan penorama yang begitu eksotis yang ada di tempat ini akan tentu mampu memberikan anda ketenangan yang tidak mungkin didapatkan di tempat lainnya.

Angel’s Billabong

Menjajal Surga Wisata di Nusa Penida Bali

Spot selanjut yang wajib sekali dikunjungi apabila anda datang ke Nusa Penida adalah sebuah muara sungai yang berakhir di laut yakni Angel’s Billabong. Terdapat himpitan karang yang membentuk sebuah kolam memanjang yang ada di ujung muara ini. Tempat ini belakangan menjadi terkenal karena pemandangan muara yang sangat unik ditambah dengan pemandangan air biru kehijauan yang amat sangat jernih yang ada di tempat satu ini.

Hanya saja, akses jalan menuju tempat ini terbilang cukup sulit. Sebab anda harus menuruni tebing baru yang tajam dengan medan yang cukup terjal. Namun begitu dijamin semua lelah dan letih dari perjuangan yang dilakukan untuk sampai ke tempat ini akan terbayar dengan lunas pada saat anda disambut dengan pemandangan alam yang surgawi saat sampai disini.

Bila anda hendak berenang di muara ini sebaiknya tunggu sampai agak surut sebab ketika pasang, ombak di Angel’s Billabong akan cukup berbahaya. Selain itu, yang perlu diperhatikan anda yang tidak terlalu menguasai tehnik berenang sebaiknya jangan asal masuk sendirian. Mintalah teman anda untuk menemani anda sebab bisa mungkin tempat tersebut berbahaya bagi anda yang tidak bisa berenang.

Hal lain yang juga peru diingat dengan baik bagi anda yang ingin menuruni bagian muara sungai sebaiknya lakukan dengan perlahan dan hati-hati. Jangan sampai ketidak sabaran anda membuat anda terluka karena medan bebatuan menuju muara sangat tajam dan berbahaya. Tetaplah bersabar dan lakukan dengan sangat hati-hati.

Adapun waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah pada saat sore hari ketika matahari menjelang ke peraduannya. Pemandangan yang lebih hangat dan bersahabat akan menjadi keindahan yang tak terbantahkan untuk anda.

Pantai Kelingking

Menjajal Surga Wisata di Nusa Penida Bali

Anda yang ingin diving atau snorkeling di Nusa Penida, Pantai Kelingking adalah surga yang tepat yang bisa anda kunjungi disini. Dunia bawah laut menjadi pemandangan yang indah untuk disaksikan ketika anda mengunjungi Nusa Penida. Dan Pantai Kelingking memang sudah menjadi andalan dari Nusa Penida sebagai spot menyelam yang andal.

Pantai Kelingking dikenal pula dengan sebutan Manta Point dimana tempat ini menyuguhkan aneka ragam fauna yang amat mengesankan untuk anda saksikan. Tak heran bila kecantikan tempat ini belakangan menjadi sangat viral di sosial media. Bahkan Pantai Kelingking pada umumnya lebih banyak dikunjungi oleh turis yang ingin mengeksplor keindahan alam bawah laut yang begitu menakjubkan. Wisatawan mancanegara lebih sering memanggil pantai ini dengan sebutan T-Rex Beach karena bentuk tebing yang menjorok ke laut dianggap bentuknya menyerupai dinosaurus.

Untuk bisa menuju ke bibir pantai medan yang harus anda lalui cukuplah ekstrem. Untuknya mereka yang mampir ke tempat ini membutuhkan ketahanan fisik yang prima. Sebab medan yang akan anda lalui adalah tebing tinggi nan terjal yang harus anda turuni hingga bisa sampai ke bibir pantai.

Namun dijamin saat sampai ke bawah semua rasa lelah anda akan terbayar dengan pemandangan pantai yang begitu eksotis ditambah dengan hamparan pasir putih yang menawan dan air jernih bak kristal yang sengaja ditaburkan. Anda yang ingin mampir ke tempat ini penting sekali untuk punya ketahanan fisik yang baik agar sesampainya di bawah anda dapat menikmati keindahan di tempat ini dengan baik.

Nusa Ceningan

Menjajal Surga Wisata di Nusa Penida Bali

Pantai selanjutnya yang bisa anda kunjungi di Nusa Penida adalah Nusa Ceningan. Nusa Ceningan adalah salah satu pulau kecil dari tiga gugusan kepulauan yang ada di Nusa Penida. Lokasi ini terdapat di Desa Lembongan Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung. Ada begitu banyak daya tarik yang bisa anda nikmati ketika berada di tempat yang satu ini.

Yang menarik dari Nusa Ceningan adalah air lautnya yang amat sangat jernih sehingga pemandangan biota laut di tempat-tempat yang dangal dan terdapat banyak karang bisa dilihat dan disaksikan dengan sangat baik. Karena keindahan yang begitu terkenal di tempat ini, tak heran bila banyak wisatawan mampir dan berkunjung ke Nusa Ceningan. Bahkan tidak sedikit mereka para penantang nyali seringkali memamerkan atraksi loncar bebas dari tebing dan langsung ke laut.

