Mengunjungi Pulau Kenawa: Berwisata Di Atas Serpihan Surga

5/5 (1)

Indonesia, dengan mendengar namanya saja akan terbayang dalam kepala sebuah negeri yang menyimpan sejuta pesona.

Mungkin itu salahsatu ungkapan yang sebenarnya tidak mampu mewakili keindahan yang dimiliki alam Indonesia. Terlalu banyak serpihan surga yang Tuhan ciptakan dan berikan kepada alam Indonesia. Pantai, gunung, sungai, dan masih banyak lainya. Hampir semua dimiliki oleh Indonesia.

Semua hal itu harusnya mampu memenuhi harapan orang-orang dalam melakukan sebuah perjalan dan wisata. Kekayaan alam Indonesia sepertinya mampu menjadi obat batin untuk membantu setiap individu melepaskan semua beban dan menjadi pengingat agar setiap individunya senantiasa bersyukur atas pemberian Tuhannya.

Berbicara mengenai berwisata, apakah anda pernah membayangkan berada dalam sebuah padang savana, di pulau tropis kecil dengan latar gunung, pantai dan laut yang biru? Jika hal itu yang terlintas dalam banyangan anda, segeralah kemas semua perlengkapan wisata anda, karena kita akan menuju ke sebuah pulau indah di Sumbawa bernama Kenawa.

Mengunjungi Pulau Kenawa: Berwisata Di Atas Serpihan Surga

Pulau Kenawa yang indah itu bisa jadi salahsatu dari sekian banyak serpihan surga yang tersebar di alam Indonesia. Lokasinya yang masih belum terlalu dikenal oleh orang-orang dan tentunya tidak ramai pengunjung akan semakin mengukuhkan kunjungan ke Pulau Kenawa sebagai sebuah perjalanan dengan sejuta pengalaman indah serta kepuasan batin yang luar biasa besarnya.
Pulau ini sebenarnya muali terkenal juga setelah menjadi setting dari film garapan Alenia Pictures yang memang biasnaya mengambil setting alam Indonesia yang indah. Film yang melejitkan nama Pulau indah ini yaitu Serdadu Kumbang. Dalam film itu terlihat Pulau Kenawa menjadi latar belakang bagi seorang anak yang sedang berkuda di tengah savana yang sangat indah dan mengagumkan.

Keindahan Pulau Kenawa

Pulau Kenawa

Terletak di Indonesia bagian tengah Pulau Kenawa merupakan sebuah pulau tropik yang sangat indah dan mengumkan. Pulau Kenawa memiliki luas hanya sekitar 13 hektar saja dan merupakan sebuah pulau yang tak berpenghuni. Pulau Kenawa akan memberikan sajian menakjubkan bagi setiap individeu yang datang ke sana dan merasakan menghirup udaranya, menikmati sajian pesona alamnya dengan pandangan mata telanjang. Semua foto yang tersaji di dunia maya sepertinya tidak akan berbeda jauh dengan apa yang akan anda tangkap dengan mata telanjang ketika berada di sana.

Kegiatan snorkeling sepertinya memang harus dan wajib dilakukan ketika berkunjung ke pantai manapun di Indonesia ini tidak terkecuali di Kenawa. Kenawa ini sebenarnya hanya berbentuk sebuah pulau kecil di tengah laut dengan dataran rendah yang terhampar di hiasi ilalang-ilalang tinggi dan padang sava yang indah. Di tengah pulau ini terdapat sebuah bukit kecil yang cocok digunakan untuk melihat momen-momen emas seperti sunset, bintang dan sunrise.

Jika anda mencari spot terbaik untuk melakukan sesi foto betema alam, mungkin Pulau Kenawa bisa jadi salahsatu pilihan yang bisa kalian masukan dalam daftar. Sajian alamnya sungguh mengagumkan.

Hamparan Savana di Pulau Kenawa

Pulau Kenawa

Pulau Kenawa tidaklah besar seperti pulau-pulau pada umumnya. Hanya saja, pulau ini  menawarkan keindahan yang akan membuat setiap orang yang datang kesini merasa takjub. Untuk mengelilingi pulau ini hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Meskipun ukurannya kecil, di pulau ini terdapat bukit yang menjadi salah satu ciri keindahan Pulau kenawa.

