Menikmati Pesona Alam Liar Danau Sentarum Di Jantung Borneo

Indonesia memang dikenal dengan kekayaan alamnya yang begitu luar biasa.

Ada begitu banyak flora dan fauna yang hidup dan berkembang di alam Indonesia ini. keberadan mereka menjadi slahsatu daya tarik yang membaut banyak orang tertarik untuk datang da menikmatinya. Dari sekian banyak lokasi tersebut, Kalimantan menjadi salahsatu pulau di Indonesia yang dianggap masih memiliki alam yang alami dan kehidupan alam liar yang menawan.

Dari sekian banyak pesona keindahan alam liar yang dimiliki oleh Kalimantan, Danau Sentarum menjadi kawasan yang dikenal memiliki daya tarik luar biasa bagi banyak orang. Lokasi yang juga dikenal sebagai Taman Nasional ini menyimpan berbagai hal yang mampu membuat anda yang gemar menjelajah alam liar merasa dimanjakan dengan berbagai pesonanya.

travel 7

Pesona Keindahan Alam Liar Danau Sentarum

Danau Sentarum terletak di jantung Kalimantan. Danau satu ini telah ditetapkan menjadi kawasan konservasi atau Taman Nasional dengan alamnya yang masih begitu natural dan alami. Danau Sentarum sendiri merupakan sebuah danau yang sangat unik. Terbentuk dari sekian banyak danau-sanau kecil, Danau Sentarum akan terlihat bagaikan arsipel layaknya Taman Mini Indonesia Indah namun dalam bentuk yang lebih besar dan juga terbentuk secara alami.

Sebenarnya Danau Sentarum sendiri merupakan sebuah daerah tergenang yang jika musim penghujan datang, akan tergenang oleh ribuan kubik air dari Sungai Kapuas, sedangkan ketikamusim kemarau menjelang area tersebut akan mengering dan terbentuklah sebuah padang rumput yang ditumbuhi ilalang raksasa dan juga sungai-sungai kecil yang indah.

Bagi anda yang senang dengan kegitan menjelajah alam, riset flora dan fauna, hingga kegiatan fotografi, maka Danau yang terbentuk pada zaman es atau periode pleistosen ini bisa menjadi area menarik yang bisa menjadi destinasi kunjungan wajib anda sekalian.

Transportasi Menuju Danau Sentarum

Untuk menuju ke lokasi satu ini masih terhitung membutuhkan cukup banyak perjuangan. Perjalanan ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang menggunakan jalur Pontianak ke Putussibau dilanjutkan masuk melalui Jongkong atau anda bisa menggunakan bus malam dari Pontianak ke Sintang, kemudian dilanjutkan masuk melalui Suhaid

Sebagai gambaran, jika anda memilih menggunakan bus maka setidaknya anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 18 jam untuk menuju ke Danau Sentarum. Perjalanan Pontiakan menuju Sintang diperkirakan memakan waktu sekitar 8 jam perjalanan. Setelah samapi di Sintang anda bis membeli perbekalan di pasar dan melanjutkan menuju ke Suhai selama kurang lebih 4 jam perjalanan itupun jika anda tidak terjebak lumpur yang seringkali terjadi jika musim penghujan datang.

Dari Suhaid perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu atau speedboat menuju ke Danau Sentarum perjalanan ini diperkirakan memakan waktu selama kurang lebih 6 jam perjalanan.

Akomodasi Wisata Alam Liar Danau Sentarum

Bagi anda yang tertarik menjelajahi alam liar Danau Sentarum yang terletak di jantung Borneo ini, maka untuk keperluan akomodasi, khususnya penginapan ada beberapa pilihan seperti Stasiun Riset Lapangan Bukit Tekenang atau juga beberapa Homestay yang ada di sekitaran lokasi tersebut. Meskipun demikian, anda tetap perlu mempersiapkan beberpa peralatan menginap lapangan. Hal tersebut perlu dipersiapkan mengingat lokasi tersebut merupakan kawasan konservasi alam yang masih liar dan alami. Selain itu penginapan, khususnya pusat risert hanya baru memiliki beberapa slot kamar.

Berikut ini adalah video yang memperlihatkan keindahan alam liar Danau Sentarum yang masih begitu alami. Silahkan anda simak videonya di bawah ini!

Bagaimana menurut anda? Apakah anda tertarik menikmati keindahan alam liar Danau Sentarum yang masih begtiu nautral dan alami? Silahkan andan berikan terlebih dahulu komentar anda terkait dengan destinasi wisata alam Danau Sentarum yang masih begitu alami dan menyimpan berbagai pwsona flora dan fauna. Jika anda tertarik melihat lebih jauh dna mengunjunginya, maka jangan lupa untuk terlebih dahulu mengajak teman anda dengan cara membagikan videonya melalui media sosial yang anda miliki. Cukup tekan tombol berbagai ke media sosial yang telah disediakan anda bisa mulai berbagi dengan teman dan sahabat anda.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook