Menjajaki Danau Gunung Tujuh Kerinci, Jambi. Danau Tertinggi Di Asia Tenggara

Menikmati liburan akan terasa lebih menyenangkan jika kita kembali kepada alam.

Alam menyediakan berbagai macam keindahan yang mampu mempesona mata dan menyegarkan fikiran serta hati kita. Indonesia adalah salahsatu lokasi yang memiliki keindahan alam yang sangat mengagumkan, setiap jengkal tanahnya menyimpan keindahan dan keeksotisan yang terkadang sulit dijelaskan oleh kata-kata. 

Dari sekian banyak keindahan alam yang menawan Indonesia memiliki banyak sekali wilayah-wilayah hutan yang masih hijau dan menjadi rumah bagi banyak makahluk hidup baik flora dan fauna. Meskipun memang kini keberadaan hutan dan wilayah hijau makin menipis, tapi alangkah baiknya kita sebagai individu yang bertanggung jawab, tetap berusaha menjaga alam karena alam pulalah yang menyediakan berbagai kebutuhan manusia, di mana salahsatunya adalah sebagai sarana rekreasi dan wisata.

Dari sekian banyak wilayah hijau dan hutan, coba arahkan perhatian dan pandangan anda menuju sebuah lokasi yang berada di Jambi. Di Provinsi Jambi tersebut anda akan menemukan sebuah bentang alam yang luas dan menyimpan berbagai rahasia keindahan alam bernama Taman Nasional Kerinci Seblat. Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan sebuah wilayah hutan dan hijau yang terbesar di Sumatera dan merupakan salahsatu situs warisan dunia seperti yang telah ditetapkan oleh UNESCO.

Taman Nasional Kerinci Seblat memiliki beberapa keindahan yang mungkin sudah tidak asing di telinga anda, beberapa keindahan tersebut antara lain Gunung Kerinci yang merupakan gunung tertinggi di Sumatera, kemudian anda juga akan menemukan rangkaian pegunungan Bukit Barisan dan berbagai keindahan lainnya.

Jika berbicara mengenai keindahan Taman Nasional Kerinci Seblat dan tentunya liburan, sepertinya anda harus mencoba sebuah lokasi indah yang terletak di puncak Gunung Tujuh, sebuah gunung yang terletak di belakang Gunung Kerinci. Lokasi indah itu bernama Danau Gunung Tujuh. Bagi anda pecinta alam atau pendaki gunung mungkin akan lebih memilih mendaki Gunung Kerinci dengan segudang reputasinya yang mengagumkan, namun bagi anda yang hanya sekedar ingin menikmati keindahan alam dari ketinggian bisa memilih Gunung Tujuh dan Danau Gunung Tujuh sebagai pilihan lain.

Meskipun demikian dijamin anda tidak akan merasa kecewa, karena Danau Gunung Tujuh sendiri merupakan sebuah danau yang disebut-sebut sebagai danau yang memiliki posisi tertinggi di wilayah Asia Tenggara. Memiliki ketinggian hampir mencapai 2 kilometer dpl anda akan menemukan sebuah oase kesejukan yang tentunya mengagumkan dan menjadi pengalaman tak tergantikan. Bisa dibayangkan betapa indahnya alam yang terhampar dengan air yang tentunya sangat sejuk dan dingin dengan ketinggian yang cukup mengagumkan itu.

Tercipta dari letusan gunung tujuh bertahun lalu lamanya, lokasi ini terasa sangat alami dan menawan, tak hanya biasa digunakan sebagai tempat melepas kepenatan, bahkan lokasi ini juga menjadi lokasi bagi masyarakat sekitar untuk mencari mata pencaharian dengan mencari ikan.

Dengan segalakeindahan yang dimiliki, Danau Gunung Tujuh juga tidak lepas dari mitos masyarakat yang beredar mengenai berdiamnya sepasang naga juga makhluk halus berwujud harimau. Keunikan lain yang dimiliki oleh danau ini adalah airnya yang sangat bersih dan cukup jernih, di mana anda akan jarang melihat daun yang mengambang dan menotori permukaan danau, dan membuat danu ini tetap bersih. Bahkan dengan segala pesona dan misteri yang dimiliki masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Danau Para Dewa.