Diketahui, pulau ini memiliki luas 13,8 hektar. Garis pantai membentang di Pulau ini sepanjang 1,73 kilometer. Selain itu, padang rumput dengan luas 8 hektar membentang di pulau ini. Di Pulau Kenawa itu sendiri terdapat sekitar 11 jenis keanekaragaman mangrove.

Keindahan Laut yang Masih Terjaga

Pulau Kenawa

Untuk anda yang senang melakukan kegiatan snorkeling, maka memilih Pulau kenawa adalah hal yang tepat. Di Pulau Kenawa keindahan lautnya masih terjaga. Di sini anda akan puas melihat indahnya bawah laut, serta warna-warni terumbu karang dan ikan. Airnya yang jernih akan terasa begitu menyegarkan.

Pesona bawah laut yang begitu menawan, hanya berjarak beberapa meter dari bibir pantai anda akan dapat menyaksikan keindahan bawah lautnya. Di sisi kanan pantai ini masih terdapat sisa ganggang merah sehingga menjadikan Pulau Kenawa jika dilihat sekilas nampak berwarna pink. Ketika berada di Pulau ini anda akan merasa tenang dan damai.

Menikmati Indahnya Sunset dan Sunrise di Bukit Kenawa

Pulau Kenawa

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di Pulau Kenawa terdapat bukit. Meskipun tidak ditanami dengan pohon-pohon besar, bukit tersebut cukup indah yang diselimuti oleh ilalang.  Anda bisa mendaki bukit di Pulau Kenawa. Bukit tersebut menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati keindahan matahari tenggelam dan matahari terbit. Ketika mendaki bukit tersebut disarankan untuk berhari-hati. Pasalnya bukit tersebut memiliki kemiringan yang berat. Selain itu, tanahnya pun kondisinya cukup licin. Jika anda tidak mampu mendaki bukit tersebut, sebaiknya jangan dipaksakan.

Senja menjadi waktu terbaik untuk mendaki bukit di Pulau Kenawa. Sunset akan memancarkan cahaya orange yang menambah keindahan pulau Kenawa. Di sini akan nampak samar-samar Gunung Rinjani, selain itu pulau-pulau kecil lainnya ikut mengintip yang menjadikan pemandangan semakin menakjubkan. Anda juga dapat menikmati sunrise saat pagi hari.

Selain beberapa keistimewaan Pulau Kenawa yang sudah disebutkan sebelumnya, masih terdapat keistimewaan lainnya di Pulau Kenawa. Di sini terdapat hutan mangrove.

Lokasi Berkemah yang Seru

Anda mungkin biasanya berkemah ketika mendaki gunung. Namun, anda bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat berkemah di Pulau Kenawa. Suasana di sini begitu tenang karena tidak ada penghuninya sehingga akan membuat malam anda semakin mengesankan. Suara deburan ombak di pantai menjadi keindahan tersendiri di sini.

Aktivitas di Pulau Kenawa

Untuk anda yang menyukai surga bawah laut, maka ketika datang ke pulau ini anda akan menemukan keanekaragaman hayati bawah laut yang begitu mempesona. Di sini anda bisa melakukan banyak aktivitas, mulai dari sekedar menikmati keindahan padang rumput, berjemur di bawah sinar matahari ataupun menyusuri indahnya pantai dengan pasir putih. Di sini juga anda bisa berenang di air laut yang jernih. Datang kesini wajib membawa kamera untuk memotret setiap sudut Pulau Kenawa yang mengagumkan. Untuk anda para pecinta fotografi, dijamin anda  tidak akan menyesal datang ke tempat ini. Setiap sudut di Pulau Kenawa ini layak untuk diabadikan.