Hal tersebutlah yang sekaligus menjadi salah satu daya tarik mengapa banyak turis asing yang mampir dan berkunjung ke Nusa Ceningan. Anda yang tertarik dengan adrenalin yang sama maka anda pun bisa ikut terlibat melakukan aksi lompat bebas dari tebing menuju laut. Hanya saja, perhatikan dengan baik keselamatan anda jangan sampai karena anda tidak memperhatikan dengan baik posisi melompat lantas hal tersebut malah membuat anda beresiko.

Toyapakeh

Menjajal Surga Wisata di Nusa Penida Bali

Toyapakeh adalah titik mula untuk anda yang berasal dari pelabuhan Sanur. Kawasan Toyapakeh juga berbatasan secara langsung bersama dengan Pulau Nusa Ceningan yang mana pemisahnya hanyalah sebuah laut. Ada begitu banyak objek wisata yang menyenangkan dan menakjubkan di Toyapakeh yang sayang dilewatkan saat anda berkunjung ke Nusa Penida.

Selain pemandangan yang surgawi, Toyapakeh pun punya beberapa kapal menarik yang bisa anda nikmati keindahannya. Entah untuk dijadikan background berswa-foto atau mungkin anda ingin mengabadikannya secara pribadi untuk dokumentasi anda saat mampir ke kawasan yang satu ini.

Bukan hanya itu, kawasan Toyapakeh pun amat terkenal dengan cagar budaya bawah laut yang menakjubkan dan cantik. Di tempat ini terdapat Candi Budha yang disemayamkan di tempat ini. Sementara itu, di bawah laut daya tarik yang disuguhkan di Toyapakeh adalah pertanian rumput laut.

Apabila anda berkunjung ke Toyapakeh pada saat musim kemarau maka bila beruntung anda akan menjumpai ikan mola-mola yang cantik nan menarik. Ikan ini hanya ada pada bulan Juli sampai dengan November. Di tempat ini pula anda akan menjumpai spesies ikan lainnya yang tak kalah menarik. Bahkan bila beruntung anda bisa menemukan ikan sepanjang 2 meter yang begitu fenomenal.

Goa Giri Putri

Tak hanya objek wisata pantai yang begitu menakjubkan. Bila anda datang ke Nusa Penida, sempatkanlah untuk mengunjungi Goa Giri Putri yang fenomenal dan tidak pernah sepi dengan pengunjung. Goa yang berada di atas ketinggian 150 mdpl ini memiliki panjang sebesar 310 meter. Tempat yang satu ini tidak pernah sepi dengan yang namanya pengunjung.

Baik mereka yang datang untuk sembahyang atau para wisatawan yang datang hanya untuk menyaksikan ritual keagamaan yang seringkali dilakukan di dalam goa. Tak heran bila tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang penasaran dengan ritual yang seringkali dijalani dan dilaksanakan di tempat yang satu ini.

Bahkan ada sebuah mitos berkembang di Goa Giri Putri tentang air yang mengalir di tempat ini. Konon katanya air yang mengalir di Goa Giri Putri punya kekuatan untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Tak heran sebagian besar pengunjung ikut menikmati mata air yang keluar dari tempat ini. Terlepas dari samanya kepercayaan yang dianut atau tidak yang pasti mata air di tempat ini memang menyegarkan.

Bahkan saking disakralkannya tempat ini, wanita yang sedang haid tidak diperbolehkan masuk ke tempat ini. Sementara itu, pengunjung yang datang ke tempat ini diperkenankan untuk menggunakan sarung dan selendang. Dan juga diminta untuk menjaga ucapan dan tingkah laku untuk tetap menjunjung norma kesopanan selama berada di tempat yang satu ini.

Mata Air Seganing

Menjajal Surga Wisata di Nusa Penida Bali

Bila anda mendamba mengunjungi sebuah kawasan wisata dengan penduduk yang amat sangat ramah maka kawasan Mata Air Seganing adalah tempat yang cocok. Selain keindahan mata air yang begitu fenomenal, tempat ini memang dikenal karena keramah-tamahan penduduknya yang begitu santun dan menyenangkan.

Mata Air Seganing adalah mata air yang begitu eksotis hal ini dikarenakan aliran air yang berasal dari tempat ini secara langsung mengalir ke laut lepas. Namun sayangnya, medan menuju tempat ini sangatlah ekstrem. sebab melewati kawasan yang terjal dengan bebatuan yang tajam.

Belum lagi medan naik turun anak tangga, bebatuan dan tanah serta adanya tebing yang tinggi membuat perjalanan ke tempat ini bisa sangat melelahkan. Namun demikian, sesampainya anda disana semua lelah tersebut akan dijamin terbayar dengan mudah tatkala anda menyaksikan pemandangan mata air yang begitu menyejukkan ditambah dengan penorama alam sekitar yang amat sangat mewah.

Sebelum menjadi tempat wisata seperti saat ini, konon katanya mata air ini dahulu dijadikan sumber penghidupan oleh warga sekitar dalam mendapatkan air bersih. Maka tak heran dibuatkanlah jalan berupa barisan anak tangga yang akan memudahkan si pencari air bisa mengakses tempat yang satu ini.

Leave a Reply