Menikmati Cahaya Lampu Kota Dari Atas Ketinggian Moko

Jika pilihan liburanmu cukup menguras kantong maka cara menyiasatinya adalah dengan menemukan dan mencoba tempat wisata mengasyikan yang ada di sekitar kita.

Berlibur dalam kota sebenarnya sangat mengasyikan dan menyenangkan terlebih jika yang dikunjungi adalah sudut-sudut yang belum kita eksplorasi dan datangi. Banyak keuntungan yang diperoleh ketika kita mencoba untuk menjelajahi dan berwisata dalam kota. Beragam informasi baik mengenai sejarah, tempat-tempat menarik dan pengetahuan akan kota kita beraal akan semakin terasah dan baik, sebab sebelum kita menjelajah tempat lain ada baiknya kita mengenali dulu apa yang ada di sekitar kita beserta potensi-potensi besar yang dimilikinya.

Menikmati Cahaya Lampu Kota Dari Atas Ketinggian Moko

Indonesia merupakan negara yang sangat eksotis, paduan antara estetika kota dan alamnya sangatlah menarik untuk digali. Bangunan bangunan besar bergaya art deco Eropa hasil peninggalan para penjajah masih bisa dijumpai hampir di banyak kota yang ada di Indonesia, pilihan wisata alamnyapun tidak kalah menariknya, sebab Indonesia sebagai negara tropis adalah surga bagi para pecinta alam. Masih banyak terdapat keindahan alam dari mulai pantai, gunung, hutan, lembah danau dan masih banyak elemen pelengkap lainnya.

Paket wisata alam dan indahnya kota tersebut adalah paduan yang menarik dan bisa menjadi alternatif pilihan wisata dalam kota bagi kalian pecinta wisata.salahsatu kota yang kaya akan wisata adalah Bandung. Berkeliling dan menggali potensi Bandung memang tidak ada habisnya, selalu ada tempat baru untuk dijelajahi, selalu ada tempat baru untuk disinggahi.

Jika di akhir pekan kamu bisa menyempatkan berlibur di kota Bandung dan merasa bosan dengan wisata belanja atau kuliner yang selalu menjadi agenda rutin di kota kembang ini, maka tempat yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihan terbaik untukmu. Pernahkah mendengar mengenai Bukit Moko yang terletak di titik tertinggi kota Bandung? Jika belum pernah mendengar sebaiknya segeralah cari informasinya dan segeralah sempatkan diri kalian semua untuk segera mengunjunginya.

Mengunjungi Bukit Moko akan sangat pas jika dilakukan pada malam hari. Melihat suasana Bandung di malam hari itu sungguh mengagumkan. Bentuk geografis Bandung yang terlihat seperti mangkok dari atas akan sangat terlihat elok dengan kilauan lampu-lampu beragam warna dan bentuk dari gedung dan lampu kota. Jika beruntung dan datang di waktu yang tepat, kalian akan dapat menyaksikan taburan bintang yang sangat indah di langit malam. Temapt ini biasanya menjadi buruan bagi para pecinta fotografi yang ingin mengabadikan keindahan Kota Bandung di malam hari yang penuh dengan kilauan lampu.

Biasanya waktu yang tepat untuk mengunjungi Bukit Moko ini dimulai pada saat matahari terbenam hingga matahari terbit keesokan paginya. Ketika kalian mengunjungi puncak Bukit Moko maka kamu akan menemui sebuah tempat yang diberi nama Warung Daweung. Warung Daweung merupakan satu-satunya tempat yang ada di Bukit Moko, yang merupakan warung dan menjual berbagai makan ringan dan minuman hangat.
Cuaca di daerah yang memiliki ketinggian hingga 1500-1700 meter di atas permukaan laut ini memang cukup dingin, hawa pegunungan yang sejuk di siang hari akan terasa sangat dingin di malam hari. Namun jangan khawatir, jika kamu sudah mempersiapkan baju hangat, kamu juga bisa membeli minuman hangat dari Warung Daweung itu sendiri sembari menikmati keindahan lampu-lampu kota dan langit malam yang indah.

