7 Pesona Goa Gong Pacitan Sebagai Goa Terindah Di Asia Tenggara

5/5 (4)

Indonesia menyimpan berbagai keindahan alam yang sangat mengagumkan.

Dengan pesona wisata yang menawarkan keindahan yang tiada duanya di dunia Indonesia layak berbangga. Sebagai masyarakat yang tinggal dan mendiami Indonesia kita juga patut bersyukur dengan cara ikut menjaga dan tidak berhenti untuk mengeksplorasi setiap hal baru yang ditawarkan oleh alam Indonesia.

Dari beragam keindahan alam, salah satu yang cukup menarik dijelajahi dan dieksplorasi adalah goa. Goa selalu menyimpan misteri dan keunikannya sendiri melalui penampakannya yang misterius dan gelap. Banyak sekali goa yang tersebar di seluruh tanah Indonesia, namun jika anda bertanya dimanakah wilayah yang memiliki goa cukup banyak, maka jawaban yang mungkin akan keluar adalah Pacitan.

  Pacitan adalah kota dengan seribu goa

 Julukan kota seribu satu goa, bukan hanya sekedar julukan biasa, sebab memang banyak sekali goa yang terdapat di kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini. Di Kabupaten Pacitan terdapat lebih dari 100 goa yang sudah di temukan, namun dari sekian banyak goa ada sekitar 5 goa yang cukup terkenal yaitu:

  1. Gua Gong (Goa terindah dan unik di mana jika di pulul batuannya bias mengeluarkan suara seperti gamelan)
  2. Gua Tabuhan (Goa yang juga bias mengeluarkan suara seperti alat musik)
  3. Gua Dawung (Memiliki 7 sumber air di dalamnya)
  4. Gua Kalak (Goa misteri, yang konon pernah di jadikan tempat pertapaan Presiden Soeharto)
  5. Gua Putri (Konon batuan di dalam nya ada yang berbentuk putri, sehingga di namakan goa putri)

  Goa Gong Pacitan – Jawa Timur

goa gong pacitan

Goa Gong di percaya sebagai gua terindah se-Asia Tenggara

Dari sekian banyak goa yang terdapat di Pacitan, Goa Gong adalah goa yang paling terkenal dan paling ramai di kunjungi orang. Lokasi Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Purung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Lokasi wisata Goa ini telah di lakukan pengembangan dan penataan goa yang baik oleh pemerintah setempat dengan berbagai prasarana penunjang yang lengkap.

Goa Gong kini telah dikenal oleh para wisatawan baik dalam maupun luar sebagai salah satu goa terindah di kawasan Asia Tenggara. Penamaan Goa Goang sendiri berasal dari sebuah batu yang berada di dalam goa yang apabila dipukul, maka akan mengluarkan bunyi seperti alat musik tradisional gong.

Indahnya aneka bentuk dari stalaktit (batuan yang menggantung di atap gua, berbentuk lancip mengerah ke bawah) dan stalagmit (batuan di dasar goa, berbentuk lancip mengarah ke atas) , di padu dengan permainan lampu warna-warni yang begitu menawan, menyoroti ruangan, menyoroti batuan, menambah gemerlap dari stalaktit dan stalagmit, menjadikan anda serasa berada di dunia dongeng atau dunia lain!!!.. Ditambah dengan gemiricik air dari berbagai penjuru ruangan, menjadikan anda benar benar rileks dalam menikmati indahnya suasana goa.

Tonton video di bawah ini, dan saya jamin anda akan dibuat kagum oleh keindahan Goa Gong Pacitan

Jika anda puas dengan keindahan Goa Gong yang terdapat dalam video tersebut, maka anda wajib melanjutkan membaca untuk mengetahui lebih jauh mengenai Goa Gong ini.

Sejarah Goa Gong Pacitan

Sebelum menikmati keindahan yang terdapat di dalam Goa Gong ada baiknya kita mengenal dulu sejarah dan penemuan dari Goa Gong ini.

Berdasarkan buku “Gua Gong Obyek Wisata Potensial di Kabupaten Pacitan” adalah Mbah Joyorejo dan Mbah Noyosemito yang menemukan goa tersebut di tahun 1924. Adalah karena adanya kekeringan pada saat itu yang melanda perkampungan yang memaksa Mbah Joyorejo dan Mbah Noyosemito untuk mencari sumber air. 

Singkat cerita akhirnya mereka menemukan sumber air yang terdapat di dalam Goa Gong tersebut. Namun, masyarakat di sekitar merasa ada nuansa mistis dan angker di dalam goa tersebut, karena banyak suara-suara mistis seperti gong yang muncul dari dalam goa tersebut. Hal ini menyebabkan banyak warga pada saat itu merasa takut untuk masuk ke dalam goa tersebut karena ada suara-suara tersebut. Suara-suara mirip gong tersebut membuat goa ini di namakan sebagai Goa Gong

Saat itu, Goa Gong di anggap angker, karena sering mengeluarkan suara mistis mirip gong

Pada tahun 1995, adalah Pak Wakino dan rekan-rekannya kembali mengadakan ekspedisi untuk melihat lebih dalam Goa Gong ini. Dan hasil ekspedisi ini menyimpulkan bahwa Goa Gong sangat indah dan sangat berpotensi menjadi obyek wisata yang menarik.

Maka, pada tahun 1996 Pemerintah Kota Pacitan melakukan pembangunan di dalam Goa Gong dan sekitarnya dengan menambahkan anak tangga berikut pengaman, lampu, kipas angin, dan sarana dan prasarana umum lainnya yang mendukung Goa Gong untuk di jadikan lokasi wisata yang unik.

Menikmati Pesona Goa Terindah Di Asia Tenggara. Goa Gong Pacitan

 

Keindahan Goa Gong, Pacitan

 ini merupakan salah satu dari sekian banyak goa indah yang berada di kabupaten tersebut. Goa Gong juga terletak tidak terlalu jauh dari sebuah goa lainnya yang juga sangat terkenal yakni Goa Tabuhan. Keindahan Goa Gong sudah sangat terkenal baik di dalam negeri maupun di mancanegara, oleh karena keindahannya bahkan Goa Gong ini ditetapkan sebagai goa yang paling indah di kawasan Asia Tenggara.

indahnya goa gong

Goa Gong di percaya sebagai goa terindah di Asia Tenggara

Keindahan Goa Gong terlihat dari beragamnya batu-batu stalagtit dan stalagnit yang terdapat dalam goa tersebut. Keindahan goa yang berpadu dengan penataan baik dari pihak pengelola membuat suasana dalam goa ini semakin indah saja. Dengan bantuan cahaya lampu yang ada dan berwarna warni, semakin menambah keindahan dari goa yang menawan ini.

Masuk ke dalam perut Goa, anda akan berjalan sejauh 300 meter ke dalam perut bumi. Namun, pengunjung tidak usah khawatir dengan jalur akses masuk ke dalam goa, sebab sudah terdapat anak tangga dan pagar pembatas yang akan membuat wisatawan yang berkunjung ke dalam goa ini merasa nyaman dan aman.

Menuju ke bagian bawah goa, anda akan menemukan sebuah kolam atau sendang yang sangat mengagumkan. Biasanya para wisatawan yang berkunjung akan datang ke sendang tersebut untuk sekedar merasakan kesegaran dari mata air dalam Goa Gong yang sangat indah ini.

sendang goa gong

Jumlah sendang dalam Goa Gong ini sebenarnya mencapai 5 sendang yang kesemuanya dipercaya memiliki nilai magis untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang dimiliki oleh seseorang. Juga  terdapat 7 ruangan di dalam goa ini yang bisa anda eksplorasi, yaitu.

  1. Ruang Sendang Bidadari; Ruangan ini berada dekat mulut gua. Ruang ini berisi kolam kecil dan dengan airnya yang cukup dingin, namun cukup bersih. Terdapat taman bidadari di sampinynya. Ruangan ini cukup indah, dengan lampu warna warni yang menyoroti stalagtit dan stalagmit
  2. Ruang Bidadari (bersebelahan dengan ruang sendang bidadari), konon katanya dalam ruangan ini sering muncul penampakan bidadari.
  3. Ruang Kristal “selo dudur langit” batu yang di percaya sebagai penyangga atap goa.
  4. Ruang marmer “selo citro cipto Agung” yang berarti ciptaan dari Maha Kuasa yang begitu indah.
  5. Ruang Sendang Kamulyaan. Merupakan ruang terbesar yang terdapat dalam goa. Pernah dijadikan sebagai venue dari pertunjukan musik 4 negara. Pertunjukan musik tersebut dilakukan sebagai bentuk promosi atas keindahan Goa Gong ke kancah internasional.
  6. Ruang pertapaan. Di dalamnya terdapat sendang “larung nistho”
  7. Ruang Batu Gong. Terdapat dua sendang di dalamnya, yaitu sendang panguripan dan sendang cambirobo. Ruangan ini merupakan Sajian utama dari goa ini sebenarnya adalah sebuah batu besar yang apabila dipukul akan mengeluarkan bunyi seperti alat musik gong. Batu tersebut pulalah yang menjadi muasal penamaan dari goa yang teramat menakjubkan ini.

batu gong goa pacitan

Akses Menuju Goa Gong

Dengan penataan yang baik dan kesadaran pemerintah daerah akan potensi pariwisata yang dimiliki maka moda transportasi dan angkutan umum, serta fasilitas-fasilitasnya sudah bisa dikatakan cukup baik. Adapun untuk transportasi yang bisa anda gunakan dalam rangka mengunjungi Goa Gong yang indah ini adalah sebagai berikut.