Penginapan Di Sekitar Kenawa

Tak berpenghuni, tak ada fasilitas memadai itulah Pulau Kenawa. Jangan mengharapkan ada hotel, resort ataupun villa. Hanya terdapat sebuah saung kecil yang terletak di tengah-tengah bukit saja yang bisa anda singgahi. Pulau ini memang masih sangat perawan dan menjadi incaran dari berbagai investor yang tergoda akan potensi keindahan yang dimilikinya. Jika anda datang berkunjung kemari, mendirikan tenda atau tidur di saung itulah yang bisa dilakukan. Tapi semua itu justru yang menjadi menarik dan menjadi daya tariknya, sangat alami. Bayangkan kita tidur di sebuah saung atau tenda di tengah sebuah pulau kecil nanindah dikelilingi oleh lautan biru nan bening, di bawah taburan bintang, memetik gitar dan bersenda gurau bersama teman perjalanan, sungguh indah dan sulit dicari. Tapi mungkin bagi anda yang tidak berencana untuk menginap bisa melakukan perjalanan pulang pergi ke pototano yang hanya berjarak 15-25 menit perjalanan saja, dan keesokan harinya bisa kembali lagi untuk melanjutkan kembali eksplorasi anda terhadap hasil ciptaan Tuhan yang luar biasa.

Rute Menuju Kenawa

Jika anada berniat mengunjungi Pulau Kenawa yang sangat mengagumkan itu, berikut adalah rute tempuh yang bisa diikuti. Rute ini memiliki titik awal dari Bandara Internasional Lombok.

Setelah berada di titik awal yakni Bandara Internasional Lombok, anda bisa menggunakan bus damri yang banyak beroperasi menuju pool yang berada di daerah Sweta.

Setelah sampai di Sweta kita bisa menyewa kendaraan selanjutnya ke Pelabuhan Kayangan. Ada beberapa pilihan kendaraan yang bisa kamu pakai untuk mencapai ke Pelabuhan Kayangan dari Sweta, yakni dengan menggunakan Taxi atau jika ingin lebih merasakan nuansa backpacker anda bisa menggunakan engkel.

Dari Pelabuhan Kayangan di Lombok tujuan kita selanjutnya adalah Pelabuhan Pototano di Sumbawa. Dengan menggunakan kapal feri kita bisa menyebrang dengan jadwal yang teratur tiap jamnya, selama 24 jam penuh. Berarti tak perlu khawatir tidak bisa menyebrang. Dengan lama perjalanan hanya berkisar 2 jam saja dan tarif perjalanan murah dengan kisarana harga 19 ribu rupiah kita bisa mencapai Pelabuhan Pototano.

Dari Pelabuhan Pototano, kemudian perjalanan berlanjut ke Dermaga Kenawa. Dari situ bisa menggunakan ojek dengan taksiran ongkos tidak lebih dari 10 ribu rupiah. Barulah dari Dermaga kenawa kita bisa menyebrang menuju ke Pulau Kenawa dengan menyewa perahu.

Fasilitas Pulau Kenawa

Seperti yang kita ketahui, Pulau Kenawa adalah pulau kecil yang tidak berpenghuni. Jadi fasilitas di sini kurang lengkap. Di sini juga anda tidak akan menemukan homestay untuk disewakan. Toilet pun masih terbatas, namun di sini telah dibangun beberapa berugak untuk para wisatawan jika ingin berteduh ataupun sekedar istirahat. Jika anda ingin bermalam di Pulau Kenawa, sebaiknya anda membawa tenda, perlengkapan dan cukup bekal. Pasalnya, hanya di musim tertentu saja ada yang menjual makanan ringan.

Tips Berwisata Di Kenawa

Dengan berbagai sajian keindahannya kita tetap harus bersiap dalam sebuah perjalanan. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan melakukan perjalanan ke pulau yang indah nan mengagumkan satu ini.

