Mengunjungi Pulau Siberut, Mengenal Budaya Tradisional Masyarakat Suku Mentawai

Masih tertarik untuk mencoba traveling dan mengeksplorasi Indonesia?

Banyak sekali hal yang bisa digali dan dieksplorasi dari tanah Indonesia, entah itu keindahan alamnya yang sebagian besar masih terhitung asri ataupun kebudayaannya yang beragam dan mengandung kearifan-kearifan lokal yang sarat akan pesan serta peninggalan leluhur.

Berbicara mengenai traveling dan kebudayaan Indonesia, maka ada sebuah lokasi yang harus coba anda eksplorasi dan gali. Lokasi tersebut berada di lepas pantai Sumatera Barat bernama Pulau Siberut. Di Pulau Siberut anda akan menemukan sebuah suku yang masih menganut dan memegang teguh warisan leluhurnya, yakni Suku Mentawai. Sebagian besar Suku Mentawai di Siberut masih terisolasi dari kehidupan modern perkotaan, sehingga anda akan menemukan orang-orang yang masih hidup dengan cara berburu, memakai cawat dan beragam hal lainnya yang terhitung sebagai kehidupan tradisional.

Jika anda tertarik dengan segal hal yang berkaitan dengan alam, petualangan, apalagi kebudayaan, maka wisata menuju Pulau Siberut merupakan sebuah pilihan yang tepat, sebab tak hanya budayanya saja yang akan membuat anda kagum, kealamian alam yang indah serta petualangan yang harus anda lalui untuk mencapainya merupakan tantangan dan daya tarik tersendiri.

Dari Kota Padang anda akan menempuh jarak sejauh 155 Km menuju ke Pulau Siberut. Perjalanannya terhitung cukup panjang dan penuh dengan petualangan, namun perjalanan tersebut akan terbayar ketika anda melihat bagaimana kehidupan Suku Mentawai yang terbilang sangat tradisional dan tidak pernah ada di kota-kota besar. keindahan alamnya juga seakan menjadi penebus lelah perjalanan yang telah anda tempuh.

Sebagian besar tanah di Pulau Siberut masih berupa hutan-hutan alami, karena itu Pulau Siberut ditetapkan sebagai Taman Nasional. Taman Nasional Siberut kemudian dijadikan sebagai salahsatu cagar biosfer oleh UNESCO. Taman Nasional ini menjadi rumah bagi banyak sekali ragam satwa dan tumbuhan, bahkan anda bisa menememukan 4 jenis primata yang hidup endemik hanya di Pulau Siberut, antara lain bokkoi, lutung mentawai/joja, bilou, dan simakobu. Disamping primata, ada bajing dan burung yang juga merupakan binatang endemik dari Pulau Siberut.

Kunjungan ke Pulau Siberut merupakan paket petualangan yang bisa dibilang sangat lengkap sebab atraksi alam yang disguhkan terhitung sangat beragam, dari mulai trekking, hingga mendayung bisa anda lakukan di dalamnya, selain itu suguhan budaya dari suku tradisional Mentawai menjadi hal unik lainnya yang menjadi sisi lain dalam perjalanan anda. Bagi para peselancar, Pulau Siberut ini juga tak ubahnya sebagai pintu gerbang menuju ombak-ombak menantang yang terdapat di sekitar kepulauan Mentawai.

Menyelami Kebudayaan dan Keindahan Suku Mentawai Di Pulau Siberut

Pulau Siberut memang menyediakan berbagai atraksi dan pengalaman tak terlupakan bagi anda yang ingin menyaksikan bagaimana kehidupan suku tradisional di Indonesia yang masih memegang teguh cara hidup warisan nenek moyangnya. Anda yang berkunjung bisa berinteraksi dengan penduduk sekitar Suku Menatawai dalam berbagai bidang kehidupannya seperti berburu, memasak, melakukan kegiatan sehari-hari, hingga ritual-ritual kebudayaan jika kebetulan jadwal kunjungan anda sesuai. Suku Mentawai dikenal sebagai suku yang cukup ramah dan menerima interaksi yang dilakukan oleh orang luar, oleh karena itu tidak perlu khawatir untuk datang dan berinteraksi.