Jalan ke goa gong

bungetos.wordpress.com

Dengan titik awal keberangkatan dari Kota Pacitan, misal dari alun-alun kota pacitan,  maka anda harus berkendara ke arah barat sejauh 21 kilometer, Waktu perjalanan di tempuh kurang lebih 36 menit melalui Jalan Nasional III, kemudian lanjut ke Jalan Pacitan-Solo, melewati Pringkuku menuju Punung. Bertemu dengan Jalan Punung – Goa gong. Dari situ anda tinggal menuju ke arah obyek wisata Goa Gong yang terletak di Desa Bomo.

Penginapan Di Sekitar Goa Gong

Ketersediaan penginapan yang berada di sekitar area wisata ini cukup baik. Anda yang ingin berkunjung bisa menyewa hotel yang berada di sekitaran Kota Pacitan. Banyak sekali hotel-hotel yang menyediakan fasilitas lengkap sesuai dengan kemampuan keuangan dan anggaran yang sudah anda rencanakan sebelumnya, diantaranya

1.Rifqi Guesthouse by DOM Hospitality

  • Jl. Pacitan Donorojo, Kebon, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 635530812-3512-4466
  • Rating: 4.4/5 (Google review)
  • Jarak ke Goa: 4.7 km

2. Homestay Platar Ombo

  • Jalan Pantai Klayar, Donorojo, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia,
  • Rating: 7.6/10 (Traveloka)
  • Jarak ke Goa: 7.1 km

3. Homestay Pak Eko

  • Jalan Pantai Klayar, Donorojo, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia
  • Rating: – 
  • Jarak ke Goa: 7.1 km

4. Larasati Homestay

  • Jalan Pantai Klayar, Donorojo, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia, 63554
  • Rating: 8.8/10 (Traveloka)
  • Jarak ke Goa: 7.1 km

5.Watukarung Prapto Homestay, Surf Accommodation

  • jl. Ketro, Watukarung, Pringkuku, Pacitan Regency, East Java 635520853-2675-7012
  • Rating: 4.6/5 (Google Review)
  • Jarak ke Goa: 19 km

Harga Tiket Masuk Goa Gong Pacitan

Untuk memasuki Goa Gong ini hanya diperlukan tiket masuk untuk anak-anak Rp.5.000,-, Rp 10.000 rupiah untuk tiket dewasa hari biasa, dan Rp.12.000,- untuk tiket dewasa weekend dan hari libur (update Desember 2018). Harga sewa senter Rp.5.000,- dan jasa guide Rp. 30.000,-.

Jam buka dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Anda beserta teman atau keluarga bisa mengunjungi dan mengeksplorasi bagaimana keindahan Goa Gong secara leluasa. Jangan lupa membeli buah tangan berupa souvenir yang dijajakan banyak sekali pedagang di area wisata Goa Gong ini, di mana berupa batu akik yang kini tengah kembali populer di kalangan masyarakat luas.

Berbagai macam fasilitas sudah tersedia di sekitar area wisata ini seperti mushala, rumah makan, hingga toilet. Semuanya ada untuk memberikan kenyamanan pada para pengunjung ketika sedang berwisata di sekitar area Goa Gong.

Tips Berkunjung Di Goa Gong Pacitan

Perhatikan hal-hal berikut jika anda hendak pergi mengunjungi Goa Gong. Tips sederhana ini akan membantu dan sekedar mengingatkan anda utuk senantiasa menjadi traveler atau wisatawan yang bertanggung jawab dan tetap memelihara alam yang dikunjungi. 

  1. Jika berencana berkunjung ke Goa Gong persiapkan fisik. Sebab sebelum anda mencapai Goa Gong sebelumnya anda harus berjalan, dan untuk mengkesplorasi keindahan Goa Gong anda akan meniti tangga yang jumlahnya tidak sedikit.
  2. Di dalam Goa kondisi begitu lembab, jadi persiapkan segalanya guna menghadapi kondisi ini.
  3. Perhatikan jalan anda ketika sedang berkunjung ke dalam goa indah ini, sebab meskipun telah dibekali dengan fasilitas baik, seperti tangga dan pagar pembatas untuk pegangan, tapi air yang menetes dari goa tersebut membuat jalanan menjadi licin, sehingga harus tetap berhatai-hati ketika berjalan.
  4. Jangan sembarangan memegang, bahkan mengambil batuan stalagtit atau stalagnit yang berada di dalam goa tersebut, sebab bisa merusak pertumbuhan dan berefek buruk kepada keindahan goa tersebut.
  5. Jangan sekali-kali mencoba mengotori lingkungan sekitar goa maupun sendang (kolam) yang berada di dalam goa dengan sampah atau berbagai coretan-coretan tidak jelas, agar kelestarian lingkungan goa tersebut tetap terjaga dengan baik.
  6. Jadilah pengunjung yang bertanggung jawab, terhadap kelestarian lingkungan dan alam sekitar yang anda kunjungi.

Tertarik untuk berkunjung ke goa yang paling indah di kawasan Asia Tenggara ini? Jangan lupa share kepada teman dan keluargamu, jangan pula juga untuk memberikan komentarmu.

 

Leave a Reply