Bukit Moko ini tepatnya berlokasi di Kampung Buntis, Desa Cimenya, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten banudng, Jawa Barat. Tempat ini cukup tersembunyi dan masih dalam kriteria berkembang untuk tempat pariwisata, meskipun demikian banyak juga netizen yang memberitakan mengani keindahan dari Bukit Moko ini dan mengunggah foto-foto mereka ke internet. 

Pilihan Jalur Menuju Bukit Moko

Ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh jika ingin mengunjungi lokasi yang indah ini, berikut adalah beberapa cara dan jalur yang bisa kamu pakai.

1. Jika kamu memiliki jiwa adventure dan kendaraan yang memadai untuk jalur ekstrem. Maka jalur Bojong Koneng adalah pilihan yang tepat untuk kamu mencapai Bukit Moko. Jalur Bojong Koneng memiliki medan yang cukup menantang dan sebaiknya dilalui oleh kendaraan-kendaraan dengan spesifikasi adventure agar aman. Meskipun demikian tapi jalur Bojong Koneng inilah yang terdekat dan tercepat untuk sampai ke puncak.

2. Jalur Cimuncang. Dari 3 pilihan jalur menuju Bukit Moko, jalur yang satu ini diketahui memiliki jalur yang berkelok-berkelok dan sulit untuk dilalui, maka jika kendaraan yang kamu miliki kurang memadai,maka sangat tidak disarankan untuk mengambil jalur ini.

3. Jalur Padasuka. Jalur ini merupakan jalur yang paling umum ditempuh bagi para pengunjung yang ingin datang ke Bukit Moko. Jalur Padasuka ini sudah bagus dan sebagian besar jalannya sudah diaspal sehingga cukup nyaman digunakan terlebih bagi para pengunjung yang mengendarai motor. Dengan melawati jalur ini pula kita bisa menemukan sebuah tempat lainnya yang sebelum Bukit Moko terkenal tempat ini lah yang sering menjadi kunjungan orang-orang yaitu Caringin Tilu.

Tips Mengunjungi Bukit Moko

Mengendarai kendaraan pribadi, naik sepeda, atau berjalan kaki adalah pilihan yang tersedia untuk mengunjungi Bukit Moko. Tidak ada angkutan umum yang bisa memberikan akomodasi perjalan dari bawah menuju ke atas Bukit Moko ini. 

Untuk mengunjungi Bukit Moko sebelumnya coba cari referensi dan jalur yang hendak dilewati, semua itu terkait dengan kesiapan akan kendaran yang akan kalian gunakan untuk sampai ke atas. Jangan sampai menggunakan kendaraan yang sedang dalam kondisi jelek karena medan yang menanjak dan beberapa titik masih kurang nyaman dialalui sebaiknya pilihlah kendaraan yang sehat dan prima. Jangan pula memaksakan kendaraan pendek seperti mobil sedan.

Kunjungilah Bukit Moko ketika cuaca cerah, dengan waktu kunjungan antara pada saat matahari tenggelam hingga terbit di keesokan harinya, sebab pada momen itulah keindahan Bukit Moko akan terlihat secara maksimal. Kalian bisa menikmati keindahan alam di Bukit Moko dan Bandung dengan menikmati sajian makanan ringan dan minuman hangat yang dijual di Warung Daweung.

Persiapkan baju hangatmu. Jangan pergi mengunjungi Bukit Moko tanpa menggunakan baju hangat. Mungkin terkesan sepele, tapi justru berada wilayah pegunungan yang tinggi maka hawa dan udaranya serta angin yang berhembus bisa membuatmu kedinginan dan sakit. Oleh karena itu persiapkan baju hangat dengan sebaik-baiknya. Udara di area ini terkadang bisa mencapai 15 derajat, cukup untuk membuatmu kedinginan.

Apa yang kalian lihat dan rasakan di Bukit Moko ini sebaiknya kalian share dan tunjukan ke teman-teman kalian. Mungkin sebelumnya mereka menolak ajakanmu untuk ikut bersama merasakan indahnya nuansa pemandangan ala Bukit Moko, maka foto-foto dokumentasi cantik bisa menjadi hal yang menarik untuk membuat mereka menyesal karena memilih tidak ikut.

Tertarik berkunjung? Jangan lupa berikan komentar dan share ke teman-temanmu ya,