Menikmati Lezatnya Rasa Masa Lalu Di Restoran Tip Top, Medan

Rasanya tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk berwisata dan mengekplorasi keragaman makanan dan kuliner dari Indonesia.

Wisata kuliner Indonesia sepertinya menjadi ranah menjanjikan untuk mencoba ditelurusi dan dieksplorasi, sebab jika diperhatikan maka anda akan menemukan beragam makanan sesuai dengan wilayah dan juga kebudayaan Indonesia yang beragam. Cobalah lihat daftar makanan terlezat yang dipilih warga dunia, maka akan muncul beberapa nama terkenal yang masuk dalam jajaran makanan terlezat tersebut, antara lain rendang, nasi goreng dan juga sate, bahkan rendang berada pada posisi pertama makanan terlezat di dunia, maka tidak ada salahnya sekali-kali kita mencoba berwisata kuliner sembari lebih mengenal kearifan rasa Indonesia.

Dari sekian banyak jenis kuliner Indonesia, cita rasa yang ditawarkan mungkin sebagian besar tradisional. Kebanyakan makanan Indonesia sendiri kaya akan rempah-rempah dan rasa yang sangat kuat dan kental. Kekayaan alam akan rempah dan bahan olahan menjadikan makanan Indonesia meskipun beragam tetapi tetap memiliki identitas yang tidak pernah luntur ataupun hilang ditelan kemajuan zaman.
Selain makanan tradisional, makanan yang ada di Indonesia juga tidak lepas pengaruhnya dari nuansa eropa, jejak sisa-sisa peninggalan negara-negara yang pernah menjajah nusantara. Makanan-makanan bernuansa Eropa yang melebur bersama rasa lokal mejadi hal baru yang justru menciptakan suatu rasa yang lain daripada yang lain.

Berbicara mengenai makanan dan wisata, maka cobalah untuk mengunjungi beberapa tempat di Indonesia yang menawarkan rasa tempo dulu baik secara rasa, maupun nuansa. Dari beberapa restoran yang dikenal menawarkan rasa tersebut, maka nama Tip Top di Medan Sumatera menjadi salahsatu tempat yang wajib anda kunjungi, dan menjadi salahsatu daftar wajib kunjungan anda.

Restoran yang berdiri pada tahun 1929 ini hingga saat ini masih berdiri dengan kokoh dan tidak kehilangan pelanggannya. Dengan umurnya yang sudah cukup tua, restoran ini menyuguhkan beragam makanan ala Eropa yang sangat lezat dan terkenal di lidah para pengunjungnya.
Awal berdiri restoran terkenal ini diberi nama Jangkie oleh pemilikinya, nama tersebut berasal dari nama sang pemilik sendiri. Jika kini restoran tua tersebut berada di jalan Kesawan, tidak terlalu jauh dari Tjong A Fie Mansion, ketika awal berdiri restoran ini beralamat di Jalan Pandu, hingga pada tahun 1934 restoran ini pindah dan berubah nama menjadi Tip Top hingga saat ini. Kata Tip Top berarti kesempurnaan.

Berada di lingkungan pemerintahan, restoran ini menjadi favorit bagi kalangan pegawai pemerintahan Belanda kala itu, sebab menu yang ditawarkan terutama kopi Sidikalang menjadi primadona favorit para pengunjung. Meskipun demikian ada fase di mana restoran ini kembali berubah nama dari Tip Top menjadi Jangkie, yakni ketika Jepang yang mengambil alih pemerintahan. Sebab Tip Top dianggap memiliki rasa kolonialisme.

Hingga kini restoran ini menjadi tempat yang tepat bagi para orang tua dan keluarga yang ingin berkunjung dan merasakan makanan lezat. Bahkan beberapa turis dari Belanda sengaja datang kembali ke tempat ini untuk mengenang masa-masa di mana mereka masih berada di indonesia, khususnya Medan.

Dengan reputasinya yang berjalan sangat lama itu, menjadikan Tip Top menyajikan tidak hanya cita rasa lezat dari makanan, tetapi juga cita rasa nuansa nostalgia masa dahulu.