    1. Persiapkan keuangan anda dengan sebaik-baiknya. Sebaiknya uang tunai disiapkan dalam jumlah yang mencukupi sebab akan sangat hambatetika tidak adanya fasilitas pembayaran non tunai atau mesin penarikan tunai.
    2. Jalur akses menuju ke Pulau Kenawa ialah dari sebuah dermaga bernama Pototano. Di dermaga itu biasanya anda bisa ikut dengan perahu nelayan untuk menyebrang, namun jika sedang tidak ada yang menyebrang maka jalan satu-satunya harus menyewa perahu, di sini disediakan perahu kecil untuk melayani wisatawan dengan kisaran biaya 300 ribu – 400 ribu untuk 10 orang penumpang.
    3. Pastikan anda minta dijemput sesuai dengan waktu yang ditentukan saat esok harinya. Sebaiknya jangan hanya mengandalkan sms karena di sini sinyal cukup sulit didapat.
    4. Tak ada tempat menginap, tak ada fasilitas memadai, begitu pula warung dan sebagainya. Oeh karena itu siapkan perbekalan baik air dan makanan secukupnya di Pototano sehingga anda tidak akan kekurangan stok makanan ketika sedang menikmati keindahan Kenawa.
    5. Pulau Kenawa ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, maka jadilah pengunjung yang bertanggungjawab dengan tidak meninggalkan sampah dan jejak-jejak kotor ketika berkunjung di sana. Jika masih berperilaku seperti itu sebaiknya urungkan saja niat anda.
    6. Bawalah peralatan snorkeling dan kamera yang memadai, meskipun ini hanya bersifat pelengkap, tapi dengan membawa barang-barang tersebut anda akan merasakan keoptimalan wisata di Pulau Kenawa.
    7. Di Pulau Kenawa jarang ada pohoh. Oleh karena itu, udaranya terasa cukup gersang. Anda dapat menyiapkan pakaian yang sesuai dengan cuaca di sini.
    8. Jangan lupa untuk membawa powerbank sebagai persediaan jika nantinya baterai HP atau kamera anda habis.

Mampir Ke Bebeapa Pulau Lainnya Setelah dari Pulau Kenawa

Keseruan akan terus berlanjut. Dalam perjalanan pulang anda dapat mampir ke beberapa pulau lainnya dalam satu rute. Ketika di perjalanan pulang anda tentu akan lewat perairan Sumbawa. Di perairan ini terdapat beberapa gugus pulau kecil tidak kalah menakjubkan dari Pulau kenawa, salah satunya Pulau Paserang.

Pulau Paserang

Oleh masyarakat sekitar Pulau Paserang disebut juga sebagai Pulau Pasaran. Pasalnya, di pulau ini terdapat pasar atau sering dijadikan sebagai transaksi jual beli ikan. Luas Pulau Paserang itu sendiri sekitar 54,77 ha dengan garis pantai sepanjang 2,50 km. Pulau ini menjadi salah satu pulau dari delapan gugusan yang dilakukan pengembangan untuk daerah wisata. Di Pulau ini sudah terdapat pelabuhan kecil, serta beberapa cottage untuk menginap.

Indahnya Pulau Paserang bisa anda nikmati dari atas bukit yang lokasinya sisi utara pulau. Di atas bukit anda dapat menyaksikan pemandangan indah dari pulau ini. Di pulau ini anda bisa melihat Pulau Kenawa dan Pulau Belang. Selain itu, indahnya Puncak Rinjani akan terlihat jelas.

Jika dibandingkan Pulau Kenawa ukuran pulau ini lebih besar. Saat musim hujan savana di pulau ini akan terlihat indah dan menyegarkan. Pulau Paserang juga menjadi salah satu spot snorkeling yang bagus. Ketika masih di atas dermaga, anda akan melihat jajaran karang dan ikan-ikan.

Jika anda berlayar menuju ke Lombok, maka anda bisa menemukan banyak pulau lainnya yang berada sekitar Lombok Timur. Beberapa di antaranya yaitu Gili Bidari, Gili Kapal, Gili Kondo.

Pulau Kenawa memang menjadi salah satu pulau yang diincar oleh para wisatawan, karena suasananya menenangkan dan indah, serta masih alami. Dengan berlibur ke Pulau Kenawa akan menjadikan liburan anda semakin berkesan dan menyenangkan. Selain menikmati indahnya Pulau Kenawa anda juga bisa mampir ke pulau-pulau lainnya yang dekat dengan Pulau Kenawa. Nah, mengetahui seperti itu anda dapat merencanakan untuk liburan ke pulau ini bersama teman atau keluarga anda.

Jangan lupa untuk share informasi ini kepada teman atau orang terdekat anda.

Leave a Reply