Menapaki Danau Tertinggi DI Asia Tenggara

Banyak yang bisa anda dapatkan ketika berkunjung ke danau indah ini. Selama perjalanan mendaki dari bawah ke atas anda akan disuguhi berbagai keindahan alam dari mulai perkebunan penduduk, hingga hutan-hutan di wilayah Desa Pelompek dan Gunung Tujuh.

Sampai di atas anda akan disuguhi oleh sebuah oase indah yang merupakan danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara, bahkan di beberapa bagian pinggir danau anda akan menemukan pasir putih yang menambah keeksotisan danau. Bagi anda yang bermalam dan menginap di sekitar danau anda akan disuguhi oleh keindahan matahari terbit yang sangat mempesona.

Kegiatan lainnya yang bisa anda lakukan di sekitar lokasi danau adalah dengan mengunjungi beberapa lokasi indah lainnya, seperti air terjun dan menjumpai beberapa satwa yang berada di sana. Tak berhenti di situ kegiatan memancing dan menyusuri danau dengan menggunakan perahu nelayan bia menjadi kegiatan yang tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjung ke Danau Gunung Tujuh. Dilanjutkan dengan kegiatan makan serta bercengkrama dari hasil tangkapan yang anda lakukan sendiri akan menjadi pengalaman tak terlupakan selama perjalanan menuju Danau Gunung Tujuh.

Transportasi Danau Gunung Tujuh

Berlokasi di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kerinci, Jambi anda hanya harus menempuh perjalanan dengan waktu 3,5 dari Jambi menuju ke Pelompek setelah sebelumnya melewati Kota Sungai Penuh.

Sampai di Desa Pelompek sebagai gerbang masuk menuju Taman Nasional Kerinci Seblat anda kemudian akan mulai berjalan kaki dan melakukan treking melalui jalan setapak yang cukup landai namun menanjak menuju lokasi. Waktu yang diperkiran untuk bisa sampi dilokasi adalah 2-3 jam perjalanan. Anda bisa mengambil rute melalui pos jaga Gunung Tujuh dengan jarak 3 kilometer meuju lokai atau dari belakang wisma tamu yang berjarak sedikit lebih dekat dengan jarak 2,5 kilometer saja.

Akomodasi Wisata Danau Gunung Tujuh

Berbicara mengenai akomodasi, dengan melihat kondisi lokasi rasanya tidak ditemukan fasilitas penginapan atau hotel yang bisa anda pakai sebagai lokasi berteduh, dan mungkin sebanarnya akan lebih menarik justru jika anda mengunjungi tepian danau dan mendirikan tenda disana untuk menikmati keindahannya juga pada malam hari.

Bagi anda yang memilih penginapan mungkin anda bisa mencari homestay yang berada di Desa Pelompek, tetapi bagi yang ingin mencari hotel anda bisa mendapatkannya di Sungai Penuh, mungkin sembari anda melalui perjalanan pulang.

Terkait dengan kuliner, anda tak usah terlalu khawatir, karena di desa sekitar menuju lokasi danau anda dengan mudah menemukan warung yang menyediakan berbagai makanan khas seperti gulai ikan semah, lemang dan lainnnya. Kuliner lain yang sebaiknya anda coba adalah dengan memasak sendiri ikan yang anda tangkap atau beli dari nelayan yang mencari ikan di danau tersebut.

Tips Wisata

  1. Bagi anda yang berniat mendaki dan bermalam di sekitar Danau Gunung Tujuh sebakinya persiapkan dengan baik keperluan treking dan kegiatan alam seperti tenda dan berbagai lainnya tak terkecuali pakaian hangat, sebab kondisi puncak akan sangat dingin menjelang malam hari.
  2. Bagi yang berniat bermalam, maka sebaiknya persiapkan juga logistik, agar anda tidak perlu harus bolak-balik turun ke bawah untuk menemukan warung, perjalanannya akan cukup memakan waktu dan tenaga, sebab diperlukan hingga 2-3 jam perjalanan.

Tertarik berkunjung ke Danau Tertinggi Di Asia Tenggara ini? Sebarkan artikel ini ke teman-teman dan sahabat anda.

Leave a Reply