Menyusuri Taman Nasional Siberut dengan segala potensi ekowisata di dalamnya merupakan hal yang tidak bia dilewatkan begitu saja, kegiatan trekking menyusuri kedalaman hutan yang masih alami akan membawa anda pada atmosfir yang berbeda. Berbagai hewan endemik yang tak mungkin anda temukan di lokasi lain selain Pulau Siberut menjadi salahsatu alasan kuat yang juga membuat anda harus menyusuri Taman Nasional Siberut.

Selesai menyelami kebudayaan Suku Mentawai dan menyusuri Taman Nasional Siberut, tak lantas membuat liburan anda berhenti sampai di situ saja. Pulau Siberut baru merupakan gerbang menuju ke pulau-pulau di sekitarnya. Perlu diketahui jika Kepulauan Mentawai merupakan sebuah lokasi dan spot berharga bagi para peselancar dari berbagai belahan dunia, oleh karena itu tak ada salahnya bagi anda yang gemar dengan olahraga selancar kemudian melanjutkan perjalanan menuju beberapa pulau di sekitarnya, seperti Pulau Nyang-Nyang dan Karang Bajat. Pulau-pulau tersebut harus anda kunjungi untuk merasakan ombak mengagumkan yang terdapat di sana. Memancing dan bersantai di pantai bersih nan tenang juga menjadi daya tarik tersendiri yang tidak bisa ditolak begitu saja dari pulau-pulau tersebut.

Akses Menuju Pulau Siberut

Dari Bandara Minangkabau anda kemudian berkendara menuju ke Muara Padang, yang menjadi dermaga tempat keberangkatan awal anda menuju ke Pulau Siberut. Pulau Siberut sendiri berjarak 155 dari Kota Padang, menuju Pulau Siberut akan memakan waktu hingga 12 jam perjalanan menggunakan kapal ferry yang hanya melayani perjalanan pada hari Minggu malam, dan Kamis Malam saja (Padang – Pulau Siberut), sedangkan untuk pelayaran dari Pulau Siberut menuju ke Padang, kapal ferry hanya beroperasi pada Selasa dan Jumat Malam. Untuk biaya perjalanan berkisar pada 105 ribu rupiah hingga 125 ribu rupiah. Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan pesawat kecil yang bisa anda sewa dari Bandara Minangkabau, namun tentunya dengan biaya yang cukup besar.

Akomodasi Di Siberut

Datang mengunjungi Pulau Siberut salahsatunya pasti karena ketertarikan akan budaya dari Suku Mentawai yang terbilang tradisional. Oleh karena itu anda bisa menginap di rumah-rumah tradisional Suku Mentawai sekaligus menyelami kehidupan sehari-hari suku tersebut. Pilihan lainnya adalah dengan menyewa penginapan di kawasan Taman Nasional Siberut, atau bagi yang ingin berselancar terdapat resort di Pulau Nyang-Nyang yang bisa direservasi untuk keperluan anda tadi.

Tips Berwisata Di Siberut

Ada beberapa tips yang bisa anda ikuti jika berencana untuk mengunjungi Pulau Siberut dan menyelami kehidupan masyarakat tradisional Suku Mentawai. Berikut tips yang bisa anda ikuti.

  1. Persiapkan fisik anda dan segala perlengkapan adventure yang sesuai, sebab lokasinya yang berada di pedalaman, dan gaya hidup yang tradisional membuat anda harus bersiap segala kemungkinan yang akan terjadi selama traveling dan berwisata di Siberut.
  2. Cobalah untuk membaur dengan masyarakat Mentawai, akan lebih baik jika anda membawakan beberapa buah tangan berupa rokok atau makanan, sebab mereka sangat menyukai hal tersebut. Jangan lupa juga sedikit mempelajari bahasa Suku Mentawai, sebab sebagian besar dari mereka itu belum mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan lancar.
  3. Letaknya di pedalaman jelas tidak ada fasilitas modern, seperti bank bahkan ATM, oleh karena itu bawalah uang anda dalam bentuk tunai secukupnya, untuk bekal anda selama berada di Siberut.
  4. Sebaiknya anda mengunjungi terlebih dahulu visitor center. Di sana anda akan bertemu dengan staff Taman Nasional Siberut yang kemudian bisa menjadi pemandu wisata anda selama berkunjung di Pulau Siberut.

Tertarik singgah dan berinteraksi bersama kebudayaan Mentawai serta alam indah Pulau Siberut? Jangan lupa membagikan artikel ini kepada teman dan sahabat anda. Berikanlah juga komentar anda pada kolom di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook