Mengunjungi Pulau Kecil Indah Bernama Saronde, Keindahan Wisata Gorontalo

Kedamaian dan ketenangan adalah beberapa hal yang dicari dari sebuah liburan.

Dari beberapa kali trip atau perjalanan yang anda lakukan sebelumnya ketenagan dan kesunyian ketika berwisata merupakan salahsatu hal yang terkadang menjadi masalah, sebab pada sebagian besar lokasi wisata umum, kondisi sekitar selalu ramai oleh orang dan wisatawan yang ingin merasakan indahnya lokasi tersebut. Tak jarang jika anda yang awalnya mengasingkan diri dari hingar bingar dan mencopba menyegarkan pikiran dengan menyepi malah terjebak dalam keramaian yang membuat liburan anda terasa tidak optimal.

Sebanarnya ada banyak pilihan wisata pulau-pulau kecil yang menawarkan keindahan dan ketenangan jika dibanding dengan lokasi-lokasi besar dan terkenal. Dari sekian banyak pulau kecil yang tersebar dari ujung barat ke timur di Indonesia, anda bisa menemukan sebuah lokasi indah yang berada di Gorontalo yang benama Saronde. 

Pulau Saronde merupakan sebuah pulau kecil yang terletak 65 kilometer dari pusat Kota Gorontalo tepatnya di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalu Utara. Pulau yang hanya memiliki luas mencapai 1 Kilometer ini dikelilingi oleh keindahan yang sangat mengagumkan yakni pasir putih, batu karang dan hamparan air laut biru indah yang tenang.

Sebenarnya sejak dulu Pulau Saronde memang sudah menjadi salahsatu lokasi promadona wisata dari Kota Gorontalo, hanya saja perawatan dan pembenahannya sempat tidak berjalan dengan baik yang membuat masa jayanya pada tahun 90-an berakhir. Meskipun demikian keindahannya tidak pernah habis, bahkan pemerintah daerah kini berencana kembali membangkitkan kembali kejayaan yang sempat dirasakan oleh Pulau Saronde. Berbagai akses dan fasilitas mulai dibangun untuk mempermudah dan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung yang ingin merasakan ketenangan dari Saronde.

Seperti layaknya pulau-pulau lain di berbagai sudut Indonesia Saronde memiliki keindahan bawah laut yang sangat menawan, karena letaknya yang berada dalam gugusan pulau, sehingga keragaman kehidupan lautnya menjadi beragam dan tentunya mengagumkan.

Dengan kemahsyuran tempat ini pada masa lalu, membuat masyarakat sekitar juga sudah sangat terbuka dengan iklim wisata di mana anda akan banyak menemukan souvenir atau buah tangan yang bisa anda beli dan berikan untuk orang-orang terdekat.

Bersantai Di Saronde

Pulau ini dikenal sebagai lokasi yang tenang dan indah, beragam fasilitas juga sudah banyak tersedia, sehingga lokasi ini cukup tepat untuk dijadikan lokasi liburan dan wisata bagi anda beserta keluarga. Dari berbagai kegiatan yang bisa anda lakukan, snorkeling dan diving tetap menjadi agenda utama yang sudah menjadi hal wajib dan bagian tidak terpisahkan dari wisata di Saronde. Keindahan taman bawah laut yang menyimpan beragam terumbu karang terasa sangat sulit jika hanya didengarkan melalui cerita saja, harus anda sendiri yang menyaksikan dan merasakan pengalaman itu sendiri.

Berperahu dan bersantai menjadi agenda lain ketika anda berwisata ke Pulau Saronde. Terletak di antara gugusan pulau indah lainya anda juga bisa mencoba pulau-pulau terdekat semacam Pulau Lampu dan beberapa pulau lainnya. Lelah berperahu dan mengunjungi pulau-pulau terdekat saatnya bersantai di pinggir pantai beralsakan pasir putih dengan konstelasi karang yang menjadi pemanis diantara deburan ombak laut yang tenang. Jangan lupa juga bagi anda yang hobi berbelanja dan mengumpulkan barang-barang selama perjalanan untuk mencoba melihat-lihat dan membeli beberapa souvenir yang dibuat oleh penduduk sekitar dengan memanfaatkan beberapa kerang laut yang diolah menjadi hiasan dinding, hiasan meja dan berbagai bentuk lainnya.

Yang menarik justru bagi anda yang ingin mencoba mengunjungi pulau ini secara backpaker dan ala petualang, sebab anda bisa mendirikan tenda di pinggir pantai dan merasakan pengalaman berkemah di sisi laut yang jernih dan indah. Jika memungkinkan, anda sebaiknya datang ketika ada festival yang dilangsungkan di Pulau Saronde, sebab beberapa kali Pulau Saronde ini digunakan sebagai venue bagi beberapa event yang digelar secara lokal maupun nasional, namun jika anda menginginkan ketenangan maka anda bisa berangkat kapan saja atau justru menghindari saat-saat festival tersebut dilangsungkan.

Akses Menuju Saronde

Akses yang harus anda tempuh menuju ke Pulau Saronde sebenarnya sangat mudah dan tidak menyulitkan, anda hanya perlu menggunakan 2 kali kendaraan, yakni mobil atau motor dari Gorontalo ke Kwandang, dan menggunakan perahu katingting dari dermaga Kwandang menuju ke Pulau Saronde. Berikut rute perjalanan yang bisa anda tempuh.

Berjarak sekitar 65 Kilometer dari pusat Kota Gorontalo anda hanya tinggal berkendara dengan menggunakan kendaraan roda 2 ataupun 4 menuju ke dermaga Kwandang, dengan menempuh perjalanan hanya selama 1 jam saja. Apabila memilih kendaraan umum sebagai angkutan, tinggal pilih saja angkutan umum dengan rute perjalan dari gorontalo menuju Kwandang. Biaya yang dikeluarkan adalah sebesar 15 ribu, meskipun demikian disarankan untuk menggunakan angkutan pribadi atau sewaan untuk lebih mempermudah perjalanan anda.

Dari dermaga perjalanan anda berlanjut menuju ke Pulau Saronde dengan menggunakan perahu yang menjadi transportasi utama, oleh masyarakat sekitar dikenal dengan sebutan Katingting. Dengan hanya menempuh 1 jam perjalanan anda akan sampai ke sebuah lokasi indah bernama Pulau Saronde.

Akomodasi Wisata Saronde

Beruntung bagi anda yang ingin mencoba liburan ke Pulau Saronde, sebab di sekitar pulau tersebut sudah tersedia beberapa cottage yang harganya cukup terjangkau oleh kantong-kantong backpacker meskipun fasilitas yang ditawarkan tidak terlalu lengkap, namun cukup untuk memenuhi kebutuhan penginapan anda selama menjalani liburan anda di sana. Biaya penginapan yang ditawarkan cottage yang terdapat di sekitar lokasi pantai adalah 150 ribu per malamnya.

Akan lebih menyenangkan jika anda mencoba mendirikan tenda di sekitar pantai karena hal tersebut tidak dilarang untuk dilakukan.
Bagi anda yang ingin menginap dengan fasilitas yang lebih lengkap anda bisa mencari di seputaran kota Kwandang atau Gorontalo. Di sana anda bisa memilih beberapa tempat yang cukup nyaman dan memadai sesuai dengan kebutuhan anda.

Tips Wisata Saronde

Jika anda berniat mencoba mengunjungi Pulau Saronde yang berada di Gorontalo, anda bisa mencoba beberapa tips berikut agar wisata yang anda lakukan akan terasa lebih optimal dan juga memberikan kesan serta pengalaman berbeda dari liburan anda sebelumnya.

  1. Jika anda berniat mengunjungi Pulau Saronde, cobalah untuk berkunjung ketik ada event yang sedang berlangsung, namun jika memang anda mencari ketenangan dan kesunyian saat berlibur anda bisa memilih waktu-waktu biasa agar tujuan anda mendapatkan suasana liburan yang tenang dan damai bisa tercapai.
  2. Cobalah untuk merasakan indahnya wisata Pulau saronde ini dengan mendirikan tenda di tepi pantai dan merasakan alam terbuka yang mengagumkan.
  3. Cobalah untuk membeli beberapa kenang-kenangan berupa souvenir dari masyarakat sekitar, sebagai buah tangan bagi orang-orang terdekat anda nanti ketika pulang ke rumah.

Tertarik mengunjungi pulau kecil nan indah di Gorontalo ini? Bagikan dan sebarkan terlebih dahulu artikel ini kepada teman, sahabat dan keluarga anda.