Lezatnya Menu Tip Top

Sebagai sebuah restoran besar dengan konsep menengah ke tas, maka tampilan interior dan cita makanan yang tersaji tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa memesan berbagai jenis makanan dari yang pelafalannya masih standart hingga yang cukup sulit. Dari beberapa menu yang tersedia, nama-nama seperti steak ayam, steak lidah, omelet, nasi gorang fuyunghai menjadi menu utama yang tersedia di tempat ini. anda juga bisa menemukan beragam jenis kue dan cake lezat di restoran ini. sebut saja saucijsebrood, bitterballen, specollas tersedia di Tip Top. Namun yang paling andalan adalah makanan bernama uitsmijter lidah, yakni dua helai roti tawar, masing-masing ditimpa lidah sapi beraroma smokey dan telur ceplok setengah matang. Jangan lupa juga memesan ice cream ketika anda berkunjung ke tempat ii, sebab ice cream yang disuguhkan di restoran ini merupakan ice cream home made yang dibuat menggunakan bahan-bahan pilihan dengan cita rasa yang sama sekali tak berubah dari waktu ke waktu.

Makanan yang tersaji di sini di masak dengan teknik yang sama seperti dahulu tanpa ada perubahan apapun, bahkan tungku kayu bakarnya masih sama menggunakan tugku kayu bakar yang digunakan sejak tahun 1934 pada awal pertma kali pembukaan. Penggunaan kayu bakarnya pun msaih diperhatikan dengan mempergunakan kayu bakar berkualitas baik, sebab kayu bakar berkualitas baik akan berpengaruh terhadap proses memasak dan cita rasa dari makanan tersebut. Yang unik, kayu bakar berjenis mahoni tersebut khusu ditanam oleh sang pemilik, sehingga kayu bakar yang digunakan tersebut bukan hasil membeli bahkan illegal logging.

Beralih ke interior,Tip Top yang menawan serta sangat bernuansa tempoe doeloe merupakan hasil dari idealisme yang kuat untuk tetap mempertahankannya. Di restoran ini anda akan menemukan berbagai funiture khas masa dulu, dan di dindingnya banyak sekali foto-foto yang menggambarkan aktivitas Tip Top pada masa lalu. Bahkan hingga mesin kasir yang masih sangat analog tetap dipertahankan, di mana anda harus membayar secara tunai makanan yang sudah anda makan. Hiburan lain adalah berupa live music Kwint Vocal Group dari ruang musik, merdu terdengar

Masalah harga tak perlu khawatir, sebab dengan menu sekelas yang mereka suguhkan, harga yang ditawarkan sangat murah, sehingga tidak akan terlalu mengura kantong anda terlalu dalam.

Alamat Tip Top

Jika anda berniat untuk merasakan lezatnya makan yang disajikan oleh restoran bernuansa tempo dulu maka anda tinggal menuju titik utama di pusat Kota Medan. Alamat lengkap dari restoran Tip Top ini sendiri adalah Jl. Jendral Ahmad Yani No. 92 (Jalan Kesawan). 061-4532042/061-4514442.

Akomodasi dan Hotel Terdekat

Berada di pusat kota tidak akan menyulitkan anda untuk menemukan berbagai hotel yang memiliki fasilitas bagus dan lengkap. Anda bisa melakukan reservasi di beberapa hotel bagus yang berada sangat dekat dengan lokasi tersebut. 

Tips Berkunjung

  1. Jika anda berkunjung ke tempat ini jangan melewatkan memesan ice creamnya sebab, ice cream yang tersedia di restoran ini merupakan yang paling diburu oleh para pengunjungnya.
  2. Siapkan uang tunai jika berencana makan di restoran ini sebab tidak disediakan pembayaran melalui kartu kredit. Di meja kasir yang tersedia hanyalah kalkulator jadul, sehingga pesanan harus anda bayar secara tunai.
  3. Karena letaknya yang berdekatan dengan rumah Tjong A Fie, maka cobalah untuk berkunjung juga ke rumah tersebut, hingga wisata sejarah masal lalu anda akan semakin lengkap.
 

Tertarik mencoba? Ajak teman dan sahabatmu. Bagikan artikel ini.

Leave a Reply